Arsip Berita

Indonesia Berpeluang Sebagai penghasil produk organik terbesar di dunia

Dipublikasikan pada tanggal 12 Nov, 2018

*Indonesia Berpeluang Sebagai penghasil produk organik terbesar di dunia*


Sejak tahun 1960-an revolusi hijau dilakukan sebagai usaha meningkatkan produktivitas pertanian. Berbagai macam usaha intensifikasi pertanian seperti penggunaan pupuk kimia, pestisida kimia, dan penggunaan varietas tertentu dilakukan untuk mencapai produksi yang diinginkan. Penggunaan input sintetis yang dilakukan secara sistematis, terprogram, dan terus-menerus terbukti dapat meningkatkan produksi pangan.


Namun, sistem pertanian berbasis _high input energy_ seperti pupuk kimia dan pestisida berpotensi merusa...

Kepala BKP Kementan "Stok Jagung Melimpah, Masalah Komunikasi dan Distribusi Perlu dibenahi

Dipublikasikan pada tanggal 11 Nov, 2018

*Kepala BKP Kementan "Stok Jagung Melimpah, Masalah Komunikasi dan Distribusi Perlu dibenahi"*


Secara serentak Kementerian Pertanian melakukan safari panen jagung di 7 kabupaten di Jawa Timur (Tuban, Lamongan, Lumajang, Jember, Kediri, Mojokerto dan Pasuruan) pada hari ini,  pada areal 5.000 hektar ladang jagung.


"Panen yang kita lakukan hari ini menunjukan bahwa stok jagung melimpah dan kita memang surplus," ujar Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian, Agung Hendriadi

seusai melakukan panen raya di Lumajang dan Jember, Sabtu (10/11).


Dari ketujuh daerah yang pan...

BKP Kembangkan Korporasi Usahatani untuk Mengentaskan Kemiskinan

Dipublikasikan pada tanggal 09 Nov, 2018

*BKP Kembangkan Korporasi Usahatani untuk Mengentaskan Kemiskinan*


Pembangunan pertanian merupakan sektor sangat penting dan strategis bagi kedaulatan pangan suatu bangsa. Tanpa petani, kebutuhan pangan suatu bangsa akan tergantung pada negara lain, oleh sebab itu kesejahteran petani menjadi kunci pokok tujuan pembangunan pertanian.


Demikian disampaikan Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian Agung Hendriadi,  dalam paparannya mengenai Korporasi Usahatani dihadapan Kepala Dinas Provinsi/Kabupaten di 12 wilayah dalam Workshop Persiapan Pelaksanaann Pengembangan Korporasi...

Kepala BKP dampingi Mentan Tinjau Ketersedian Stok dan Harga Beras di Pasar Kramat Jati dan PIBC

Dipublikasikan pada tanggal 08 Nov, 2018

Menteri Pertanian, Amran Sulaeman bersama Kepala BULOG, Budi Waseso melakukan peninjauan ketersediaan stok dan harga beras di Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC) dan Pasar Kramat Jati, Jakarta Timur hari Kamis, 08 November 2018.  Turut hadir dalam kunjungan ini Kepala Badan Ketahanan Pangan Agung Hendriadi, Kepala Satgas Pangan Setyo Waseso, Direktur Pengadaan BULOG Bachtiar dan Direktur Utama Food Station Arief Prasetyo Adi.

Dalam kesempatan itu Menteri Pertanian menyampaikan penyebab kenaikan harga beras medium akhir-akhir ini adalah mayoritas beras yang diperdagangkan di pasar adalah beras pr...

Kementerian Pertanian Dorong Konsumsi Pangan Beragam Bergizi seimbang dan Aman

Dipublikasikan pada tanggal 07 Nov, 2018

Pada 4 tahun terakhir, kualitas konsumsi pangan penduduk Indonesia yang diukur dengan Skor Pola Pangan Harapan (PPH) mengalami peningkatan, yaitu skor PPH 85,2 pada tahun 2015 meningkat menjadi 86,0 pada tahun 2016 dan meningkat lagi menjadi 90,4 pada tahun 2017.


"Peningkatan ini menunjukkan kualitas konsumsi pangan penduduk Indonesia semakin baik, yakni lebih beragam dan bergizi seimbang," ujar Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian Agung Hendriadi, menjelaskan dikantornya, Senin (5/11).


Pola Pangan Harapan merupakan instrumen untuk mengukur pemenuhan keberagaman dan ...

Kementan Lindungi Konsumen melalui Jaminan Keamanan dan Mutu Pangan Segar

Dipublikasikan pada tanggal 05 Nov, 2018


Keamanan dan mutu pangan bukan hanya isu yang  terkait dengan perdagangan saja, namun juga dengan kesehatan. Hal ini seiring  tuntutan masyarakat akan pangan segar yang aman dan bermutu terus meningkat.  Untuk mewujudkan pangan hal tersebut, dilaksanakan bersama-sama antara pemerintah, produsen dan konsumen.


Kementerian pertanian sesuai dengan kewenangannya dalam memberikan jaminan keamanan dan mutu pangan segar, telah menerbitkan antara lain Permentan No.51 Tahun 2008 tentang Syarat dan Tatacara Pendaftaran Pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT) dan beberapa pedoman sertifikasi.


...

Kementan Bangun Kawasan Mandiri Pangan Untuk Tingkatkan Pendapatan Masyarakat

Dipublikasikan pada tanggal 04 Nov, 2018


Pemenuhan kebutuhan pangan merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dengan pendapatan masyarakat, dan ketersediaan pangan di suatu daerah. Oleh karena itu pemerintah sangat memperhatikan masalah tersebut, terutama di pedesaan, padahal pedesaan memiliki sumberdaya cukup besar dalam menghasilkan pangan.


Untuk mendukung terpenuhinya kebutuhan pangan masyarakat, Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian sejak tahun 2015

meluncurkan kegiatan Kawasan Mandiri Pangan (KMP), untuk mendorong ketersediaan pangan dipedesaan sekaligus meningkatkan pendapatan masyarakat.


Komponen kegia...

Pemanfaatan Pekaragan, Berikan Berkah Bagi Penduduk Ijen

Dipublikasikan pada tanggal 03 Nov, 2018


Adalah Desa Taman Sari yang berada pada ketinggian 2500 mdpl di kawasan Gunung Ijen tepatnya di Kabupaten Bondowoso Provinsi Jawa Timur merupakan salah satu pusat pemukiman penduduk yang terbentuk karena adanya aktifitas PT. Perkebunan Nasional (PTPN) Lorolas.


Didukung dengan iklim yang sejuk, Desa Taman Sari atau yang lebih dikenal dengan Kampung Baru, kini telah menjelma menjadi "Kawasan Pangan Lestari".


Berada sekitar 40 km dari pemukiman lain dan menembus kawasan hutan Gunung Ijen, membuat warga kesulitan mendapatkan bahan pangan sayuran. Namun kini warga sudah tidak lagi...

Kementan dukung Pencapaian Zero Hunger melalui KRPL

Dipublikasikan pada tanggal 02 Nov, 2018


Sesuai dengan komitmen global dalam _Sustainable Development Goals_ bahwa semua negara PBB harus mewujudkan tercapainya _zero hunger_, yaitu upaya memerangi kelaparan.


Untuk mewujudkan hal tersebut harus diupayakan kemudahan akses pangan yang beragam  bagi semua anggota keluarga.


Untuk mendukung komitmen tersebut, Kementerian Pertanian terus menggali potensi untuk memudahkan akses penyediaan pangan  yang  beragam bagi keluarga. Salah satunya adalah dengan memanfaatlan potensi lahan pekarangan.


“Kita mempunyai lahan pekarangan mencapai 10,3 juta hektar, yang terus kita g...

BKP Kementan Terbitkan FSVA untuk Rekomendasi Atasi Kerawanan Pangan

Dipublikasikan pada tanggal 02 Nov, 2018

Ketersediaan informasi ketahanan pangan yang  akurat, komprehensif, dan tertata dengan baik sangat penting untuk mendukung upaya pencegahan dan penanganan kerawanan pangan dan gizi, karena dapat memberikan arah dan rekomendasi kepada pembuat keputusan dalam penyusunan program, kebijakan, serta pelaksanaan intervensi di tingkat pusat dan daerah.

Penyediaan informasi  diamanahkan dalam UU No 18/ 2012 tentang Pangan dan PP No 17/2015 tentang Ketahanan Pangan dan Gizi yang mengamanatkan Pemerintah dan Pemerintah Daerah sesuai dengan kewenangannya untuk membangun, menyusun, dan mengembangkan Sistem...