Arsip Berita

Pertanian Keluarga Penyangga Ketahanan Pangan Masyarakat

Dipublikasikan pada tanggal 24 Aug, 2020

Kulonprogo – Sektor pertanian terbukti mampu bertahan dari dampak pandemi Covid-19. Hal ini terlihat dari rilis BPS baru-baru ini yang menunjukkan bahwa sumbangan sektor pertanian terhadap produk domestik bruto (PDB) nasional mengalami kenaikan di tengah terjadinya kontraksi perekonomian pada triwulan kedua 2020.

Namun ancaman terjadinya krisis pangan global tentu harus terus diwaspadai mengingat hingga saat ini pandemi masih terus berlangsung.  

Terkait hal itu, Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian, Agung Hendriadi menyatakan bahwa ketahanan pangan harus dibangun melalui kemand...

Kementan dan Kemendes PDTT Sepakat Perkuat Lumbung Pangan Masyarakat Desa

Dipublikasikan pada tanggal 20 Aug, 2020

Jakarta - Sebagai salah satu langkah strategis dalam upaya memenuhi penyediaan pangan bagi masyarakat desa, terutama dalam menghadapi dampak pandemi covid-19, Kementerian Pertanian (Kementan) dan Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) sepakat memperkuat Lumbung Pangan Masyarakat Desa (LPMDes).

Hal ini diwujudkan melalui kesepakatan Perjanjian Kerja Bersama Penguatan LPMDes yang ditandatangani oleh Agung Hendriadi, Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementan dan Samsul Widodo, Dirjen Pembangunan Daerah Tertinggal Kemendes PDTT di Jakarta, pada Rabu ...

Kementerian Pertanian Gaungkan Diversifikasi Pangan ke Seluruh Indonesia

Dipublikasikan pada tanggal 19 Aug, 2020

Jakarta – Di tengah pandemi virus Covid-19 sekarang ini, salah satu hal yang sangat penting untuk diperkuat adalah ketahanan pangan masyarakat melalui Diversifikasi Pangan.

Untuk itu, Kementan melakukan Pencanangan Gerakan Diversifikasi Pangan, Ekspose UMKM pangan lokal dan buah Nusantara 2020, di Jakarta, Rabu (19/8). Pencanangan yang dilaksanakan di kantor pusat Kementerian Pertanian ini diikuti serentak oleh 34 provinsi secara virtual.

"Hari ini, secara serentak di seluruh Indonesia kita canangkan, kita gaungkan gerakan diverisifikasi  pangan," ujar Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo saa...

Bantu Petani, Pasar Mitra Tani Gerak Cepat Beli Langsung Tomat Petani

Dipublikasikan pada tanggal 14 Aug, 2020

Bandung - Dalam upaya membantu petani memasarkan komoditas pangannya, Badan Ketahanan Pangan melalui Pasar Mitra Tani melakukan pembelian langsung tomat petani pada salah satu sentra produksi tomat di Kabupaten Bandung dan Bandung Barat. Tidak hanya itu, hal ini dilakukan sebagai respon cepat ketika harga komoditas pertanian anjlok pada saat produksi berlebih.

"Upaya ini kami lakukan, untuk membantu petani tomat yang saat ini produksi nya lebih sehingga harganya jatuh," ujar Kepala Badan Ketahanan Pangan Agung Hendriadi dalam keterangan pers nya, Jumat (14/8).

Menurutnya untuk tahap awal ini, ...

Potong Rantai Pasok, Pasar Mitra Tani Stabilkan Pasokan dan Harga Pangan

Dipublikasikan pada tanggal 13 Aug, 2020

Samarinda - Di tengah situasi pandemi Covid-19 yang masih melanda, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menegaskan pihaknya akan terus menjaga ketahanan pangan. Salah satu upaya yang dilakukan adalah menggerakkan Pasar Mitra Tani (PMT) dan mengoptimalkan penyerapan produk pertanian.

Kehadiran PMT di seluruh provinsi untuk menjaga pasokan agar tetap stabil sehingga masyarakat mendapat bahan pangan yang terjangkau.

Kepala Badan Ketahanan Pangan, Agung Hendriadi, menekankan pentingnya ketersediaan pangan yang cukup, pasokan di tiap titik konsumen harus cukup, harga pun bisa dikendalikan.

"Hadirn...

Pengembangan Korporasi Usahatani Menguntungkan Petani

Dipublikasikan pada tanggal 12 Aug, 2020

Kupang - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dalam berbagai kesempatan menegaskan terus mengupayakan agar pemenuhan kebutuhan dan akses pangan yang merata di seluruh wilayah Indonesia termasuk daerah rentan rawan pangan.

Dalam upaya menghasilkan produk yang mempunyai nilai tambah sehingga berdampak terhadap peningkatan pendapatan masyarakat di wilayah tersebut, Kementerian Pertanian mengembangkan kegiatan Pengembangan Korporasi Usaha Tani (PKU) yang dirancang komprehensif dari budidaya (onfarm) hingga pengolahan dan pemasaran (off farm).

Menurut Kepala Badan Ketahanan Pangan Agung Hendriadi ...

Semangat Gapoktan Baniara - Samosir garap Kentang dan Ubijalar

Dipublikasikan pada tanggal 09 Aug, 2020

Sumut- Gapoktan Baniara asal Kabupten Samosir, Sumatera Utara berhasil mengembangkan budidaya kentang dan ubi jalar yang merupakan hasil dari program Pengembangan Korporasi Usahatani (PKU) Kementerian Pertanian.

“Kami sangat senang dan berterima kasih kepada petani disini, bahwa kegiatan pemberdayaan masyarakat sudah ada hasilnya," ujar Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian Agung Hendriadi, saat melakukan panen kentang di Desa Partungkot Naginjang, Kecamatan Harian Kabupaten Samosir, Jum'at (7/8/2020).

Kegiatan panen kentang pada areal 5 hektar milik  Gapoktan Baniara ini  

Kementan Gandeng 6 Universitas Untuk Pengembangan Diversifikasi Pangan dan Pekarangan Pangan Lestari

Dipublikasikan pada tanggal 04 Aug, 2020

Jakarta - Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Badan Ketahanan Pangan (BKP) bekerjasama dengan enam (6) perguruan tinggi Indonesia dalam rangka pengembangan diversifikasi pangan lokal dan pendampingan kegiatan pekarangan pangan lestari.

Enam perguruan itu diantaranya Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Lampung (UNILA), Universitas Gajah Mada (UGM), Universitas Brawijaya (UB), Universitas Hasanuddin (UNHAS), dan Universitas Lambung Mangkurat (UNLAM) serta Sekolah Vokasi IPB.

Pada kegiatan ini, Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo menyampaikan bahwa kerjasama ini merupakan ...

Upayakan Diversifikasi Pangan, Kementan Targetkan Penurunan Konsumsi Beras

Dipublikasikan pada tanggal 26 Jul, 2020

Jakarta – Kementerian Pertanian (Kementan) mengupayakan diversifikasi pangan sebagai salah satu program peningkatan ketersediaan pangan di era kenormalan baru. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan program ini sebagai Cara Bertindak (CB) 2 yang mencakup diversifikasi pangan berbasis kearifan lokal yang fokus pada komoditas pangan lokal tertentu, pemanfaatan pangan lokal secara massif, dan pemanfaatan lahan pekarangan.

"Kita kampanyekan gerakan diversifikasi pangan lokal. Kita nyatakan diverifikasi pangan lokal adalah kekayaan dan budaya bangsa. Bukan hanya beras yang kita miliki. Ta...

Kementan Minta Masyarakat Bogor Terus Kembangkan Pertanian Pekarangan

Dipublikasikan pada tanggal 26 Jul, 2020

Bogor – Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Agung Hendriadi mendorong pemanfaatan lahan pekarangan sebagai penopang ketahanan pangan keluarga. Hal tersebut diungkapkan Agung saat melihat langsung aktivitas Kelompok Wanita Tani (KWT) Ciharashas yang berlokasi di Kelurahan Mulyaharja, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, Jumat (25/7)

“Selain dapat dikembangkan sebagai sumber pangan yang beragam dan bergizi bagi keluarga, pemanfaatan lahan pekarangan juga berperan dalam meningkatkan kemampuan masyarakat untuk berproduksi sehingga menggerakkan ekonomi, karena hasil pekarangan potensial sebagai sum...