Arsip Berita

Kementan Gelar Cabai Murah di Jabodetabek

Posted in Berita Umum on Aug 08, 2019

Hingga saat ini harga cabe dibeberapa pasar relatif masih tinggi, sehingga perlu langkah-langkah intervensi untuk menstabilkannya.

"Merespon masih tingginya harga cabai, pada hari ini dan seminggu mendatang, kami akan gerojoki cabai 2 ton setiap harinya dengan harga Rp.35.000/kg," ujar Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Agung Hendriadi saat melepas Gelar Cabai Murah  di Toko Tani Indonesia Centre (TTIC) Pasar Minggu Jakarta, Kamis (8/7/2019).

Menurut Agung, BKP akan terus menggelar cabai murah untuk meredam harga cabai yang masih relatif tinggi dan diharapkan dapat membantu memenuhi kebutuhan...

Kepala BKP Kementan Ajak Para Pihak Bersama-sama Membangun Ketahanan Pangan dan Gizi

Posted in Berita Umum on Aug 07, 2019

Balikpapan - Perwujudan ketahanan pangan tidak hanya berorientasi pada peningkatan produksi agar pangan cukup tersedia, tetapi juga  diperlukan efektivitas pemanfaatan pangan, sehigga setiap individu dapat meng konsumsi pangan beragam bergizi seimbang dan aman.

Demikian dikatakan Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) Agung Hendriadi dalam Seminar Nasional Pertanian di Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman Balikpapan, Kalimantan Timur, Rabu (7/8/2019).

"Pembangunan ketahanan pangan dan gizi di Indonesia pada masa mendatang, harus menggunakan pendekatan sistem ...

TTIC Kementan Juga Tempat Belajar Cara Stabilkan Harga Pangan

Posted in Berita Umum on Aug 07, 2019

Jakarta - Kiprah Toko Tani Indonesia Centre (TTIC) Kementerian Pertanian (Kementan) semakin berkibar. Selain berkontribusi dalam menjaga stok dan stabilitasi harga pangan, TTIC juga sebagai tempat belajar pemerintah daerah.

Pagi ini (Rabu, 7/8/2019) TTIC mendapat kunjungan dari pemerintah Kota Bogor, Kabupaten Deli Serdang dan Kota Samarinda.

"Mereka ini datang ke TTIC tidak hanya melihat secara fisik dan komoditi yang dijual, tetapi juga mempelajari mekanisme kerja dalam penyediaan pangan dan stabilitasi harga," ujar Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) Agung H...

Kepala BKP Kementan Minta BULOG Jabar Tingkatkan Serapan Gabah

Posted in Berita Umum on Aug 06, 2019

Untuk meningkatkan Serapan Gabah/beras Petani (Sergap), Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) Agung Hendriadi memimpin langsung rakor koordinasi (Rakor) sergap di Kantor Divre Bulog Jawa Barat, Selasa (6/8/2019).

"Potensi luas panen bulan Agustus dan September di wilayah subdivre Ciamis dan Cianjur masih tinggi, sehingga Bulog masih mempunyai kesempatan untuk meningkatkan serapan gabah/berasnya," tegas Agung.

Realisasi pengadaan Jabar sudah mencapai 95%, namun mengingat potensi panen masih tinggi, target pengadaan gabah/beras ditambah 100 ribu ton untuk pengadaan...

Pelajari Pentingnya Penganekaragaman Pangan, Siswa SMK Kunjungi BKP

Posted in Berita Umum on Aug 06, 2019

Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian menerima kunjungan edukasi dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Taruma Negara Bogor sebanyak 120 siswa, Selasa ( 6/8 ). Kunjungan ini membahas tema tentang Pentingnya Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan.

Kepala Bidang Keamanan Pangan Segar, Apriyanto Dwi Nugroho memberikan penjelasan kepada siswa tentang B2SA, Isi Piringku, KRPL, keamanan pangan segar dan pentingnya mengurangi boros pangan. Anak-anak adalah sarana yang paling efektif dalam mensosialisasikan program ketahanan pangan dari usia dini sehingga akan lahir generasi muda yan...

Kepala BKP Kementan Buka Peluang Ekspor Buah ke Kazakhstan

Posted in Berita Umum on Aug 03, 2019

Jakarta – Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) Agung Hendriadi menerima kunjungan Acting Director General of Islamic Organization for Food Security (Acting DG IOFS) Yerlan Baidaulet di Kantornya, Jumat (2/8). Kunjungan ini membahas beberapa hal, diantaranya cadangan pangan, program ketahanan pangan dan potensi ekspor buah ke Kazakhstan.


Kazakhstan menginisiasi melakukan pengembangan cadangan pangan di negara-negara Muslim melalui IOFS. Cadangan pangan ini diharapkan dapat membantu negara anggota ketika menghadapi bencana.


Selain itu, jejaring ini jug...

Kepala BKP Kementan Tinjau TTIC Jawa Tengah

Posted in Berita Umum on Aug 02, 2019

Dalam kunjungan kerjanya ke provinsi Jawa Tengah (Jateng), Kamis (1/8/2019) Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) Agung Hendriadi menyempatkan datang ke Toko Tani Indonesia Centre (TTIC).

"Saya minta peran TTIC ini terus digaungkan sebagai penyedia bahan pangan murah berkualitas, menjaga pasokan dan stabilisasi harga pangan," ujar Agung yang didampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan Jateng, Agus Wiriyanto,

"TTIC adalah ibunya TTI. Jadi perankan TTIC sebagai pemasok bahan pangan ke TTI," tegas Agung.

Saat dikunjungi Agung, TTIC yang terletak di Jln. Gemah Jaya, Ked...

TTI Kementan Mendapat Dukungan Wakil Walikota Tangerang Selatan

Posted in Berita Umum on Aug 01, 2019

Untuk merespon tingginya harga cabai, Walikota Tangerang Selatan (Tangsel) Benyamin Davnie tidak segan-segan turun langsung berjualan cabai melayani masyarakat dalam kegiatan operasi pasar (OP).

"Saya apresiasi kegiatan ini, karena yang sangat membantu masyarakat memperoleh cabai murah. Saya juga berterima kasih dengan Kementerian Pertanian yang terjun langsung dengan kami melakukan operasi cabai,” ujar Wakil Walikota Tangsel, Benyamin Davnie, saat membuka OP Cabai di Kantor Dinas Ketahanan Pangan,Pertanian, dan Perikanan, Kamis (1/8)

Operasi pasar (OP) cabe dimuai jam 08.00 pagi  disambut ant...

BKP Kementan Berkomitmen, Membangun Ketahanan Pangan Dengan Keterbukaan

Posted in Berita Umum on Aug 01, 2019

Dalam rangka implementasi UU nomor 14 tahun 2018 tentang Keterbukaan Informasi Publik yang mengamanatkan bahwa setiap badan publik wajib membuka semua akses informasi publik kepada masyarakat, maka diperlukan pemahaman dan kesamaan persepsi dalam penyediaan dan pengelolaan informasi publik dilingkup Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan).


Sebagai komitmen terhadap kewajiban tersebut, BKP melaksanakan Sosialisasi Keterbukaan Informasi Publik bagi seluruh pejabat dan pegawai lingkup BKP pada Kamis (1/8).


Sekretaris Badan Ketahanan Pangan Riwantoro mengungkapkan...

BKP Kementan Tingkatkan Pelayanan Informasi Publik

Posted in Berita Umum on Jul 30, 2019

Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) sebagai Badan Publik terus meningkatkan pelayanan kepada pemohon informasi publik.

"Kami sangat mengapresiasi apa yang dilakukan BKP dalam meningkatkan pelayanan informasi publik," ujar Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementan, Kuntoro Boga Andri, seusai memberikan materi Keterbukaan Informasi Publik lingkup BKP di Depok, Selasa (31/7/2019).

Lebih lanjut, Kuntoro Boga mengatakan,  tahun ini Kementan mentargetkan meraih Kategori Badan Publik Informatif.

"Apa yang dilakukan BKP ini sangat mendukung tercapainya Kementan sebagai ...

TTIC/TTI Kementan Gelar Cabai Murah

Posted in Berita Umum on Jul 28, 2019

Hasil pantauan pasar di Jabodetabek melalui laman info pangan jakarta, baik cabai merah keriting maupun cabai rawit merah masih belum beranjak diatas harga Rp 65.000/kg.

Untuk menjaga stabilitas pasokan harga cabai di ibukota dan sekitarnya, Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) menggelar Cabai Murah Berkualitas di Toko Tani Indonesia Centre (TTIC), 4 pasar dan 14 TTI di Jabodetabek.

Harga cabai yang dijual TTIC/TTI adalah cabai merah keriting dibandrol Rp 35.000/kg,  sedangkan cabai rawit merah Rp 40.000/kg.

Gelar cabai murah ini sudah dilakukan sejak harga...





Kementan Ajak Masyarakat Manfaatkan Lahan Pekarangan

Posted in Berita Umum on Jul 27, 2019

Dalam membangun ketahanan pangan nasional, penguatan ketahanan pangan keluarga sangat penting dilakukan.

"Ketahanan pangan nasional dimulai dari keluarga. Kalau keluarga tahan pangan, secara nasional juga akan tahan pangan," ujar Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) Agung Hendriadi seusai panen sayuran di lahan Toko Tani Indonesia Centre (TTIC), Minggu (27/7/2019).

Obor Pangan Lestari (OPAL) merupakan perubahan dari Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL). OPAL di TTIC memanfaatkan lahan pekarangan sekitar 150 meter yang ditanam aneka tanaman buah dan sayur.

"Melalu...

Kepala BKP Kementan Safari Serap Gabah/Beras Petani ke Cirebon dan Indramayu

Posted in Berita Umum on Jul 26, 2019

Untuk mendorong peningkatan serapan gabah/beras petani (sergap),  Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) terus melakukan koordinasi dengan semua pihak terkait. 

"Bulog harus terus neningkatkan serapan gabah/beras,  mumpung masih ada momen panen di Juli - Agustus," ujar Kepala BKP, Agung Hendriadi saat memimpin rapat koordinasi sergab yang di gelar paralel di subdivre Cirebon dan subdivre Indramayu, Jumat (26/7).

Peningkatan sergap menurut Agung sangat penting, karena Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi akan ada kekeringan di sebagian besar wila...

Kementan Gandeng Kemenperin, BPPT, KADIN dan GAPMMI, Kembangkan Industri Pangan Lokal

Posted in Berita Umum on Jul 24, 2019

Jakarta:  Indonesia merupakan negara yang kaya akan keragaman sumberdaya pangannya, namun belum semua dikembangkan secara optimal, misalnya pangan lokal seperti sagu, singkong, jagung menjadi tepung atau produk intermediate lain.

Untuk mengembangkan industri pangan berbasis tepung lokal, Kementerian Pertanian (Kementan) menggandeng pihak-pihak terkait seperti Kementerian Perindustrian, Badan Pengkajian Pengembangan Teknologi (BPPT), Kamar Dagang dan Industri (Kadin) dan Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (Gapmmi).

"Penandatanganan kerjasama dengan pihak-pihak terkait pada hari in...

Peta FSVA Kementan Sebagai Acuan Program Pengentasan Daerah Rentan Rawan Pangan

Posted in Berita Umum on Jul 24, 2019

Badan Ketahanan Pangan (BKP), Kementerian Pertanian (Kementan) pada 2018 telah memutahirkan Peta Ketahanan dan Kerentanan Pangan/Food Security and Vulnerability Atlas (FSVA), mencakup Kabupaten/Kota seluruh Indonesia.

Peta tematik ini menggambarkan visualisasi geografis hasil analisa data indikator kerentanan terhadap kerawanan pangan.

FSVA disusun menggunakan 9 indikator yang mewakili 3 aspek ketahanan pangan, yaitu ketersediaan, keterjangkauan dan pemanfaatan pangan,  sehingga dapat digunakan Kementerian/Lembaga terkait dalam penyusunan program intervensi kerawanan pangan dan gizi.

Hasil FSV...

    Prev 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 Next