Arsip Berita

PENJELASAN BADAN KETAHANAN PANGAN TERHADAP KASUS KONTAMINASI LISTERIA MONOCYTOGENES PADA JAMUR ENOKI ASAL KOREA SELATAN

Posted in Berita Umum, Pengumuman on Jun 25, 2020

1.Indonesia mendapatkan informasi dari International Food Safety Authority Network (INFOSAN) yang merupakan jaringan otoritas keamanan pangan internasional di bawah FAO/WHO melalui Indonesia Rapid Alert System for Food and Feed (INRASFF) nomor IN.DS.2020.09.02 tanggal 15 April 2020 terkait Kejadian Luar Biasa (KLB) pada Bulan Maret-April 2020 di Amerika Serikat, Kanada, dan Australia akibat mengkonsumsi jamur enoki  asal Korea Selatan yang tercemar bakteri Listeria monocytogenes.

2.L. monocytogenes merupakan salah satu bakteri yang tersebar luas di  lingkungan pertanian (tanah, tanaman, silase...

Pekarangan Pangan Lestari, Amankan Pendapatan Keluarga

Posted in Berita Umum on Jun 22, 2020

Pandeglang – Kementerian Pertanian terus melakukan berbagai upaya agar ketahanan pangan masyarakat tetap terjaga. Untuk itu diperlukan upaya komprehensif dari aspek penyediaan, distribusi, hingga konsumsi pangan. Salah satu langkah strategis yang dilakukan adalah dengan pemanfaatan pekarangan keluarga melalui kegiatan Pekarangan Pangan Lestari (P2L).

“Kita bantu masyarakat untuk memenuhi kebutuhan pangan melalui pekarangan, apalagi dalam masa pandemi seperti ini dengan pembatasan di berbagai wilayah,” ujar Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian, Agung Hendriadi saat mengunjungi KW...

Antisipasi Krisis Pangan, Ini Strategi Kementan Kembangkan Pangan Lokal

Posted in Berita Umum on Jun 20, 2020

Jakarta – FAO telah memberikan peringatan akan terjadinya ancaman krisis pangan dunia. Banyak negara membatasi ekspor pangannya dan mengutamakan kebutuhan pangan di dalam negeri untuk mengamankan pasokan pangannya.

Kementerian Pertanian (Kementan) mengantisipasi ancaman tersebut melalui berbagai langkah strategis antara lain percepatan pertanaman, perluasan areal tanam baru, penguatan cadangan pangan. Bahkan juga menguatkan diversifikasi pangan dengan mengembangkan pangan lokal.  

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL) menegaskan pentingnya pangan lokal dalam memperkuat ketahanan pangan ...

Serap Cabai Petani, Kementan Bantu Biaya Distribusi Pangan

Posted in Berita Umum on Jun 19, 2020

Jakarta – Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo dalam beberapa kesempatan menegaskan bahwa pihaknya terus berupaya untuk menjaga pasokan pangan agar merata dan terjangkau di seluruh wilayah Indonesia. Termasuk komoditas cabai yang saat ini masih panen di sejumlah daerah di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Agar produksi cabai dari petani terdistribusi merata di seluruh Indonesia dan mencegah terjadinya kelebihan produksi di suatu wilayah, Kementerian Pertanian (Kementan) melakukan intervensi berupa fasilitasi biaya distribusi dari wilayah surplus ke wilayah defisit. Dengan demikian diharapkan terja...

Produk Pekarangan Terserap Pasar, Mentan SYL: Prospek Pertanian Menjanjikan

Posted in Berita Umum on Jun 17, 2020

Lembang – Menanam di pekarangan menjadi salah satu strategi ketahanan pangan di tengah pandemi Covid-19 dan mengantisipasi ancaman krisis pangan. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dalam kunjungannya di Pekarangan Pangan Lestari (P2L) KWT Binama Desa Cibodas Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat pada Selasa (16/6) mengatakan pekarangan tidak hanya mampu mewujudkan kemandirian pangan di tingkat rumah tangga, pekarangan juga menjanjikan sebagai sumber pendapatan.


Oleh karena itu, menurut Mentan SYL, lahan-lahan kosong jangan dibiarkan tidak ditanami sehingga tidak produktif sebagai ...

Jaga Ketahanan Pangan, Mentan SYL Dorong Penguatan Lumbung Pangan Masyarakat Desa

Posted in Berita Umum on Jun 13, 2020

Cilacap - Dunia saat ini menghadapi tantangan luar biasa yaitu pandemi Covid-19. Selain kesehatan, pertanian menjadi kunci bagi kita menghadapi situasi ini serta mengatasi ancaman krisis pangan. Oleh karena itu, penguatan lumbung pangan di masyarakat sangat penting dalam upaya menjaga ketahanan pangan.  

Demikian disampaikan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dalam kunjungan kerjanya di Cilacap, Jumat (12/6).

"Kita tahu Covid-19 ini tentu saja salah satu solusinya adalah ketahanan pangan nasional. Dengan jumlah penduduk di atas 267 juta, orang membutuhkan makan, karena itu jaga desa kita de...

Layanan Online Pasar Mitra Tani Kementan Bantu Masyarakat Di Tengah Pandemi

Posted in Berita Umum on Jun 11, 2020

Jakarta –Pemesanan bahan pangan melalui layanan online Pasar Mitra Tani Kementerian Pertanian terbukti membantu masyarakat mendapat pangan yang murah dan berkualitas. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya pemesanan daring melalui aplikasi GoFood.

Kepala Pusat Distribusi dan Cadangan Pangan Risfaheri mengungkapkan, terjadi peningkatan omset usaha melalui pasar mitra tani mencapai 886 juta per hari atau naik 2-3 kali lipat dari rata-rata omset harian sebesar 300 juta.

“Kenaikan ini sebagian besar disumbang dari pemesanan online dimana biaya ongkir ditanggung oleh BKP Kementan,” ujar Risfaheri ...

Kementan Dorong Sistem Logistik Pangan Nasional

Posted in Berita Umum on Jun 11, 2020

Jakarta – Pemenuhan pangan bagi masyarakat menghadapi tantangan karena karakteristik produk pertanian yang dihasilkan belum merata antarwaktu dan antarwilayah. Karena itu, dibutuhkan pengelolaan logistik pangan yang efektif untuk menjamin ketersediaan bahan pangan dengan biaya logistik yang efisien. Untuk itu, upaya ini harus dilakukan bersama-sama stakeholder terkait, baik dari dunia usaha seperti BUMN atau swasta.

Hal ini disampaikan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo selaku Ketua Dewan Ketahanan Pangan (DKP), dalam sambutannya yang diwakili Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian, Momo...

Strategi Kementan Dorong Pengembangan Pangan Lokal

Posted in Berita Umum on Jun 11, 2020

Jakarta - Pertanian menempati sektor terbesar dan strategis dalam situasi pandemi Covid-19 saat ini. Penduduk yang bekerja di sektor pertanian  sebesar 29,04% terbesar dari 9 sektor yang jadi pijakan tahap awal reopening ekonomi.

Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian, Agung Hendriadi menegaskan agar jangan sampai dampak pandemi ini mempengaruhi produksi dan distribusi pangan, yang pada akhirnya mempengaruhi pola konsumsi pangan. Pertanian Indonesia harus menjadi tuan rumah di negari sendiri, dengan membangun pertanian agar mencukupi kebutuhan kita.

“Dalam kondisi saat ini kita ha...

Kementan Prediksi Ketersediaan Pangan Aman hingga Akhir Tahun 2020

Posted in Berita Umum on Jun 09, 2020

Jakarta – Hampir semua negara di dunia merasakan begitu hebatnya dampak pandemi virus corona terhadap ketahanan pangan. Bahkan sampai muncul isu akan terjadinya krisis pangan, akibat terbatasnya aktivitas produksi dan distribusi, karena adanya pembatasan sosial.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Kementerian Pertanian (Kementan) bergerak cepat melakukan berbagai upaya dan terobosan di tengah pandemi covid-19 dan ancaman krisis pangan dunia serta prediksi musim kemarau.

Beberapa langkah antisipasi tersebut, disampaikan dalam berbagai kesempatan oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL), ...

Kementan : Tidak Benar Stok Beras Menipis

Posted in Berita Umum on Jun 08, 2020

Jakarta - Menanggapi sorotan dan statment  pengamat yang menyatakan ketersediaan stok pangan, terutama stok beras mulai menipis pada Juni 2020, Kementerian Pertanian menilai masyarakat tidak perlu terkecoh dengan informasi tidak berdasar tersebut.

"Stok CBP di Bulog rekomendasi dari Rakortas adalah 1 - 1,5 juta ton. Saat ini CBP di Bulog 1,485 juta ton, dan akan terus bertambah," tegas Kepala Pusat Distribusi dan Cadangan Pangan Prof. Risfaheri, di Kantor Pusat Kementan Jakarta, Senin (8/6/2020).

Secara rinci Risfaheri mengatakan stok beras di masyarakat berada di Bulog, penggilingan, pedagang...

Mentan SYL Ajak Masyarakat Manfaatkan Lahan Pekarangan

Posted in Berita Umum on Jun 07, 2020

Jakarta – Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo kerap menekankan upaya meningkatkan pemanfaatan pekarangan rumah sebagai sumber pangan keluarga. Kegiatan Pekarangan Pangan Lestari (P2L) merupakan salah satu strategi dalam menjaga ketahanan pangan, terutama di masa pandemi Covid 19, maupun dalam menghadapi musim kemarau.

“Dalam kondisi krisis seperti Covid-19 ini, pertanian menjadi jawaban untuk bisa survive. Tidak perlu lahan besar, kita manfaatkan lahan di pekarangan kita. Jadi di pekarangan ini semua orang bisa bertani,” ujar Mentan SYL.

Untuk itu, Mentan meminta kepada seluruh pemerintah da...

Dukung Penurunan Stunting, Kementan Optimalkan Lahan Pekarangan

Posted in Berita Umum on Jun 04, 2020

Jakarta – Penurunan prevalensi stunting merupakan upaya strategis pemerintah guna mewujudkan sumber daya manusia yang sehat, aktif, dan produktif. Upaya ini memerlukan intervensi lintas sektor secara terintegrasi di tingkat pusat dan daerah.

Kementerian Pertanian (Kementan)  mendukung upaya penurunan stunting melalui intervensi sensitif berupa penguatan ketersediaan pangan, penguatan akses pangan, dan pemanfaatan pangan. Komitmen ini dibuktikan dengan  ditandatanganinya kesepakatan bersama antara Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dengan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto pada Januari ...

Tanami Pekarangan, Mentan SYL: Sumber Pangan, Menambah Pendapatan

Posted in Berita Umum on May 31, 2020

Gowa – Pandemi Covid-19 membuat banyak orang kehilangan pekerjaan dan kekhawatiran sumber pangan. Kementerian Pertanian terus melakukan berbagai upaya untuk menjaga ketahanan pangan sebagai komitmen dan tanggung jawab menyediakan bahan pangan bagi 267 juta penduduk Indonesia. Salah satu upaya itu adalah dengan memanfaatkan pekarangan.

Menurut Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, corona mungkin bisa selesai dari beberapa bulan, akan tetapi perut rakyat tidak boleh bersoal. Karena itu, pertanian menjadi sektor andalan di tengah tantangan ekonomi yang melemah. 

“Dampak corona membuat ekonomi me...

Kunjungi Pasar Mitra Tani Maluku, Mentan SYL Jamin Pasokan Pangan Aman

Posted in Berita Umum on May 30, 2020

Ambon – Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo melakukan kunjungan kerja ke Maluku, Sabtu (30/5). Mentan SYL bersama rombongan meninjau Pasar Mitra Tani/TTIC Maluku, memantau langsung pasokan bahan pangan pokok.

Pada kesempatan tersebut, Mentan SYL menekankan pentingnya upaya untuk menjamin pangan agar tersedia bagi 267 juta rakyat Indonesia, terlebih dalam masa pandemi Covid 19 saat ini. Pasokan yang cukup dan harga yang terjangkau sangat penting untuk menjaga stabilitas pangan.

Menurutnya, Pasar Mitra Tani  ini  dihadirkan untuk mempercepat penyerapan berbagai komoditas pangan dari kelompok t...

    Prev 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 51 52 53 Next