Arsip Berita

Kementan Kembangkan Family Farming untuk Atasi Daerah Rentan Rawan Pangan

Dipublikasikan pada tanggal 16 Nov, 2019

Jakarta - Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP)  Kementerian Pertanian (Kementan) Agung Hendriadi menyampaikan apresiasi atas terwujudnya sinkronisasi yang intensif antara Kementerian Dalam Negeri dengan Kementerian Pertanian untuk mewujudkan ketahanan pangan.

"Dengan adanya _full support_ dari Kementerian Dalam Negeri dan Pemerintah Daerah yang meletakan pembangunan ketahanan pangan sebagai prioritas, saya optimis ketahanan pangan kita akan semakin mantap," ujar Agung saat memberikan sambutan sebagai Keynote Speaker dalam acara Sinkronisasi Penbangunan Ketahanan Pangan dan Infrastruktur Pertani...

BKP Kementan Bahas Rancangan Inpres untuk Perkuat Cadangan Beras Pemerintah Daerah

Dipublikasikan pada tanggal 12 Nov, 2019

Bogor - Pemerintah Daerah baik provinsi, kabupaten/kota, maupun desa wajib menyelenggarakan Cadangan Pangan Pemerintah Daerah (CPPD) sesuai amanat UU Pangan No. 18/2012 dan PP No. 17/2015 tentang Ketahanan Pangan dan Gizi.

Hal ini ditegaskan oleh Kepala Badan Ketahanan Pangan, Agung Hendriadi dalam Rakor Pembahasan Rancangan Inpres tentang Percepatan Penyelenggaraaan Cadangan Beras Pemerintah Daerah, di Bogor, Selasa (12/11/2019).

Dalam pertemuan tersebut Agung memaparkan bahwa dari hasil evaluasi komitmen terhadap penyelenggaraan  Cadangan Beras Pemerintah Daerah (CBPD) sebagai implementasi d...

Kementan Ajak Masyarakat Berpartisipasi Aktif Selamatkan Pangan

Dipublikasikan pada tanggal 10 Nov, 2019

Jakarta - Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL), mengajak semua pihak untuk ikut serta dalam upaya menyelamatkan pangan. Hal tersebut disampaikannya pada acara Tani On Stage di Komplek GBK Senayan,  Minggu (10/11/2019). 

Menurut SYL, upaya menyelamatkan pangan harus dimulai dari masing-masing individu untuk kemudian menjadi gerakan bersama mewujudkan ketahanan pangan berkelanjutan. “Langkah kita hari ini merupakan langkah besar untuk kepentingan rakyat. Mengurangi Food Loss and Waste (FLW) harus menjadi gerakan bersama," ajaknya. SYL juga mengajak milenial secara khusus terlibat dalam u...

Kementan Tegaskan Tidak Benar 22 Juta Penduduk Alami Kelaparan Kronis

Dipublikasikan pada tanggal 08 Nov, 2019

Jakarta – Kepala Badan Ketahanan Pangan, Kementerian pertanian Agung Hendriadi merespon hasil riset yang dilakukan Asian Development Bank (ADB), yang menyebutkan pada periode 2016-2018 sebanyak 22 juta penduduk Indonesia mengalami kondisi kelaparan kronis, seperti dilansir beberapa media.


Ditemui di kantornya Jumat (8/11/2019), Agung menjelaskan bahwa yang ada sebenarnya adalah daerah rentan rawan pangan yang hingga kini masih terdapat di 88 wilayah kabupaten di Indonesia.


“Tidak ada yang namanya kelaparan. Buktinya, semua orang mendapatkan makanan. Ketersediaan pangan kita tercuku...

Untuk Perbaikan Gizi dan Peningkatan Kesejahteraan, BKP Kementan Kembangkan Pertanian Keluarga

Dipublikasikan pada tanggal 04 Nov, 2019

Kendari - Menjaga keanekaragaman hayati sekaligus meningkatkan penganekaragaman pangan, perbaikan gizi serta peningkatan kesejahteraan masyarakat harus terus diupayakan. Untuk itu, Kementerian Pertanian mengembangkan Pertanian Keluarga sebagai salah satu fokus kebijakan dan program.

Hal itu dikemukakan Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian, Agung Hendriadi saat menjadi keynote speaker mewakili Menteri Pertanian dalam Seminar Nasional dan Launching Rencana Aksi Nasional (RAN) Pertanian Keluarga di Kendari,  Jum'at (1/11/2019).

Menurut Agung, Indonesia menghadapi berbagai tantangan...

BKP Kementan Optimalkan Pengembangan Industri Pangan Lokal

Dipublikasikan pada tanggal 04 Nov, 2019

Kendari - Pada tahun 2050 mendatang diprediksi peningkatan populasi penduduk mencapai 9 milyar jiwa. Kebutuhan pangan akan melonjak hingga 70 persen. Situasi ini mengharuskan adanya produksi pangan yang berkelanjutan dan sistem rantai pangan yang efisien.

Tantangan tersebut menjadi perhatian Kementerian Pertanian, dan salah satu solusi yang dikembangkan melalui upaya pemenuhan pangan berbasis sumber daya lokal.  

Hal tersebut disampaikan Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan), Agung Hendriadi dalam sambutannya mewakili Menteri Pertanian pada kunjungan Diplomatic T...

BKP Kementan Launching Kegiatan Family Farming Sebagai Kelanjutan KRPL

Dipublikasikan pada tanggal 04 Nov, 2019

Kendari - Pangan merupakan kebutuhan mendasar bagi manusia, karena itu kebutuhannya harus terpenuhi baik dalam jumlah, mutu, bergizi seimbang, aman dan terjangkau bagi setiap orang.

Untuk memenuhi hal tersebut, Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) sejak tahun 2010 telah memberdayakan lebih dari 20 ribu kelompok wanita tani, atau setara dengan sekitar 600 ribu rumah tangga petani atau 2,5 juta masyarakat yang terlibat dalam kegiatan KRPL. Upaya yang dilakukan telah berdampak pada penurunan rasio gini dan tingkat kemiskinan, khususnya kemiskinan pedesaan.

"Jadi, KRPL ini...

Kepala BKP Kementan Ajak Generasi Muda Selamatkan Pangan

Dipublikasikan pada tanggal 03 Nov, 2019

Kendari - Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) Agung Hendriadi mengajak generasi muda menyelamatkan pangan dan tidak membuang-buang makanan.

"Mari kita biasakan menghabiskan makanan yang akan dikonsumsi. Jangan disisakan, karena akan menjadi sampah. Padahal sebagian penduduk dunia masih banyak yang membutuhkan bahan pangan," kata Agung saat meninjau lomba menggambar Hari Pangan Sedunia ke 39 di Kendari, (Minggu, 3/11/2019).

Untuk itu, lanjut Agung, kalau mengambil makanan secukupnya sesuai kebutuhan, sehingga tidak meninggalkan sisa makanan.

"Kita ingin mendidik...

BKP Kementan Dorong Komersialisasi Produk Pangan Lokal

Dipublikasikan pada tanggal 02 Nov, 2019

Kendari - Pengembangan pangan lokal ke arah industri dan komersialisasi sangat penting dilakukan,  mengingat berbagai tantangan kedepan seperti pergeseran pola konsumsi pangan yang mengarah pada konsumsi makanan jadi, yang mencapai diatas 30 persen dari pengeluaran konsumsi per kapita/bulan, dan pergeseran komposisi penduduk usia produktif sekitar 68,75 persen dari total populasi pada tahun 2020.

"Ini menjadi peluang sekaligus tantangan dalam penyediaan pangan komersial, untuk menumbuhkan  bisnis pangan lokal," kata Plt. Kepala Pusat Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan, Riwantoro mew...

Menteri Pertanian Ajak Pimpinan Daerah Entaskan Kerawanan Pangan di Indonesia

Dipublikasikan pada tanggal 31 Oct, 2019

Jakarta - Kementerian Pertanian berkomitmen mengentaskan daerah rentan rawan pangan di Indonesia.

"Untuk mengentaskan daerah rentan rawan pangan, saya mengajak pimpinan daerah mulai dari kepala desa, lurah, camat, bupati/walikota dan gubernur untuk bersama-sama menangani sesuai tanggung jawabnya masing-masing," ujar Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo saat memberikan sambutan dalam acara  penandatanganan Perjanjian Kerja Sama : Sinergi Dukungan Program Pengentasan Daerah Rentan Rawan Pangan di Jakarta, Rabu, 30 Oktober 2019.

Sinergitas yang dilakukan menurut Syahrul Yasin Limpo sangat strate...