Arsip Berita

Mentan SYL Ajak Masyarakat Manfaatkan Lahan Pekarangan

Dipublikasikan pada tanggal 07 Jun, 2020

Jakarta – Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo kerap menekankan upaya meningkatkan pemanfaatan pekarangan rumah sebagai sumber pangan keluarga. Kegiatan Pekarangan Pangan Lestari (P2L) merupakan salah satu strategi dalam menjaga ketahanan pangan, terutama di masa pandemi Covid 19, maupun dalam menghadapi musim kemarau.

“Dalam kondisi krisis seperti Covid-19 ini, pertanian menjadi jawaban untuk bisa survive. Tidak perlu lahan besar, kita manfaatkan lahan di pekarangan kita. Jadi di pekarangan ini semua orang bisa bertani,” ujar Mentan SYL.

Untuk itu, Mentan meminta kepada seluruh pemerintah da...

Dukung Penurunan Stunting, Kementan Optimalkan Lahan Pekarangan

Dipublikasikan pada tanggal 04 Jun, 2020

Jakarta – Penurunan prevalensi stunting merupakan upaya strategis pemerintah guna mewujudkan sumber daya manusia yang sehat, aktif, dan produktif. Upaya ini memerlukan intervensi lintas sektor secara terintegrasi di tingkat pusat dan daerah.

Kementerian Pertanian (Kementan)  mendukung upaya penurunan stunting melalui intervensi sensitif berupa penguatan ketersediaan pangan, penguatan akses pangan, dan pemanfaatan pangan. Komitmen ini dibuktikan dengan  ditandatanganinya kesepakatan bersama antara Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dengan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto pada Januari ...

Tanami Pekarangan, Mentan SYL: Sumber Pangan, Menambah Pendapatan

Dipublikasikan pada tanggal 31 May, 2020

Gowa – Pandemi Covid-19 membuat banyak orang kehilangan pekerjaan dan kekhawatiran sumber pangan. Kementerian Pertanian terus melakukan berbagai upaya untuk menjaga ketahanan pangan sebagai komitmen dan tanggung jawab menyediakan bahan pangan bagi 267 juta penduduk Indonesia. Salah satu upaya itu adalah dengan memanfaatkan pekarangan.

Menurut Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, corona mungkin bisa selesai dari beberapa bulan, akan tetapi perut rakyat tidak boleh bersoal. Karena itu, pertanian menjadi sektor andalan di tengah tantangan ekonomi yang melemah. 

“Dampak corona membuat ekonomi me...

Kunjungi Pasar Mitra Tani Maluku, Mentan SYL Jamin Pasokan Pangan Aman

Dipublikasikan pada tanggal 30 May, 2020

Ambon – Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo melakukan kunjungan kerja ke Maluku, Sabtu (30/5). Mentan SYL bersama rombongan meninjau Pasar Mitra Tani/TTIC Maluku, memantau langsung pasokan bahan pangan pokok.

Pada kesempatan tersebut, Mentan SYL menekankan pentingnya upaya untuk menjamin pangan agar tersedia bagi 267 juta rakyat Indonesia, terlebih dalam masa pandemi Covid 19 saat ini. Pasokan yang cukup dan harga yang terjangkau sangat penting untuk menjaga stabilitas pangan.

Menurutnya, Pasar Mitra Tani  ini  dihadirkan untuk mempercepat penyerapan berbagai komoditas pangan dari kelompok t...

Pandemi Covid-19, Kementan Dorong Pengembangan Pangan Lokal

Dipublikasikan pada tanggal 29 May, 2020

Jakarta – Sebagai sektor yang bertanggungjawab pada penyediaan pangan, Kementerian Pertanian terus berupaya melakukan berbagai langkah strategis menjaga ketahanan pangan di tengah pandemi covid-19. Berbagai upaya dilakukan oleh kementerian yang dipimpin oleh Syahrul Yasin Limpo ini. Salah satunya menggalakkan peningkatan produksi dan konsumsi pangan lokal.

Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementan, Agung Hendriadi mengatakan, pengembangan pangan lokal baik dari aspek produksi hingga konsumsi merupakan suatu strategi menjaga ketahanan pangan di tengah pandemi. Oleh karena itu, pihaknya mendo...

Terus Tanam di Pekarangan, Pangan di Musim Kemarau Aman

Dipublikasikan pada tanggal 27 May, 2020

Jakarta – Memasuki musim kemarau, beberapa wilayah akan mengalami musim kering yang diprediksi mempengaruhi produksi pangan. Mengantisipasi hal tersebut, salah satu strategi Kementerian Pertanian (Kementan) adalah terus melakukan optimalisasi lahan pekarangan sebagai sumber pangan keluarga. Pekarangan, menurut Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo sangat potensial menjadi sumber pangan keluarga di tengah ancaman krisis pangan akibat pandemi.

Melalui kegiatan Pekarangan Pangan Lestari (P2L) yang tersebar di lebih dari 3.800 titik di seluruh Indonesia, Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementan mendo...

Perkuat Silaturahim di Masa Pandemi, BKP Kementan Gelar Halal Bi Halal Virtual

Dipublikasikan pada tanggal 26 May, 2020

Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian menggelar halal bi halal virtual yang dihadiri oleh Kepala BKP Kementan, Agung Hendriadi bersama Kepala Dinas Pangan provinsi seluruh Indonesia serta pejabat eselon 2 – 4 lingkup BKP Kementan pada Selasa (26/5).

Dalam sambutannya, Agung menyampaikan bahwa kondisi pandemi Covid-19 saat ini membutuhkan peran dan sinergi setiap pemangku kepentingan, khususnya BKP Kementan di pusat, dan dinas pangan di daerah.

“Dampak pandemi ini tentunya bukan hal yang mudah untuk kita atasi secara bersama-sama, terlebih kita baru saja menghadapi ramadhan dan Idu...

Ludes Terserap Pasar, Produk Pekarangan Pangan di Cibodas Dongkrak Pendapatan Petani

Dipublikasikan pada tanggal 22 May, 2020

Bandung - Pekarangan pangan lestari menjadi salah satu strategi Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dalam menjaga ketahanan pangan di tengah pandemi. Bagaimana tidak, pekarangan pangan telah terbukti mampu menjadi lumbung pangan masyarakat. Tidak membutuhkan waktu yang lama hingga dipanen, serta pengelolaannya mudah karena tanaman berada di pekarangan sendiri.

Salah satu Kelompok Wanita Tani (KWT) yang tetap giat bertanam dan terus berproduksi ditengah pandemi ini adalah adalah KWT Binama di Desa Cibodas, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat.

Dengan memanfaatkan pekarangan rumah dan lahan kebun ...

Kementan Gelar OP Online di Pasar Mitra Tani seluruh Indonesia

Dipublikasikan pada tanggal 20 May, 2020

Jakarta – Menjelang Idulfitri, Kementerian Pertanian (Kementan) melakukan Operasi Pasar (OP) dengan sistem daring/online serentak di seluruh Indonesia. OP online ini bekerja sama dengan Gojek dan startup penyedia aplikasi pengiriman online lainnya.

Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementan Agung Hendriadi mengatakan OP online ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat di tengah pandemi Covid-19 dan menjelang hari raya Idulfitri 1441 H.

"OP kita tidak seperti yang lalu lalu, kita menghindari kerumunan untuk memutus mata rantai Covid-19. Maka cara baru melalui OP online," ujar A...

Stabilkan Pasokan dan Harga, Pasar Mitra Tani Gelar Gula Pasir dan Bawang Merah Murah

Dipublikasikan pada tanggal 18 May, 2020

Kementerian Pertanian melakukan Gelar Pasar Murah (GPM) di tujuh Pasar Mitra Tani di wilayah Jabodetabek. Tidak kurang dari 20 ton gula pasir dan  10 ton bawang merah disiapkan untuk menggelar gula dan bawang merah murah. Pasar Mitra Tani menjual dua komoditas tersebut sesuai harga acuan pemerinah. Untuk gula pasir dibandrol 12.500 per kg, sementara bawang merah 32.000 per kg.

Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian, Agung Hendriadi menuturkan GPM ini merupakan upaya Kementan untuk membantu menstabilkan harga gula pasir dan bawang merah jelang lebaran. Menurutnya, kondisi ini...