Arsip Berita

Pasokan dan Harga Pangan di Kota Bogor Stabil

Dipublikasikan pada tanggal 24 Nov, 2018

Setelah pasar Tebet dan pasar Kebayoran Lama di Jakarta dilakukan pemantauan ketersediaan  stok bahan pangan pokok dan stabilitasi harga beberapa hari lalu,  kali ini giliran pasar di wilayah Bogor yang dipantau

Kepala Pusat Distribusi dan Cadangan Pangan Badan Ketahanan Pangan Risfaheri.

"Menjelang perayaan Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Natal dan Tahun Baru, Pemerintah akan lebih intensif melakukan monitoring lapangan, khususnya terkait kondisi ketersediaan atau pasokan dan harga pangan," Ujar Risfaheri yang ditemui di pasar Anyar Bogor, Jum'at (23/12).

"Ini kami lakukan, karena ini ma...

Bilateral Meeting Indonesia dan Private Sector Mechanism (PSM-FAO)

Dipublikasikan pada tanggal 23 Nov, 2018

Di sela-sela Symposium Internasional bertemakan " _Agricultural Innovation for Family Farmers : Unlocking the Potential of Agricultural Innovation to Achieve the Sustainable Development Goals" di FAO Head Quarter_, Roma, Italia,  21-23 November 2018, Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian, Agung Hendriadi selaku Ketua Delegasi Republik Indonesia (Delri) melakukan pertemuan Bilateral dengan _Private Sector Mechanism (PSM) FAO._

Sembilan orang perwakilan sektor swasta pangan dan pertanian yang tergabung dalam PSM-FAO antara lain dari : Philipina, Belgia, USA, Swiss, Kenya, Nor...

KRPL BKP Kementan Mendapat Apresiasi Anggota FAO

Dipublikasikan pada tanggal 23 Nov, 2018

Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian, Agung Hendriadi selaku Ketua (Delegasi Republik Indonesia (Delri) menjadi salah satu penelis dalam Symposium yang dilaksanakan oleh FAO di Roma, Italia,  21-23 November 2018.

Symposium Internasional yang bertemakan " _Agricultural Innovation for Family Farmers : Unlocking the Potential of Agricultural Innovation to Achieve the Sustainable Development Goals_" dihadiri hampir 600 peserta dari 76 negara yang berasal dari kalangan pemerintahan,  dunia usaha, masyarakat sipil dan organisasi petani.

Symposium ini bertujuan untuk meningkatkan...

Ketahanan Pangan Indonesia Semakin Kokoh

Dipublikasikan pada tanggal 16 Nov, 2018

Seiring dengan meningkatnya pembangunan pertanian dan ketahanan pangan di Indonesia, berbagai terobosan telah membawa dampak signifikan terhadap pemenuhan kebutuhan pangan dan kesejahteraan. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah rumah tangga miskin pada Maret 2018 sebesar 15.81 juta jiwa. Angka ini menunjukkan telah terjadi penurunan sebesar 10.88 % jika dibandingkan periode yang sama pada Maret 2013 yang mencapai 17.74 juta jiwa,. Adanya penurunan jumlah KK miskin, menunjukan bahwa pembangunan yang dilaksanakan berdampak langsung terhadap kesejahteraan masyarakat.

"Keluarga mis...

Sagu Kendari Siap Melokalkan Industri Pangan Lokal

Dipublikasikan pada tanggal 15 Nov, 2018


Sulawesi Tenggara memiliki potensi tanaman sagu sekitar 12.000 ha dengan luas produksi 6.967 ton. Dari potensi tersebut, yang saat ini sedang difokuskan pengembangannya adalah di

Konawe dan Konawe Selatan yang potensinya cukup besar.


"Kita semua tahu, potensi sagu di Indonesia luar biasa. Untuk itu dari sisi bisnisnya harus kita upayakan bagaimana menekan efisiensi produksi tepung kering sagu yang bisa bersaing dengan tepung terigu," ujar Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementan Agung Hendriadi saat meninjau pengolahan sagu di kabupaten Konawe dan Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara, K...

KRPL Kementan Mampu Suplai Sayuran ke Hotel dan Rumah Makan

Dipublikasikan pada tanggal 14 Nov, 2018


Kegiatan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) yang dilaksanakan Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian cukup membanggakan. Selain hasilnya dapat untuk memenuhi kebutuhan pangan keluarga, dan menghemat belanja pangan, juga bisa meningkatkan pendapatan.


Hal ini sebagaimana dikembangkan Kelompok Wanita Tani (KWT) Lestari di Kel. Anaiwoi  Kec. Kadia Kota Kendari Sulawesi Tenggara yang merupakan show window KRPL Kota Kendari.


"Saya bangga apa yang sudah dilakukan KRPL ini. Dan harus ditingkatkan terus, agar bisa berkesinambungan," ujar Agung yang berkunjung pada Rabu (1...

Respon Cepat harga beras TTIC Kementan dijual 8.800/kg di Pasar Gondangdia

Dipublikasikan pada tanggal 14 Nov, 2018


Dalam upaya menjaga stabilitas harga dan pasokan bahan pangan pokok dan strategis, khususnya di wilayah Jabodetabek, BKP Kementan melalui Toko Tani Indonesia Center (TTIC) Kementerian Pertanian secara rutin melakukan gelar pangan murah (GPM).


GPM dilakukan baik di pasar-pasar yang mengalami fluktuasi atau peningkatan harga yang tidak wajar, maupun langsung di perkampungan penduduk.


Seperti yang terlihat di Pasar Gondangdia Jakarta Pusat, Rabu, 14 Nov 2018, TTIC melakukan GPM dengan harga beras jauh lebih murah Rp 8.800/kg.  


"Aksi ini dilakukan sebagai respon cepat terh...

Sinergi dan Kemitraan Kunci Peningkatan Lumbung Pangan Masyarakat

Dipublikasikan pada tanggal 13 Nov, 2018


Kepala Pusat Distribusi dan Cadangan Pangan Badan Ketahanan Pangan Risfaheri, yang baru sehari dilantik, langsung  melakukan kunjungan lapangan untuk melihat kegiatan pengembangan Lumbung Pangan Masyarakat (LPM).


Kunjungan tersebut dilakukan di sela-sela Pertemuan Evaluasi Kegiatan BKP 2018 dan Perencanaan  2019 di Yogyakarta, (12-14/11).


"Sesuai arahan Kepala BKP, kami diminta membuat inovasi dan terobosan-terobosan. Tidak bekerja dengan pola lama. Makanya kami langsung turun ke lapangan," ujar Risfaheri.


Kunjungan dilakukan bersama Kepala Badan Ketahanan Pangan Provin...

BKP Kembangkan Korporasi Usaha Tani

Dipublikasikan pada tanggal 13 Nov, 2018


"Pertemuan ini sangat strategis untuk mengevaluasi kegiatan BKP tahun 2018, sekaligus mengoordinasikan program dan kegiatan tahun 2019," ujar Kepala Badan Ketahanan Pangan Agung Hendriadi saat memberikan arahan dalam Evaluasi kegiatan 2018 dan Perencanaan 2019 di Yogyakarta.


Selain itu, lanjut Agung, juga untuk mendapatkan feedback penyempurnaan kegiatan agar semakin lebih baik dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.


Dalam pertemuan yang dihadiri Kepala Dinas se Indonesia itu, Agung mengarahkan kegiatan yang harus dilakukan untuk meningkatkan kinerja BKP tahun 2019.


U...

Harga Pangan Pokok di Kota Yogyakarta Stabil

Dipublikasikan pada tanggal 13 Nov, 2018

*Harga Pangan Pokok di Kota Yogyakarta Stabil*


Pemerintah berupaya keras mengantisipasi terjadinya fluktuasi harga pangan menjelang akhir tahun melalui peningkatan produksi dan perbaikan tata niaga sebagai solusi permanen mengatasi gejolak harga pangan.


Demikian dikatakan Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementan Agung Hendriadi seusai mengunjungi Pasar Beringharjo Kota Yogyakarta, Selasa (13/11).


Setelah melihat langsung kondisi pasokan dan perkembangan harga pangan pokok dan strategis di Kota Yogyakarta, Agung memgungkapkan bahwa harga komoditas pangan pokok dan strategis di Y...