Arsip Berita

Kepala BKP Kementan Dorong Percepatan Sergap Nasional

Dipublikasikan pada tanggal 19 Jun, 2019

Badan Ketahanan Pangan (BKP)  Kementerian Pertanian (Kementan) menggelar rapat koordinasi serapan gabah/beras petani (Rakor Sergap) di Bogor, Rabu (19/6). Rakor yang dipimpin Kepala BKP Agung Hendriadi dan Direktur Pengadaan Perum Bulog Bachtiar, dihadiri Kepala Divisi Regional Perum Bulog, Kepala Dinas Pangan Propinsi, serta penanggung jawab sergap provinsi.


Rakor Sergap bertujuan untuk mengevaluasi kegiatan sergap yang sudah dilakukan sejak Januari-Juni 2019, dan upaya percepatan  yang akan dilakukan sampai akhir tahun 2019.


Menurut Agung, hingga saat ini realisasi sergap baru me...

BKP Kementan Lakukan OP Cabai Percepat Stabilitasi Harga

Dipublikasikan pada tanggal 10 Jun, 2019

Stabilisasi harga pangan selama Ramadhan dan Idul Fitri 2019, telah mendapat apresiasi positif dari berbagai pihak, karena Pemerintah mampu menjaga stabilitas harga  di seluruh wilayah. Tentu masih ada komoditas pangan khususnya cabai yang harganya fluktuatif, meskipun fluktuasi harga tersebut masih dianggap wajar.

Berdasarkan laporan panel harga Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementan, cabai merah keriting di Jakarta yang semula rata-rata Rp 34.399/kg (awal Bulan Ramadhan) mulai mengalami kenaikan signifikan beberapa hari mendekati hari H Idul Fitri, rata-rata Rp 46.818/kg.  Bahkan sampai H+4 I...

BKP Kementan Pantau Pasokan Dan Harga Pangan Di Sumbar

Dipublikasikan pada tanggal 04 Jun, 2019

Memasuki H-1 Idul Fitri 2019, BKP Kementan terus melakukan pemantauan stok dan harga pangan. Kali ini yang dipantau adalah Pasar Raya kota Padang yang masih ramai dikunjungi pembeli. Hal yang sama terlihat di Pasar Ibuh Payakumbuh dan Pasar Bawah Bukittinggi, Sumateta Barat (Sumbar).

"Pasokan komoditas pangan di tiga pasar terpantau cukup aman, dan harga juga stabil. Kecuali cabai merah keriting  yang mengalami kenaikan signifikan," ujar  Kepala Pusat Distribusi dan Cadangan Pangan BKP Kementan, Risfaheri yang melaporkan dari Padang, Selasa (4/6).

Menurut Risfaheri, cabai merah keriting yang b...

Kementan Kendalikan Harga Daging Sapi Jelang Lebaran 2019

Dipublikasikan pada tanggal 29 May, 2019

Kementerian Pertanian bekerjasama dengan Pemda DKI dan PD. Pasar Jaya serta beberapa Asosiasi seperti Pengusaha Pemotongan Hewan Indonesia (APPHI), Asosiasi Pengusaha Pengolah dan Pengguna Daging Skala Kecil dan Rumah Tangga (ASPERDATA) dan Asosiasi Pengusaha Importir Daging Indonesia (ASPIDI) melaksanakan Operasi Pasar (OP) daging sapi.

Hal ini untuk merespon kecendrungan naiknya  bahan pangan pokok  seperti telur ayam, daging ayam dan daging sapi jelang lebaran ini.

“Upaya Kementan melakukan OP,  agar masyarakat dapat memperoleh daging sapi secara murah dan mudah utamanya di wilayah Jabodeta...

TTIC Kementan Hadir di Bogor

Dipublikasikan pada tanggal 24 May, 2019

Dalam upaya memudahkan masyarakat memperoleh pangan pokok yang berkualitas dengan harga yang terjangkau, Kementerian Pertanian menghadirkan Toko Tani Indonesia Center (TTIC) di kota Bogor. TTIC ini tepat berada di tengah-tengah Kampus Penelitian Pertanian, Jl Tentara Pelajar (Cimanggu) No.1 Bogor.

Keberadaan TTIC ini diharapkan dapat menetralisir gejolak harga pangan yang terjadi di kota Bogor. Apalagi dalam menghadapi  Ramadhan dan Idul Fitri, serta Hari Besar Keagamaan dan Nasional (HBKN) lainnya.

“Dengan hadirnya TTIC di Bogor, masyarakat disini berkesempatan  memperoleh komoditas pangan la...

Kementan Gandeng Pemprov Sumut Gelar OP Bawang Putih

Dipublikasikan pada tanggal 14 May, 2019

Medan - Untuk meredam melonjaknya harga bawang putih di Sumatera Utara (Sumut) yang sempat menyentuh harga Rp.90.000/kg, Kementerian Pertanian (Kementan) bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) mengadakan Operasi Pasar.

Sebanyak 5 container  masing-masing 29 ton bawang putih impor yang tiba  di Belawan Rabu, (13/4) langsung disebar di berbagai pasar di kota Medan.

"Operasi pasar ini kami lakukan untuk menstabilkan harga bawang putih di tingkat konsumen yang mengalami tren kenaikan beberapa waktu terakhir," ujar  Sekretaris Badan Ketahanan Pangan Kementan Riwantoro saat mel...

Kementan Pastikan Pasokan Pangan Pokok Aman Selama Ramadhan dan Iedul Fitri

Dipublikasikan pada tanggal 14 May, 2019

Jakarta - Kementerian Pertanian (Kementan) memastikan pasokan pangan pokok selama Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) terutama bulan Ramadhan dan Iedul Fitri 1440 H mencukupi. Kepastian tersebut diungkapkan oleh Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP), Kementan yang mewakili Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman dalam Forum Merdeka Barat 9 (FMB9).

"Kita sudah cek, kondisi ketersediaan pangan pokok kita aman, baik untuk bulan puasa dan hari raya Iedul Fitri," terang Agung, dalam acara bertajuk 'Pengendalian Harga Pangan' tersebut di Gedung Serbaguna Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo)...

Harga Cabai Jatuh, Kementan Gerak Cepat Bantu Petani Tuban

Dipublikasikan pada tanggal 13 May, 2019

Memasuki panen raya, harga berbagai jenis cabai di Kabupaten Tuban Jawa Timur, khususnya di Kecamatan Grabagan jatuh. Laporan petugas pencatat harga,  Sabtu (11/5), harga cabai rawit merah (CRM) sekitar 4.500/kg dan cabai merah keriting (CMK) Rp 5.500/kg, dari harga seminggu sebelumnya yang berkisar Rp 10.000/kg.

Merespon kondisi tersebut, Kementerian Pertanian bergerak cepat turun lapangan membeli cabai  petani dengan harga yang lebih mahal, yakni Rp. 8.000/kg untuk mencegah kerugian petani sekaligus  memberi semangat agar petani tetap menanam pada musim berikutnya.

"Kami bersama-sama turun k...

Kepala BKP Kementan dan Gubernur Sumbar Gelar OP Bawang Putih

Dipublikasikan pada tanggal 10 May, 2019

Untuk menstabilkan harga bawang putih yang beberapa hari ini terjadi kenaikan, khususnya jelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Puasa dan Idulfitri 2019, Pemerintah Daerah Sumatera Barat bekerjasama dengan Kementerian Pertanian melakukan Operasi Pasar (OP) Bawang Putih di Pasar Raya Kota Padang dan Pasar Payakumbuh.

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengatakan, melalui operasi pasar bawang putih, diharapkan harganya akan stabil dan wajar.

"Operasi pasar dilakukan karena harga bawang putih di Pasar Raya Padang mencapai Rp 80.000,- per kg," ujar Irwan Prayitno saat melaunching Operasi ...

Kementan Gelar Operasi Telur Ayam di Jakarta

Dipublikasikan pada tanggal 08 May, 2019

Kementerian Pertanian (Kementan) gelar operasi pasar (OP) telur ayam yang ditandai dengan pelepasan oleh Menteri Pertanian Amran Sulaiman di Pasar Tebet Barat, Jakarta,  Rabu (8/5/2019).

Dalam operasi pasar ini,  8 ton telur ayam dengan harga Rp. 23.000 per kg  digelontorkan pada 7 pasar di Jakarta yakni Pasar Tebet Barat, Pasar Palmerah, Pasar Gondangdia, Pasar Glodok, Pasar Pluit, Pasar Petojo Ilir dan Pasar Pulo Gadung.

Harga telur ayam ras di beberapa pasar di DKI dalam beberapa hari ini mengalami tren kenaikan, dan hingga saat ini belum stabil. Di lokasi OP, harga rata-rata mencapai Rp. 2...