Arsip Berita

Menteri Pertanian : Pemenuhan Pangan Perlu Kebijakan yang Tepat

Dipublikasikan pada tanggal 10 Mar, 2020

Jakarta - Tantangan pemenuhan kebutuhan pangan kedepan semakin kompleks, sehingga perlu kebijakan-kebijakan yang tepat," demikian dikatakan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL), dalam arahannya pada Rapat Koordinasi Dewan Ketahanan Pangan (DKP) di Jakarta, Selasa (10/3/2020).

Ditambahkan SYL, setiap tantangan harus dihadapi dengan strategi/jurus yang spesifik, agar dapat dikelola menjadi peluang yang dapat meningkatkan ketahanan pangan dan gizi masyarakat, terutama di daerah yang rentan rawan pangan. Dalam hal ini termasuk perubahan iklim ekstrim dan dinamika ekonomi di tingkat global, ...

Hijaunya Pekarangan Pangan Lestari di Tengah Kota Bandung

Dipublikasikan pada tanggal 09 Mar, 2020

Bandung – Di wilayah perkotaan, adanya lahan yang luas untuk bertanam hampir-hampir tidak bisa lagi ditemukan. Lahan tergerus menjadi pemukiman yang padat penduduk. Namun, asa untuk bertanam dan menghasilkan pangan dari upaya sendiri tetap menyala. Seperti yang bisa dilihat di Kelurahan Karasak, Kecamatan Astanaanyar Kota Bandung.

Kelurahan yang terletak di tengah kota Bandung ini merupakan salah satu wilayah yang masuk dalam rentan rawan pangan dengan masyarakat berpenghasilan rendah dan lingkungan padat penduduk yang kurang terawat. Namun melalui kreatifitas dan usaha masyarakat yang tergabu...

Kepala BKP Lantik 12 Pejabat Fungsional

Dipublikasikan pada tanggal 03 Mar, 2020

Kepala Badan Ketahanan Pangan Agung Hendriadi lantik 12 orang pejabat fungsional Analis Ketahanan Pangan (AKP) di Kantor Badan Ketahanan Pangan, Jakarta (3/03).

Dalam kesempatan ini Agung menyampaikan bahwa pejabat fungsional harus selalu berinovasi memberikan suatu pemikiran dan hal hal yang dapat menjadi masukan untuk pimpinan. "Anda harus mampu memberikan rekomendasi kepada pimpinan" ungkap Agung.

Diapun menyebut bahwa sebagai pejabat fungsional harus selalu senantiasa mempelajari aturan yang ada terutama terkait bidang ketahanan pangan.

"Membekali dan meningkatkan pemahaman diri, bacalah, ...

Kepala BKP Kementan : Ketahanan Pangan Indonesia Meningkat

Dipublikasikan pada tanggal 27 Feb, 2020

Jakarta - Global Food Security Index (GFSI) mencatat status ketahanan pangan Indonesia berada di peringkat 62 pada tahun 2019, mengalami peningkatan dari sebelumnya di peringkat 71 pada tahun 2016. Hal ini menunjukkan status ketahanan pangan Indonesia semakin baik.

Demikian disampaikan Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan), Agung Hendriadi pada acara Roundtable Ketahanan Pangan Nasional Berkelanjutan Menuju Indonesia Kuat dan Modern 2045 di Menara Kadin, Kamis (27/02).

Selain itu, menurut Agung angka Prevalency of Undernourishment (PoU) atau prevalensi ketidakcuk...

Kementan Terus Lakukan Gelar Pasar Murah Stabilkan Harga Cabai dan Bawang Putih

Dipublikasikan pada tanggal 26 Feb, 2020

Jakarta - Dalam rapat kerja Komisi IV DPR RI, Senin (17/2/2020) Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menegaskan akan terus mengantisipasi lonjakan harga dan menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan yang rentan mengalami fluktuasi. Kenaikan harga cabai rawit dan bawang putih beberapa waktu lalu telah diantisipasi  Kementan dengan intervensi menambah pasokan cabai dari luar Jawa ke DKI dan meningkatkan pasokan bawang putih ke pasar di berbagai daerah.

Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementan juga menginisiasi kerja sama dengan pemerintah daerah, Satgas Pangan, serta Perkumpulan Pelaku Usaha Baw...

Geber Stabilisasi Bawang Putih, Kementan Lanjut Gelar Pasar Murah di Banten

Dipublikasikan pada tanggal 19 Feb, 2020

Banten - Kenaikan harga bawang putih mulai akhir Januari 2020 terus dipantau oleh pemerintah. Portal laman Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Bank Indonesia Selasa (18/2/2020) mencatat, harga bawang putih di Cilegon, Serang, dan sekitarnya Rp 54.000/kg. Untuk mengendalikan pasokan dan harga bawang putih, Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian bersama Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Banten melakukan Gelar Bawang Putih Murah Rabu (19/2/2020).

Gelar Bawang Putih Murah dilepas oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan Propinsi Banten, Aan Muawanah di Toko Tani Indonesia Center (TT...

Kepala BKP Kementan Minta Para Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pantau Stok dan Harga Pangan

Dipublikasikan pada tanggal 19 Feb, 2020

Jakarta - Dalam upaya menjaga pasokan dan stabilisasi harga pangan, Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) Agung Hendriadi, meminta para Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi aktif memantau ketersediaan, stok dan perkembangan harga pangan di wilayahnya masing-masing.

"Para Kepala Dinas harus mengetahui kondisi ketersediaan dan harga pangan di daerahnya. Kalau ada kekurangan stok atau gejolak harga, agar segera diatasi," ujar Agung dalam rapat koordinasi stabilisasi ketersediaan dan harga pangan di Bogor, Rabu (19/2/2020).

Untuk menjaga stabilitas pasokan dan harg...

Stabilkan Pasokan dan Harga Bawang Putih Kementan bersama Pemda Sumbar Gelar Pasar Murah

Dipublikasikan pada tanggal 16 Feb, 2020

Padang - Meski mengalami penurunan dalam beberapa hari terakhir, harga rata-rata bawang putih di pasar Sumatera Barat pada tanggal 14 Februari 2020 terpantau masih relatif tinggi. Berdasarkan pantauan di laman Portal Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Bank Indonesia, rerata harga eceran bawang putih sebesar Rp. 53.000,-.

Merespon tingginya harga bawang putih, Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian menggandeng Provinsi Sumatera Barat melalui Toko Tani Indonesia Center (TTIC) Provinsi Sumatera Barat melakukan Gelar Pasar Murah (GPM) bawang putih di TTIC Provinsi Sumbar dan 14 K...

Kementan Guyur Bawang Putih dan Cabai ke 5 Pasar di Surakarta

Dipublikasikan pada tanggal 13 Feb, 2020

Surakarta – Kenaikan harga komoditas bawang putih dan cabai akhir-akhir ini membuat Kementerian Pertanian mengambil langkah aksi dengan menggelar pasar murah di beberapa wilayah. Kamis (13/2/2020) gelar pasar murah dilaksanakan di 5 Pasar di wilayah Surakarta, yaitu: Pasar Gede, Pasar Nusukan, Pasar Rejosari, Pasar Harjodaksino dan Pasar Gading. Selain itu juga didistribusikan ke Toko Tani Indonesia Center D.I. Yogyakarta.

"Komoditas pangan biasa naik turun, yang tidak biasa itu jika naiknya berlebihan atau turunnya berlebihan," ujar Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo saat melepas 10 kendar...

Kementan Lakukan Intervensi Gizi Sensitif Percepat Penurunan Stunting

Dipublikasikan pada tanggal 12 Feb, 2020

Jakarta- Penurunan prevalensi stunting merupakan salah satu prioritas pemerintah guna mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas. Salah satu faktor penting untuk itu adalah aspek pemanfaatan pangan.

"Di samping aspek ketersediaan dan keterjangkauan, aspek pemanfaatan menempati peran sangat penting dalam pemenuhan kualitas pangan," kata Kepala Pusat Ketersediaan dan Kerawanan Pangan Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan), Andriko Noto Susanto, saat memberikan paparan pada acara Talkshow dengan tema Mewujudkan SDM Unggul Indonesia melalui Pengendalian Stunting dengan ...