Arsip Berita

Kepala BKP Kementan Mengapresiasi TTIC Jawa Barat Lakukan Gelar Cabai Murah

Posted in Berita Umum on Jul 08, 2019

Menyikapi naiknya harga cabai merah keriting dan cabai  rawit merah di beberapa daerah, kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) meminta Toko Tani Indonesia Centre (TTIC) yang ada di provinsi melakukan intervensi dengan menjual Cabai merah keriting dan cabai rawit merah murah.

"Jika disuatu daerah terjadi lonjakan harga cabai, kami minta Kepala Dinas Ketahanan Pangan melakukan Gelar Cabai Murah melalui TTIC.  Intervensi ini perlu dilakukan agar harga segera turun dan normal kembali," ujar Agung dikantornya, Senin (8/7).

Agung pun mengapresiasi TTIC Jawa Barat yang p...

Kepala BKP Kementan Panen Sayuran di lahan TTIC

Posted in Berita Umum on Jul 08, 2019

Usai melepas gelar cabai murah di Toko Tani Indonesia Centre (TTIC) Pasar Minggu, Jakarta Selatan (7/7/2019) guna meredam potensi gejolak harga cabai semakin pedas, Kepala Badan Ketahanan Pangan, Agung Hendriadi melakukan panen sayuran di lahan TTIC. Masih adanya lahan di TTIC dioptimalkan sebagai demplot dan percontohan bagi masyarakat luas dalam rangka Optimalisasi pekarangan dalam pemenuhan kebutuhan pangan rumah tangga.

Kegiatan yang dikemas dengan nama Obor Pangan Lestari (OPAL) ini memiliki misi agar masyarakat dengan lahan sekecil apapun dapat berbudidaya berbagai tanaman.

Dalam panen s...

TTIC/TTI Kementan Respon Cepat Stabilkan Harga Cabai

Posted in Berita Umum on Jul 07, 2019

Pergerakan harga cabai merah keriting dan cabai rawit merah dalam dua minggu terakhir ini masih cukup tinggi. Berdasarkan pantauan di portal Info Pangan Jakarta per 5 Juli 2019, rerata harga cabai merah keriting Rp 63.000/kg dan cabai rawit merah Rp 59.000/kg.

Guna meredam dan mengendalikan harga cabai, Toko Tani Indonesia Centre (TTIC) Kementerian Pertanian (Kementan) melakukan respon cepat dengan menggelar Pasar Cabai Murah melalui di TTIC Pasar Minggu Jakarta dan TTIC di Jl. Tentara Pelajar No.1 Bogor, serta di 30 outlet Toko Tani Indonesia (TTI) yang tersebar di wilayah Jakarta, Bogor, Dep...

Melihat Kegiatan PKU Kementan di Lombok Utara. Dulu Kami Menangis, Sekarang Sudah Bisa Tersenyum

Posted in Berita Umum on Jul 06, 2019

"Dulu kami menangis, tapi berkat adanya bantuan pemerintah, termasuk Program PKU Kementan, sekarang kami sudah bisa tersenyum," ujar Rauf Ketua Kelompok tani Horsepan ketika ditemui seusai pertemuan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) bersama Kepala Pusat Ketersediaan dan Kerawanan Pangan, Andriko Noto Susanto, di desa Pendua, Kecamatan Kayangan, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (3/7/2019.

"Pasca gempa, tadinya kami tidak tau harus berbuat apa. Ibu-ibu yang biasa berbelanja kepasar, selama 3 hari hanya dirumah, karena tidak ada yang berjualan. Kini mereka sudah bisa berbelanja, bahkan menghasil...

PKU Kementan di Lombok Utara Percepat Recovery Petani Pasca Gempa

Posted in Berita Umum on Jul 03, 2019

Kehadiran Pengembangan Korporasi Usahatani (PKU) Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian di Lombok Utara Nusa Tenggara Barat (NTB) tidak saja mampu memotivasi petani untuk bangkit dari keterpurukan akibat gempa bumi tahun lalu, tetapi juga mampu memberikan harapan dan optimisme bagi petani dan masyarakat.


"Program PKU ini sangat tepat dan sangat menolong bagi kami, apalagi kami baru saja mendapat musibah bencana alam," ujar Mujahidin, Ketua Gapoktan Serumpun, desa Pendua, Kecamatan Kayangan, Kabupaten Lombok Utara, yang ditemui Nusa Tenggara Barat, Rabu (3/7/2019).


"Mela...

TTIC Kementan Serap Ayam Peternak Mandiri untuk Dongkrak Harga

Posted in Berita Umum on Jul 03, 2019

Anjloknya harga ayam hidup ditingkat peternak khususnya yang terjadi di Jawa Tengah, Jawa Timur dan Jawa Barat menjadi trending topik di dunia peternakan dalam beberapa minggu ini. Banyak para peternak mandiri  menghentikan usahanya, bahkan menjual kandang miliknya karena tidak sanggup lagi mengatasi mahalnya biaya berternak ayam ras.

Merespon masalah tersebut, Toko Tani Indonesia Center (TTIC), Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian bergerak cepat turut andil dalam melindungi peternak ayam, khususnya peternak mandiri yang masih bertahan menekuni usahanya. Kehadiran TTIC Kementan m...

Pengembangan Korporasi Usaha Tani BKP Kementan Bangkitkan Semangat Petani Sembalun

Posted in Berita Umum on Jul 02, 2019

Sembalun - Nusa Tenggara Barat.  Untuk meningkatkan kemandirian pangan dan kesejahteraan petani, Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) melakukan kegiatan Pengembangan Korporasi Usaha Tani (PKU). Kegiatan ini merupakan intervensi kebijakan untuk meningkatkan status ketahanan pangan wilayah yang dianalisis berdasarkan Food Security and Vulnerability Atlas (FSVA).


"Intervensi yang dilakukan  program ini mencakup  komponen on farm dan off farm termasuk kelembagaan, regulasi dan pasar lintas sektor secara terintegrasi pada beberapa kelompok tani secara korporasi" ujar ...

Dorong Pengentasan Kemiskinan Petani, BKP Kementan Kembangkan PKU di Jambi

Posted in Berita Umum on Jul 01, 2019

Untuk mengurangi tingkat kemiskinan masyarakat di wilayah perdesaan, Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian pada tahun 2019 melaksanakan kegiatan Pengembangan Korporasi Usahatani (PKU). Provinsi Jambi, tepatnya di Desa Jati Emas, Kecamatan Bram Itam, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, merupakan salah satu lokasi PKU yang dikembangkan di antara 12 provinsi lainnya.


"PKU ini bertujuan untuk meningkatkan nilai tambah produk komoditas yang dikelola secara korporasi, meningkatkan pendapatan, dan membentuk lembaga usaha yang berbadan hukum. Dengan upaya tersebut diharapkan dapat mempe...

Kepala BKP Kementan Ajak Walikota Bogor Promosikan TTIC

Posted in Berita Umum on Jun 30, 2019

Bogor- Guna mempromosikan Toko Tani Indonesia Centre (TTIC), Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementan Agung Hendriadi bersama Kepala Badan Litbang Pertanian melakukan senam pagi bersama di TTIC BOGOR di jl. Tentara Pelajar No. 1 Cimanggu, Bogor, Minggu (30/6/2019).


"Saya mengapresiasi antusias masyarakat Bogor yang hadir dalam senam pagi ini sekaligus belanja pangan murah. Jadi selain memperoleh pangan murah, masyarakat juga bisa berolahraga setiap minggunya" ujar Agung seusai senam bersama.


Lebih lanjut Agung akan mengajak Walikota Bogor untuk melihat langsung TTIC yang di gag...

Kementerian Hukum dan HAM Gandeng BKP Kementan kembangkan Pertanian di Open Camp Pemasyarakatan

Posted in Berita Umum on Jun 28, 2019

Banten– Sejak tahun 2010, Badan Ketahanan Pangan  (BKP) Kementerian Pertanian telah mengembangkan kegiatan pemanfaatan pekarangan sebagai sumber pangan dan gizi masyarakat melalui Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL), dan mampu meningkatkan kualitas konsumsi pangan masyarakat lebih dari 20 ribu kelompok wanita di seluruh Indonesia. BKP terus mendorong peningkatan akses pangan dan gizi masyarakat melalui pemberdayaan kelompok wanita dan masyarakat lainnya dengan budidaya berbagai tanaman, ternak dan ikan.


Sukses memberdayakan KWT melalui KRPL, kini BKP terus berkiprah menjalin kerjasama  d...

Melalui KRPL, BKP Kementan ajak Masyarakat Konsumsi Pangan Beragam Bergizi Seimbang dan Aman

Posted in Berita Umum on Jun 27, 2019

Dalam upaya pemenuhan kebutuhan pangan keluarga, sejak tahun 2010, Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) telah membangun 24.000 lebih Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) melalui optimalisasi lahan pekarangan di Indonesia.


Kegiatan ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pangan keluarga, terutama untuk sayur, buah-buahan, dan lainnya untuk memperbaiki pola konsumsi pangan masyarakat agar lebih beragam, bergizi seimbang dan aman. Selain itu juga mengurangi belanja pangan keluarga yang dapat berdampak pada peningkatan pendapatan rumah tangga.


"Program ini sangat...

Dorong Peningkatan Ekspor, Kementan Berperan Aktif dalam Codex Internasional

Posted in Berita Umum on Jun 26, 2019

Jakarta, Rabu (26/6). Peran Indonesia dalam perdagangan komoditas pangan internasional terus ditingkatkan. Hal ini diwujudkan dengan keterlibatan aktif Kementerian Pertanian beserta Kementerian/Lembaga lainnya dalam penyusunan dan pengembangan standar, pedoman, code of practice dan rekomendasi lain terkait keamanan dan mutu pangan hasil pertanian yang berlaku secara internasional dalam wadah Codex Alimentarius Commission (CAC), atau disingkat Codex.


Dalam Rapat Komite Nasional Codex Indonesia ke-2 tahun 2019 yang digelar di Jakarta, Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertani...

BKP Kementan Kembangkan Korporasi Usahatani Untuk Entaskan Kemiskinan dan Kerawanan Pangan

Posted in Berita Umum on Jun 25, 2019

Kegiatan Korporasi Usahatani (PKU) yang  dikembangkan Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) merupakan kegiatan strategis untuk mengentaskan kemiskinan dan kerawanan pangan.


"Masuknya kegiatan PKU di Desa Pagerharjo ini diharapkan akan mempercepat pengentasan kemiskinan dan kerawanan pangan di pedesaan," ujar Kepala Pusat Ketersediaan dan Kerawanan Pangan  BKP, Andriko Noto Susanto di Lokasi PKU di Desa Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta (23/06).


Berdasarkan Peta Ketahanan dan Kerentanan Pangan (Food Security and Vulnerability ...

Kepala BKP Kementan : KRPL Harus Berkelanjutan!

Posted in Berita Umum on Jun 23, 2019

BALI - Untuk mencukupi kebutuhan pangan keluarga sejak tahun 2015 Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) mengembangkan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) di seluruh Indonesia.


"KRPL ini sangat strategis tidak hanya untuk mencukupi kebutuhan pangan dan gizi keluarga, tetapi juga bisa meningkatkan pendapatan rumah tangga," ujar Kepala BKP Agung Hendriadi, saat mengunjungi KRPL di Taro kecamatan Tegallalang, Gianyar Bali, Sabtu (22/6/2019).


Lebih lanjut Agung mengatakan bahwa keberlanjutan KRPL sangat penting, karena itu Kebun Bibit Desa (KBD) harus terus dikem...

Geliat Pengembangan Koorporasi Usahatani BKP Kementan di Kab. Gianyar Bali

Posted in Berita Umum on Jun 22, 2019

Dalam upaya meningkatkan kemandirian pangan dan  kesejahteraan petani, Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) melakukan kegiatan Pengembangan Korporasi Usahatani (PKU). Kegiatan ini merupakan intervensi kebijakan untuk meningkatkan level Indeks Ketahanan Pangan yang dianalisis berdasarkan Food Security and Vulnerability Atlas. Intervensi dilakukan pada komponen on farm dan off farm termasuk kelembagaan, regulasi  dan pasar lintas sektor secara terintegrasi.


"Kegiatan PKU ini tidak saja bertujuan meningkatkan produktivitas komoditas tapi juga harus menghasilkan prod...

    Prev 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 51 52 53 Next