Arsip Berita

Kementan Gerakkan Pasar Mitra Tani Seluruh Indonesia Jaga Ketersediaan Pangan

Dipublikasikan pada tanggal 20 Apr, 2020

Jakarta - Dalam upaya  menyediakan pangan berkualitas dan harga terjangkau, terlebih dalam suasana sulit di tengah pandemi Covid-19, Kementerian Pertanian (Kementan) terus bekerja keras menyediakan bahan pangan bagi masyarakat.

"Hari ini kami gerakkan seluruh pasar mitra tani di seluruh Indonesia untuk melakukan operasi pasar/gelar pasar murah (GPM). GPM ini dilaksanakan secara intensif sampai mendekati lebaran. Karena sebagian daerah diberlakukan PSBB, maka kegiatan GPM di pusatkan di Pasar Mitra Tani/TTIC di masing-masing provinsi dengan SOP physical distancing " ujar Kepala Badan Ketahanan ...

Menghadapi Covid-19 Kementan Dorong Penguatan Cadangan Pangan Pemerintah Daerah

Dipublikasikan pada tanggal 18 Apr, 2020

Jakarta - Dalam  menghadapi pandemi Covid-19, salah satu hal yang harus dikuatkan adalah Cadangan Pangan Pemerintah Daerah (CPPD). Kewajiban ini didasarkan pada UU No.18 Tahun 2012 tentang Pangan dan PP 17 Tahun 2015 tentang CPPD.

"Kedua regulasi itu mengamanatkan, bahwa Pemerintah Daerah baik Provinsi, Kabupaten/Kota maupun Desa wajib memiliki CPPD," kata Kepala Badan Ketahanan Pangan Agung Hendriadi dalam keterangan tertulis, Jumat (17/4/2020).

Dijelaskan Agung, CPPD memiliki peran strategis sebagai antisipasi untuk menanggulangi kekurangan pangan, gejolak harga pangan bencana alam, bencana ...

KWT di Jateng Manfaatkan Pekarangan untuk Penuhi Kebutuhan Pangan di Tengah Pandemi Covid-19

Dipublikasikan pada tanggal 17 Apr, 2020

Jakarta - Kegiatan Pekarangan Pangan Lestari (P2L) yang diusung oleh Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian terbukti mampu membantu memenuhi kebutuhan pangan keluarga di tengah merebaknya wabah Covid 19 yang terjadi saat ini.

Kegiatan ini ternyata sangat dirasakan manfaatnya oleh Kelompok Wanita Tani (KWT) Wijaya Kusuma di Desa Celep Kecamatan Kedawung Kabupaten Sragen Provinsi Jawa Tengah.

Ketua KWT Wijaya Kusuma, Asri Herawati mengungkapkan di tengah wabah yang sedang melanda saat ini, seluruh anggota sangat merasakan manfaat yang mereka dapatkan melalui kegiatan ini.

“Ini terasa sekal...

Pasar Mitra Tani di Semua Provinsi Siap Jaga Pasokan dan Stabilitas Pangan di Tengah Pandemi Covid-19

Dipublikasikan pada tanggal 16 Apr, 2020

Jakarta - Komitmen pemerintah dalam penyediaan komoditas pangan strategis yang mudah diakses  masyarakat, dan terjaminnya kualitas serta ketersediaanya terimplementasi melalui Pasar Mitra Tani yang sebelumnya lebih dikenal Toko Tani Indonesia Centre (TTIC) yang sudah ada di 34 provinsi di Indonesia.

Terlebih lagi saat ini menghadapi situasi pandemi Covid-19 dan menjelang puasa, Pasar Mitra Tani bergerak cepat dalam menyediakan kebutuhan pangan berkualitas dan harga  terjangkau bagi masyarakat.  

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan, kehadiran Pasar Mitra Tani sangat strategis...

Sagu sebagai Penyelamat Pangan Ditengah Pandemi Virus Corona

Dipublikasikan pada tanggal 15 Apr, 2020

Jakarta - Ditengah upaya masyarakat global, termasuk Indonesia berusaha keras mengatasi semakin mewabahnya Covid-19 ini,  masalah pangan tidak boleh  bersoal. Justru sebaliknya, ketersediaan pangan bagi semua warga harus terjamin aman.


"Dari 267 penduduk Indonesia, tidak boleh satu orang pun yang kekurangan pangan," kata Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, dalam berbagai kesempatan.


Menyadari betapa pentingnya masalah pangan, Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Agung Hendriadi pun berpikir dan bekerja keras, bagaimana agar pangan bagi penduduk Indonesia harus terpenuhi. Berbagai...

Kementan Beri Kemudahan Akses Pangan Bagi Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19

Dipublikasikan pada tanggal 14 Apr, 2020

Bogor - Kementerian Pertanian (Kementan) terus berupaya memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan bahan pangan berkualitas  dengan harga terjangkau. Terlebih ditengah merebaknya wabah Covid 19 saat ini yang mengharuskan masyarakat untuk membatasi aktivitasnya.

Untuk itu Kementan terus mengoptimalkan keberadaan Pasar Mitra Tani yang sebelumnya dikenal dengan Toko Tani Indonesia Centre (TTIC). Bentuk konkritnya adalah, pelayanan pembelian online bekerjasama dengan Gojek sejak awal April 2020.

"Di Pasar Mitra Tani ini lebih dari 11 komoditas  kami sediakan untuk kebutuhan rakyat," uj...

Di Tengah Pandemi Covid-19, Pertanian Masuk Sekolah Terus Beraktifitas

Dipublikasikan pada tanggal 13 Apr, 2020

Jakarta – Merebaknya pandemi Covid-19 tidak menyurutkan semangat bagi para guru dan siswa penerima program Pertanian Masuk Sekolah (PMS) untuk tetap melakukan aktifitas pertanaman. Meskipun imbauan untuk berada di rumah sudah dilaksanakan dan menerapkan sekolah diliburkan, tetapi pihak sekolah tidak kehilangan akal untuk tetap melakukan kegiatan PMS, namun tetap mengikuti anjuran seperti memakai masker, menjaga jarak fisik dan aturan lainnya.

Di SMA Muhammadiyah 8 Palembang, aktifitas pertanian masih berlangsung penuh semangat. Bahkan lahan  yang telah ditanami berbagai komoditas sayuran siap ...

Permudah Distribusi Pangan, Mentan Launching Pasar Mitra Tani di Bekasi

Dipublikasikan pada tanggal 11 Apr, 2020

Bekasi - Kementerian Pertanian terus mengupayakan kemudahan distribusi pangan melalui Pasar Mitra Tani/TTIC,  di saat merebaknya pandemi Covid-19 hingga jelang puasa dan Idul Fitri.

"Ini sesuai petunjuk dari bapak Presiden, agar semaksimal mungkin menyediakan pangan untuk masyarakat. Oleh karena itu , melalui Badan Ketahanan Pangan, kita kembangkan pasar mitra tani ini," ujar Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) saat me-launching Pasar Mitra Tani/TTIC di Toko Daging Nusantara, Bekasi, Sabtu (11/4/2020).

Selain memperluas pasar mitra tani, langkah strategis distribusi pangan yan...

Kementan Berikan Subsidi Distribusi Pangan untuk Jaga Pasokan Pangan Antar Wilayah

Dipublikasikan pada tanggal 10 Apr, 2020

Jakarta - Kementerian Pertanian melalui Badan Ketahanan Pangan memberikan subsidi distribusi pangan dari daerah surplus ke daerah minus. Hal ini dilakukan untuk menjaga agar pasokan pangan di setiap provinsi tercukupi, mengingat kebutuhan pangan diprediksi akan meningkat sebagai dampak Covid-19 dan menjelang puasa serta Idul Fitri.

Kepala Badan Ketahanan Pangan, Agung Hendriadi mengatakan, ketahanan pangan harus dijaga baik dari aspek ketersediaan maupun distribusinya.

“Kami rutin minta daerah menyampaikan kondisi ketersediaan pangan seperti apa, harganya bagaimana, komoditas apa saja yang sto...

Disaat Pandemi Covid-19, Pasar Mitra Tani/TTI Tetap Layani Kebutuhan Pangan Masyarakat

Dipublikasikan pada tanggal 09 Apr, 2020

Jakarta - Pandemi Covid-19 sudah menyebar hampir seluruh provinsi di Indonesia, sehingga masyarakat diminta tinggal di rumah, mengurangi aktifitas sosial, dan menjaga jarak fisik (physical distancing).

Adanya pengurangan aktifitas ini tidak lantas menyurutkan upaya pemerintah menjamin ketersediaan dan pasokan pangan di seluruh wilayah.

Menghadapi situasi tersebut, Kementerian Pertanian menggandeng Gojek melalui Pasar Mitra Tani/TTIC dalam jasa distribusi pangan masyarakat dengan menggratiskan biaya pengiriman bahan pangan yang dipesan secara online.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengat...