Arsip Berita

Pemerintah Terus Genjot Serapan Gabah Petani

Dipublikasikan pada tanggal 15 Aug, 2018

Untuk mengisi cadangan beras pemerintah (CBP), salah satu upaya yang dilakukan adalah serapan gabah/beras petani harus terus dioptimalkan.

"Bulan Agustus-September ini merupakan kesempatan paling tepat meningkatkan serapan gabah/beras petani. Setidaknya sampai akhir September, Jawa Barat  bisa menyerap hingga 100 ribu ton atau 10% dari sasaran produksi Agustus-September sekitar 1 juta ton," kata Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian, Agung Hendriadi, dalam rapat koordinasi bersama Bulog Divre Jawa Barat di Bandung, Rabu (15/8).


Menurut Agung, upaya yang perlu dilakuka...

Bangka Belitung Gaungkan Diversifikasi Pangan

Dipublikasikan pada tanggal 10 Aug, 2018

Upaya peningkatan diversifikasi konsumsi pangan masyarakat terus digalakkan pemerintah. Kali ini dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung digaungkan Gerakan Makan Sayuran, Buah, Umbi-umbian, Kacang-kacangan, dan Ayam Merawang atau yang disingkat GEMA SABUK AMANG.


Launching gerakan resmi dituangkan dalam Peraturan Gubernur Bangka Belitung No.30 Tahun 2018,  disambut antusias aparat daerah dan masyarakat.


Dalam sambutannya, Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman, menghimbau kepada para pimpinan kabupaten/kota se-Bangka Belitung agar menindaklanjuti gerakan ini secara masif di daerah...

Kepala BKP Kementan Jelaskan Tantangan Ketahanan Pangan Indonesia

Dipublikasikan pada tanggal 09 Aug, 2018


"Fokus kita saat ini bukan hanya feeding the world, tetapi juga bagaimana mencapai sasaran akhir pembangunan ketahanan pangan, yaitu terwujudnya Sumberdaya Manusia yang tangguh, sehat, aktif dan produktif," kata Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian, Agung Hendriadi,

dihadapan Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada Fakultas Teknologi Pertanian pada Seminar Teknologi Pertanian Jabodetabek di Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian (BB Mektan) Serpong-Banten, Kamis   (09/08).


Menurut Agung, beberapa tantangan dalam mewujudkan ketahanan pangan di Indonesia, ...

Sagu Indonesia Untuk Dunia

Dipublikasikan pada tanggal 07 Aug, 2018


Sagu telah dikenal sejak lama menjadi salah satu pangan sumber karbohidrat bagi masyarakat Indonesia. Potensi sagu kini tidak hanya dikembangkan di wilayah timur Indonesia saja, akan tetapi telah meluas ke wilayah sumatera khususnya Provinsi Riau.


Melalui Seminar Sagu Asean ke IV yang dilaksanakan 7-9 Agustus 2018 di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau ingin menyampaikan pesan bahwa, sagu Riau siap menjadi salah satu komoditas pangan strategis di Indonesia bahkan dunia.


Acara seminar dibuka  Gubernur Riau,  dihadiri  peserta dari seluruh Indonesia dan pembicara dari Jepang dan Mala...

Gelar Pangan Nusantara Momentum Kembangkan Pangan Lokal Indonesia

Dipublikasikan pada tanggal 29 Jul, 2018

Gelar Pangan Nusantara (GPN) 2018  yang diselenggarakan sejak 27 – 29 Juli 2018 di Balai Kartini, Jakarta mampu menarik ribuan pengunjung untuk mengetahui  berbagai potensi pangan lokal Nusantara, yang dikemas dalam bentuk pameran, keragaan, talkshow dan lainnya.


GPN yang digagas Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian diikuti 100 peserta baik pemerintah pusat, daerah, BUMN, UKM dan lainnya.


"Dengan banyaknya jumlah pengunjung, kami harapkan mampu mensosialisasikan begitu kayanya potensi bahan pangan lokal nusantara kita," kata Kepala BKP Kementan Agung Hendriadi kepada ...

Pokja Dewan Ketahanan Pangan Diminta Buat Kebijakan Komprehensif

Dipublikasikan pada tanggal 28 Jul, 2018


Kementerian Pertanian  tahun 2016-2017 telah mewujudkan kedaulatan pangan dengan  pencapaian swasembada beberapa komoditas seperti Beras, Jagung, Bawang Merah, Cabe, Daging Ayam, Telur, dan Minyak Goreng.


"Kini, muncul harapan untuk mandiri dan berdaulat pangan bagi bangsa Indonesia dengan memproduksi beragam pangan berbasis sumber daya lokal. Ini kenyataan bahwa, Indonesia adalah bangsa besar memiliki keanekaragaman hayati nomor 2 di dunia," kata Menteri Pertanian Amran Sulaiman dalam sambutannya yang dibacakan Kepala Badan Ketahanan Pangan Agung Hendriadi, pada Rapat Koordinasi D...

Talkshow "Menjadikan Pangan Lokal Nusantara berdaya saing Global"

Dipublikasikan pada tanggal 28 Jul, 2018

Dalam rangkaian Gelar Pangan Nusantara 2018, Kementerian Pertanian menggelar Talkshow yang bertajuk "Menjadikan Pangan Lokal Nusantara berdaya saing Global" di Kartika Expo, Balai Kartini Jakarta, Sabtu (28/7).


Tampil sebagai pembicara adalah Ketua Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman (GAPPMI) Adhi S. Lukman, Ahli Tekhnologi Pangan IPB Prof. F.G. Winarno dan Pakar Pemasaran Pangan Kafi Kurnia. Selaku moderator, Valerina Daniel memandu pada talkshow ini.


Dalam paparan nya, Ketua GAPPMI Adhi S Lukman mengungkapkan bahwa pemerintah pusat mendorong dan menetapkan bahwa pemerintah dae...

Kementan Lakukan Operasi Pasar Daging Ayam Beku dengan harga Rp.31.000,-/kg

Dipublikasikan pada tanggal 28 Jul, 2018

Dalam upaya stabilitasi daging ayam beku, Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian melakukan Launching Operasi Pasar, pada hari Sabtu (28/7) di Toko Tani Indonesia Centre, Jakarta Selatan.


Tujuan operasi pasar daging ayam beku adalah untuk menstabilkan harga ayam di pasaran yang saat ini sudah melebihi harga acuan pemerintah, yaitu sebesar Rp.32.000/kg, tetapi dipasaran dijual rata-rata Rp.38.000/kg bahkan ada yang diatas Rp. 40.000/ kg.


"Mestinya harga daging ayam beku ini tidak naik, karena produksinya mencapai 1,8 juta ton, sedangkan kebutuhan hanya 1.5 juta ton sehingga ter...

Kementan Dorong Perpadi Mengisi CBP di Bulog

Dipublikasikan pada tanggal 27 Jul, 2018


"Pemantapan Peran Perpadi Dalam Perberasan Nasional" inilah yang diangkat dalam Rapat Pimpinan Nasional Perpadi di Yogyakarta, selama, Kamis-Jum'at (26-27/7).


Selain seluruh pimpinan Perpadi Propinsi dan Kab/Kota, acara ini juga dihadiri perwakilan pemerintah seperti Kementerian Pertanian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Sosial, Perum Bulog dan Pemda DIY.


Dalam kesempatan tersebut Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian, Agung Hendriadi, mengatakan tentang pentingnya Cadangan Beras Pemerintah (CBP) yang dikelola Perum Bulog.


"Amanah Rakortas Kemenko Per...

Gelar Pangan Nusantara Untuk Bangkitkan Potensi Pangan Lokal

Dipublikasikan pada tanggal 27 Jul, 2018

Sektetaris Jenderal Kementerian Pertanian Syukur Iwantoro resmi membuka Gelar Pangan Nusantara (GPN) 2018 di Kartika Expo, Balai Kartini pagi ini, Jum'at, (27/7). Event yang akan berlangsung pada 27 – 29 Juli 2018  ini mengusung tema "Menjadikan Pangan Lokal Nusantara Berdaya Saing Global".


"Saya menilai kegiatan ini sangat penting dan strategis dalam rangka mempromosikan pemanfaatan dan pengembangan pangan nusantara" ujar Syukur.


Menurut Syukur, GPN juga bertujuan membuka peluang dan  kerja sama seluruh stakeholder terkait pengembangan potensi pangan nusantara untuk dapat berdaya ...