Arsip Berita

Bulog Yogyakarta Targetkan serap Gabah Petani 75.469 ton Hingga Maret 2019

Dipublikasikan pada tanggal 31 Jan, 2019

Untuk mendukung target pemerintah menyerap  gabah/beras petani (sergap) sampai Maret 2019 sebanyak 1,5 juta ton , Tim Sergap DI Yogyakarta telah melakukan Rapat Koordinasi (rakor) di Kantor Divre Bulog, Rabu (30/1/19).

"Dalam rakor ini, telah disepakati  strategi pencapaian sergap wilayah kerja Divre Bulog Yogyakarta untuk menyerap gabah/beras petani  hingga Maret 2019 sebanyak 75.469 ton," ujar Sekretaris Badan Ketahanan Pangan Riwantoro, yang memimpin rakor.

Menurut Riwantoro, strategi yang akan dilakukan antara lain peningkatan customer service, mempermudah kerjasama, kesiapan anggaran pemb...

Hadiri Rapim POLRI, Kepala BKP Kementan paparkan Capaian dan Tantangan Pembangunan Pertanian

Dipublikasikan pada tanggal 30 Jan, 2019

Capaian bersama lintas sektor dalam pembangunan pertanian selama  2015-2108 antara lain terjaganya inflasi bahan makanan/pangan, bahkan turun sangat signifikan dari 10,57% menjadi 1,26% pada tahun 2017.

Demikian dikatakan Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) Agung Hendriadi, mewakili Menteri Pertanian pada Diskusi Panel di Gedung Tri Brata Jakarta Selatan, Rabu (30/1/19).

Dalam paparan berjudul _4  Tahun Capaian Pembangunan Pertanian dan Tantangan yang Dihadapi ke depan_ dikatakan Agung bahwa,

nilai ekspor komoditas pertanian juga naik menjadi Rp 1.360 T atau na...

Rakor Sergap di Jawa Tengah, Bulog Siap Menyerap Gabah Petani

Dipublikasikan pada tanggal 29 Jan, 2019

Pemerintah menargetkan serapan gabah/beras petani secara nasional pada Januari - Maret 2019 sebesar 1.5 juta ton. Untuk Jawa Tengah ditargetkan 290.398 ton yang penyerapannya tersebar di 4 subdivre Bulog. Demikian disampaikan Direktur Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian Suwandi, pada Rapat Koordinasi Serap Gabah/Beras Petani (Sergap) se provinsi Jawa Tengah di Kantor Divre Bulog Jawa Tengah Selasa (29/1/2019).


Lebih lanjut dikatakan Suwandi, penyerapan gabah/beras akan dilakukan  bekerjasama antara Bulog, TNI dan Kementan.


"Ada dua mekanisme pembelian yang akan dilakukan ol...

KRPL Kementan Mendapat Perhatian Ibu Iriana Joko Widodo

Dipublikasikan pada tanggal 28 Jan, 2019

Ibu Negara Iriana Joko Widodo mengunjungi PAUD Muslimat Khodijah 157 Rogojampi Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Senin (28/1). Dia didampingi Mufidah Jusuf Kalla dan ibu-ibu anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE-KK).

Begitu sampai di PAUD, Ibu Iriana dan rombongan disambut tarian gandrung. Kemudian, bersama anak-anak PAUD melakukan senam penerapan hidup bersih dan sehat.


Ibu Iriana dan Mufidah Kalla, serta rombongan juga menanam tanaman hidroponik di dalam pot, dan membuat lubang biopori untuk penyerapan air. Kemudian, melakukan praktik cuci tangan dan sosialisasi g...

Kepala BKP Kementan : Optimalkan Serap Gabah Petani

Dipublikasikan pada tanggal 24 Jan, 2019

Sinergi dan kemitraan untuk mengoptimalkan serapan gabah dan beras petani di  Januari-Maret, harus dimanfaatkan sebesar-besarnya. Demikian disampaikan Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan), Agung Hendriadi dalam Rapat Koordinasi Serap Gabah Petani (Sergap) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Rabu  (23/1) di Kantor Divre Bulog.


Target Sergap  Bulog Divre Sumsel 2019 adalah sebesar 70.571 ton beras, di mana pada bulan Januari-Maret ditargetkan dapat menyerap 56.514 ton beras.


"Kita harus yakin dan optimis target sergap di Sumsel akan tercapai. Untuk itu...

BKP Kementan fokus untuk pengentasan Daerah Rentan Rawan Pangan

Dipublikasikan pada tanggal 23 Jan, 2019

"Melalui berbagai kegiatan yang dilakukan, kita telah berkontribusi dan  mampu meningkatkan status ketahanan pangan 177 kabupaten menjadi lebih baik,” ujar Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian, dalam sambutannya pada acara  Sinkronisasi Program Kerja dan Anggaran Ketahanan Pangan Tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota Wilayah Barat Tahun 2019 di Batam.


“Kita juga telah berhasil meningkatkan cadangan beras pemerintah menjadi 1,5 juta ton, sehingga ketahanan pangan kita semakin kuat,” Tambah Agung


Dalam kesempatan ini Agung  menyampaikan kilas balik terhadap capaian...

Serap Gabah Petani, Bulog Jabar Optimalkan Kemitraan Dengan Penggilingan/RMU

Dipublikasikan pada tanggal 23 Jan, 2019

Sebagai salah satu sentra produksi padi nasional, Jawa Barat memiliki potensi produksi beras sebesar 1.833.937 ton sampai dengan akhir Maret 2019. Yang akan diserap oleh Bulog sebesar 161.638 Ton. Ini artinya 8,8% dari potensi produksi beras Jawa Barat.

Demikian disampaikan oleh Kepala Pusat Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan Tri Agustin Satriany dalam Rapat Koordinasi Serap Gabah Provinsi Jawa Barat pada Senin lalu (21/1) di Jl. Soekarno Hatta, Buah Batu, Kota Bandung, Kantor Bulog Divre Jabar.

Rapat juga dihadiri oleh Kepala Divre Bulog Jabar, Tim Sergap Mabes AD, Kepala Dinas Ket...

Produksi Melimpah, BKP Kementan Optimalkan Serapan Gabah

Dipublikasikan pada tanggal 22 Jan, 2019

Bulan Januari s.d Maret 2019 ini produksi padi akan meningkat, konsumsi cukup dan surplus beras tinggi. Demikian disampaikan  Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan), Agung Hendriadi dalam Rapat Koordinasi Serapan Gabah (Sergap) Petani di Kantor Divisi Regional Perum BULOG Jawa Timur-Surabaya, Selasa (22/01). Rakor yang diselenggarakan oleh BKP Kementan-Bulog ini bertujuan untuk mengoptimalkan potensi serapan gabah BULOG dari petani yang sedang mengalami panen raya.

Menurut Agung, kegiatan sergap sangat penting dalam melindungi petani dari harga jatuh dan meningkat...

Kepala BKP Kementan: Dengan bersinergi, Target Sergap 1,5 juta Ton akan Tercapai

Dipublikasikan pada tanggal 07 Jan, 2019

Jakarta – Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian Agung Hendriadi memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Serapan Gabah/Beras Petani (Sergap) tahun 2019 di Kantor Perum BULOG, Senin (7/1). Rakor bertujuan untuk mempersiapkan pelaksanaan kegiatan Sergap tahun 2019, khususnya dalam menghadapi puncak musim panen yang diperkirakan pada Maret hingga April 2019.

"Pada bulan Januari hingga Maret 2019 terdapat potensi produksi beras sebesar 12,5 juta ton, sedangkan kebutuhan konsumsi masyarakat untuk tiga bulan  hanya sebesar 7,5 juta ton, sehingga diperkirakan akan ada surplus beras sebes...

Peran Sektor Pertanian Dalam Pengendalian Inflasi

Dipublikasikan pada tanggal 28 Dec, 2018

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat inflasi dan andil kelompok pengeluaran bahan makanan dalam empat tahun terakhir mengalami penurunan yang cukup signifikan. Pada tahun 2017 merupakan tingkat inflasi terendah sepanjang sejarah yaitu 1,26%.

Sedangkan andil pengeluaran bahan makanan terhadap inflasi di tahun yang sama terendah sepanjang 2014-2018 yaitu 0,26%.


"Hal ini tentunya tidak terlepas dari peran sektor pertanian dalam upaya pengendalian inflasi," ujar Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian Agung Hendriadi, pada acara Bincang Asyik Pertanian Indonesia

di Kementerian Pe...