Arsip Berita

Subsidi Distribusi Kedelai Bantu Pengrajin Tahu Tempe di Kendal

Dipublikasikan pada tanggal 19 Jun, 2021

Kendal - Kenaikan harga kedelai beberapa waktu terakhir sempat membuat produsen tahu tempe kelimpungan. Pasalnya kenaikan tersebut akan berdampak pada biaya produksi, pada akhirnya kenaikan harga di tingkat konsumen tidak bisa dihindari. Tempe dan tahu merupakan makanan favorit sebagian besar masyarakat Indonesia, sehingga kenaikan harga bisa berdanpak pada keresahan masyarakat.


Untuk mengatasi hal tersebut, salah satu kebijakan yang dilakukan oleh Kementerian Pertanian melalui Badan Ketahanan Pangan (BKP) adalah memfasilitasi biaya distribusi kedelai dari produsen ke wilayah pengrajin y...

Stabilkan Pasokan, Kementan Subsidi Distribusi Bawang Merah ke Maluku dan Daging Ayam ke Kaltara

Dipublikasikan pada tanggal 14 Jun, 2021

Stabilkan Pasokan, Kementan Subsidi Distribusi Bawang Merah ke Maluku dan Daging Ayam ke Kaltara


Kementerian Pertanian melalui Badan Ketahanan Pangan (BKP) terus menjaga stabilitas pasokan agar masyarakat dapat mengakses pangan secara merata di seluruh wilayah melalui bantuan subsidi distribusi pangan dari daerah surplus ke daerah defisit yang mengalami lonjakan harga.


Setelah membantu biaya distribusi jagung dari wilayah Nusa Tenggara Barat ke Jatim dan Jateng beberapa waktu lalu, BKP kembali memfasilitasi distribusi dua komoditas pangan yaitu bawang merah dan daging ayam.


"...

Kementan Komitmen Turunkan Food Loss and Waste

Dipublikasikan pada tanggal 09 Jun, 2021

Jakarta –  Kementerian Pertanian berkomitmen penuh dalam upaya menurunkan food loss and waste (FLW). Dalam Webinar Strategi Pengelolaan Food Loss and Waste untuk Mendukung Ekonomi Sirkular dan Pembangunan Rendah Karbon yang berlangsung pada Rabu (09/06/2021), Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementan, Agung Hendriadi mengatakan upaya penurunan FLW mencakup keseluruhan aspek dari hulu hingga hilir,

“Kita tahu bahwa FLW kita terbesar kedua di dunia berdasarkan riset. Ini mengguggah kita bahwa penanganan FLW ini menjadi penting. Kalau kita liat disini FLW itu dalam_ food supply chain_ mulai da...

Penuhi Kecukupan Pangan dari Pekarangan

Dipublikasikan pada tanggal 06 Jun, 2021

Palu - Sebagai salah satu upaya dalam menguatkan ketahanan pangan keluarga, Kementan melalui Badan Ketahanan Pangan (BKP) mendorong pemanfaatan pekarangan untuk memenuhi kebutuhan pangan rumah tangga.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris BKP Kementan, Anas Yalitoba saat mengunjungi dua kelompok tani penerima kegiatan Pekarangan Pangan Lestari (P2L) di kota Palu, Sulawesi Tengah, pada Sabtu (05/06/2021).

"Untuk itu kita dorong melalui Pekarangan Pangan Lestari (P2L) agar masyarakat mampu memenuhi kebutuhan pangannya dengan mudah dan dekat, karena sumber pangan berada di sekitar kita," ujar Anas....

Stabilisasi Pasokan dan Harga Jagung, Kementan Bantu Distribusi Peternak Solo Raya

Dipublikasikan pada tanggal 04 Jun, 2021

Boyolali – Stabilisasi pasokan dan harga jagung pakan terus diupayakan Kementerian Pertanian melalui subsidi distribusi jagung untuk pakan bagi para peternak layer kecil dan mandiri di wilayah Solo Raya, Jawa Tengah.

Kepala Pusat Distribusi dan Akses Pangan, Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementan, Risfaheri dalam keterangannya, Jumat (04/06/2021) mengatakan, pasokan jagung didatangkan dari wilayah sentera terdekat ke wilayah Solo Raya khususnya Boyolali.

“Kita bantu para peternak yang kesulitan di wilayah Solo Raya dengan memfasilitasi biaya distribusi jagung dari Kab. Purwakarta ke peternak di...

Kementan Dukung UMKM Pangan Lokal Kembangkan Bisnis Pangan Olahan

Dipublikasikan pada tanggal 03 Jun, 2021

Bogor - Kementerian Pertanian terus mendorong Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang bergerak di bidang pangan olahan dalam upaya mengembangkan potensi pangan lokal.

Gayung pun bersambut. Langkah Kementan tersebut mendapat respon positif dari para pengusaha UMKM pangan lokal.

Salah satunya  usaha pangan lokal yang dikembangkan Dian Veronika, yang berlokasi di daerah Katulampa Bogor Jawa Barat.

"Saya mengembangkan usaha ini sejak 2017. Dari awal saya sudah menggunakan tepung lokal dari singkong, yaitu tepung mocaf, karena selain kaya serat juga bebas gluten," ujar Dian Veronika ditemui di ...

Perpendek rantai pasok, PMT Kementan serap telur langsung dari Peternak Blitar

Dipublikasikan pada tanggal 28 May, 2021

Blitar – Pasar Mitra Tani (PMT) Kementerian Pertanian menyerap telur langsung dari peternak di Blitar Jawa Timur. Menurut Kepala Pusat Distribusi dan Akses Pangan, Risfaheri langkah ini merupakan upaya stabilisasi harga telur baik di tingkat produsen atau peternak layer Blitar maupun di tingkat konsumen dengan memperpendek rantai pasok.

“Dengan pasokan telur langsung dari peternak layer maka produsen atau peternak layer akan mendapatkan harga yang layak karena kami harus melindungi peternak, dan konsumen bisa membeli dengan harga yang wajar. Kami harus memastikan komoditas pangan yang di pasar...

Mentan SYL: Diversifikasi Pangan Strategi Ketahanan Pangan Di Tengah Pandemi

Dipublikasikan pada tanggal 26 May, 2021

Jakarta – Selama pandemi, sektor pertanian pada tahun 2020 masih tetap mengalami pertumbuhan yang positif di antara sektor lainnya. Pada Triwulan I 2021 BPS mencatat pertumbuhan ekonomi sektor ini mencapai 2,95 persen. Meskipun demikian, ketahanan pangan bagi rakyat harus terus terjaga. Penyediaan pangan bagi seluruh rakyat Indonesia menjadi keniscayaan, di tengah kondisi pandemi yang masih berlangsung serta ancaman krisis pangan yang juga harus diantisipasi agar hal tersebut tidak terjadi dan kebutuhan pangan bagi 270 juta rakyat tetap terpenuhi.

Untuk itu, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Lim...

Kementan Subsidi Distribusi Untuk Stabilkan Pasokan dan Harga Jagung

Dipublikasikan pada tanggal 22 May, 2021

Blitar – Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menekankan upaya penuh untuk memastikan distribusi pangan dilakukan secara merata, salah satunya dengan menjaga pasokan jagung pakan yang dapat berimbas pada harga pangan, khususnya daging ayam dan telur ayam. Hal ini menjadi perhatian penuh Badan Ketahanan Pangan (BKP). Menurut Kepala BKP Agung Hendriadi, pemerataan distribusi dilakukan dari daerah surplus ke daerah yang kurang ketersediaannya, atau dari daerah yang harga rendah ke daerah yang harga tinggi untuk keseimbangan pasar.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Pusat Distribusi dan Akses P...

Mentan SYL: Jaga Ketahanan Pangan Kita

Dipublikasikan pada tanggal 21 May, 2021

Jakarta - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menegaskan pentingnya menjaga ketahanan pangan yang menjadi kewajiban seluruh jajaran Kementerian Pertanian. Hal itu ditegaskan di hadapan pejabat dan seluruh pegawai Badan Ketahanan Pangan (BKP) sebagai rangkaian silaturrahim pasca Idulfitri, pada Kamis (21/05/2021).

"Kita harus optimalkan dan maksimalkan semua kegiatan, harus terkonsep dan terkoordinasi, kita butuh kerja sama dengan institusi lain” ujar Mentan SYL.

Mentan SYL berharap program-program yang ada di BKP terutama Pekarangan Pangan Lestari (P2L) dan Pasar Mitra Tani (PMT) mampu mengu...