Arsip Berita

Pacu Pertumbuhan Ekonomi, BKP Kementan Dorong Pengembangan Agroeduwisata Le Marsi

Posted in Berita Umum on Dec 23, 2020

Tanah Datar - Sebagai bagian dari visi besar Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo untuk pertanian sebagai penopang utama perekonomian nasional, Badan Ketahanan Pangan (BKP) mengembangkan kawasan agroeduwisata (AEW) yang dapat dimanfaatkan sebagai wahana pendidikan dan wisata dari hulu hingga hilir.  

"Target nya AEW ini yang pertama sebagai tempat pembelajaran, yang kedua masyarakat disini sejahtera dan yang ketiga ada income tambahan kepada masyarakat tidak hanya dari pertanian tapi dari pariwisata ini menggerakan ekonomi masyarakat secara keseluruhan " ujar Kepala BKP Agung Hendriadi saat S...

Kementan Luncurkan Aplikasi Belanja Daring Pas Tani

Posted in Berita Umum on Dec 18, 2020

Jakarta - Kementerian Pertanian resmi luncurkan aplikasi belanja daring PasTani yang menyediakan komoditas pangan pokok dengan harga terjangkau. Melalui aplikasi pada play store di perangkat android ini, Pasar Mitra Tani semakin mudah diakses masyarakat.

"Dalam masa pandemi covid-19 ini, kita harus terus melakukan berbagai terobosan dalam rangka memberikan jaminan harga dan kepastian pasar bagi petani serta memberikan kemudahan aksesibilitas pangan bagi masyarakat luas" ungkap Kepala Badan Ketahanan Pangan Agung Hendriadi di Pasar Mitra Tani Pasar Minggu pada Kamis (17/12/2020).

Agung juga ber...

Pasar Mitra Tani Kementan Semakin Dekat dan Mudah Diakses Masyarakat

Posted in Berita Umum on Dec 17, 2020

Jakarta - Dalam upaya memberikan kemudahan bagi masyarakat memenuhi kebutuhan pangan, Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Badan Ketahanan Pangan (BKP) terus melakukan inovasi, salah satunya adalah melakukan Launching Bazar Online dan Marketplace PasTani di seluruh Indonesia.

Kepala BKP Agung Hendriadi dalam sambutannya mengatakan, dilakukannya Bazar Online dan Marketplace PasTani sebagai antisipasi pemerintah dalam penanganan pengendalian pasokan dan harga pangan melalui kolaborasi antara pemerintah Pusat dan Daerah menjelang Natal 2020 dan Tahun baru 2021.

"Jadi, selain untuk mengantisip...

Jelang Nataru di Sulsel, Ketersediaan dan Harga Pangan Terkendali

Posted in Berita Umum on Dec 12, 2020

Makasar – Untuk mengantisipasi terjadinya gejolak harga dan pasokan pangan pokok dan strategis menjelang Hari-hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN), Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Badan Ketahanan Pangan (BKP) melaksanakan Pemantauan dan pengendalian Stabilitas Pasokan dan Harga Pangan di wilayah-wilayah yang mayoritas merayakan HBKN Nataru atau daerah tujuan liburan antara lain di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel).

"Monitoring lapangan terkait harga dan pasokan pangan menjelang perayaan Nataru penting dan perlu dilakukan untuk memastikan kondisi riil ketersediaan dan stok pangan aman...

Jelang Nataru, Kementan Sigap Jaga Stabilitas Distribusi Pangan

Posted in Berita Umum on Dec 10, 2020

Denpasar - Upaya menjaga ketahanan pangan tidak hanya meliputi aspek produksi dan konsumsi, tetapi hal yang juga penting adalah menjaga aspek distribusinya.

"Produksi beras dan pangan lainnya cukup, tugas berikutnya adalah membantu mendistribusikan hasil produksi tersebut" ungkap Kepala Badan Ketahanan Pangan Agung Hendriadi dalam kunjungannya ke Pasar Mitra Tani Provinsi Bali, Kamis (10/12/2020)

Agung mengarahkan agar TTIC/ Pasar Mitra Tani di Provinsi Bali dapat berperan penting dalam membantu mendistribusikan komoditas pangan dari daerah yang surplus ke daerah yang kekurangan.

Menghadapi na...

Kementan Pastikan Ketersediaan Pangan Aman Jelang Nataru

Posted in Berita Umum on Dec 08, 2020

Bogor – Menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2020, Kementerian Pertanian pastikan ketersediaan dan pasokan pangan aman dan terkendali. Ini artinya kebutuhan pangan tersedia di seluruh Indonesia dalam jumlah yang cukup serta dapat diakses oleh masyarakat.

Hal ini dipastikan oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo pada saat memimpin Rapat Kordinasi Kesiapan Pangan Menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) yang dihadiri oleh seluruh jajaran eselon 1 lingkup Kementerian Pertanian serta diikuti oleh Dinas Pangan provinsi seluruh Indonesia secara virtual pada Selasa (8/12/2020) di Bogor.

Menteri...

Mau Pesan Pangan Lokal? Gampang, Tinggal Klik

Posted in Berita Umum on Dec 03, 2020

Jakarta – Pemerintah terus menggencarkan pangan lokal agar terus meningkat baik dari aspek produksi hingga konsumsinya. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dalam launching UMKM Pangan Lokal Goes to Digital Marketing, Kamis (26/11/2020) menekankan bahwa pihaknya fokus pada tiga upaya memperkuat pangan lokal yaitu, budidaya, pengolahan, dan pemasaran.

Dari aspek pemasaran, Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Agung Hendriadi mengungkapkan bahwa saat ini ruang pemasaran terbuka tidak saja secara langsung, tetapi juga memanfaatkan teknologi yang berkembang semakin maju. Hal ini sebagai salah satu...

Ekspose UMKM Pangan Lokal Tingkatkan Antusiasme Terhadap Pangan Lokal

Posted in Berita Umum on Nov 30, 2020

Bekasi - Pemerintah terus berupaya untuk memperluas dan memudahkan akses pangan lokal kepada masyarakat, hal ini dilakukan untuk mendorong konsumsi pangan lokal di masyarakat. Mendukung upaya tersebut Kementerian Pertanian tidak hanya membuka akses melalui pemasaran secara langsung namun juga digital melalui marketplace.

Upaya yang dilakukan pemerintah mendapat sambutan dari pengusaha UMKM maupun masyarakat yang dibuktikan dengan antusiasme masyarakat mengunjungi lokasi Ekspose Pangan Lokal 2020 di Summarecon Bekasi yang digelar 26-29 November 2020.

Hal ini diakui pula oleh Andi, dari UMKM Sau...

Perluas Pasar Pangan Lokal, Kementan Dorong UMKM Go Digital

Posted in Berita Umum on Nov 26, 2020

Bekasi (25/11) - Kementerian Pertanian terus berupaya menjaga ketersediaan dan aksesibilatas pangan, salah satunya dengan terus mendorong para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) pangan lokal, agar mampu bertransformasi ke pola usaha digital.

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo mengatakan transformasi UMKM ke arah digital dapat memberi dampak signifikan dalam memperluas dan mendekatkan akses pangan lokal kepada masyarakat.

“Saya merasa dimasa pandemi seperti ini, ada pendekatan pasar baru yang bisa kita dorong, orang bisa memesan makan dari rumah dengan sistem digital, tinggal klik...

Hindari Kerumunan, Bazar PMT Kementan Terapkan Jemput Bola

Posted in Berita Umum on Nov 25, 2020

Jakarta – Menjelang perayaan Hari Besar dan Keagamaan Nasional (HBKN) seperti Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, sebagaimana pengalaman tahun-tahun sebelumnya, beberapa harga bahan pangan pokok cenderung mengalami kenaikan seiring naiknya permintaan masyarakat. Mengantisipasi hal tersebut berbagai upaya dan langkah strategis telah dan akan terus dilakukan Pemerintah. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dalam berbagai kesempatan menegaskan jajarannya berkonsentrasi penuh dalam upaya menjaga stabilitas pasokan pangan khususnya pada 11 komoditas pangan pokok.  

Untuk itu, Kementerian Pertanian mel...

Kementan Dorong Penguatan UMKM Pangan Lokal

Posted in Berita Umum on Nov 18, 2020

Jakarta – Mengubah mindset masyarakat untuk mencintai pangan lokal seringkali ditegaskan oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dalam berbagai kesempatan. Untuk itu, Kementerian Pertanian berupaya mewujudkan diversifikasi pangan lokal yang terintegrasi dengan melibatkan multisektor dari hulu ke hilir.

Selain peningkatan ketersediaan komoditas pangan lokal, di sisi hilir juga dilakukan penyediaan pangan melalui penguatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) pangan lokal dengan edukasi dan promosi yang diharapkan dapat mengubah kebiasaan dan pola pikir masyarakat terhadap konsumsi pangan lo...

Papua bertekad Tingkatkan Produksi Pangan ditengah Pandemi Covid-19

Posted in Berita Umum on Nov 17, 2020

Merauke – Kementerian Pertanian sebagai institusi yang bertanggung jawab terhadap penyediaaan pangan terus mengupayakan agar program dan kegiatan strategis pertanian dapat mewujudkan ketahanan pangan secara berkelanjutan.

Sebagai wilayah yang mampu menghasilkan produk pertanian terutama padi dan jagung, Merauke berpotensi menjadi lumbung pangan yang mendukung swasembada pangan.

Merauke memiliki potensi lahan yang besar, didukung geografis yang datar, irigasi long storage yang memadai,  iklim  mendukung dan kepemilikan lahan petani luas, rata-rata 5 ha bahkan ada petani yang memiliki lahan lebi...

Pertanian Keluarga Bantu Entaskan Daerah Rentan Rawan Pangan di Papua

Posted in Berita Umum on Nov 16, 2020

Keerom – Kementerian Pertanian memberikan perhatian serius terhadap upaya pengentasan daerah rentan rawan pangan. Salah satunya diwujudkan melalui kegiatan Pertanian Keluarga.

Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Agung Hendriadi menyebut bahwa Papua menjadi lokasi utama Kegiatan Pertanian Keluarga.

"Papua menjadi lokasi utama karena berdasarkan Peta Ketahanan dan Kerentanan Pangan (FSVA) sebagian besar kabupaten/kota di Papua masih rentan rawan pangan" ujarnya.

Sementara itu, Kepala Pusat Ketersediaan dan Kerawanan BKP Andriko Noto Susanto menambahkan bahwa pada tahun 2020 ini Provinsi Papua me...

Bertani di Pekarangan, Kuatkan Ketahanan Pangan Keluarga

Posted in Berita Umum on Nov 15, 2020

Jakarta – Keluarga memiliki peran penting dalam mewujudkan ketahanan pangan nasional. Hal tersebut diupayakan melalui pemanfaatan pekarangan yang potensial sebagai sumber pangan untuk mencukupi kebutuhan pangan keluarga. Berbagai komoditas pangan seperti sayur-sayuran dapat tumbuh dan dikembangkan di pekarangan.

Upaya mewujudkan ketahanan pangan keluarga tersebut dapat dilihat dari berbagai aktifitas kelompok Pekarangan Pangan Lestari (P2L). Seperti nampak di Kelompok Wanita Tani (KWT) Cempaka Putih Kelurahan Gading Sari Kecamatan Kundur Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau. Ketua KWT Ce...

Optimalkan Pekarangan Pangan Lestari, Atasi Masalah Pengangguran

Posted in Berita Umum on Nov 12, 2020

Jakarta -  Pandemi virus Covid-19 yang masih berlangsung hingga saat ini dampaknya sangat luar biasa, karena menyasar berbagai sektor kehidupan manusia. Selain masalah kesehatan, sektor tenaga kerja juga mengalami hal yang sangat parah. Tidak sedikit perusahaan yang gulung tikar atau terpaksa memutuskan hubungan kerja pegawainya, sehingga menambah jumlah pengangguran.

Badan Pusat Statistik baru-baru ini merilis, jumlah pengangguran terbuka Agustus 2020 mencapai 9,77 juta, naik 2,67 juta dari Agustus 2019. Tambahan angkatan kerja baru tercatat 2,36 juta orang.

Dari data BPS tersebut, penyebaran...

    Prev 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 51 52 53 54 55 56 57 Next