Arsip Berita

Bantuan Distribusi Kedelai Ringankan Beban Pengrajin Tahu Tempe

Dipublikasikan pada tanggal 16 Aug, 2021

Jakarta - Kementerian Pertanian melalui Badan Ketahanan Pangan (BKP) hadir untuk membantu meringankan beban pengrajin tempe dan tahu dengan memberikan bantuan biaya distribusi.

Upaya tersebut didukung oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo sebagai upaya stabilisasi pasokan dan harga di tengah pandemi.

BKP Kementan bersama dengan Dinas Pangan Provinsi dan Kabupaten membantu menekan biaya produksi dengan memberikan biaya transportasi atau angkutan. Biaya distribusi tersebut dari gudang kedelai baik importir atau distributor yang disalurkan ke pengrajin kecil melalui Kopti sehingga para pengr...

Kementan Pastikan Stok dan Harga Beras di Masa PPKM Aman

Dipublikasikan pada tanggal 10 Aug, 2021

Jakarta – Kementerian Pertanian (Kementan) memastikan stok dan harga beras aman meskipun PPKM masih diberlakukan. Hal ini dikatakan Kepala Pusat Distribusi dan Akses Pangan, Badan Ketahanan Pangan (BKP), Kementan, Risfaheri dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (10/08/2021).

“Pemerintah mengupayakan stabilitas pasokan dan harga pangan selalu terjaga. Salah satu indikator ketersediaan beras aman, dilakukan dengan memonitor pasokan beras dan stok beras di pasar induk,” ungkapnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, berdasarkan hasil pemantauan yang dilakukan pihaknya pada Sabtu (07/08/2021), di Pasar...

Dukung Gelar Buah Nusantara, PMT/TTIC Kementan Diskon Buah

Dipublikasikan pada tanggal 09 Aug, 2021

Jakarta – Pasar Mitra Tani atau Toko Tani Indonesia Center Kementerian Pertanian menggelar diskon buah-buahan hingga 50%. Hal ini dilakukan seiring dengan kegiatan nasional Gelar Buah Nusantara (GBN) VI Tahun 2021. GBN yang secara resmi akan dibuka oleh Presiden RI tanggal 9 Agustus 2021 secara online, rencananya berlangsung dari tanggal 8 hingga 31 Agustus 2021.

Kepala Pusat Distribusi dan Akses Pangan, Risfaheri mengatakan, PMT/TTIC ikut mendukung sepenuhnya kegiatan GBN agar masyarakat dapat meningkatkan konsumsi buah-buahan lokal, antara lain melalui pemberian diskon harga buah yang ada di...

Gratis Ongkir PMT/TTIC, Bukti Peduli Kementan Selama PPKM Lanjutan

Dipublikasikan pada tanggal 06 Aug, 2021

Jakarta - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo memastikan ketersediaan pangan dalam kondisi cukup dan kemudahan akses masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pangannya dengan harga yang terjangkau. Terlebih dalam kondisi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) saat ini yang mengharuskan masyarakat mengurangi aktivitasnya.

Untuk itu Kementan terus mengoptimalkan keberadaan Pasar Mitra Tani/Toko Tani Indonesia (PMT/TTIC) dengan melakukan pemasaran secara online.

Merespon hal tersebut, BKP kembali memfasilitasi pembelian bahan pangan secara daring dengan bebas ongkos kirim (free ongkir) d...

Pertanian Keluarga Tingkatkan Kesejahteraan Petani Sumedang

Dipublikasikan pada tanggal 05 Aug, 2021

Sumedang - Kementerian Pertanian terus berupaya menyediakan pangan yang cukup untuk  271 juta penduduk Indonesia  di tengah  pandemi Covid 19.  Tidak boleh satupun penduduk ada yang lapar. Salah satu upaya mewujudkan itu adalah memastikan petani terus menanam, salah satunya  melalui kegiatan Pengentasan Daerah Rentan Rawan Pangan/Pertanian Keluarga. Kegiatan ini sesuai dengan kebijakan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo untuk meningkatkan kemandirian pangan sekaligus meningkatkan kesejahteraan petani secara merata di seluruh wilayah.

Kepala Pusat Ketersediaan dan Kerawanan Pangan, Andriko N...

PPKM, Kementan Terus Pantau Stabilitas Pasokan dan Harga Pangan

Dipublikasikan pada tanggal 05 Aug, 2021

Jakarta – Di masa PPKM level 4, harga pangan terpantau stabil berdasarkan data Panel Harga Pangan Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian. Harga rata-rata 11 komoditas pangan pokok yang ada di 34 provinsi menunjukkan kondisi yang stabil.

Beberapa komoditas pangan mengalami kenaikan yang tidak signifikan. Berdasarkan data BKP Kementan, Rabu (04/08/2021), beras medium dan premium mengalami kenaikan masing-masing 0,17% dan 0,10%. Sementara itu, cabai merah keriting naik 0,01%, daging sapi naik 0,09%, daging ayam rata-rata nasional naik 0,36%, telur ayam naik 0,26%. Sedangkan komoditas ...

Stabilkan Pasokan, Kementan Kembali Subsidi Distribusi Bawang Merah ke Maluku

Dipublikasikan pada tanggal 02 Aug, 2021

Jakarta – Kementerian Pertanian melalui Badan Ketahanan pangan (BKP) kembali melakukan stabilisasi pasokan melalui kebijakan subsidi distribusi pangan dari wilayah surplus ke wilayah defisit.

Kepala Pusat Distribusi dan Akses Pangan, Risfaheri dalam keterangannya, Senin (02/08/2021) mengatakan bantuan distribusi pangan untuk komoditas bawang telah diluncurkan pada Rabu (21/07/2021).

“Kita bantu biaya distribusi bawang merah kali ini dari wilayah Probolinggo Jatim ke Ambon, Maluku, sebanyak 31 ton. Selain untuk menjaga stabilitas harga di Ambon, juga untuk menjaga harga di produsen yang saat in...

Rapat Teknis Penguatan integrasi peningkatan ketahanan pangan dan gizi dengan aksi konvergensi penurunan stunting

Dipublikasikan pada tanggal 30 Jul, 2021

Permasalahan stunting merupakan masalah serius dalam pembangunan sumber daya manusia (SDM) Indonesia. Tantangan ini harus diatasi dengan baik agar generasi masa depan Indonesia bisa menjadi generasi yang unggul, berdaya saing, dan berkualitas. Adanya pandemi Covid-19, dimana terjadi pembatasan mobilitas dan perlambatan ekonomi yang menyebabkan berkurangnya akses terhadap pangan berrgizi seimbang dan aman dapat berpotensi memperburuk permasalahan stunting. Untuk itu, penanganan stunting di tengah pandemi Covid-19 tetap perlu diprioritaskan.

Penyebab stunting berakar dalam berbagai sektor sehing...

Kementan Pastikan Stabilitas Pangan Aman dan Terkendali

Dipublikasikan pada tanggal 29 Jul, 2021

Jakarta – Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menegaskan jajarannya telah secara optimal melakukan upaya pemenuhan pangan dan menjaga stabilitas pasokan terlebih di masa pandemi. Kementan telah memetakan produksi pangan sesuai rencana dan juga memantau stok pangan secara berkala dan melakukan intervensi distribusi manakala terjadi kekurangan pangan di daerah tertentu. Mentan SYL juga mendorong akselerasi bersama pemerintah daerah agar ketahanan pangan tetap terjaga.

Untuk itu, Kementan melalui Badan Ketahanan Pangan (BKP) terus melakukan pemantauan kondisi ketersediaan pangan untuk memastika...

Kementan : Pisang Dapat Dikembangkan Sebagai Pengganti Bahan Pangan Pokok

Dipublikasikan pada tanggal 28 Jul, 2021

Jakarta – Kementerian Pertanian di bawah kepemimpinan Syahrul Yasin Limpo terus mendorong Pengembangan Diversifikasi Pangan Lokal berbasis  kearifan lokal yang fokus pada satu komoditas utama. Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementan, Agung Hendriadi mengatakan, Beberapa daerah di seluruh provinsi di Indonesia punya keunggulan andalan komoditas pangan lokal yang dikonsumsi di masyarakat setempat.

“Pengembangan Diversifikasi pangan lokal bersumber pangan non beras bukan berupa jajanan, bukan icip- icip,  tapi pengganti beras. Upaya ini ditujukan agar kita tidak terbebani dengan ketergantung...