Arsip Berita

Giatkan Menanam di Lahan Pekarangan, Kepala BKP Kenalkan Program OPAL

Dipublikasikan pada tanggal 24 Feb, 2019

Sebagai percontohan pelaksanaan program Obor Pangan Lestari (OPAL), Kepala Badan Ketahanan Pangan Agung Hendriadi melakukan panen sayur hasil kegiatan OPAL di lahan pekarangan Toko Tani Indonesia Centre (TTIC) pada minggu pagi (24/02).

Menurutnya kegiatan ini dalam jangka pendek dilakukan untuk memanfaatkan lahan perkantoran sebagai penyedia pangan dan sebagai percontohan untuk masyarakat dalam memanfaatkan pekarangan.

"Melalui program OPAL, kami  meminta seluruh kantor lingkup Kementerian Pertanian dan Dinas lingkup pertanian Provinsi/Kab/Kota serta UPT vertikal memanfaatkan area perkantoran ...

Kepala BKP Kementan bersama Bulog Lakukan Penjajakan Ekspor Beras Ke Malaysia

Dipublikasikan pada tanggal 22 Feb, 2019

Dalam upaya menjajaki peluang ekspor beras ke Malaysia, Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP)  Kementerian Pertanian (Kementan) Agung Hendriadi bersama Judith J Dipodiputro Direktur

Komersil Perum BULOG dan KBRI Kuala Lumpur  melakukan pertemuan dengan BERNAS, Kamis (21-2-2019) di Kuala Lumpur.

Dalam pertemuan yang berlangsung di kuala lumpur ini, Agung diterima oleh CEO BERNAS, Ismail Mohamed Yusoff dan Chairman BERNAS, Megat Joha yang didampingi pejabat  tinggi BERNAS.

BERNAS merupakan satu-satunya institusi yang telah ditunjuk oleh pemerintah Malaysia untuk menangani import beras ke Malaysia....

Pada Council Meeting APTERR 7th, Kepala BKP Kementan Usulkan Evaluasi Dampak Bantuan Beras

Dipublikasikan pada tanggal 20 Feb, 2019

Wilayah Asia Tenggara dan Asia Timur merupakan kawasan cukup rentan terhadap bencana alam, seperti gempa bumi, banjir, angin topan, dan lainnya yang bisa menyebabkan kerusakan fisik, sampai terjadinya gagal panen. Hal ini bisa menimbulkan kerawanan pangan dan hambatan akses pangan.

Negara-negara di kawasan ASEAN+3 memiliki _coping strategy_ untuk mengatasi dampak negatif dari bencana setelah terjadi.

Mekanisme yang dilakukan melalui pembentukan cadangan beras antara negara _ASEAN Plus Three_ (China, Jepang dan Korea), yang dikenal dengan istilah APTERR ( _ASEAN Plus Three Emergency Rice Reserv...

Serah Terima Jabatan Kepala Pusat Ketersediaan dan Kerawanan Pangan

Dipublikasikan pada tanggal 18 Feb, 2019

Kepala Badan Ketahanan Pangan Agung Hendriadi pimpin serah terima jabatan Kepala Pusat Ketersediaan dan Kerawanan Pangan yang batu Andriko Noto Susanto pada Senin pagi ini (18/02).

Menurut Agung, serah terima jabatan ini merupakan tindak lanjut dari pelantikan yang telah dilaksanakan sebelumnya. 

"Saya harap pejabat yang baru dapat memahami tugas tugas yang harus segera ditindaklanjuti dan yang menjadi prioritas ditempat baru" tegas nya.

Dalam kesempatan ini dia berpesan kepada pejabat baru untuk fokus mengidentifikasi dan mengintervensi lokasi rentan rawan pangan.

Kementan Sangat Peduli Terhadap Keamanan dan Mutu Pangan Segar Asal Tumbuhan

Dipublikasikan pada tanggal 16 Feb, 2019

Dalam rangka penguatan dan pemantapan sistem keamanan dan mutu Pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT), pemerintah melalui Kementerian Pertanian telah menerbitkan Peraturan Menteri Pertanian (Permentan) No. 53 tahun 2018 tentang Keamanan dan Mutu PSAT.

Secara umum Permentan  ini mengatur mengenai:(1) pengawasan keamanan dan mutu pangan segar asal tumbuhan melalui pendataan, pendaftaran, dan sertifikasi; (2) pembagian kewenangan yang jelas antara pusat, pemerintah propinsi; dan pemerintah kabupaten/kota; (3) merespon pelayanan pendaftaran secara online; (4) mengakomodasi prinsip pengawasan keamanan p...

BKP Kementan Kembangkan Industri Pangan Berbasis Tepung Lokal

Dipublikasikan pada tanggal 11 Feb, 2019

Untuk dapat menyediakan tepung berbasis pangan lokal yang dibutuhkan industri pangan,  Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian terus memantapkan persiapan Pengembangan Industri Pangan Lokal (PIPL), dengan mengundang sejumlah pakar dari berbagai perguruan tinggi.

Menurut Kepala BKP Agung Hendriadi, kegiatan PIPL  diarahkan untuk memproduksi tepung berbasis pangan lokal guna menyediakan bahan baku alternatif bagi industri olahan pangan.

"Kami akan memproduksi tepung berbasis pangan lokal dengan kualitas yg baik untuk mendukung industri pangan dalam negeri," jelas Agung dalam pertemuan...

Kepala BKP Kementan Dorong Bulog dan Perpadi Jawa Tengah dan DI. Yogyakarta Serap Gabah Petani

Dipublikasikan pada tanggal 09 Feb, 2019

Untuk meningkatkan genyerapan gabah/beras petani (Sergap), Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) Agung Hendriadi menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Sergap di wilayah Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta di Kota Yogyakarta, Sabtu (9/2/2019).

Dalam penjelasannya, Agung memperkirakan produksi beras tahun 2019 sangat besar, yaitu mencapai 32,5 juta ton, sedangkan konsumsi masyarakat 111,5 Kg/Kap/Th atau 29,5 juta ton, sehingga akan terjadi surplus sebesar 3 juta ton beras.

“Tahun ini kita akan surplus, semoga peluang bisnisnya bisa dimanfaatkan BULOG untuk ekspor karena c...

Tim Sergap Lampung Kejar Target Serapan 81.358

Dipublikasikan pada tanggal 08 Feb, 2019

Upaya peningkatan serapan gabah/beras petani (Sergap) terus dilakukan. Provinsi Lampung sebagai salah satu dari 12 provinsi sentra produksi beras  memiliki target yang cukup besar untuk dicapai, yakni 81.358 ton hingga Maret 2019. Dalam rapat koordinasi di kantor divre Bulog Lampung, Kamis (7/2) pagi, telah dibahas berbagai kendala dan strategi pencapaian target.

Upaya mengejar pencapaian target sangat penting, mengingat serapan baru mencapai 157 ton atau sekitar 15,38% dari target di Januari.

Kepala Pusat Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertani...

Dari Rakor Sergap, Gubernur Sulsel Tetapkan 15% Total Produksi Beras untuk Cadangan Pangan

Dipublikasikan pada tanggal 07 Feb, 2019

Untuk mengoptimalkan pencapaian serap gabah/beras petani (sergap), Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) bersama Direktur Pengadaan Perum Bulog, Kepala Badan Litbang Kementan menghadiri Rapat Koordinasi Sergap Sulselbar Kamis (7/2) di Kantor Bulog Divre Sulselbar.

Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah dalam pengarahannya menegaskan  bahwa jajarannya siap mendukung tercapainya target sergap di wilayahnya.

"Sinergi antarinstansi terkait sangat penting. Saya akan segera berkoordinasi dengan para Bupati, Panglima Kodam, Kapolda beserta seluruh jajaran untuk all ...

Tim Serap Gabah Kalsel Optimis Mampu Memenuhi Target Yang Ditetapkan

Dipublikasikan pada tanggal 06 Feb, 2019

Tim Serap Gabah/beras petani (Sergap) Provinsi Kalimantan Selatan optimis serapan gabah/beras petani (Sergap) Januari - Maret 2019 sebesar 22.510 ton akan tercapai. Demikian salah satu hasil Rapat Koordinasi (Rakor) Sergap yang dilakukan di Kantor Divre Bulog Kalimantan Selatan (Kalsel), di Banjarmasin, Rabu (6/2/2019).


Kepala Pusat distribusi dan Cadangan Pangan Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) Risfaheri mengatakan, pihaknya optimis target akan dapat dicapai, mengingat di Kalsel terdapat 2 Unit Pengolah Gabah dan Beras (UPGB), sehingga bulog akan lebih mudah...