Arsip Berita

Kepala BKP Kementan : Pemerintah Hadir Untuk Stabilkan Harga Telur

Dipublikasikan pada tanggal 28 Dec, 2018

Harga telur ayam ras di DKI selama satu bulan terakhir menunjukkan tren kenaikan. Di beberapa lokasi, harga telur sudah mencapai Rp 27.000 - 28.000 per kg. Hal ini antara lain disebabkan, meningkatnya konsumsi telur karena memasuki natal dan tahun baru untuk membuat kue,  dan makanan.

Untuk merespon hal tersebut, Badan Ketahanan Pangan (BKP)  Kementerian Pertanian kembali mengadakan Gelar Telur Murah (GTM), sebagai upaya turut menstabilkan harga  telur menghadapi Tahun Baru 2019. Kegiatan ini bekerjasama dengan Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan, PT. Food Station, PD.Pasar Jaya, PT.Puri Far...

Pantauan BKP Kementan di Jateng, Pasokan dan Harga Pangan Terkendali

Dipublikasikan pada tanggal 21 Dec, 2018

Beberapa hari menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Natal dan Tahun Baru 2019, ketersediaan pasokan dan stabilisasi harga pangan sangat penting untuk diperhatikan. Demikian dikatakan Kepala Pusat Distribusi dan Cadangan Pangan, Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian, Risfaheri, dalam Rapat Koordinasi HBKN Natal dan Tahun Baru 2019 Provinsi Jawa Tengah di Semarang, Jumat (21/12).


"Rakor ini merupakan langkah aksi yang dilakukan BKP untuk menciptakan sinergitas antarlembaga dan stakeholder untuk pengamanan pasokan dan harga pangan pokok dan strategis, terutama menjelan...

Kepala BKP Kementan Pantau Stok dan Harga Pangan Pokok di Pasar Bersehati Manado

Dipublikasikan pada tanggal 21 Dec, 2018

Untuk mengetahui perkembangan stok dan harga pangan pokok di Sulawesi Utara,   Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian,  Agung Hendriadi

turun langsung melihat perdagangan di Pasar Bersehati Kota Manado Jum'at (21/12/2018).


"Dari pengamatan kita hari ini, yang mengalami kenaikan adalah telur. Seharusnya harga normalnya 23 ribu, tapi menjelang natal ini harganya naik 26 sampai 28 ribu. Sedangkan daging ayam seharus 33 ribu, hari ini mengalami kenaikan menjadi 35 ribu/kg. Sedangkan beras harganya bermacam-macam, ads juga betas bulog yang dijual sesuai HET, tinggal tergant...

Jelang Natal dan Tahun Baru, Kementan dan Pemerintah Provinsi Sulut Gelar Rakor Pangan

Dipublikasikan pada tanggal 20 Dec, 2018

Menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Natal dan Tahun Baru 2019, Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementan dan pemerintah provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) pengamanan stabilisasi pasokan dan harga pangan.


"Ketersediaan sembilan bahan pokok cukup dan harga terkendali. Jika ada kenaikan yang tidak wajar, kami akan lakukan pemantauan untuk mengatasinya," ujar Gubernur Sulut dalam sambutannya yang dibacakan Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Edison Humiyang, di kantor

Gubernur Sulut, Kamis (20/12).


Rakor digelar pemerintah pusat dan daerah dal...

Jelang Nataru 2019, Ketersediaan dan Harga Pangan Di NTT Stabil

Dipublikasikan pada tanggal 18 Dec, 2018

Kupang (18/12) – Dalam rangka pengendalian pasokan dan harga pangan pokok dan strategis menghadapi hari-hari besar keagamanaan nasional (HBKN) dan untuk mengantisipasi stabilitas harga pangan menjelang Natal dan tahun baru (Nataru) 2019, Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), selain melakukan pemantauan ke Pasar Kasih Naikoten Kota Kupang dan Peternak ayam petelur lokal (17/12), juga melakukan Rakor (Rapat Koordinasi) Selasa (18/12).


Kepala Dinas Ketahanan Pangan NTT, Yovita A. Mitak mengatakan, secara umum ketersediaan komoditas pangan pokok aman dan stabil.


“P...

Kepala BKP Kementan "Kembangkan Obor Pangan Lestari di seluruh Indonesia

Dipublikasikan pada tanggal 16 Dec, 2018

Ketahanan pangan nasional dimulai dari ketahanan pangan rumah tangga,  karena itu sangat penting bagi setiap rumahtangga dapat mengakses pangan dengan mudah.


"Jadikan dan manfaatkan lahan pekarangan sebagai sumberdaya atau aset yang keluarga, untuk memenuhi kebutuhan pangan," ujar Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementan Agung Hendriadi saat mengunjungi program Obor Pangan Lestari (OPAL) Minggu (16/12) di Sulawesi Selatan.


Menurut Agung, dengan memanfaatkan lahan pekarangan,  pangan dapat tersedia setiap saat untuk memenuhi kebutuhan keluarga.  


"Manfaatkan lahan pekarang...

Kementan Gelar Telur Murah, Jelang Natal 2018 dan Tahun Baru 2019

Dipublikasikan pada tanggal 15 Dec, 2018

Menjelang natal 2018 dan tahun baru 2019, sebagaimana tren yang sering terjadi tahun-tahun sebelumnya, beberapa bahan pangan pokok cenderung mengalami kenaikan harga.


Mengantisipasi hal tersebut, berbagai upaya dan langkah strategis telah dilakukan Pemerintah. Dalam hal ini Kementerian Pertanian telah  meningkatkan produksi pangan, sehingga ketersediaan dan stok pangan tercukupi.


Khusus komoditas Telur Ayam Ras yang akhir-akhir ini mengalami  tren kenaikan harga, karena beberapa hal,  antara lain faktor kenaikan konsumsi masyarakat memperoleh telur untuk membuat kue, makanan dan se...

Kabadan BKP Kunjungi Korporasi Petani Sorghum di Mataram

Dipublikasikan pada tanggal 14 Dec, 2018

Di sela-sela menghadiri Seminar Nasional di Mataram, Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian, Agung Hendriadi mengunjungi perusahaan UMKM yang bergerak di Industri Pangan Lokal, yaitu _CV. Yant Sorghum_, Kamis (13/12).


Perusahaan yang diinisasi Yanti,  membudidayakan tanaman sorghum pada areal 50 hektar dengan petani binaan 200 orang, dengan konsep korporasi petani.


"Saya sangat mengapresiasi apa yang dilakukan dan dikembangkan ibu yanti  dalam pengembangan tanaman sorghum dengan konsep korporasi petani," kata Agung.


Korporasi petani adalah model bisnis yang dikem...

BKP Kementan Pantau Harga dan Pasokan Pangan Strategis Jelang Natal dan Tahun Baru di Sumut

Dipublikasikan pada tanggal 13 Dec, 2018

Demikian hasil pemantauan Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian bersama-sama Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Sumatera Utara, Kamis (13/12).

Pemantauan dilakukan di Pasar Pusat dan Pasar Petisah oleh Kepala Bidang Keterserdiaan Pangan, Pusat Ketersediaan dan Kerawanan Pangan BKP, Rachmi Widiriani, dan Kepala Bidang Ketersediaan dan Distribusi Pangan Dinas Ketahanan dan Peternakan Sumut Ahmad Safrie Nasution, serta Kepala Pasar Pusat Idham Siregar.

"Dari pemantauan yang kami lakukan harga komoditas pangan strategis, terutana daging sapi, telur dan daging ayam ras meski ada ken...

Peran Kementan Dalam Peningkatan Ketahanan Pangan dan Gizi untuk Menurunkan Stunting

Dipublikasikan pada tanggal 13 Dec, 2018

Dalam upaya meningkatkan ketahanan pangan dan gizi masyarakat, serta penurunan masalah stunting, Kementerian Pertanian memiliki peran penting dan berkontribusi  dalam penyediaan pangan yang cukup dan beragam,  penyediaan infrastruktur pendukung produksi pangan, mendekatkan akses masyarakat terhadap pangan, pemberdayaan kelompok wanita untuk penyediaan pangan dan gizi keluarga.


Demikian dikatakan Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian Agung Hendriadi dalam Seminar Nasional _Food and Nutrition Security_ tentang Strategi Peningkatan Ketahanan Pangan dan Gizi Masyarakat Indonesi...