Arsip Berita

Khawatir Harga Gabah Anjlok, Petani Minta Bulog Lakukan Pembelian Sekarang

Dipublikasikan pada tanggal 20 Mar, 2019

Beberapa daerah sentra produksi beras saat ini sedang panen raya dan mestinya petani bergembira menikmati hasil usahataninya. Namun beberapa petani  mengeluh karena harga jatuh dan Bulog belum bergerak melakukan pembelian.

Sejumlah petani di daerah sentra produksi yang dihubungi mengeluhkan dan mengharapkan Bulog segera turun tangan melalukan pembelian gabah mereka.

Lalu Saleh,  petani dari Lombok Barat - Nusa Tenggara Barat mengeluhkan,  sudah seminggu ini harga gabah menyentuh angka Rp. 4.000/kg gabah kering panen (gkp).

"Sudah seminggu ini harga gabah mencapai 4.000 dan cenderung turun teru...

Kementan Minta Bulog Segera Serap Gabah Petani

Dipublikasikan pada tanggal 19 Mar, 2019

"Saat ini BULOG harus bergegas menyerap gabah petani, karena harga sudah mulai turun mendekati harga Rp. 4.070," ujar Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian Agung Hendriadi di kantornya, Senin (18/3).

Menurut Agung, memasuki Minggu ketiga hingga akhir Maret 2019 ini, beberapa wilayah sentra produksi padi di Indonesia tengah memasuki masa panen, diantara nya Jawa Timur, Jawa Tengah, NTB, Sumatera Selatan, Kalsel, Lampung dan Jawa Barat.

"Kondisi ini merupakan waktu yang tepat bagi Bulog untuk menyerap hasil panen petani secara maksimal. Jika tidak segera diserap, kasihan petani kal...

BKP Kementan Tugaskan CPNS Kawal Program PKU dan PIPL

Dipublikasikan pada tanggal 12 Mar, 2019

Setiap tahun Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian mengidentifikasi lokasi-lokasi yang masih terdapat kerentanan pangan di Indonesia dengan basis Kabupaten.

Setelah berhasil meningkatkan status ketahanan pangan wilayah di 177 kabupaten melalui Kawasan Rumah Pangan Lestari dan Kawasan Mandiri Pangan, mulai tahun 2019 BKP melakukan intervensi melalui Pengembangan  Koorporasi Usahatani (PKU) dan Pengembangan Industri Pangan Lokal (PIPL).

Tujuan kegiatan PKU adalah meningkatkan nilai tambah produk komoditas kelompoktani dan kesejahteraan petani.

Sedangkan PIPL bertujuan untuk meningka...

Program Kampung Hijau Sejahtera Sebagai Pengembangan KRPL Kementan Dalam Meningkatkan Ekonomi Masyarakat

Dipublikasikan pada tanggal 11 Mar, 2019

Pandeglang (BKP) - Jawa Barat.  Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE) Kabinet Kerja tahun ini meluncurkan sebuah kegiatan bertajuk Kampung Hijau Sejahtera (Kampung Hijrah) pertama kalinya di Desa Margagiri, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Pandeglang, prorinsi Banten Senin (11/3).

Kegiatan Kampung Hijrah  bertujuan untuk memanfaatkan dan  menghijaukan pekarangan guna meningkatkan ekonomi produktif keluarga serta pelestarian tanaman lokal.

Kegiatan ini digagas dan dipelopori oleh OASE KK bidang Lingkungan Hijau (bidang V) yang diketuai oleh Rugaiya Usman Wiranto (Kementerian Koordinator Bidang P...

Panen Raya Jagung, Kementan dan Bupati Pacitan Meminta Bulog Membantu Petani

Dipublikasikan pada tanggal 01 Mar, 2019

Memasuki panen raya jagung, mestinya para petani bergembira, karena akan menikmati hasil kerja keras usahataninya.

Namun tidak demikian bagi petani jagung di Pacitan. Mereka justru dihinggapi rasa was-was jika harga jatuh, karena saat ini harga jagung pipilan kering di petani sudah menyentuh Rp 3.200-3.300/kg, padahal 2 minggu sebelumnya masih bertenger diangka Rp 3.600-3.800/kg.

Merespon hal tersebut, Kepala Pusat Ketersediaan dan Kerawanan Pangan Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian Andriko Noto Susanto, meminta bulog hadir membantu petani.

"Bulog sebagai wakil Pemerintah harus hadir...

Kementan Meminta Bangun Sinergitas Untuk Cegah Harga Jagung Jatuh Saat Panen Raya

Dipublikasikan pada tanggal 28 Feb, 2019

“Ponorogo telah memasuki panen raya Jagung sejak pertengahan Februari sampai pertengahan Maret. Untuk mencegah harga jagung jatuh,  perlu sinergi antar lembaga, baik pemerintah maupun swasta,” ujar Andriko Noto Susanto, Kepala Pusat Ketersediaan dan Kerawanan Pangan Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian saat Panen Jagung di Desa Sidoarjo, Kecamatan Pulung, Ponorogo, Kamis (28/02).

Ponorogo merupakan salah satu sentra produksi Jagung di Jawa Timur. Seperti tidak mau ketinggalan dengan kabupaten lainnya seperti Lamongan, Tuban, Ngawi, Gresik dan Pasuruan yang sudah memasuki panen raya, Po...

Kepala BKP Kementan Harapkan Kawasan Rumah Pangan Lestari Dapat Meningkatkan Gizi Keluarga

Dipublikasikan pada tanggal 28 Feb, 2019

Dalam upaya mengoptimalkan pemanfaatan lahan pekarangan, sejak tahun 2010 Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian telah melaksanakan kegiatan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL). Kegiatan ini bertujuan untuk  meningkatkan gizi keluarga.

Dalam rangkaian kunjungan kerja nya Ke Provinsi Lampung, Kepala Badan Ketahanan Pangan  Agung Hendriadi melihat kegiatan KRPL yakni Kelompok Wanita Tani (KWT) Mawar 1 di Kel. Waydadi, Kec. Sukarame, Bandar Lampung, Rabu (27/2).

Agung mengarahkan agar KRPL harus terintegrasi dengan semua stakeholder yaitu BPTP, Dinas Pertanian, Dinas Kesehatan dan lai...

Rakor Serap Gabah di Lampung : Hasilkan Kesepakatan 1590 ton/hari

Dipublikasikan pada tanggal 27 Feb, 2019

Dalam upaya akselerasi serap gabah petani (sergap), Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian Agung Hendriadi memimpin langsung rapat kordinasi (Rakor)  sergap wilayah Lampung di kantor Bulog Divre Lampung, Rabu (27/2).

Dalam kesempatan ini Agung mengingatkan kepada jajaran Bulog, agar segera melakukan pertemuan dengan mitra dan menyepakati harga dan kuantum harian. Selain itu juga langsung diadakan penandatanganan kontrak.

"Upaya-upaya tersebut sangat penting dilakukan, agar target serap gabah bisa tercapai," ujar Agung.

Selanjutnya, Agung meminta agar dilakukan monitoring dan penga...

Tim Oase Apresiasi Program OPAL Kementan

Dipublikasikan pada tanggal 26 Feb, 2019

Martati Amran Sulaiman bersama dengan anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE) Bidang Lima, Lingkungan Hijau melakukan panen sayur di lokasi percontohan pelaksanaan program Obor Pangan Lestari (OPAL) di lahan pekarangan Toko Tani Indonesia Centre (TTIC) (26/02).

"Program ini sangat bagus untuk memenuhi sumber penyedia pangan khususnya bagi keluarga" ungkap Martati.

Diapun berharap agar kegiatan ini dapat menjadi percontohan bagi masyarakat, sehingga setiap rumah tangga memiliki kemudahan akses terhadap Pangan.

Dalam kesempatan ini Rugaiya Usman Wiranto  yang turut hadir dal...

TTIC Kementan Lakukan Pembelian Langsung Cabe Petani di Ciamis

Dipublikasikan pada tanggal 26 Feb, 2019

Untuk mengatasi anjloknya harga cabai di Ciamis seperti diberitakan sebuah media cetak, Toko Tani Indonesia Center (TTIC) Kementerian Pertanian melakukan pembelian langsung cabai petani pada salah satu sentra produksi cabai di Kecamatan Sukamantri, Ciamis, Selasa (26/02).

"Upaya ini kami lakukan, untuk membantu petani cabai yang harganya jatuh," ujar Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementan, Agung Hendriadi dalam keterangannya.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Ciamis Kustini menjelaskan bahwa, anjloknya harga cabai disebabkan berlimpahnya produksi.

Sementara itu, Pengu...