Arsip Berita

BKP Kementan Kerjasama dengan Untirta Akselerasi Entaskan Daerah Rentan Rawan Pangan di Provinsi Banten

Dipublikasikan pada tanggal 11 Oct, 2019

Banten -  Dalam upaya penanganan daerah rentan rawan pangan, Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) melakukan kerjasama dengan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta).

"Kerjasama ini sebagai langkah awal dan strategis dalam penanganan kerentanan rawan pangan di Banten, apalagi di daerah ini masih ada wilayah rentan rawan pangan," ujar Kepala BKP Agung Hendriadi dalam acara penandatanganan Nota Kesepahaman yang dilakukan di Kampus Untirta, Jum'at (11/10/2019) yang dilanjutkan dengan kuliah umum.

Menurut Agung ketahanan pangan sifatnya dinamis. Kondisi saat ini akan b...

Kepala BKP Kementan: Tingkatkan Kinerja LPM dan PUPM untuk Menjaga Ketahanan Pangan

Dipublikasikan pada tanggal 10 Oct, 2019

Sulawesi Selatan - Kepala BKP Kementan, Agung Hendriadi mendorong optimalisasi pelaksanaan dua kegiatan prioritas ketahanan pangan yaitu Lumbung Pangan Masyarakat (LPM) dan Pengembangan Usaha Pangan Masyarakat (PUPM) di Provinsi Sulawesi Selatan, agar ketersediaan pangan serta stabilitas pasokan dan harga pangan stabil dan aman.

Demikian ditegaskan Agung, pada acara Evaluasi Kegiatan LPM dan PUPM Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) di Kantor Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, dan Hortikultura, Rabu (9/10/2019).

Lebih lanjut Agung mengatakan, kegiatan LPM bertujuan untuk memperkuat ketahana...

Maksimalkan Serapan Gabah, Kementan Beri Insentif Angkutan

Dipublikasikan pada tanggal 09 Oct, 2019

Makasar - Dalam upaya pengendalian harga gabah agar tidak jatuh, dan memaksimalkan serapan khususnya di wilayah non sentra produksi, Kementerian Pertanian (Kementan) menyediakan insentif angkutan dari wilayah sentra untuk mengisi gudang kosong di non sentra di seluruh wilayah Sulsel.

Demikian dikatakan Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementan, Agung Hendriadi pada rapat kordinasi rakor) Serap gabah/beras petani (sergap) Sulselbar di Kantor Divre Bulog, Rabu (9/10/2019).

“Kita berikan biaya penggantian pengangkutan gabah/beras, dan diprioritaskan dari subdivre sentra ke subdivre non sentra,” Ujar...

Stok Beras Aman, Harga Diprediksi Stabil Sampai Akhir Tahun

Dipublikasikan pada tanggal 08 Oct, 2019

Jakarta - Meski kemarau tahun ini cukup panjang, masyarakat tidak perlu khawatir karena stok beras saat ini dalam kondisi sangat aman. Stok beras Perum BULOG per 7 Oktober 2019 tercatat mencapai 2,34 juta ton. Kondisi tersebut sangat aman mengingat standar cadangan beras Pemerintah berkisar 1-1,5 juta ton. Hal ini masih didukung dengan kegiatan penyerapan gabah dan/ atau beras yang masih dan terus berlangsung sampai akhir tahun, sehingga stok beras pemerintah akan tetap terjaga aman.

Selain itu, berdasarkan pantauan stok beras di Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC) Jakarta sebagai barometer perd...

Optimalkan Sergap Sampai Akhir Tahun, Kepala BKP Kementan Sidak BULOG Divre Jatim

Dipublikasikan pada tanggal 04 Oct, 2019

Jawa Timur - Memasuki akhir masa panen gadu diperkirakan akan menurunkan tingkat serapan gabah/beras (sergap) oleh Bulog, namun hal tersebut tidak terbukti. Nyatanya, saat Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian Agung Hendriadi melakukan inspeksi mendadak (sidak) dan koordinasi sergap di Gudang Bulog Pecoro di Subdivre Jember (4/10),  stok beras melimpah.

Agung yang didampingi Kepala Pusat Ketersediaan dan Kerawanan Pangan Andriko Noto Susanto, melihat langsung hampir semua gudang penuh dengan tumpukan karung beras menjulang tinggi, bahkan di beberapa tempat Bulog Divre Jatim harus...

Harga Beras diprediksi Stabil Sampai Akhir Tahun 2019

Dipublikasikan pada tanggal 04 Oct, 2019

Memasuki triwulan terakhir tahun 2019, kondisi harga beras nasional tercatat tetap stabil. Data BPS menunjukkan harga beras rata-rata bulanan periode Januari-September 2019 mengalami penurunan sekitar 0,16 persen per bulan, dari Rp 11.656/kg pada bulan Januari menjadi Rp 11.509/kg pada bulan September. Kondisi harga  beras Januari-September 2019 dibandingkan tahun 2018 pada periode yang sama juga menunjukkan harga lebih stabil yang ditunjukkan dengan angka koefisien variasi (cv) yang lebih rendah, yaitu sebesar 1,12 persen, sedangkan tahun 2018 sebesar 2,63 persen. Stabilnya harga beras berpen...

BKP Kementan Gandeng Teknopark Grobogan Akselerasi Pengembangan Industri Pangan Lokal

Dipublikasikan pada tanggal 04 Oct, 2019

Grobogan – Untuk memantapkan kemandirian pangan di daerah, Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) memfokuskan salah satu kegiatannya pada pengembangan industri pangan lokal.  

Hal tersebut dikatakan Kepala BKP Kementan Agung Hendriadi ketika memberikan sambutan dalam penandatanganan kesepakatan bersama dengan Bupati Grobogan, Rini Sumarni di kawasan Teknopark Grobogan, Kamis (3/10/2019).

“Kesepakatan ini adalah untuk pengembangan industri pangan lokal. Kita harus membangun korporasi dari hulu hingga hilir, sehingga ada nilai tambah untuk meningkatkan kesejahteraan petani...

Sinergi OPAL dan OASE KK dalam Gerakan Konsumsi B2SA

Dipublikasikan pada tanggal 03 Oct, 2019

Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersama rombongan ibu-ibu Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE KK) kunjungi  PAUD Tunas Bangsa Desa Pesanggrahan, Kecamatan Plumbon, Kabupaten Cirebon, Kamis (3/10). Dalam kunjungannya ibu Negara menyosialisasikan gerakan konsumsi pangan yang beragam, bergizi seimbang dan aman (B2SA)  serta memberikan edukasi kepada anak PAUD dalam menanam bibit sayuran.

Pada kesempatan ini Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian memberikan bantuan berupa benih sayuran, bibit buah, kompartemen hidroponik, rak vertikultur serta tanaman sayuran dalam polibag dija...

Upayakan Birokrasi Profesional, BKP Deklarasi Agen Perubahan

Dipublikasikan pada tanggal 03 Oct, 2019

Dalam rangka menciptakan birokrasi pemerintahan yang profesional diperlukan agen perubahan sebagai upaya membentuk budaya kerja dalam meningkatkan kinerja aparatur sipil negara. Untuk itu, Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian menyelenggarakan Deklarasi Agen Penggerak Perubahan pada hari Rabu (2/10) di Jakarta.

Sekretaris Badan Ketahanan Pangan, Riwantoro dalam sambutannya mengatakan tantangan agen perubahan sangat besar, mengingat kultur birokrasi yang “membenarkan yang biasa” masih ada di setiap level lembaga pemerintah.

"Mengubah slogan "membenarkan yang biasa" menjadi “membiasakan y...

BKP Kementan Gelar Rakor Prognosa Pangan

Dipublikasikan pada tanggal 03 Oct, 2019

Untuk membangun data prognosa produksi dan kebutuhan pangan yg lebih akurat, Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian gelar rapat kordinasi lintas sektor kementerian/ lembaga terkait dan pemangku kepentingan lainnya. Rapat kordinasi yang diadakan di Kantor BKP Jakarta pada Rabu (2/10) ini untuk memperoleh dan menyepakati data terkini terkait produksi, stok/cadangan dan kebutuhan pangan pokok dan strategis antara lain beras, jagung, gula pasir, dan minyak goreng.

Sekretaris Badan Ketahanan Pangan Riwantoro mengungkapkan bahwa prognosa produksi dihitung berdasarkan angka sasaran produksi tah...