Arsip Berita

Kementan Ajak Masyarakat Manfaatkan Lahan Pekarangan

Dipublikasikan pada tanggal 27 Jul, 2019

Dalam membangun ketahanan pangan nasional, penguatan ketahanan pangan keluarga sangat penting dilakukan.

"Ketahanan pangan nasional dimulai dari keluarga. Kalau keluarga tahan pangan, secara nasional juga akan tahan pangan," ujar Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) Agung Hendriadi seusai panen sayuran di lahan Toko Tani Indonesia Centre (TTIC), Minggu (27/7/2019).

Obor Pangan Lestari (OPAL) merupakan perubahan dari Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL). OPAL di TTIC memanfaatkan lahan pekarangan sekitar 150 meter yang ditanam aneka tanaman buah dan sayur.

"Melalu...

Kepala BKP Kementan Safari Serap Gabah/Beras Petani ke Cirebon dan Indramayu

Dipublikasikan pada tanggal 26 Jul, 2019

Untuk mendorong peningkatan serapan gabah/beras petani (sergap),  Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) terus melakukan koordinasi dengan semua pihak terkait. 

"Bulog harus terus neningkatkan serapan gabah/beras,  mumpung masih ada momen panen di Juli - Agustus," ujar Kepala BKP, Agung Hendriadi saat memimpin rapat koordinasi sergab yang di gelar paralel di subdivre Cirebon dan subdivre Indramayu, Jumat (26/7).

Peningkatan sergap menurut Agung sangat penting, karena Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi akan ada kekeringan di sebagian besar wila...

Kementan Gandeng Kemenperin, BPPT, KADIN dan GAPMMI, Kembangkan Industri Pangan Lokal

Dipublikasikan pada tanggal 24 Jul, 2019

Jakarta:  Indonesia merupakan negara yang kaya akan keragaman sumberdaya pangannya, namun belum semua dikembangkan secara optimal, misalnya pangan lokal seperti sagu, singkong, jagung menjadi tepung atau produk intermediate lain.

Untuk mengembangkan industri pangan berbasis tepung lokal, Kementerian Pertanian (Kementan) menggandeng pihak-pihak terkait seperti Kementerian Perindustrian, Badan Pengkajian Pengembangan Teknologi (BPPT), Kamar Dagang dan Industri (Kadin) dan Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (Gapmmi).

"Penandatanganan kerjasama dengan pihak-pihak terkait pada hari in...

Peta FSVA Kementan Sebagai Acuan Program Pengentasan Daerah Rentan Rawan Pangan

Dipublikasikan pada tanggal 24 Jul, 2019

Badan Ketahanan Pangan (BKP), Kementerian Pertanian (Kementan) pada 2018 telah memutahirkan Peta Ketahanan dan Kerentanan Pangan/Food Security and Vulnerability Atlas (FSVA), mencakup Kabupaten/Kota seluruh Indonesia.

Peta tematik ini menggambarkan visualisasi geografis hasil analisa data indikator kerentanan terhadap kerawanan pangan.

FSVA disusun menggunakan 9 indikator yang mewakili 3 aspek ketahanan pangan, yaitu ketersediaan, keterjangkauan dan pemanfaatan pangan,  sehingga dapat digunakan Kementerian/Lembaga terkait dalam penyusunan program intervensi kerawanan pangan dan gizi.

Hasil FSV...

Kementan Minta Ditingkatkan Serapan Gabah/Beras Petani

Dipublikasikan pada tanggal 23 Jul, 2019

Rakor Serap gabah/beras (sergap) di kantor pusat perum Bulog Selasa (23/7) yang dipimpin Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) Agung Hendriadi dan Direktur Pengadaan Bulog, dan Direktur Komersil Bulog menghasilkan kesepakatan bahwa peningkatan serap gabah/beras harus ditingkatkan.

Dalam rakor ini Agung menekankan pentingnya mempercepat sergap hingga bulan Agustus mendatang.

“Bulog harus memanfaatkan momentum panen Juli sampai Agustus ini, mengingat tren panen mengalami penurunan hingga September nanti. Jika tidak, kita akan kehilangan kesempatan,” Jelas Agung.

Di...

Dampingi Kunker DPR RI, Kementan Dorong Serap Gabah Panen Gadu

Dipublikasikan pada tanggal 22 Jul, 2019

Panitia Kerja Bantuan Sosial (Bansos) Beras Sejahtera (Rastra) Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPRRI) dipimpin  I Made Urip dari fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan melakukan kunjungan kerja (kunker)  ke Sulawesi Selatan untuk menggali data dan informasi terkait program Rastra dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).  

Kunker  ini juga untuk mendapat masukan dari Kementerian Sosial dan Kementerian Pertanian (Kementan) terkait rencana pelaksanaan program BPNT dimana Bulog ditunjuk sebagai penyalur beras mulai September-Desember 2019.

"Program BPNT mengakibatkan kegiat...

Hasil KRPL Tembus Pasar Supermarket

Dipublikasikan pada tanggal 22 Jul, 2019

Sebagai salah satu kegiatan Kementerian Pertanian dalam pemenuhan kebutuhan pangan rumah tangga, Kawasan Rumah Pangan Lestari atau lebih dikenal dengan KRPL, dampak kehadiran kegiatan ini semakin dirasakan manfaatnya.

Hal ini terungkap oleh Kepala Pusat Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan, Tri Agustin Satriani, ketika melakukan pembinaan kegiatan Optimalisasi Pemanfaatan Pekarangan melalui peningkatan kegiatan KRPL di empat kabupaten Se-Provinsi Sulawesi Selatan yaitu Maros, Kota Makassar, Pangkep serta Barru pada Rabu (17/7) hingga Sabtu (20/7). Kunjungan tersebut selain untuk pembi...

TTI Kementan Menginspirasi Gubernur Sumatera Barat Bangun TTIC Modern

Dipublikasikan pada tanggal 18 Jul, 2019

Untuk menjaga pasokan dan stablitasi harga pangan, peranan Toko Tani Indo  nesia Centre (TTIC) Kementerian Pertanian (Kementan) sangat strategis, karena mampu mempengaruhi harga pangan.  


Kementan sangat mengapresiasi kepada pimpinan daerah yang mempunyai inisiasi  mengembangkan TTIC, agar stok dan harga pangan bisa terkontrol setiap saat.


"Kami memberikan apresiasi yang tinggi kepada Gubernur Sumatera Barat dalam menjaga pasokan dan stabilitasi harga pangan, dengan membangun TTIC modern full menggunakan APBD," ujar Kepala Badan ketahanan Pangan Kementerian Pertanian (Kementan) Agu...

Kadin dan BNPP Mengapresiasi Kementan Kembangkan Lumbung Pangan di Perbatasan

Dipublikasikan pada tanggal 16 Jul, 2019

Wilayah perbatasan Indonesia relatif tertinggal dari wilayah lain. Selain faktor geografis, juga disebabkan keterbatasan infrastruktur pendukung, khususnya dari aspek sosial ekonomi masyarakat.

Untuk mengatasi masalah tersebut, khususnya dalam pemenuhan pangan dan kesejahteraan masyarakat, Kementerian Pertanian telah mengembangkan Lumbung Pangan Berorientasi Ekspor di wilayah perbatasan.

"Sesuai Nawa Cita dan Pembangunan Jangka Panjang Nasional yang dimulai dari pinggiran, pembangunan wilayah perbatasan menjadi prioritas dan menjadi bagian integral yang menjadi beranda terdepan Negara Kesatuan...

BKP Kementan Berikan Layanan Prima Kepada Pemohon Informasi Publik

Dipublikasikan pada tanggal 15 Jul, 2019

Di era keterbukaan ini, setiap Badan Publik wajib menyediakan informasi publik dan memberikan pelayanan kepada pemohon. Hal ini sesuai amanat Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2018 tentang Keterbukaan Informasi Publik (IP).

Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian sebagai Badan Publik sudah sejak lama memberikan pelayanan informasi publik (IP) kepada pemohon, baik secara online maupun datang langsung ke layanan informasi publik di Kantor Pusat Kementan Ragunan.

"Kita harus senantiasa meningkatkan dan  memperbaiki pelayanan kepada pemohon. Untuk itu segala sesuatunya harus terus diperbaiki...