Arsip Berita

Pemanfaatan Pekarangan Cegah Krisis Pangan di Tengah Pandemi Covid-19

Dipublikasikan pada tanggal 06 May, 2020

Jakarta – Di tengah pandemi Covid 19 yang ditengarai menimbulkan ancaman krisis pangan, Kementerian Pertanian mendorong upaya pemenuhan kebutuhan pangan dan gizi rumah tangga melalui optimalisasi  pemanfaatan lahan pekarangan.

Menteri  Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan, pihaknya akan memberikan bantuan berupa sarana produksi pertanian yang diharapkan mampu mendorong petani untuk berproduksi, termasuk pemanfaatan pekarangan. Langkah ini  mampu mendukung kehidupan keluarga petani di tengah pandemi covid-19.

"Tentunya ini juga masuk ke family farming atau tanaman pada lahan usaha dan  peka...

Perbanyak Toko Mitra Tani, Kementan Jaga Ketersediaan dan Stabilitas Pangan

Dipublikasikan pada tanggal 02 May, 2020

Jakarta – Kementerian Pertanian terus berupaya untuk menjaga ketersediaan bahan pangan pokok dan stabilisasi harga pangan. Salah satunya dengan memperbanyak jumlah Toko Mitra Tani yang menyediakan bahan pangan berkualitas dan harga terjangkau bagi masyarakat.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo pada saat meresmikan dua Toko Mitra Tani dan Pasar Mitra Tani di Koja (Jakut) dan Rawasari (Jakpus), Jakarta pada Sabtu (2/5/2020).

"Kita berharap dengan bertambahnya Toko Mitra Tani di pemukiman pemukiman wilayah Jabodetabek tentu saja dapat meredam fluktuasi harga yang biasa...

Kementan Siapkan Strategi Ketahanan Pangan di Tengah Pandemi Covid-19

Dipublikasikan pada tanggal 01 May, 2020

Jakarta - Pangan menjadi sektor penting di tengah pandemi Covid-19 yang melanda dunia, bahkan Badan Pangan Dunia  Food Agriculture Orgazation (FAO) telah mengingatkan bahwa dunia di ambang krisis pangan.

Presiden Jokowi menekankan bahwa ketahanan pangan sangat penting, terutama terkait dengan kesiapan produksi pangan hingga pendistribusiannya.

"Karena itu ketersediaan pangan, food security, sangat penting bagaimana dengan kesiapan produksi pangan kita, bagaimana kesiapan industri pengolahan pasca panen, bagaimana efisiensi rantai pasok dan distribusi, semua harus kita lihat lagi dan kita harus...

Kabupaten Murung Raya Perkuat Cadangan Pangan Pemerintah Daerah Menghadapi Pandemi Covid 19

Dipublikasikan pada tanggal 01 May, 2020

Murung Raya - Pandemi virus COVID 19 yang telah menyebar di berbagai belahan dunia harus disikapi dengan cepat dan efektif. Tidak semata dalam hal penanganan masalah kesehatan namun juga terkait dengan penyediaan pangan bagi masyarakat yang terdampak. Sehubungan dengan urusan pangan tersebut sejak awal kemunculan pandemi pemerintah telah menyiapkan serangkaian program penanganan dengan cepat. Baik dari sisi distribusi maupun ketersediaannya.

Salah satu kebijakan strategis yang dilakukan Kementerian Pertanian melalui Badan Ketahanan Pangan, yaitu mendorong penguatan Cadangan Pangan Pemerintah D...

Kementan Terus Pantau Ketersediaan dan Distribusi Pangan di Daerah

Dipublikasikan pada tanggal 30 Apr, 2020

Jakarta - Dalam rapat terbatas (ratas) tindak lanjut antisipasi kebutuhan bahan pokok (28/4), Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengarahkan jajarannya untuk memantau ketersediaan dan distribusi pangan di seluruh wilayah Indonesia.

Jokowi juga menyampaikan, dari stok bahan pangan pokok di seluruh Indonesia, terjadi defisit beberapa komoditas pangan di  provinsi, antara lain beras defisit di 7 provinsi, jagung defisit di 13 provinsi, cabai rawit defisit di 19 provinsi, dan telur ayam defisit di 22 provinsi.

Karena itu, Jokowi meminta hitungan cepat untuk mengetahui secara detail daerah mana saja yan...

Pasar Mitra Tani di Kalteng dan Riau Penuhi Kebutuhan Pangan di Tengah Ramadhan dan Pandemi Covid-19

Dipublikasikan pada tanggal 28 Apr, 2020

Disaat pandemi Covid-19 bersamaan dengan bulan suci Ramadhan, kebutuhan pangan meningkat.   Untuk menjaga agar masyarakat dapat mengakses pangan, Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) menggerakkan Pasar Mitra Tani di 34 provinsi, melakukan Gelar Pasar Murah (GPM) yang di-launching oleh Kepala BKP, Agung Hendriadi di Pasar Mitra Tani Jakarta beberapa waktu lalu (20/4/2020).

Di Provinsi Riau, GPM digelar di Pasar Mitra Tani/TTIC dengan tetap menjaga SOP physical distancing. Plt. Kadis Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Riau, Herman mengatakan masyarakat antusias deng...

Memasuki Puasa, Pasar Mitra Tani/TTIC DI Yogyakarta Alami Kenaikan Permintaan Bahan Pangan

Dipublikasikan pada tanggal 27 Apr, 2020

Pasar Mitra Tani/Toko Tani Indonesia Center (TTIC) DI Yogyakarta mengalami kenaikan permintan bahan pangan di bulan Ramadhan hingga 3 – 4 kali lipat. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DI Yogyakarta, Arofa Noor Indriani.

Kenaikan ini diakui tidak saja karena momentum bulan Ramadhan, tetapi juga adanya inovasi layanan belanja di TTIC Yogyakarta yang menghadirkan layanan belanja online di tengah pandemi Covid-19 yang mengharuskan masyarakat untuk menjaga jarak dan tinggal di rumah.

“TTIC kami bermitra dengan Gojek melalui fitur GoShop dan  aplikasi belanja lokal...

Cabai Melimpah di Jateng, Kementan Bantu Distribusi Antarwilayah

Dipublikasikan pada tanggal 24 Apr, 2020

Jakarta – Pandemi Covid-19 tidak dipungkiri berpengaruh pada distribusi pangan. Adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di beberapa wilayah menyebabkan produsen pangan mengalami kesulitan dalam memasarkan hasil panen karena daya serap pasar saat ini rendah. Meskipun pasar buka tetapi pedagang membatasi volume penjualannya karena pengunjung berkurang, rumah makan dan warteg banyak yang tutup sehingga sangat berdampak pada penyerapan komoditas cabai di pasar.

Saat ini, wilayah Jateng dan Jatim memasuki musim panen cabai, yang salah satu pasar utamanya wilayah Jakarta. Rendahnya serapan di...

Lumbung Pangan Masyarakat, Menjaga Ketahanan Pangan di Masa Pandemi Covid-19

Dipublikasikan pada tanggal 22 Apr, 2020

Jakarta - Virus Corona tidak saja membatasi ruang gerak masyarakat, tetapi juga memengaruhi kondisi ekonomi yang pada akhirnya mengurangi akses dan kemampuan masyarakat untuk memperoleh pangan yang cukup.

Pemerintah berupaya keras agar masyarakat tetap dapat memperoleh bahan pangan. Mentan Syahrul Yasin Limpo dalam berbagai kesempatan menegaskan bahwa tidak boleh ada dari 267 juta rakyat Indonesia yang mengalami kelaparan. Berbagai intervensi kebijakan pun dilakukan untuk menjaga kondisi ketahanan pangan agar tetap stabil.

Melalui berbagai upaya, masyarakat didorong untuk mampu secara mandiri ...

Pekarangan Pangan Lestari Untuk Ketahanan Pangan Keluarga

Dipublikasikan pada tanggal 21 Apr, 2020

Jakarta - Merebaknya pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini, tidak hanya  membawa masalah kesehatan masyarakat, tetapi juga berimplikasi luas, seperti kelancaran distribusi pangan, terbatasnya akses fisik dan ekonomi terhadap pangan, dan lainnya yang dapat menganggu ketahanan pangan individu, keluarga  maupun nasional.

Walaupun demikian, Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian sudah punya solusinya, salah satunya melalui kegiatan Pekarang Pangan Lestari (P2L).

"Program ini kami kembangkan untuk memenuhi kebutuhan pangan keluarga. Kami mengajak masyarakat memamfaatkan pekaran...