Arsip Berita

Dukung Gaya Hidup Sehat, BKP Kementan Promosikan Pangan Organik

Posted in Berita Umum on Sep 22, 2019

Jakarta - Tren  mengkonsumsi pangan yang aman dan sehat kini tidak saja menjadi tuntutan masyarakat, tetapi sudah menjadi gaya hidup. Salah satu alternatif pangan sehat yang banyak dicari adalah pangan organik. Selain sehat dan aman dikonsumsi, pangan organik diproduksi melalui budidaya sistem pertanian organik ramah lingkungan.

"Akhir-akhir ini mengkomsumsi pangan organik telah menjadi tren healthy lifestyle di masyarakat. Karena produk organik lebih sehat, segar, kandungan gizinya lebih baik dan lebih aman terhadap lingkungan," tutur Sekretaris Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertan...

BKP Kementan Kampanyekan Pengurangan Food Waste

Posted in Berita Umum on Sep 20, 2019

Negara-negara di dunia sepakat mengurangi food loss and waste untuk mewujudkan sustainable food system. Fokus utama yang ingin dicapai adalah memastikan ketahanan pangan  dan keamanan pangan, pangan untuk kesehatan dan diet yang baik, dan efisiensi pemanfaatan sumberdaya.

Demikian disampaikan  Kepala Pusat Ketersediaan dan Kerawanan Pangan Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian (Kementan), Andriko Noto Susanto dalam Workshop Ketahanan Pangan yang diselenggarakan Majelis Ekonomi dan Ketenagakerjaan (MEK) Pimpinan Pusat 'Aisyiyah (PPA) di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Sabtu (21/09)....

LTT Padi Sulut naik 6%, BKP Apresiasi

Posted in Berita Umum on Sep 19, 2019

Kamis, 19/09/2019 – Sekretaris Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian berikan apresiasi kepada Tim Upsus (Upaya Khusus Percepatan Swasembada Padi, Jagung, dan Kedelai) Provinsi Sulawesi Utara. Hal ini disampaikannya saat memberikan arahan dan sekaligus membuka acara Evaluasi Upsus PAJALE Provinsi Sulawesi Utara Tahun 2019 yang diselenggarakan di Kota Depok, Jawa Barat. “Acara hari ini sengaja kita laksanakan di Jakarta dengan mengundang Bapak/Ibu sekalian untuk memberikan apresiasi kepada para ujung tombak pencatatan realisasi LTT padi, jagung, dan kedelai di wilayah Sulawesi Utara...

Kepala BKP Kementan Terima Tim Penilai Pemeringkatan Keterbukaan Informasi Publik

Posted in Berita Umum on Sep 13, 2019

Disela padatnya kegiatan, Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) Agung Hendriadi menyempatkan menerima langsung Tim Penilai Pemeringkatan Keterbukaan Informasi Publik di kantornya, Jum'at (13/9/2019) di Jakarta.

"Hadirnya semua pejabat dan perangkat PPID di BKP, ini menunjukan bahwa kami mempunyai komitmen tinggi dalam memberikan pelayanan dan keterbukaan informasi publik," ujar Agung saat menerima Tim Visitasi yang diketuai Tya Tirta Sari (Tenaga Ahli Komisi Informasi Pusat).

Selain Tya, Tim visitasi lainnya adalah, J. Kristiadi (CSIS), Zaim Uchrowi (Dewan Redaks...

Kementan Berpartisipasi Aktif Dalam Kegiatan Jelajah Desa Pangan

Posted in Berita Umum on Sep 08, 2019

Cianjur - Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Agung Hendriadi mewakili Kementerian Pertanian (Kementan) memberikan bantuan 1.2 ton benih padi, 2 traktor dan cultivator kepada gapoktan di desa Cijagang, Cianjur Jawa Barat dalam acara Jelajah Desa Pangan, Sabtu (7/8/2019).


Dalam sambutannya Agung mengatakan,  Indonesia tidak lagi sebagai importir tapi sudah menjadi eksportir pangan, meskipun masih ada beberapa komoditas belum dapat dipenuhi dari dalam negeri.


"Peran desa dalam memproduksi pangan sangat menentukan ketahanan pangan kita. Kementerian Pertanian mendorong  generasi muda, ...

Kepala BKP Kementan bersama Konjen RI Jeddah Bahas Peluang Ekspor Beras ke Arab Saudi

Posted in Berita Umum on Aug 31, 2019

Jeddah - Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian, Agung Hendriadi, mendorong peluang ekspor beras ke Arab Saudi. Hal itu dikemukakannya dalam pertemuan dengan Konjen RI Jeddah, Jumat (30/8) di Jeddah, Arab Saudi.

Agung menyatakan bahwa Indonesia telah surplus beras, sehingga siap untuk melakukan ekspor.

"Jamaah haji kita banyak di Arab Saudi dan mereka semua makan nasi. Kita bisa kirim beras ke mereka sesuai dengan pilihan cita rasa berasnya," ujar Agung.

Menurut Agung,  penggunaan beras nasional untuk jamaah haji pada ujungnya juga akan dapat membantu meningkatkan pendapatan...

Kepala BKP Kementan Adakan Pertemuan Bilateral dengan Menteri Pertanian Kazakhstan

Posted in Berita Umum on Aug 30, 2019

Jeddah - Sebagai sesama anggota Organisasi Konferensi Islam (OKI), Indonesia dan Kazakhstan menunjukkan komitmen yang kuat untuk melakukan kerja sama di bidang pertanian.

Hal ini terlihat dari pertemuan bilateral antara Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan), Agung Hendriadi, dengan Menteri Pertanian Kazakhstan, Saparkhan Omarov, di sela-sela Sidang Umum ke-2 Islamic Organization for Food Security (IOFS) di Jeddah, Saudi Arabia, kamis (29/8).

Dalam pertemuan tersebut, Agung menekankan pentingnya berbagi keahlian dan pengalaman, serta transfer pengetahuan dan tekno...

Indonesia Diundang Menjadi Anggota Islamic Organization for Food Security (IOFS)

Posted in Berita Umum on Aug 30, 2019

Jeddah - Indonesia sebagai negara berpenduduk muslim terbesar di dunia sekaligus anggota Organisasi Konferensi Islam (OKI), memiliki peran penting dan strategis. Hal ini nampak dari diundangnya Indonesia dalam Sidang Umum ke-2 Islamic Organisation for Food Security (IOFS) di Jeddah, Saudi Arabia.

IOFS merupakan lembaga independen di bawah OKI yang bergerak di bidang ketahanan pangan. Sidang Umum ke-2 IOFS diawali dengan Senior Officials Session pada 27-28 Agustus 2019, dan dilanjutkan dengan Ministerial Session pada 29 Agustus 2019.

Status Indonesia saat ini masih belum menjadi anggota IOFS. J...

Kementan Selalu Siap Bantu Petani. Tidak Benar Harga Bawang Merah di Bantul Anjlok

Posted in Berita Umum on Aug 28, 2019

Berita anjloknya harga bawang merah yang mencapai 5.000/kg, sampai adanya aksi petani bagi-bagi bawang merah gratis kepada masyarakat  di Kabupaten Bantul beberapa hari lalu yang diberitakan salah satu media nasional, menggugah perhatian Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian, sehingga turun langsung ke lokasi.

Tim BKP yang datang bersama Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Provinsi DI Yogyakarta

melakukan respon cepat  membantu membeli bawang merah petani sebanyak banyaknya, untuk didistribusikan ke Toko Tani Indonesia (TTI) melalui TTIC (Centre) di Jakarta.

Sesampai di lokasi y...

Harga Bawang Merah Anjlok, TTIC Kementan Respon Cepat Bantu Beli Bawang Petani

Posted in Berita Umum on Aug 26, 2019

Memasuki  pertengahan Agustus 2019 di Brebes Jawa Tengah,  Bantul Yogyakarta dan Nganjuk Jawa Timur mulai panen raya bawang merah, sehingga harga bawang merah anjlok dikisaran Rp 5.000 - 9.000/kg. Namun harga bawang merah di beberapa pasar Jakarta berkisar di angka 30.000/kg.


Menyikapi hal tersebut, Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) melakukan respon cepat membantu petani bawang merah, dengan melakukan pembelian langsung ke beberapa kelompok tani.


"Tahap pertama ini dilakukan pembelian sebanyak 6 ton bawang merah dari kecamatan Nganjuk, Loceret dan Sukomo...

Kepala BKP Kementan Dorong Kerjasama Menumbuhkan Petani Muda dan Transfer Teknologi pada Pertemuan APEC di Chille

Posted in Berita Umum on Aug 25, 2019

Regenerasi pertanian dan transfer teknologi  menjadi faktor penting dalam kerangka mewujudkan ketahanan pangan berkelanjutan. Hal ini disampaikan Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) Agung  Hendriadi, yang juga Ketua Delegasi Indonesia pada pertemuan 5th Ministerial Meeting on Food Security (FSMM5) di Puerto Varas, Chile, Jum,at (23/8).

Pada kesempatan tersebut, Agung menekankan pentingnya menarik minat generasi muda untuk terjun di sektor pertanian.

“Kita punya Politeknik pengembangan pertanian untuk mencetak petani milenial yang siap bersaing dalam industri pe...

BKP Kementan : Cadangan Pangan Sangat Penting untuk Atasi Rentan Rawan Pangan

Posted in Berita Umum on Aug 19, 2019

BALI - Beberapa wilayah di Indonesia rentan bencana alam seperti gempa bumi, letusan gunung berapi,  banjir dan tsunami. Musim hujan atau kemarau ekstrim (fenomena El Nino dan La Nina) juga berpotensi menyebabkan gagal panen, yang dapat mempengaruhi gejolak harga dan memicu inflasi.

"Kondisi ini berpotensi menghambat akses pangan masyarakat yang dapat menyebabkan kondisi rentan rawan pangan," ujar Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) Agung Hendriadi, dalam pertemuan koordinasi Cadangan Beras Pemerintah Daerah (CBPD) Wilayah Timur di Bali, Senin (19/8/2019).

Untu...

Menteri Pertanian : Ketahanan Pangan Identik Dengan Ketahanan Negara

Posted in Berita Umum on Aug 13, 2019

Kebijakan Strategis Ketahanan Pangan dan Gizi  segera dirumuskan oleh Dewan Ketahanan Pangan (DKP), sebagai salah satu tugasnya membantu Presiden dalam merumuskan kebijakan.


"Pertemuan ini sangat penting. Berbicara masalah pangan, pangan kita harus kuat. Ketahanan pangan identik dengan ketahanan negara," ujar Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman selaku Ketua Harian Dewan Ketahanan Pangan dalam arahannya pada Rapat Koordinasi (Rakor) DKP di kantor Kementerian  Pertanian, Selasa (13/8/2019).


Melihat urgensinya masalah pangan, lanjut Amran,  Pemerintah Indonesia membentuk Satgas Pang...

TTIC kementan Solusi Kongkrit dan Jelas Atasi Harga Cabai

Posted in Berita Umum on Aug 09, 2019

Upaya Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Toko Tani Indonesia Centre (TTIC) Badan Ketahanan Pangan (BKP) melakukan stabilitasi harga cabai terus dilakukan

"Kalau kemarin kita lakukan gelar cabai murah di Jakarta, dan membagikan bibit cabai kepada masyarakat, hari ini bersama Wakil Walikota Bogor, kami lakukan di TTIC Bogor. Melalui upaya ini, diharapkan kebutuhan masyarakat terpenuhi dan harga cabai akan stabil kembali," ujar Kepala BKP Agung Hendriadi di TTIC Bogor, Jum,at (9/8/2019).

Berbagai aneka cabai yang dijual di TTIC Bogor berkisar Rp. 35.000 dan Rp. 40.000,- Sedangkan dipasaran ...

BKP Kementan Canangkan Gerakan Tanam Cabai di Pekarangan Secara Nasional

Posted in Berita Umum on Aug 08, 2019

Jakarta - Menyikapi  fluktuasi harga cabai yang terjadi setiap tahun, Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) mencanangkan Gerakan Tanam (Gertam) Cabai di Pekarangan dan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL).

"Melalui Gerakan penanaman Cabai secara nasional ini, diharapkan menjadi solusi permanen dalam mengatasi harga cabai, sehingga masalah yang sama tidak akan terjadi lagi," ujar Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan), saat mencanangkan Gertam Cabai di TTIC Jakarta, Kamis (8/8/2019).

Dalam gertam cabai ini BKP Kementan menyiapkan 10.000 bibit...

    Prev 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 Next