Arsip Berita

Kementan Berikan Subsidi Distribusi Pangan untuk Jaga Pasokan Pangan Antar Wilayah

Posted in Berita Umum on Apr 10, 2020

Jakarta - Kementerian Pertanian melalui Badan Ketahanan Pangan memberikan subsidi distribusi pangan dari daerah surplus ke daerah minus. Hal ini dilakukan untuk menjaga agar pasokan pangan di setiap provinsi tercukupi, mengingat kebutuhan pangan diprediksi akan meningkat sebagai dampak Covid-19 dan menjelang puasa serta Idul Fitri.

Kepala Badan Ketahanan Pangan, Agung Hendriadi mengatakan, ketahanan pangan harus dijaga baik dari aspek ketersediaan maupun distribusinya.

“Kami rutin minta daerah menyampaikan kondisi ketersediaan pangan seperti apa, harganya bagaimana, komoditas apa saja yang sto...

Disaat Pandemi Covid-19, Pasar Mitra Tani/TTI Tetap Layani Kebutuhan Pangan Masyarakat

Posted in Berita Umum on Apr 09, 2020

Jakarta - Pandemi Covid-19 sudah menyebar hampir seluruh provinsi di Indonesia, sehingga masyarakat diminta tinggal di rumah, mengurangi aktifitas sosial, dan menjaga jarak fisik (physical distancing).

Adanya pengurangan aktifitas ini tidak lantas menyurutkan upaya pemerintah menjamin ketersediaan dan pasokan pangan di seluruh wilayah.

Menghadapi situasi tersebut, Kementerian Pertanian menggandeng Gojek melalui Pasar Mitra Tani/TTIC dalam jasa distribusi pangan masyarakat dengan menggratiskan biaya pengiriman bahan pangan yang dipesan secara online.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengat...

Mentan SYL: Animo Masyarakat Belanja di Pasar Mitra Tani Meningkat

Posted in Berita Umum on Apr 09, 2020

Jakarta - Sejak dilakukannya kerjasama Kementerian Pertanian dengan Gojek (3/4/2020) dalam hal distribusi pangan, antusiasme masyarakat membeli kebutuhan pangan di Pasar Mitra Tani Indonesia/TTIC terus meningkat. Hal ini sangat wajar, karena Kementan memberikan subsidi distribusi  pangan, yaitu free ongkir bagi konsumen yang membeli bahan pangan ke Toko Mitra Tani/TTIC menggunakan jasa Gojek.

Untuk melihat bagaimana hasil kerjasama tersebut, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengunjungi Pasar Mitra Tani/TTIC Pasar Minggu, Jakarta, Rabu (8/4/2020).

Dalam kesempatan tersebut, Mentan SYL meng...

Pasar Mitra Tani Kementan Bantu Masyarakat Penuhi Kebutuhan Pangan

Posted in Berita Umum on Apr 07, 2020

Pemenuhan kebutuhan pangan masyarakat di saat merebaknya pandemi Covid-19 terus menerus dipantau oleh Kementerian Pertanian. Salah satu terobosan yang dilakukan adalah menggandeng Gojek untuk menyediakan jasa distribusi pangan bagi masyarakat yang membutuhkan bahan pangan dari Pasar Mitra Tani dan Toko Mitra Tani Indonesia.

Muhammad Gufron, driver Gojek yang ditemui sedang mengantri di Pasar Mitra Tani/TTIC Pasar Minggu Jakarta pada Selasa (7/4/2020) mengatakan, pemesanan bahan pangan melalui aplikasi Gojek sangat membantunya,

“Terima kasih TTIC yang telah bekerja sama dengan Gojek karena memu...

Kementan Gandeng Gojek Lancarkan Distribusi Pangan

Posted in Berita Umum on Apr 03, 2020

Jakarta - Sektor pertanian menjadi kebutuhan prioritas dalam menghadapi pandemi Covid - 19, apalagi bulan ini masyarakat muslim di Indonesia akan memasuki Bulan Ramadhan dan Idul Fitri. Presiden Jokowi disetiap arahannya mengatakan agar semua Menteri termasuk pemerintah pusat dan daerah fokus untuk menjamin dan mempersiapkan stok pangan termasuk urusan pendistribusiannya.

Untuk memastikan akses pangan yang aman dan nyaman bagi masyarakat selama Bulan Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini, Kementerian Pertanian menggandeng Gojek untuk menyediakan jasa belanja pangan bagi masyarkaat tanpa harus kelu...

Pasar Mitra Tani Kementan Hadir Bantu Penyediaan Pangan Masyarakat

Posted in Berita Umum on Apr 01, 2020

Jakarta - Pandemi virus Corona tidak dapat dipungkiri memiliki andil dalam ketersediaan pangan, terkait pemenuhan pangan sebagai kebutuhan mendasar bagi masyarakat. Untuk itu diperlukan kerjasama lintas sektor tidak hanya dari sisi ketersediaan, tetapi juga distribusinya harus terjaga.

Mengantisipasi hal itu, Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) menjalin kerja sama dengan Gojek dalam transaksi pemesanan bahan pangan di Pasar Mitra Tani/Toko Tani Indonesia Center (TTIC).

Menurut Kepala Pusat Distrbusi dan Cadangan Pangan, Risfaheri, kerja sama dengan Gojek merupakan kes...

Kepala BKP Kementan: Ketersediaan dan Harga Pangan Aman Terkendali

Posted in Berita Umum on Mar 26, 2020

Jakarta - Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian, Agung Hendriadi menyatakan ketersediaan dan harga pangan aman dan terkendali.

Hal tersebut diungkapkan Agung setelah mendengar langsung laporan dari para Kepala Dinas Pangan seluruh Indonesia melalui video teleconference di Jakarta, Kamis (26/3/2020).

Dalam kesempatan tersebut, para kadis pangan secara bergiliran melaporkan kondisi ketersediaan dan harga pangan di daerah masing-masing khususnya 11 komoditas pangan strategis yaitu, beras, jagung, daging ayam, daging sapi, telur, minyak goreng, gula pasir, cabai merah, cabai rawit, b...

Pantau Ketersediaan Pasokan dan Harga Pangan, Kepala BKP Kementan Video Conference dengan Kadis Pangan se-Indonesia

Posted in Berita Umum on Mar 23, 2020

Jakarta – Mencermati perkembangan virus Covid-19 dan mengantisipasi kelangkaan pasokan kenaikan harga pangan jelang puasa, Kepala BKP Kementan Agung Hendriadi melakukan video conference dengan para kepala dinas (Kadis) pangan seluruh Indonesia pada Jumat (20/3/2020).

Video conference yang berlangsung di Operation Room BKP Kementan ini membahas ketersediaan pasokan dan stabilitas harga pangan khususnya 11 komoditas pangan strategis yaitu, beras, jagung, daging ayam, daging sapi, telur, minyak goreng, gula pasir, cabai merah, cabai rawit, bawang merah, dan bawang putih.

Dalam kesempatan tersebut...

Antisipasi Pandemi Virus Korona, Pemerintah Jamin Ketersediaan Pangan

Posted in Berita Umum on Mar 20, 2020

Jakarta - Mengantisipasi dampak merebaknya wabah Covid-19 dan HBKN tahun 2020, pemerintah terus berupaya menjaga ketersediaan, stabilisasi pasokan dan harga komoditas pangan strategis.

Upaya tersebut salah satunya ditunjukkan dengan penandatanganan kesepakatan bersama supplier dan produsen pangan tentang ketersediaan, stabilisasi pasokan, dan harga pangan di Jakarta, Jum'at (20/3/2020).

"Penandatanganan ini merupakan bentuk komitmen kita semua untuk menjaga pasokan dan stabilitas harga menghadapi wabah Korona serta menjelang puasa dan lebaran," demikian dikatakan Kepala Badan Ketahanan Pangan ...

Kementan Gencarkan Gelar Pangan Murah Gula Pasir dan Telur

Posted in Berita Umum on Mar 19, 2020

Jakarta - Kementerian Pertanian (Kementan) lakukan gelar pangan murah (GPM) gula pasir dan telur pada10 lokasi pasar di DKI Jakarta. GPM dilakukan dengan merangkul Gapoktan Pengembangan Usaha Pangan Masyarakat (PUPM), Food Station, Charoen Pokphand serta BPD Agro.

"Gelar Pasar Murah ini kita lakukan sebagai upaya pemerintah untuk menekan harga pangan di tanah air," ujar Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo saat pelepasan Gelar Pangan Murah di TTIC Pasar Minggu, Kamis (19/03/2020).

Syahrul mengajak semua pihak untuk bergandengan tangan memberikan keringanan kepada masyarakat khususnya penyedi...

Kementan Guyur Gula Pasir dan Minyak Goreng di Jakarta

Posted in Berita Umum on Mar 14, 2020

Jakarta - Mencermati perkembangan harga gula dan minyak goreng yang cenderung meningkat, Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) mengelar Pangan Murah.

Berdasarkan data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Nasional, harga rata-rata gula pasir di Jakarta, Kamis  (12/3/2020) sebesar Rp. 17.400,- per kilogram. Harga ini lebih tinggi dibanding harga rata-rata nasional yang mencapai Rp 16.450 per kilogram.

Sedangkan harga minyak goreng, di Jakarta mencapai Rp 13.750 per liter. Harga ini juga lebih tinggi dibanding harga acuan tingkat konsumen sebesar Rp11.000 per lit...

Menteri Pertanian : Pemenuhan Pangan Perlu Kebijakan yang Tepat

Posted in Berita Umum on Mar 10, 2020

Jakarta - Tantangan pemenuhan kebutuhan pangan kedepan semakin kompleks, sehingga perlu kebijakan-kebijakan yang tepat," demikian dikatakan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL), dalam arahannya pada Rapat Koordinasi Dewan Ketahanan Pangan (DKP) di Jakarta, Selasa (10/3/2020).

Ditambahkan SYL, setiap tantangan harus dihadapi dengan strategi/jurus yang spesifik, agar dapat dikelola menjadi peluang yang dapat meningkatkan ketahanan pangan dan gizi masyarakat, terutama di daerah yang rentan rawan pangan. Dalam hal ini termasuk perubahan iklim ekstrim dan dinamika ekonomi di tingkat global, ...

Hijaunya Pekarangan Pangan Lestari di Tengah Kota Bandung

Posted in Berita Umum on Mar 09, 2020

Bandung – Di wilayah perkotaan, adanya lahan yang luas untuk bertanam hampir-hampir tidak bisa lagi ditemukan. Lahan tergerus menjadi pemukiman yang padat penduduk. Namun, asa untuk bertanam dan menghasilkan pangan dari upaya sendiri tetap menyala. Seperti yang bisa dilihat di Kelurahan Karasak, Kecamatan Astanaanyar Kota Bandung.

Kelurahan yang terletak di tengah kota Bandung ini merupakan salah satu wilayah yang masuk dalam rentan rawan pangan dengan masyarakat berpenghasilan rendah dan lingkungan padat penduduk yang kurang terawat. Namun melalui kreatifitas dan usaha masyarakat yang tergabu...

Kepala BKP Lantik 12 Pejabat Fungsional

Posted in Berita Umum on Mar 03, 2020

Kepala Badan Ketahanan Pangan Agung Hendriadi lantik 12 orang pejabat fungsional Analis Ketahanan Pangan (AKP) di Kantor Badan Ketahanan Pangan, Jakarta (3/03).

Dalam kesempatan ini Agung menyampaikan bahwa pejabat fungsional harus selalu berinovasi memberikan suatu pemikiran dan hal hal yang dapat menjadi masukan untuk pimpinan. "Anda harus mampu memberikan rekomendasi kepada pimpinan" ungkap Agung.

Diapun menyebut bahwa sebagai pejabat fungsional harus selalu senantiasa mempelajari aturan yang ada terutama terkait bidang ketahanan pangan.

"Membekali dan meningkatkan pemahaman diri, bacalah, ...

Kepala BKP Kementan : Ketahanan Pangan Indonesia Meningkat

Posted in Berita Umum on Feb 27, 2020

Jakarta - Global Food Security Index (GFSI) mencatat status ketahanan pangan Indonesia berada di peringkat 62 pada tahun 2019, mengalami peningkatan dari sebelumnya di peringkat 71 pada tahun 2016. Hal ini menunjukkan status ketahanan pangan Indonesia semakin baik.

Demikian disampaikan Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan), Agung Hendriadi pada acara Roundtable Ketahanan Pangan Nasional Berkelanjutan Menuju Indonesia Kuat dan Modern 2045 di Menara Kadin, Kamis (27/02).

Selain itu, menurut Agung angka Prevalency of Undernourishment (PoU) atau prevalensi ketidakcuk...

    Prev 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 Next