Arsip Berita

BKP Kementan Ajak Perguruan Tinggi Kembangkan Industri Pertanian 4.0

Dipublikasikan pada tanggal 22 Oct, 2019

MAKASAR - Perkembangan teknologi digital 4.0 saat ini menjadi pendorong utama dalam pembangunan di segala bidang. Perkembangan Revolusi industri ke-4 juga telah mengaburkan batasan antara lingkungan fisik, digital, dan biologis.

"Perkembangan mobile technology yang dimulai dari 2G, 3G, 4G, dan yang sekarang sedang booming (5G) telah mendisrupsi berbagai layanan manual yang ada,” ungkap Andriko Noto Susanto, Kepala Pusat Ketersediaan dan Kerawanan Pangan Badan Ketahanan Pangan (BKP)  Kementerian Pertanian (Kementan) saat didaulat sebagai Keynote Speaker mewakili Kementerian Pertanian pada Semin...

Indonesia Diundang untuk Memberikan Opening Remarks pada Side Event CFS ke-46 di Roma

Dipublikasikan pada tanggal 21 Oct, 2019

ROMA – Indonesia mendapat kehormatan diundang untuk memberikan opening remarks pada side event “Naming food: The intrinsic relation between indigenous food systems, traditional knowledge and language diversity (Menamakan pangan: hubungan antara sistem pangan tradisional, pengetahuan tradisional dan keanekargaman bahasa). Side event ini diselenggarakan di sela-sela Pertemuan CFS ke-46 di Roma, Italia, Jum'at, (18/10/2019).

Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan), Agung Hendriadi selaku Ketua Delegasi Indonesia mengungkapkan, bahwa setiap negara di dunia memiliki pen...

Indonesia Berbagi Pengalaman dalam Mencapai Ketahanan Pangan pada Pertemuan CFS ke-46 di Roma

Dipublikasikan pada tanggal 17 Oct, 2019

ROMA - Dalam pertemuan Committee on World Food Security (CFS) ke-46 disampaikan laporan the State of Food Security and Nutrition in the World (SOFI) 2019. Laporan yang disampaikan oleh Asisten Dirjen Pembangunan Ekonomi dan Sosial FAO, Maximo Torero menyebutkan tren kelaparan global mengalami peningkatan dalam 3 tahun terakhir.

"Hingga saat ini lebih dari 820 juta orang di dunia masih menderita kelaparan. Hal tersebut dipicu oleh pelambatan pertumbuhan ekonomi, dampak perubahan iklim dan kejadian konflik," ujar Maximo.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pe...

Implementasi Hak atas Pangan di Indonesia Diapresiasi pada Side Event CFS ke-46 di Roma

Dipublikasikan pada tanggal 16 Oct, 2019

ROMA - Dalam Side Event di sela-sela pertemuan Conference on Food Security (CFS) ke-46 di Roma, Italia, Selasa (16/10/2019), panelis dari Pelapor Khusus Hak Atas Pangan PBB, Hilal Elver mengapresiasi terhadap keseriusan Indonesia dalam memperjuangkan hak atas pangan.

Keseriusan itu terlihat dari penyusunan kerangka kebijakan terkait hak atas pangan, seperti UUD 45 dan UU Pangan No. 18 tahun 2012, serta implementasinya untuk mengangkat derajat masyarakat Indonesia, khususnya di pedesaan.  

"Kami mengapresiasi pemerintah Indonesia dalam keseriusannya untuk memperjuangkan hak atas pangan bagi mas...

Kepala BKP Tekankan Pendekatan Hak atas Pangan dalam Pencapaian Ketahanan Pangan pada Side Event CFS ke-46 di Roma

Dipublikasikan pada tanggal 14 Oct, 2019

ROMA - Dalam side event CFS (Committee on World Food Security) ke-46 di Roma, Italia, Senin (14/10/2019)

Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan), Agung Hendriadi, menyampaikan pentingnya pengarusutamaan pendekatan hak atas pangan dalam pencapaian ketahanan pangan.

Agung yang juga Ketua Delegasi Indonesia  memaparkan, bahwa kesetaraan merupakan prinsip penting yang harus terus diupayakan dalam implementasi hak atas pangan.

"Setiap negara harus dapat menghilangkan ketidaksetaraan yang dapat menyebabkan kerawanan pangan, antara lain ketidaksetaraan gender dan geografi...

Kepala BKP Kunjungi KRPL di Kota Bogor

Dipublikasikan pada tanggal 13 Oct, 2019

Bogor - Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian, Agung Hendriadi mengapresiasi apa yang dilakukan masyarakat dalam  mengembangkan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL).

Hal tersebut dikatakan Agung,  ketika mengunjungi Kelompok Wanita Tani (KWT) Kencana Tanah Sereal Bogor (Kentagor) di Kelurahan Kencana, Kecamatan Tanah Sereal Kota Bogor, Jawa Barat.

"Yang terpenting kita bisa menyediakan makanan bergizi bagi keluarga dan menumbuhkan minat masyarakat untuk menyediakan pangan sendiri," ujar Agung dihadapan anggota KWT.

Agung juga berpesan agar KRPL yang dikembangkan oleh KWT dapat ter...

Kepala BKP Kementan Ajak Generasi Muda Tangkap Peluang di Era 4.0

Dipublikasikan pada tanggal 12 Oct, 2019

Bogor - Generasi muda diharapkan mampu membuat perubahan dengan memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan daya saing.

Hal tersebut dikatakan Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan), Agung Hendriadi dalam kuliah umum di Polbangtan Bogor,  Sabtu (12/10/2019).

Dalam materi kuliah dengan tema peran generasi muda dalam mewujudkan kedaulatan pangan di era 4.0 itu, Agung mengajak agar generasi muda dapat mencermati perkembangan pembangunan dunia yang begitu cepat.

"Generasi muda harus memiliki kemampuan dalam mencermati situasi, dan harus mampu mengantisipasi  perkembanga...

Kini, Jakarta Memiliki 2 Toko Tani Indonesia Center (TTIC)

Dipublikasikan pada tanggal 11 Oct, 2019

Jakarta -  Setelah sukses dengan Toko Tani Indonesia Center (TTTIC) di Ragunan Jakarta Selatan, dan juga membidani TTIC di Bogor, kini Badan Ketahanan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) bersama Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian membuka TTIC di Klender Jakarta Timur.  TTIC ini merupakan milik Provinsi DKI Jakarta.

"Dengan diresmikannya TTIC di Klender ini, berarti Jakarta kini memiliki 2 TTIC," ujar Kepala Pusat Distribusi dan Cadangan Pangan BKP Risfaheri saat dihubungi.

Menurut Risfaheri, kehadiran TTIC sangat penting untuk membantu petani dan masyarakat. "Jadi, petani menjual...

BKP Kementan berikan Upsus Pajale Award Sulawesi Utara

Dipublikasikan pada tanggal 11 Oct, 2019

Hari ini kita patut bersyukur capaiaan LTT Padi Sulut suplus 13 ribu Ha dibanding periode sebelumnya. Untuk itu kita beri apresiasi kepada kabupaten/kota yang peningkatan LTT dan pertumbuhannya paling tinggi.

Demikian disampaikan oleh Andriko Noto Susanto, Penanggung Jawab Upaya khusus (Upsus) Padi Jagung Kedele (Pajale) Sulawesi Utara (Sulut) sekaligus Kepala Pusat Ketersediaan dan Kerawanan Pangan Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) dalam acara UPSUS PAJALE AWARD Provinsi Sulut 2019 di Manado Jum'at (11/10/19).

Dalam upaya pencapaian swasembada pangan, Kementan tela...

BKP Kementan Kerjasama dengan Untirta Akselerasi Entaskan Daerah Rentan Rawan Pangan di Provinsi Banten

Dipublikasikan pada tanggal 11 Oct, 2019

Banten -  Dalam upaya penanganan daerah rentan rawan pangan, Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) melakukan kerjasama dengan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta).

"Kerjasama ini sebagai langkah awal dan strategis dalam penanganan kerentanan rawan pangan di Banten, apalagi di daerah ini masih ada wilayah rentan rawan pangan," ujar Kepala BKP Agung Hendriadi dalam acara penandatanganan Nota Kesepahaman yang dilakukan di Kampus Untirta, Jum'at (11/10/2019) yang dilanjutkan dengan kuliah umum.

Menurut Agung ketahanan pangan sifatnya dinamis. Kondisi saat ini akan b...