Arsip Berita

Gelar Pangan Murah di Kalteng, Masyarakat Sambut Nataru dengan Tenang

Dipublikasikan pada tanggal 15 Dec, 2019

Palangkaraya - Sekretaris Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementan, Riwantoro menghadiri Gelar Pangan Murah yang dilaksanakan di area Car Free Day (CFD) Bundaran Besar Kota Palangkaraya, Minggu (15/12).


Pada kesempatan tersebut, Riwantoro mengatakan Kalimantan Tengah menjadi salah satu dari 10 provinsi yang menjadi wilayah pantauan utama BKP Kementan dalam rangka stabilisasi pasokan dan harga pangan jelang Natal dan Tahun Baru.


“BKP bersama Pemprov Kalteng serta pelaku usaha harus bersinergi mengamankan pasokan dan harga pangan agar masyarakat dapat merayakan nataru dengan aman dan te...

Kepala BKP Kementan Tegaskan Dukungan Penurunan Stunting

Dipublikasikan pada tanggal 13 Dec, 2019

Jakarta - Untuk menciptakan Sumber Daya Manusia  berkualitas, diperlukan generasi muda yang sehat, aktif, dan produktif. Untuk itu, penyediaan pangan yang cukup dan bergizi, serta  upaya menurunkan angka stunting sangat penting dilakukan.

Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan), Agung Hendriadi menegaskan dukungan pihaknya dalam upaya penurunan stunting.

"Kami sangat mendukung upaya penurunan stunting. Bahkan Kementan sudah mengupayakan penurunan stunting melalui intervensi sensitif dari aspek penyediaan produksi pangan yang cukup, beragam, dan bergizi seimbang," u...

Jelang Nataru, Kementan-Pemprov Kalbar Jaga Stabilitas Pasokan dan Harga Pangan

Dipublikasikan pada tanggal 10 Dec, 2019

Pontianak - Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) dan Pemerintah Proivinsi Kalimantan Barat  berkomitmen menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan terutama jelang Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (Nataru).


Hal tersebut terungkap dalam Rapat Koordinasi Dewan Ketahanan Pangan Kalimantan Barat dan Stabilisasi Harga Pangan Periode HBKN Natal dan Tahun Baru yang diselenggarakan di Pontianak, Selasa  (10/12).


Kepala BKP, Agung Hendriadi mengatakan, bahwa pertemuan koordinasi sangat penting dilakukan untuk  menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan agar tetap ter...

Pasokan dan Harga Pangan Aman, masyarakat Nusa Tenggara Timur Rayakan Nataru dengan Tenang

Dipublikasikan pada tanggal 10 Dec, 2019

Kupang - Jelang Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, harga dan pasokan pangan pokok strategis di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) harus dipastikan aman dan terkendali, hal ini karena pada saat nataru umumnya akan terjadi peningkatan kebutuhan pangan.


Untuk memastikan hal tersebut, BKP-Kementan dan Pemprov NTT menggelar rapat gabungan stabilisasi pasokan dan harga pangan selasa (10/12) yang dihadiri oleh Kepala Pusat Ketersediaan dan Kerawanan Pangan BKP Kementan, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan NTT, Kepala Divre Bulog NTT, Kepala PD Pasar di Kupang, Perwakilan dari Dinas Perindu...

Pantauan Kementan Pasokan dan Harga Pangan Menghadapi Nataru di Kalbar Aman

Dipublikasikan pada tanggal 10 Dec, 2019

Untuk memastikan kondisi pasokan dan harga pangan di Kalbar stabil dan aman, BKP Kementan bersama instansi terkait melakukan pemantauan harga secara langsung di Pasar Flamboyan, Kota Pontianak, Selasa (10/12).


Kepala Pusat Distribusi dan Cadangan Pangan, Risfaheri yang memimpin pemantauan tersebut menyatakan bahwa pasokan dan harga beberapa komoditas pangan strategis relatif stabil.


“Hasil pantauan kami hari ini tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Pasokan lancar dan harga pangan stabil,” kata Risfaheri.


Risfaheri tidak menafikan bahwa momentum Nataru biasanya terjadi peningka...

Kepala BKP Kementan: Indonesia Butuh Petani Milenial

Dipublikasikan pada tanggal 08 Dec, 2019

Yogyakarta - Salah satu tantangan pembangunan pertanian adalah semakin berkurangnya tenaga kerja pertanian, karena itu regenerasi petani menjadi agenda yang sangat penting ke depan.


Untuk membangun kecintaan generasi muda pada dunia pertanian, Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian meluncurkan program Pertanian Masuk Sekolah (Tani MaS).


"Kegiatan Tani MaS ini bertujuan agar generasi muda mencintai dunia pertanian. Saya sangat mengapresiasi apa yang dilakukan di sini,  dalam waktu singkat sudah bisa mewujudkan Tani MaS," ujar Kepala BKP, Agung Hendriadi, saat mengunjungi...

Kementan Dorong Tumbuhnya Pengusaha Pangan Lokal Millenial

Dipublikasikan pada tanggal 08 Dec, 2019

Yogyakarta - Potensi dan sumber daya pangan lokal mesti dikembangkan secara optimal melalui berbagai inovasi dan kreasi. Karena itu, generasi muda diharapkan berperan penting dalam  mengangkat nilai tambah dan daya saing pangan lokal.


Untuk itu, dalam rangkaian Gelar Pangan Lokal Berbasis UMKM diadakan talkshow yang mengangkat tema "Sehat dan Kaya dengan Pangan Lokal" di Titik Nol kota Yogyakarta pada Minggu (8/12/2019).


Sekretaris Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian, Riwantoro yang hadir dalam acara tersebut menegaskan bahwa Indonesia kaya akan potensi pangan lokal yang m...

Melalui Lomba Gambar, BKP Kementan Gugah Pelajar Cintai Pangan Lokal

Dipublikasikan pada tanggal 08 Dec, 2019

Yogyakarta - Indonesia kaya dengan aneka ragam sumber pangan. Potensi pangan yang beragam ini harus dikenalkan sejak dini kepada generasi muda, agar mereka dapat mencintai pangan lokal yang tumbuh dari tanah sendiri.

Semangat itu terpancar dari event Lomba Gambar yang digelar oleh Badan Ketahanan Pangan Kementan di Titik Nol Kota Yogyakarta pada Minggu (8/12/2019).

Sebanyak 150 siswa SD se-kota Yogyakarta antusias mengikuti lomba gambar ini. Tema yang diusung adalah "Aku Cinta Pangan Lokal"

Kepala BKP Kementan, Agung Hendriadi mengungkapkan bahwa lomba gambar ini, bagian dari upaya mengenalkan...

Kepala BKP ajak Generasi Muda Tekuni Sektor Pertanian

Dipublikasikan pada tanggal 08 Dec, 2019

Yogyakarta - Dalam Undang-Undang Pangan No. 18 tahun 2012 tentang Pangan disebutkan bahwa pangan merupakan kebutuhan dasar dan menjadi hak asasi manusia.

"Karena itu, dari 267 juta penduduk di Indonesia tidak boleh satu pun mengalami kelaparan," ujar Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian Agung Hendriadi saat memberikan kuliah umum di hadapan sekitar 200 mahasiswa-mahasiswi Politeknik Pembangunan Pertanian, Yogyakarta, Sabtu (7/12/2019).

Dalam materi kuliah berjudul "Peran Generasi Muda Dalam Mewujudkan Kedaulatan Pangan di Era 4.0 di Polbangtan", Agung juga memaparkan berba...

Dorong Pengembangan Pangan Lokal, Kementan Fasilitasi Kerjasama UMKM Pangan

Dipublikasikan pada tanggal 08 Dec, 2019

Yogyakarta - Mengembangkan pangan lokal berbasis UMKM merupakan langkah penting agar pangan lokal memiliki daya saing yang kuat.

"Acara Gelar Pangan Lokal Berbasis UMKM ini sejalan dengan komitmen Presiden RI untuk mengembangkan dan memberdayakan UMKM, sehingga hasil dan kualitas produk olahan dari UMKM dapat meningkat," demikian dikatakan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) dalam sambutannya pada acara Talkshow Pangan Lokal Berbasis UMKM

di Titik Nol kota Yogyakarta, Minggu (8/12/2019).

Menurut SYL, Kementerian Pertanian akan terus mengembangkan UMKM, terutama yang bergerak di sektor ...