Arsip Berita

Peran Kementan Dalam Peningkatan Ketahanan Pangan dan Gizi untuk Menurunkan Stunting

Dipublikasikan pada tanggal 13 Dec, 2018

Dalam upaya meningkatkan ketahanan pangan dan gizi masyarakat, serta penurunan masalah stunting, Kementerian Pertanian memiliki peran penting dan berkontribusi  dalam penyediaan pangan yang cukup dan beragam,  penyediaan infrastruktur pendukung produksi pangan, mendekatkan akses masyarakat terhadap pangan, pemberdayaan kelompok wanita untuk penyediaan pangan dan gizi keluarga.


Demikian dikatakan Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian Agung Hendriadi dalam Seminar Nasional _Food and Nutrition Security_ tentang Strategi Peningkatan Ketahanan Pangan dan Gizi Masyarakat Indonesi...

Kepala BKP Kementan : 117 Kabupaten Meningkat Status Ketahanan Pangannya

Dipublikasikan pada tanggal 13 Dec, 2018

Ketersediaan informasi ketahanan pangan yang akurat, komprehensif, dan tertata dengan baik sangat penting untuk mendukung upaya pencegahan dan  penanganan kerawanan pangan dan gizi.


"Informasi dimaksud salah satunya diwujudkan dalam bentuk Peta Ketahanan dan Kerawanan Pangan/Food Security and Vulnerability Atlas (FSVA)," ujar Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian pada sosialisasi FSVA di Kantor BKP, Rabu (12/12).


FSVA 2018 merupakan hasil pemutakhiran dari FSVA 2015.


"FSVA 2018 menunjukkan adanya peningkatan status ketahanan pangan wilayah di 177 kabupaten...

Pantauan BKP Kementan : Pasokan dan Harga Pangan di Maluku Aman dan Stabil

Dipublikasikan pada tanggal 12 Dec, 2018

Sebagai salah satu provinsi yang mayoritas merayakan Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Natal dan Tahun Baru, Pemerintah Provinsi Maluku terus melakukan pemantauan ketersediaan dan harga pangan.

"Pasokan dan stabilitas harga pangan di wilayah kami aman dan stabil," ujar Gubernur Maluku Said Assagaf dalam sambutannya yang dibacakan Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Abdul Halim Daties, pada Rapat Koordinasi (Rakor) Pengamanan Pasokan dan Harga Pangan jelang HBKN Natal dan Tahun Baru di Kantor Gubernur Maluku, Rabu (12/12).

Namun demikian, ujar Abdul Halim, pihaknya  menghimbau kepada sel...

TTI Kementan Lakukan Penjualan Langsung Komoditas Pangan Dengan Ecommerce

Dipublikasikan pada tanggal 12 Dec, 2018

Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian sudah 2 tahun ini mengembangkan Toko Tani Indonesia (TTI) untuk memangkas mata rantai distribusi pasokan yang terlalu panjang melalui e-commerce, yaitu penjualan langsung dari produsen ke konsumen.

“Teknologi dengan ecommerce ini penting dan perlu kami kembangkan di TTI. Kami ambil barang dari produsen atau Gapoktan, kemudian langsung kita distribusikan ke konsumen akhir berupa toko yang bisa langsung diakses konsumen,” kata Kepala Badan Ketahanan Pangan, Kementerian Pertanian, Agung Hendriadi menjelaskan dikantornya belum lama ini.

Menurut Ag...

Jelang HBKN Natal dan Tahun Baru, Pasokan dan Harga Pangan di Pontianak Stabil

Dipublikasikan pada tanggal 12 Dec, 2018

Menjelang perayaan Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Natal dan Tahun Baru 2019, Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian kembali melakukan aksi pengamanan stabilisasi pasokan dan harga pangan, antara lain melaksanakan rapat koordinasi dengan stakeholder terkait baik di pusat dan daerah serta melakukan monitoring dan evaluasi pasokan dan harga pangan di tingkat konsumen (pasar) maupun produsen.


Pemantauan di Pasar Flamboyan Kota Pontianak Provinsi Kalimantan Barat, pada Selasa (11/12) sekitar pukul 06.00 WIB, oleh Kepala Pusat Distribusi dan Cadangan Pangan BKP, Risfaheri, didampin...

Rakor HBKN di Kalimantan Barat : Pasokan Cukup dan Harga Pangan Stabil

Dipublikasikan pada tanggal 11 Dec, 2018

Bertempat di aula pertemuan Bank Indonesia Kota Pontianak, Selasa (11/12) Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian bersama jajaran Pemerintah Daerah Provinsi Kalimantan Barat, Bulog Divre Kalimantan Barat serta Satgas Pangan Polda Kalimantan Barat melaksanakan rapat koordinasi pengamanan stabilisasi pasokan dan harga pangan menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Natal dan Tahun Baru.


Kepala Pusat Distribusi dan Cadangan Pangan, Risfaheri yang mewakili BKP Kementerian Pertanian memaparkan kondisi ketersediaan pangan pokok dan strategis secara nasional cukup dan aman, kec...

BKP Kementan Berdayakan Petani Miskin di Maluku dan Maluku Utara

Dipublikasikan pada tanggal 08 Dec, 2018

Sejak tahun 2011 Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian melaksanakan kegiatan SOLID atau

_Smallholder livelihood Development Program_. Kegiatan pemberdayaan maayarakat dengan sasaran petani kecil ini dibiayai dari pinjaman dan hibah _International Fund for Agricultural Development (IFAD)_ serta dana pendamping dari pemerintah Indonesia.  


Kegiatan SOLID dilaksanakan BKP, namun pelaksanaannya  didelegasikan kepada pemerintah daerah pelaksana, yaitu di provinsi Maluku dan Maluku Utara. Tepatnya di 11 kabupaten, yaitu Maluku Tengah, Seram Bagian Barat, Seram Bagian Timur, Buru, ...

Jelang HBKN Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 Stok dan Harga Pangan Aman

Dipublikasikan pada tanggal 05 Dec, 2018

Menjelang HBKN Natal dan Tahun Baru, ketersediaan pangan pokok dan strategis selama November-Desember 2018 secara kumulatif dalam kondisi aman (surplus), kecuali daging sapi/kerbau.


Demikian dikatakan Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian, Agung Hendriadi saat menggelar konferensi pers dikantornya, Rabu (5/1).


Berdasarkan perhitungan prognosa produksi dan ketersediaan, ujar Agung, hingga akhir tahun diperkirakan akan ada surplus beras 3,83 juta ton, minyak goreng 24,50 juta ton, gula pasir 344,00 ribu ton, bawang merah 136 ribu ton, daging ayam 335 ribu ton dan telur ...

Kepala BKP Kementan, Indonesia Tidak Akan Kekurangan Pangan

Dipublikasikan pada tanggal 01 Dec, 2018

Pembangunan pertanian dan ketahanan pangan saat ini dan masa mendatang banyak menghadapi berbagai permasalahan diantaranya perubahan iklim, pertambahan penduduk dan penurunan jumlah tenaga kerja di sektor pertanian.


Namun permasalahan tersebut bisa diatasi, karena Indonesia memiliki sumber daya alam berlimpah, penggunaan teknologi dan iklim yang lebih bersahabat.


"Saya optimis, Indonesia tidak akan kekurangan pangan. Beras kita banyak. Tinggal bagaimana kita mendistribusikan kepada masyarakat," ujar Kepala BKP Kementan Agung Hendriadi pada Forum Diskusi Pangan Nasional 2018 _"Futur...

Pemantauan Harga Pangan Sangat Penting Untuk Pengambilan Kebijakan

Dipublikasikan pada tanggal 27 Nov, 2018

Pemantauan harga dan pasokan pangan pokok strategis baik di pasar atau konsumen serta tingkat produsen menjelang dan saat Hari-hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) sangat penting, karena harga dapat menjadi salah satu sinyal bagi pemerintah untuk pengambilan kebijakan.


Demikian disampaikan  Sekretaris Badan Ketahanan Pangan Riwantoro saat memberikan sambutan pada acara Evaluasi Kegiatan Panel Harga Pangan 2018 dan Rencana 2019,  Selasa (27/11) di Jakarta.


"Memasuki bulan Desember, kita akan menghadapi momen Hari Besar Keagamaan Nasional  yakni Natal dan Tahun Baru, untuk itu harus ...