Arsip Berita

Kepala BKP Kementan: Keamanan Pangan Harus Menjadi Perhatian Semua Pihak

Dipublikasikan pada tanggal 26 Jul, 2018


Dalam upaya memberikan jaminan keamanan pangan, khususnya pangan segar, peranan OKKP dan OKKPD sangat penting ditingkatkan kemampuan dan kinerjanya.


"masalah keamanan pangan ini sangat penting untuk diperhatilan, sehingga harus menjadi perhatian semua pihak, ujar Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian, Agung Hendriadi saat memberikan pengarahan pada Temu Teknis Otoritas Kompeten Keamanan Pangan (OKKP) di Jakarta, Rabu (25/7).


"OKKP termasuk OKKPD harus mampu memaknai amanat regulasi dengan menjadikan OKKPD sebagai lembaga yang kredibel sehingga dapat memberikan p...

BKP Kementan Dorong Perum Bulog Subdivre Subang dan Subdivre Indramayu Tingkatkan Serapan Gabah

Dipublikasikan pada tanggal 18 Jul, 2018

Untuk meningkatkan serapan gabah/beras (sergap) petani oleh Bulog untuk mengisi cadangan beras pemerintah, Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian, Agung Hendriadi memimpin Rapat Koordinasi Sergap di Kantor Sub Divre Bulog Subang, Rabu (18/7).


"Pertemuan ini sangat penting untuk mempercepat serapan gabah/beras petani, sehingga bisa memenuhi target yang ditetapkan," kata Agung.


Agung yang juga Ketua I Pelaksana Sergap menambahkan,  serapan beras subdrive Subang dan Indramayu masih dibawah target harian, untuk itu perlu kerja keras  mendorong pencapaian target.


Targ...

Kepala BKP Kementan Pimpin Rakor Sergap di Sumatera Selatan

Dipublikasikan pada tanggal 17 Jul, 2018

Dalam upaya percepatan serapan gabah petani (sergap) Kepala Badan Ketahanan Pangan,  Agung Hendriadi meminta Tim Sergap untuk bekerja keras dan terus melakukan kegiatan dilapangan.


"Sampai saat ini realisasi serapan beras sub divre Bulog Sumatera Selatan baru mencapai 5.930 ton dari target 67.623 ton. Jumlah pengadaan beras harus bisa lebih tinggi lagi, dan dapat dicapai dengan kerja keras serta turun langsung ke lapangan," Ujar Agung dalam arahannya pada Rapat Koordinasi (Rakor) Percepatan Serap Gabah/Beras di Divre Bulog Sumatera Selatan, Selasa (17/7/2018).


"Sergap ini untuk men...

Serap Gabah Untuk isi Cadangan Beras Pemerintah

Dipublikasikan pada tanggal 13 Jul, 2018

Tim  Sergap (serap gabah petani) terus mendorong pemenuhan Cadangan Beras Pemerintah (CBP) di berbagai sentra produksi padi melalui kerja sama dengan Mitra Perum BULOG. Hal ini gencar dilakukan sebagai upaya akselerasi percepatan pencapaian target pada periode Juli - Agustus 2018.


Menurut Kepala Pusat Ketersediaan dan Kerawanan Badan Ketahanan Pangan, Kementerian Pertanian, Benny Rachman, untuk mengejar ketertinggalan capaian pengadaan beras, perlu partisipasi semua pihak, terutama dari Mitra Perum BULOG.


"Kami mohon kontribusi dari para Mitra untuk berpartisipasi memperkuat cadang...

BKP Kementan Bahas Masalah Pangan dan Gizi Bersama FAO dan WFP

Dipublikasikan pada tanggal 13 Jul, 2018

Pembangunan pertanian  sangat penting dalam mencukupi kebutuhan pangan dan gizi masyarakat, karena itu _Food Agriculture Organization_ (FAO) dan  _World Food Programme_ (WFP) mendorong pemerintah menyusun

kebijakan peran pertanian dalam pembangunan gizi.


"Kami menyambut baik ide tersebut. Kementerian Pertanian memiliki banyak program bermanfaat  mendorong pembangunan pangan dan gizi," kata Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian, Agung Hendriadi, saat menerima kunjungan  perwakilan FAO dan WFP, diruang kerjanya, Senin (16/7).


Dalam kesempatan tersebut, Agung menjelaskan...

Perwujudan Ketahanan Pangan Tugas Seluruh Komponen Bangsa

Dipublikasikan pada tanggal 12 Jul, 2018

"Presiden sekaligus Founding Father kita, Bpk.Ir.Soekarno saat pendirian Institut Pertanian Bogor pernah mengatakan bahwa *pangan merupakan hidup matinya suatu bangsa, apabila kebutuhan pangan rakyat tidak terpenuhi maka malapetaka, oleh sebab itu perlu usaha besar-besaran, radikal, dan revolusioner*, karena itu, ketahanan pangan bagian dari ketahanan nasional yang harus diupayakan bersama," kata Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) Agung Hendriadi dihadapan peserta Perangkat Kendali Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) LVIII Lembaga Ketahanan Nasional (Le...

Kepala BKP Kementan Dorong Bulog Kalsel dan Sulteng Percepat Serap gabah petani

Dipublikasikan pada tanggal 11 Jul, 2018

Untuk mempercepat penyerapan gabah/beras petani oleh Bulog, Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) Agung Hendriadi memimpin langsung rapat sergap di  Kalimantan Selatan (Selasa,10/7/2018) dan Sulawesi Tengah (Rabu, 11/7/2018).  

"Kalimantan Selatan ini potensi panennya masih banyak, terutama pada Juli - Agustus ini. Karena itu saya mendorong bulog bisa menyerap 56.528 ton sampai akhir Agustus 2018," kata Agung.

"Manfaatkan  momentum panen ini sebaik-baiknya agar target serapan gabah bisa tercapai," tegas Agung.

Realisasi sergap Kalsel masih di angka 5.295 ton atau...

Kepala BKP Kementan Ajak Para Bupati Tingkatkan Produksi Pangan

Dipublikasikan pada tanggal 06 Jul, 2018

Penguatan produk lokal untuk mempercepat diversifikasi pangan dan pemanfaatan lahan kering sangat penting dilakukan untuk mendukung perwujudan kedaulatan pangan nasional.


Demikian dipaparkan Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian, Agung Hendriadi, dihadapan bupati seluruh Indonesia dalam acara Rapat Kerja Nasional ke-11 Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia *(Apkasi)* di ICE BSD City Tangerang selatan, Jumat (06/07).


"Kita memiliki 2 tantangan yang harus diselesaikan bersama, *pertama* masalah penganekaragaman,  *kedua* peningkatan produksi pangan yang berkel...

Gelar Pangan Nusantara 2018

Dipublikasikan pada tanggal 05 Jul, 2018

Gelar Pangan Nusantara hadir kembali dengan mengusung tema Menjadikan Pangan Lokal Nusantara Berdaya Saing Global di Balai Kartini 27 - 29 Juli 2018.

Untuk Informasi dan Pendaftaran Pameran sila hubungi :

☎️ Yunani : 081212917060

☎️ Prita : 081513140701


Peran Kementerian Pertanian Dalam Penanganan Stunting

Dipublikasikan pada tanggal 03 Jul, 2018

Berdasarkan Data Riset Kesehatan Dasar 2013, sekitar 37,2% balita di Indonesia menderita stunting. Ini tidak hanya terjadi pada golongan ekonomi bawah, juga pada golongan ekonomi atas, walaupun secara persentase  golongan ekonomi bawah lebih besar. Demikian dikatakan Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian, Agung Hendriadi yang mewakili Menteri Pertanian dalam Lokakarya Widyakarya Nasional Pangan dan Gizi (WNPG) XI di Jakarta, Selasa (3/7/2018).


Menurut Agung Hendriadi, kejadian stunting bukan karena faktor ekonomi semata, juga dipengaruhi faktor lain. Terdapat tiga kelompok ...