Arsip Berita

Mentan SYL: Jaga Ketahanan Pangan Kita

Dipublikasikan pada tanggal 21 May, 2021

Jakarta - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menegaskan pentingnya menjaga ketahanan pangan yang menjadi kewajiban seluruh jajaran Kementerian Pertanian. Hal itu ditegaskan di hadapan pejabat dan seluruh pegawai Badan Ketahanan Pangan (BKP) sebagai rangkaian silaturrahim pasca Idulfitri, pada Kamis (21/05/2021).

"Kita harus optimalkan dan maksimalkan semua kegiatan, harus terkonsep dan terkoordinasi, kita butuh kerja sama dengan institusi lain” ujar Mentan SYL.

Mentan SYL berharap program-program yang ada di BKP terutama Pekarangan Pangan Lestari (P2L) dan Pasar Mitra Tani (PMT) mampu mengu...

Permudah Belanja Online, Pasar Mitra Gandeng Digiretail Mandiri Via WhatsApp

Dipublikasikan pada tanggal 20 May, 2021

Jakarta - Tidak hanya menjaga stabilitas pasokan dan harga bahan pangan pokok, Kementerian Pertanian terus mengupayakan kemudahan akses masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pangan pokoknya dengan mengoptimalkan penggunaan teknologi  seperti yang kerapkali ditekankan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Hal ini dilakukan oleh Pasar Mitra Tani (PMT) yang melakukan inovasi pemasaran melalui pembelian secara online. Setelah sukses sebelumnya menggandeng Gojek, Grab, Bukalapak serta marketplace PasTani milik Kementan, kini PMT kembali gandeng Digiretail Mandiri dari Bank Mandiri.

Kepala Pusat Dist...

Pasca Lebaran, Pasokan Stabil Harga Terkendali

Dipublikasikan pada tanggal 18 May, 2021

Jakarta - Kondisi ketersediaan pangan periode lebaran dinilai aman. Hal ini setidaknya dilihat neraca pangan serta pasokan pangan mencukupi dan relatif tidak adanya gejolak harga yang tinggi di masyarakat.

Berdasarkan prognosa Kementerian Pertanian (Kementan), secara umum neraca ketersediaan pangan hingga Juni 2021 dalam kondisi aman. Beberapa komoditas pangan yang diperkirakan surplus antara lain beras 10,3 juta ton, jagung 2,5 juta ton, bawang merah 36,7 ribu ton, cabai besar 94,4 ribu ton, daging ayam 295 ribu ton, telur ayam 75 ribu ton, dan minyak goreng 563 ribu ton.

Kepala Pusat Distrib...

Pasca Lebaran, Free Ongkir Pasar Mitra Tani Diperpanjang, Pangan Makin Mudah

Dipublikasikan pada tanggal 17 May, 2021

Jakarta - Pasar Mitra Tani (PMT) Kementerian Pertanian memperpanjang layanan belanja online dengan free ongkir hingga akhir Mei. Menurut Kepala Pusat Distribusi dan Cadangan Pangan Kementan, Risfaheri, hal itu dilakukan untuk memberikan kemudahan dan keringanan bagi masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pangan pasca lebaran.

"Pasca lebaran biasanya pasar tidak langsung normal, pasokan bahan pangan dari produsen atau petani ke pasar belum normal termasuk juga harganya belum stabil," kata Risfaheri, Senin (17/5).

Layanan promo free ongkir ini, lanjutnya, sangat memudahkan aksesibilitas masyarakat ...

Bantu Peternak Layer, Kementan Fasilitasi Distribusi Jagung dari NTB ke Blitar dan Kendal

Dipublikasikan pada tanggal 15 May, 2021

Jakarta – Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dalam beberapa kesempatan menegaskan jajarannya untuk memastikan agar pasokan komoditas pangan merata ke seluruh wilayah sehingga tidak ada kekurangan pasokan yang menyebabkan kenaikan harga yang signifikan. Termasuk dalam hal ini,  komoditas jagung sebagai bahan baku pakan unggas. Kenaikan harga jagung, akan mempengaruhi harga pakan dan dampaknya harga telur dan daging ayam meningkat.

Hal senada juga dikatakan Kepala Badan Ketahanan Pangan Agung Hendriadi dalam keterangannya bahwa untuk memastikan pasokan aman, pihaknya memfasilitasi biaya distr...

Bantu Masyarakat, Meat Shop Pasar Mitra Tani Penuhi Kebutuhan Daging Sapi

Dipublikasikan pada tanggal 12 May, 2021

Jakarta –Kementerian Pertanian terus melakukan pemantauan pasokan dan harga pangan agar kebutuhan pangan masyarakat terpenuhi, khususnya jelang idulfitri. Tercatat salah satu komoditas pangan yang mengalami kenaikan permintaan cukup banyak adalah daging sapi.

Kepala Pusat Distribusi dan Cadangan Pangan, Risfaheri menegaskan pasokan daging sapi aman dan terkendali. Dia juga menambahkan, menghadapi hari raya Idulfitri, kebutuhan pangan masyarakat untuk daging sapi meningkat. Dengan adanya stok daging sapi beku ini bisa menstabilkan harga daging segar di pasaran.

"Memang daging segar lebih mahal ...

Geliat Pasar Mitra Tani Daerah Topang Stabilitas Pasokan dan Harga Pangan

Dipublikasikan pada tanggal 11 May, 2021

Jakarta – Stabilitas pasokan dan harga pangan jelang lebaran menjadi perhatian Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. Dalam pernyataannya beberapa waktu lalu, Mentan Syahrul menegaskan akan terus berupaya menjaga agar ketersediaan pangan cukup, pasokan dan harga pangan aman dan terkendali.

Melalui Badan Ketahanan Pangan (BKP), Kementerian Pertanian mengembangkan Pasar Mitra Tani (PMT) atau Toko Tani Indonesia Center (TTIC) sebagai salah satu instrumen dalam upaya mendukung stabilitas pasokan dan harga pangan. Dengan menghadirkan pangan yang murah dan berkualitas, PMT/TTIC di berbagai daerah di...

Jaga Stabilitas Pasokan dan Harga Pangan, Kementan Intensifkan Pemantauan

Dipublikasikan pada tanggal 11 May, 2021

Jakarta – Stabilitas pasokan dan harga pangan menjadi perhatian penuh Kementerian Pertanian dalam beberapa waktu terakhir. Pasalnya, momentum Idulfitri tak lama lagi akan segera tiba. Meski pandemi Covid-19 masih melanda dan pemerintah melakukan penyekatan di berbagai titik, masyarakat harus terpenuhi kebutuhan pangannya. Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo dalam beberapa kesempatan menekankan jajarannya untuk terus menjaga ketersediaan dan pasokan pangan cukup, sehingga harga pangan dapat terkendali dan masyarakat merayakan lebaran dalam situasi yang kondusif.

Untuk itu, Badan Ketahanan Pa...

Jelang Lebaran, Pasokan dan Harga Pangan Stabil

Dipublikasikan pada tanggal 09 May, 2021

Jakarta - Tiga hari jelang lebaran Idulfitri 2021 ketersediaan dan harga pangan terpantau relatif aman dan terkendali. Hal ini diungkapkan Kepala Pusat Distribusi dan Cadangan Pangan, Risfaheri di Jakarta, Minggu (09/05/2021).

“Kita pastikan ketersediaan 11 komoditas pangan dalam kondisi yang aman dan terkendali. Terkait harga, memang ada dinamika untuk komoditas tertentu, namun masih dalam kondisi yang wajar mengingat momentum lebaran yang akan segera tiba,” ujar Risfaheri.  

Fahrudin, petugas pemantau ketersediaan dan harga pangan yang ditemui di Pasar Kemiri Depok, Minggu (09/05/2021) menga...

Murah dan Berkualitas, Ita Purnamasari Antusias Belanja di Pasar Mitra Tani

Dipublikasikan pada tanggal 07 May, 2021

Jakarta – Artis Ita Purnamasari mengungkapkan keberadaan Pasar Mitra Tani Kementerian Pertanian sangat membantu masyarakat dalam mendapat bahan pangan yang murah dan berkualitas.

“Luar biasa belanja di Pasar Mitra Tani ini, untuk kebutuhan pangan jelang lebaran semua tersedia, ada beras, cabai, bawang, telur, minyak goreng, hingga sayur-sayuran juga ada” ungkap Ita ketika berbelanja di PMT Pasar Minggu, pada Kamis (06/05/2021).

Pelantun lagu Cintaku Padamu ini datang bersama suaminya Dwiki Darmawan yang juga musisi senior mengajak masyarakat untuk berbelanja di PMT ini.

“Komoditas pangan yang ...