Arsip Berita

Mengangkat Gengsi Pangan Lokal Bengkulu Utara

Dipublikasikan pada tanggal 25 Jul, 2020

Bengkulu Utara - Dengan kemauan dan kerja keras, Gabungan Kelompoktani (Gapoktan) Bhakti Bersama desa Tanah Tinggi, Kecamatan Padang Jaya, Bengkulu Utara, bertekad mengangkat gengsi pangan lokal di  daerahnya.

"Primadona produk kami adalah buah Nanas diolah menjadi Selai dan dodol. Ini akan terus kami kembangkan, baik budidaya, pengolahan maupun pemasarannya," ujar Warsi Ketua Seksi Pengembangan Usaha, Gapoktan Bhakti Bersama ketika ditemui.

Siang itu Gapoktan Bhakti Bersama mendapat tamu istimewa, yaitu Kepala Pusat Ketersediaan dan Kerawanan Pangan BKP, Andriko Noto Susanto, dan Kepala Dinas...

Semangat Petani Muda dalam Mengentaskan Wilayah Rentan Pangan Bengkulu

Dipublikasikan pada tanggal 25 Jul, 2020

Bengkulu Utara - Kecamatan Ulok Kupai dan Ketahun, Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu merupakan sentra perkebunan sawit dan karet rakyat yang masuk  wilayah rentan pangan.

Hasil pemetaan FSVA (Food Security and Fulnerability Atlas) kedua lokasi ini masuk kategori agak rentan akibat kurangnya ketersediaan, masih banyaknya proporsi penduduk miskin dan balita stunting,  rendahnya pendidikan perempuan dan kurangnya akses  air bersih.

Untuk mengentaskan dari rentan pangan sekaligus mengatasi kemiskinan, Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) melakukan kegiatan pember...

BKP Kementan di Forum AFSRB ke-40: Situasi Pangan Indonesia Aman

Dipublikasikan pada tanggal 24 Jul, 2020

Jakarta – Di tengah pandemi covid-19 yang melanda dunia, situasi pangan di Indonesia aman dan terkendali. Hal tersebut disampaikan Kepala Pusat Distribusi dan Cadangan Pangan, Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian, Risfaheri dalam pertemuan _ASEAN Food Security Reserve Board_ (AFSRB) ke-40  yang diselenggarakan secara vitual pada, Kamis (23/7).

“Secara umum, situasi pangan Indonesia aman, produksi pangan pokok seperti beras, jagung, kedelai, dan gula terpantau cukup. Berdasarkan perhitungan, perkiraaan surplus beras mencapai 7,1 juta ton pada Desember 2020,” ujar Risfaheri.

Lebih ...

Geliat Tortila dan Emping Jagung dari Lampung

Dipublikasikan pada tanggal 22 Jul, 2020

Lampung - Lima kelompok tani binaan Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian yang tergabung dalam Gapoktan Margajaya berkoorporasi untuk  menghasilkan produk halal, sehat dan berkualitas secara konsisten. 

Para Gapoktan yang berlokasi di desa Marga Catur,  Kecamatan Kalianda, Lampung ini sudah puluhan tahun aktif di budidaya jagung, singkong dan cabe.

Selain dijual dalam bentuk segar dan pipilan kering, jagung, ubikayu dan cabe juga diolah menjadi tortila dan emping jagung, keripik singkong dan sambel cabe. Melalui pengolahan produk ini  memberikan nilai tambah dan keuntungan yang le...

Pasar Mitra Tani Gencarkan Gelar Pangan Murah Jelang Idul Adha 1441 H

Dipublikasikan pada tanggal 22 Jul, 2020

Jakarta – Menjelang Hari Raya Idul Adha 1441 H, Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) melakukan berbagai langkah pengamanan ketersediaan pasokan dan harga pangan melalui optimalisasi Pasar Mitra Tani ( PMT) di setiap Provinsi dan Jaringan Toko Mitra Tani di seluruh Indonesia.

Kepala BKP Agung Hendriadi mengungkapkan, Pasar Mitra Tani berperan penting dalam penyediaan komoditas pangan pokok dengan harga terjangkau bagi masyarakat.

"Untuk menjaga pasokan dan harga pangan menjelang Idul Adha tahun ini, salah satu upaya kita melalui penyediaan pangan pokok di PMT seluruh In...

BKP Kementan Percepat Realisasi Kegiatan di Tengah Pandemi

Dipublikasikan pada tanggal 21 Jul, 2020

Jakarta –  Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) terus menggenjot kegiatan di daerah agar segera terealisasi dan masyarakat dapat bergeliat di tengah pandemi Covid-19 yang masih melanda.

Kepala BKP Kementan, Agung Hendriadi mengatakan dalam situasi pandemi covid-19 saat ini, kegiatan pemberdayaan masyarakat yang ada di BKP sangat penting.

“Saya ingin mengingatkan bahwa kegiatan-kegiatan di BKP sebagian besar adalah pemberdayaan masyarakat,” tegas Agung dalam Rapat Evaluasi Kegiatan BKP bersama dinas pangan provinsi seluruh Indonesia melalui video conference pada Senin (...

Jelang Idul Adha, Ketersediaan Pangan Aman dan Stabil

Dipublikasikan pada tanggal 21 Jul, 2020

Jakarta –  Jelang Hari Raya Idul Adha yang jatuh di akhir Juli 2020, Kementerian Pertanian (Kementan) memastikan ketersediaan pangan pokok dan strategis secara nasional terpantau cukup. Hal ini ditegaskan Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementan Agung Hendriadi dalam rakor menjaga stabilitas barang kebutuhan pokok menjelang Hari Raya Idul Adha 2020 yang diselenggarakan oleh Satgas Pangan melalui video conference, Senin (20/7).

“Untuk ketersediaan pangan pokok kita secara nasional aman dan cukup, termasuk yang harus dipenuhi dari impor seperti bawang putih dan daging sapi itu juga aman,” un...

Kepala BKP Kementan, Keterbukaan Informasi Publik Perkokoh Ketahanan Pangan

Dipublikasikan pada tanggal 17 Jul, 2020

Jakarta - Di era global dan digitalisasi sekarang ini, adanya keterbukaan informasi publik sangat penting dan tidak bisa dihindari. Untuk itu Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian berkomitmen memberi pelayanan terbaik kepada pemohon informasi publik.

Demikian dikatakan Kepala BKP Agung Hendriadi dalam webinar  “Keterbukaan Informasi Publik di Era New Normal, Inovasi dan Strategi” di Jakarta, Jum'at (17 Juli 2020).

Acara ini tidak hanya sebagai upaya peningkatan dalam memberikan pelayanan informasi publik sesuai amanat UU No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, tetap...

Sidang Virtual FAO Council ke-164, Indonesia Tegaskan Prioritas Pemenuhan Pangan Bagi Rakyat di Tengah Pandemi Covid-19

Dipublikasikan pada tanggal 08 Jul, 2020

Jakarta – Dampak pandemi Covid-19 dirasakan secara global dan memengaruhi kondisi ekonomi, ancaman krisis pangan, serta meningkatnya kemiskinan. FAO melansir bahwa tantangan saat ini terletak pada bagaimana kemampuan masyarakat mengakses pangan.

Merespon hal itu, Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian, Agung Hendriadi menegaskan bahwa, Indonesia memprioritaskan untuk menjaga pemenuhan kebutuhan dasar dan meningkatkan daya beli masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Agung selaku Ketua Delegasi RI dalam Sidang FAO Council ke-164 yang dilaksanakan secara virtual pada Selasa (7/7)...

Kepala BKP Kementan Pimpin Delegasi RI dalam Sidang Virtual FAO Council ke-164

Dipublikasikan pada tanggal 08 Jul, 2020

Jakarta – Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian Agung Hendriadi memimpin delegasi RI dalam Sidang FAO Council ke-164 yang dilaksanakan dari tanggal 6 – 10 Juli 2020. Sidang FAO kali ini merupakan sidang pertama yang dilakukan secara virtual karena kondisi pandemi Covid-19 yang tidak memungkinkan untuk dilaksanakan secara fisik di Roma, markas besar FAO. Sidang kali ini juga menjadi sidang pertama yang diikuti Indonesia sebagai anggota FAO Council periode 2020-2021.

Indonesia menjadi salah satu dari wakil negara Asia yang ditetapkan sebagai anggota FAO Council untuk periode ...