Arsip Berita

Stabilkan Pasokan Pangan, Kementan Subsidi Distribusi Cabe Rawit

Dipublikasikan pada tanggal 21 Jul, 2021

Kementerian Pertanian melalui Badan Ketahanan Pangan (BKP) terus menjaga stabilitas pasokan pangan agar masyarakat dapat mengakses pangan secara merata di seluruh wilayah melalui bantuan subsidi distribusi pangan dari daerah surplus atau yang sedang panen ke daerah defisit ataupun daerah yang mengalami kelangkaan pasokan pangan.

Setelah membantu biaya distribusi telur daging ayam, bawang merah dan telur ayam dari wilayah Jatim ke Maluku. Kaltara dan wilayah Sulsel ke Kaltim beberapa waktu lalu, BKP kembali memfasilitasi distribusi komoditas pangan yaitu cabai rawit.

"Akhir pekan lalu kita bant...

Kementan Dorong Daerah Terus Kuatkan Cadangan Pangan

Dipublikasikan pada tanggal 14 Jul, 2021

Jakarta – Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menegaskan komitmennya untuk menjamin ketersediaan pangan bagi seluruh masyarakat Indonesia sepanjang waktu. Salah satu upaya mendukung penyediaan pangan adalah dengan memperkuat cadangan pangan nasional melalui penguatan cadangan pangan pemerintah daerah (CPPD) yang terus di advokasi kepada pemerintah daerah.

Kepala Badan Ketahanan Pangan Agung Hendriadi mengungkapkan bahwa penguatan Cadangan Pangan Pemerintah Daerah tidak sekedar esensial, tetapi juga urgent dalam menjamin penyediaan pangan bagi 267 juta penduduk, terlebih lagi saat ini seluruh...

Kementan Pastikan Ketersediaan Beras Aman

Dipublikasikan pada tanggal 08 Jul, 2021

Jakarta - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo memastikan ketersediaan beras sampai dengan akhir tahun 2021 dalam kondisi aman dan harga relatif stabil. Produksi beras yang relatif stabil dengan jaringan distribusi yang sudah terbangun, membuat harga beras tidak mengalami gejolak yang signifikan.

Kepala Badan Ketahanan Pangan Agung Hendriadi menjelaskan bahwa berdasarkan neraca pangan strategis dari awal hingga akhir tahun 2021 kondisi perberasan nasional dipastikan dalam kondisi aman.

Menghadapi PPKM darurat bulan Juli ini, Agung meyakinkan agar masyarakat tidak perlu khawatir karena keterse...

Kementan Komitmen Bantu Serap Gabah Petani

Dipublikasikan pada tanggal 05 Jul, 2021

Lampung-Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo beserta jajarannya di Kementerian Pertanian memiliki komitmen menjaga ketahanan pangan dengan membantu petani melakukan pembelian gabah sesuai harga ketentuan pemerintah. Hal ini dilakukan sebagai langkah antisipasi stabilisasi harga.

Seperti yang dialami petani di Lampung Utara dan Lampung  Timur yang pada akhir Juni 2021 harga gabah kering panen (GKP) hanya berkisar 3.000 sampai 3.800/kg, jauh di bawah harga acuan atau harga pembelian pemerintah (HPP).

Kepala Badan Ketahanan Pangan Agung Hendriadi mengungkapkan bahwa sejak awal Juli tim Badan Ket...

PPKM Darurat, PMT/TTIC Kementan Gencarkan Distribusi Pangan Online

Dipublikasikan pada tanggal 04 Jul, 2021

Jakarta - Kementerian Pertanian gencarkan distribusi/penjualan pangan secara online, untuk mendekatkan akses masyarakat terhadap bahan pangan.


Hal ini dilakukan untuk  merespon kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat masa pandemi saat ini.


Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menegaskan jajarannya untuk memastikan agar pasokan pangan aman di seluruh wilayah, sehingga tidak ada kekurangan bahan pangan selama masa PPKM Darurat Jawa dan Bali.


Kepala Badan Ketahanan Pangan Agung Hendriadi  menyatakan,  telah mengantisipasi ketersediaan dan distribusi...

Buah Manis Pertanian Keluarga Pandeglang Tingkatkan Kesejahteraan Petani

Dipublikasikan pada tanggal 01 Jul, 2021

Pandeglang - Pertanian Keluarga (PK) yang diinisiasi Badan Ketahanan Pangan (BKP) - Kementerian Pertanian merupakan upaya yang dilakukan dalam rangka pengentasan daerah rentan rawan pangan melalui pemberdayaan petani. Tak hanya itu, kegiatan PK atau yang memiliki nama lain Pengentasan Daerah Rentan Rawan Pangan diharapkan mampu untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga petani di seluruh wilayah. Hal ini disampaikan Kepala Badan Ketahanan Pangan, Agung Hendriadi dalam kunjungan sekaligus panen bersama di Kelompok Tani Taruna Mekar yang berada di Desa Pamarayan, Kecamatan Jiput, Kabupaten Pandeg...

Bantuan Produktif Kementan Dorong Petani Terus Tingkatkan Produksi

Dipublikasikan pada tanggal 30 Jun, 2021

Pandeglang - Pertanian keluarga sebagai basis ketahanan pangan sangat penting terlebih lagi dalam situasi pandemi saat ini. Hal ini sejalan dengan arah kebijakan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) guna menjaga kecukupan pangan masyarakat secara berkesinambungan.  

Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian, Agung Hendriadi mengatakan kegiatan pertanian keluarga harus terus tumbuh dan berkembang maksimal agar ekonomi masyarakat juga meningkat.

"Pertanian keluarga ini merupakan bantuan sosial produktif, bukan hanya bantuan yang sekali habis. Yang terpenting semangat te...

Kementan Latih UMKM Pangan Lokal Tingkatkan Kapasitas

Dipublikasikan pada tanggal 29 Jun, 2021

Jakarta – Untuk mendukung penyediaan pangan lokal bagi masyarakat, Kementerian Pertanian melalui Badan Ketahanan Pangan (BKP) melakukan pembinaan dan penguatan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) pangan lokal. Hal ini sebagai salah satu implementasi diversifikasi pangan sisi hilir sebagai cara bertindak kedua (CB2) yang ditekankan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Kepala BKP Kementan, Agung Hendriadi mengatakan, pengembangan produk pangan lokal menjadi strategi dalam menghadapi gempuran berbagai produk pangan yang banyak beredar di pasaran saat ini. Penguatan UMKM pangan lokal ini, me...

Kementan Dorong Konsumsi Pangan Lokal Menjadi Gaya Hidup Sehat

Dipublikasikan pada tanggal 24 Jun, 2021

Jakarta – Kementerian Pertanian terus mendorong konsumsi pangan lokal sebagai bagian dari upaya mewujudkan masyarakat yang hidup sehat, aktif, dan produktif. Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementan, Agung Hendriadi mengatakan, saat ini semakin banyak yang meminati pangan lokal sebagai gaya hidup sehat,

“Salah satu hasil survei mengatakan bahwa alasan utama orang mengurangi mengonsumsi nasi dan ke pangan lokal sumber karbohidrat non beras adalah karena gaya hidup, artinya konsumsi pangan lokal saat ini menjadi tren di kalangan masyarakat,” ujar Agung dalam Webinar Diversifikasi Pangan pada...

Perluas Jangkauan, Pasar Mitra Tani Kementan Gandeng Komunitas Warteg

Dipublikasikan pada tanggal 21 Jun, 2021

Tangerang - Pasar Mitra Tani (PMT) Kementerian Pertanian terus melebarkan jangkauan pemasaran melalui kerja sama dengan berbagai pihak, salah satunya Komunitas Warung Nusantara (Kowantara). Komunitas ini merupakan komunitas pengusaha warung tegal (warteg) yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.

Kepala Pusat Distribusi dan Akses Pangan, Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementan, Risfaheri mengatakan adanya jalinan kerja sama ini merupakan upaya menghadirkan pangan yang terjangkau bagi masyarakat.

"Tujuan kita  agar pangan terjangkau bagi masyarakat. Jadi walaupun bahan pangannya tersedia, k...