Arsip Berita

KRPL Kementan Hemat Pengeluaran Rumah Tangga

Dipublikasikan pada tanggal 13 Sep, 2018

Dalam kunjungan kerjanya ke Kabupaten Sleman Yogyakarta, Kamis (13/9), Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan), Agung Hendriadi mengajak  masyarakat mengoptimalkan pemanfaatan lahan pekarangan dengan menanam sayuran.

"Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) merupakan solusi bagi pemenuhan kebutuhan pangan bagi masyarakat sekaligus efisiensi pengeluaran rumah tangga saat ini," kata Agung.

KRPL merupakan gerakan Diversifikasi pangan melalui Optimalisasi Pemanfaatan Lahan Pekarangan berbasis sumber daya lokal dan pelestarian sumber daya genetik melalui pengembangan Kebun ...

Kepala BKP Kementan Jelaskan Strategi Meningkatkan Daya Saing Pertanian

Dipublikasikan pada tanggal 13 Sep, 2018

Yogyakarta- Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian, Agung Hendriadi menjadi keynote speaker pada acara An International on Food, Agriculture, and Natural Resources Conference (FANRes) yang diselenggaraka di Ballroom Cavinton Hotel, Yogyakarta, Kamis (13/09).


Pelaksanaan FANRes diselenggarakan oleh Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dengan tujuan untuk mengembangkan produk pertanian melalui pemanfaatan sumberdaya alam secara berkelanjutan dan peningkatan daya saing produk pertanian melalui pengembangan agro-technopreneurship.


Mengawali acara, Agung menyampaikan tantang...

Transaksi TTI di Bengkulu Capai Rp 2,4 Milyar

Dipublikasikan pada tanggal 07 Sep, 2018


Dalam rangka memberikan kepastian jaminan pemasaran dan perlindungan bagi petani serta mempermudah aksesbilitas masyarakat memperoleh bahan pangan, Pemerintah Provinsi Bengkulu melalui Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Bengkulu memperluas jejaring Toko Tani Indonesia (TTI) dengan mendirikan TTI Center (TTIC) di Kota Bengkulu.


Dengan berdirinya TTIC di Bengkulu diharapkan dapat memudahkan konsumen menjangkau komoditas pangan yang langsung berasal dari Gapoktan/Lembaga Usaha Pangan Masyarakat, sekaligus memberikan kesempatan suplyer pangan, dalam memasarkan langsung komoditasnya. Hal t...

Kemitraan Gapoktan dan TTI mudahkan Masyarakat Penuhi Kebutuhan Pangan

Dipublikasikan pada tanggal 06 Sep, 2018


Dalam upaya mencukupi kebutuhan pangan masyarakat dengan harga terjangkau, selain dilakukan melalui peningkatan produksi pangan, juga memperpendek matarantai distribusi pangan.


Dalam kaitan ini Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian telah melakukan pembinaan kepada 1156 Lembaga Usaha Pangan Masyarakat (LUPM)

yang tersebar diberbagai tempat.


Selain itu juga dibangun 3.655 Toko Tani Indonesia (TTI)  dan TTI Center yang saat ini berkembang di 20 provinsi.


Salah satu Gapoktan yang cukup pesat kemajuannya adalah Gapoktan Sinar Abadi yang kegiatannya meliputi penyimpana...

KRPL Kementan Mampu Penuhi Kebutuhan Pangan dan Kesejahteraan Keluarga

Dipublikasikan pada tanggal 05 Sep, 2018


Dalam upaya memantapkan ketahanan pangan keluarga, sejak tahun 2010

Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian telah mengembangkan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) yang hingga kini  tersebar di 18.000 desa di 34 provinsi.


Pengembangan KRPL  selain untuk memenuhi kebutuhan pangan keluarga, juga untuk mengurangi belanja keluarga, terutama pangan,  yang akhirnya dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan keluarga.


Salah satu KRPL cukup pesat kemajuannya adalah

yang dikembangkan Kelompok Wanita Tani (KWT) Mertanadi di desa Tiying Gading, Kecamatan Selemadeg Barat,...

Direktur Bank Dunia untuk Asia Pasifik Tawarkan Kerjasama dengan Indonesia

Dipublikasikan pada tanggal 04 Sep, 2018

Copenhagen-Denmark, di sela-sela acara World Food Summit_ " Better Food for More People ", Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian, Agung Hendriadi melakukan Billateral Meeting dengan Nathan M.Belete selaku Direktur World Bank untuk Asia Timur dan Asia Pasific di Borsen-Copenhagen (30/08) waktu Denmark.


Mengawali billateral, Agung menyampaikan bahwa KTT saat ini lebih fokus pada bagaimana negara-negara membuat rencana aksi untuk mewujudkan pangan yang lebih berkualitas, fokus negara-negara berkembang dan negara maju sudah melangkah kedepan bukan hanya peningkatan produksi saj...

Kepala BKP Kementan Pimpin Delegasi RI dalam World Food Summit 2018 di Copenhagen

Dipublikasikan pada tanggal 03 Sep, 2018

Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian, Agung Hendriadi memimpin Delegasi RI pada Konferensi Tingkat Tinggi/ World Food Summit (WFS) " Better Food for More People " pada 29-31 Agustus lalu di Copenhagen-Denmark.


WFS dilaksanakan di empat venue utama, yaitu di _The National Parliament, Bella Center_,  _Bita Copenhagen_, dan _Borsen_.


Pertemuan yang dihadiri 1.096 peserta dari 56 negara ini dibuka oleh Tuan Puteri Denmark, Princess Marie, dan dilanjutkan dengan diskusi panel dengan narasumber dari birokrat, politisi, pebisnis, dan NGO terkait.


Menurut Agung,  KTT *...

Kepala BKP Kementan Kenalkan Produk Pangan ke nagara Denmark

Dipublikasikan pada tanggal 01 Sep, 2018

Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian, Agung Hendriadi menghadiri undangan Duta Besar RI untuk Denmark, Muhammad Ibnu Said di kantor Dubes RI di Copenhagen - Denmark, Kamis (30/8).


Mengawali pertemuan,

Agung yang hadir sebagai peserta  _world food summit_ (WFS) pada 29-31 Agustus menyampaikan, acara WFS dihadiri lebih 50 negara. Pembahasan sudah melangkah jauh kedepan ke arah _food industri_ dan _food healthy_.


Di Denmark 90% bahan pangan sudah diolah, _food processing_ nya sudah maju. Indonesia secara bersamaan juga mengembangkan _food industry_ dan _healthy_, sekali...

Qurban bersama TTI Centre

Dipublikasikan pada tanggal 23 Aug, 2018

Dalam rangka memperingati Hari Raya Idul Adha, Badan Ketahanan Pangan melalui Toko Tani Indonesia melaksanakan pemotongan hewan kurban pada hari Kamis, 23 Agustus 2018 di TTIC Jakarta.

"Dengan adanya kegiatan ini semoga dapat mempupuk ketakwaan Kepada Allah SWT dan meningkatkan Keiklasan kita terhadap sesama" ujar Agung.

Kepala BKP Dorong Percepatan Sergap Bulog di Jatim

Dipublikasikan pada tanggal 20 Aug, 2018

Untuk mempercepat penyerapan gabah/beras petani, Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian, Agung Hendriadi, memimpin rapat koordinasi (rakor) di Kantor Divre Bulog Jawa Timur, Senin, (20/8).


Tujuan rakor untuk mengkonsolidasikan percepatan serap gabah/beras oleh Bulog Divre Jawa Timur,  yang menurun cukup tajam.


"Jawa Timur sebagai barometer nasional harus betul-betul dikawal, dan dijaga agar serapan untuk Cadangan Beras Pemerintah (CBP) tetap aman," ujar Agung.


Agung yang juga Ketua I Sergap Kementan menyinggung pentingnya CBP. "Meskipun saat ini CBP sudah mencapa...