Arsip Berita

BKP Raih Peringkat I Anugerah Keterbukaan Informasi Publik

Dipublikasikan pada tanggal 02 Oct, 2019

Badan Ketahanan Pangan raih juara pertama anugerah keterbukaan informasi publik kategori eselon 1 lingkup Kementerian Pertanian. Pemeringkatan keterbukaan informasi publik yang dilakukan setiap tahun ini diberikan atas kinerja layanan informasi dan dokumentasi oleh Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) yang melakukan inovasi dalam mendukung transparansi kinerjanya. Selain itu BKP juga mendapat juara terbaik 1 kategori internal lomba vlog instagram.


Tujuan pemeringkatan ini adalah bentuk apresiasi seluruh eselon 1, 2, 3 dan 4 yang sudah mengimplementasikan keterbukaan informa...

BKP Kementan Launching Kegiatan Korporasi Usahatani

Dipublikasikan pada tanggal 28 Sep, 2019

Yogyakarta - Kegiatan Pengembangan Korporasi Usahatani (PKU) merupakan upaya membangun ekonomi berbasis pertanian dan perdesaan untuk menyediakan lapangan kerja dan meningkatkan pendapatan, serta memenuhi pangan bagi kelompok masyarakat miskin di wilayah rentan rawan pangan.


Demikian disampaikan Sekretaris Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan), Riwantoro saat melaunching kegiatan PKU di Bukit Menoreh Desa Pagerharjo, Kulonprogo, (Jum'at 27/9)


Dijelaskan Riwantoro, tujuan PKU untuk meningkatkan nilai tambah produk komoditas kelompok, meningkatkan pendapatan, ...

Melihat Kiprah Pengembangan Korporasi Usahatani di Kulonprogo

Dipublikasikan pada tanggal 27 Sep, 2019

Untuk mempercepat pengentasan kemiskinan dan penanganan daerah rentan rawan, Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) melakukan kegiatan Pengembangan Korporasi Usahani (PKU) di 13 lokasi pada 12 provinsi.

Salah satu lokasi PKU adalah di Desa Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulonprogo, DI Yogyakarta. PKU   di Desa tersebut pada tahun 2019 diikuti oleh 5 kelompok tani dengan anggota masing-masing 20 orang/kelompok yang tergabung dalam gabungan kelompoktani Tri Manunggal.

Usaha pokoknya adalah budidaya kambing PE dan Caisim. Hasil dari budidaya  berupa susu kambing...

BKP Kementan Meminta Kepala Dinas mengawal Kegiatan Korporasi Usahatani

Dipublikasikan pada tanggal 26 Sep, 2019

Yogyakarta - Dalam upaya mempercepat pengentasan kemiskinan dan penurunan stunting di wilayah rentan rawan pangan, Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian  (Kementan) mulai 2019 melaksanakan kegiatan Pengembangan Korporasi Usahatani (PKU) di Daerah Rentan Rawan Pangan.

"Kegiatan ini sangat strategis, karena itu kami meminta pemerintah daerah untuk mengawal dan menyukseskannya," ujar Kepala BKP Agung Hendriadi dalam sambutannya yang dibacakan Kepala Pusat Ketersediaan dan Kerawanan Pangan, Andriko Noto Susanto pada workshop evaluasi PKU di Yogyakarta, Kamis (26/6/2019).

Kegiatan PKU ...

BKP Kementan Bagi 7.300 Bibit Cabai

Dipublikasikan pada tanggal 25 Sep, 2019

Dalam rangka menyukseskan Gerakan Tanam (Gertam) Satu Juta Pohon Cabai di Pekarangan, Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian kembali membagikan bibit cabai kepada masyarakat. Sebanyak 7.300 bibit cabai akan didistribusikan ke 10 desa di 7 kecamatan di Kabupaten Bogor. Penyerahan bibit cabai secara simbolis dilaksanakan di halaman kantor Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bogor pada Rabu (25/9).

Kepala Pusat Distribusi dan Cadangan Pangan Risfaheri yang hadir dalam acara tersebut mengungkapkan tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan ketahanan pangan dan gizi keluarga melalui optimalisasi pe...

Dukung Gaya Hidup Sehat, BKP Kementan Promosikan Pangan Organik

Dipublikasikan pada tanggal 22 Sep, 2019

Jakarta - Tren  mengkonsumsi pangan yang aman dan sehat kini tidak saja menjadi tuntutan masyarakat, tetapi sudah menjadi gaya hidup. Salah satu alternatif pangan sehat yang banyak dicari adalah pangan organik. Selain sehat dan aman dikonsumsi, pangan organik diproduksi melalui budidaya sistem pertanian organik ramah lingkungan.

"Akhir-akhir ini mengkomsumsi pangan organik telah menjadi tren healthy lifestyle di masyarakat. Karena produk organik lebih sehat, segar, kandungan gizinya lebih baik dan lebih aman terhadap lingkungan," tutur Sekretaris Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertan...

BKP Kementan Kampanyekan Pengurangan Food Waste

Dipublikasikan pada tanggal 20 Sep, 2019

Negara-negara di dunia sepakat mengurangi food loss and waste untuk mewujudkan sustainable food system. Fokus utama yang ingin dicapai adalah memastikan ketahanan pangan  dan keamanan pangan, pangan untuk kesehatan dan diet yang baik, dan efisiensi pemanfaatan sumberdaya.

Demikian disampaikan  Kepala Pusat Ketersediaan dan Kerawanan Pangan Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian (Kementan), Andriko Noto Susanto dalam Workshop Ketahanan Pangan yang diselenggarakan Majelis Ekonomi dan Ketenagakerjaan (MEK) Pimpinan Pusat 'Aisyiyah (PPA) di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Sabtu (21/09)....

LTT Padi Sulut naik 6%, BKP Apresiasi

Dipublikasikan pada tanggal 19 Sep, 2019

Kamis, 19/09/2019 – Sekretaris Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian berikan apresiasi kepada Tim Upsus (Upaya Khusus Percepatan Swasembada Padi, Jagung, dan Kedelai) Provinsi Sulawesi Utara. Hal ini disampaikannya saat memberikan arahan dan sekaligus membuka acara Evaluasi Upsus PAJALE Provinsi Sulawesi Utara Tahun 2019 yang diselenggarakan di Kota Depok, Jawa Barat. “Acara hari ini sengaja kita laksanakan di Jakarta dengan mengundang Bapak/Ibu sekalian untuk memberikan apresiasi kepada para ujung tombak pencatatan realisasi LTT padi, jagung, dan kedelai di wilayah Sulawesi Utara...

Kepala BKP Kementan Terima Tim Penilai Pemeringkatan Keterbukaan Informasi Publik

Dipublikasikan pada tanggal 13 Sep, 2019

Disela padatnya kegiatan, Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) Agung Hendriadi menyempatkan menerima langsung Tim Penilai Pemeringkatan Keterbukaan Informasi Publik di kantornya, Jum'at (13/9/2019) di Jakarta.

"Hadirnya semua pejabat dan perangkat PPID di BKP, ini menunjukan bahwa kami mempunyai komitmen tinggi dalam memberikan pelayanan dan keterbukaan informasi publik," ujar Agung saat menerima Tim Visitasi yang diketuai Tya Tirta Sari (Tenaga Ahli Komisi Informasi Pusat).

Selain Tya, Tim visitasi lainnya adalah, J. Kristiadi (CSIS), Zaim Uchrowi (Dewan Redaks...

Kementan Berpartisipasi Aktif Dalam Kegiatan Jelajah Desa Pangan

Dipublikasikan pada tanggal 08 Sep, 2019

Cianjur - Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Agung Hendriadi mewakili Kementerian Pertanian (Kementan) memberikan bantuan 1.2 ton benih padi, 2 traktor dan cultivator kepada gapoktan di desa Cijagang, Cianjur Jawa Barat dalam acara Jelajah Desa Pangan, Sabtu (7/8/2019).


Dalam sambutannya Agung mengatakan,  Indonesia tidak lagi sebagai importir tapi sudah menjadi eksportir pangan, meskipun masih ada beberapa komoditas belum dapat dipenuhi dari dalam negeri.


"Peran desa dalam memproduksi pangan sangat menentukan ketahanan pangan kita. Kementerian Pertanian mendorong  generasi muda, ...