Arsip Berita

Bukalapak Buka Peluang Kerja Sama Dengan Kementan

Dipublikasikan pada tanggal 18 Sep, 2020

Jakarta - Perusahaan e-commerce Bukalapak berencana akan melakukan kerjasama dengan Kementerian Pertanian (Kementan) dalam meningkatkan produktivitas dan penjualan hasil komoditas pertanian di Indonesia.


Rencana kerjasama tersebut diutarakan CEO Bukalapak Rahmat Kaimuddin saat menghadiri silaturahmi dengan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo di kantor Kementan RI, Jakarta Selatan pada Jumat (18/9).


"Insya Allah sedang kita coba melakukan kerjasama karena kita melihat ada potensi yang sangat besar antara Kementan dengan Bukalapak dan kita akan langsung diskusikan teknisny...

Informasi Melimpah, Narji Cagur Tak Ragu Jadi Petani

Dipublikasikan pada tanggal 15 Sep, 2020

Jakarta – Pandemi Covid 19 yang melanda seluruh dunia memberikan dampak negatif terhadap semua sektor yang ada. Bahkan ekonomi global ikut merosot ke titik mengkhawatirkan. Namun demikian, tidak demgan sektor pertanian. Sektor ini nyatanya makin dilirik oleh banyak orang.

Komedian Indonesia Narji Cagur misalnya. Sekarang dia tak ragu memilih pertanian sebagai sumber penghasilan. Narji menggagas Kelompok Tani Sengketa di kota Tanggerang. Menurut dia, pertanian sangat penting bagi kehidupan masyarkat di seluruh dunia.

"Berawal dari sempitnya lahan di Tanggerang Selatan, saya mengajar warga untuk...

Kementan Fokus Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat, untuk Entaskan Rentan Rawan Pangan

Dipublikasikan pada tanggal 10 Sep, 2020

Magelang - Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo memberi perhatian serius terhadap upaya pengentasan daerah rentan rawan pangan agar masyarakat dapat memenuhi kebutuhan pangan secara merata.

Kepala Badan Ketahanan Pangan, Kementerian Pertanian (Kementan), Agung Hendriadi menyatakan bahwa melalui upaya pengentasan rentan rawan pangan ini diharapkan masyarakat mampu memenuhi kebutuhan pangannya secara mandiri dan juga meningkatkan pendapatan keluarga petani.

"Kami harap melalui kegiatan ini ada tambahan pendapatan sehingga kesejahteraan petani meningkat. Jadi bukan hanya kegiatan menanam, tapi ...

Kementan Serap Tomat dan Cabai Petani Malang

Dipublikasikan pada tanggal 09 Sep, 2020

Malang - Dalam upaya membantu petani memasarkan hasil panennya, Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Pasar Mitra Tani melakukan pembelian langsung tomat dan cabai dari petani di salah satu sentra produksi di Kabupaten Malang.


Hadirnya Pasar Mitra Tani dalam menyerap hasil panen petani disebutkan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dalam berbagai kesempatan bertujuan untuk menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan, agar masyarakat mendapat bahan pangan yang terjangkau, dan petani juga memperoleh harga yang wajar.


"Dengan cepatnya diserap tomat dan cabai dari petani, dan deng...

Jaga Ketahanan Pangan, Kantor Staf Presiden Dukung Pengembangan P2L Kementan

Dipublikasikan pada tanggal 09 Sep, 2020

Cirebon - Memanfaatkan lahan pekarangan menjadi salah satu upaya strategis Kementan dalam penyediaan pangan di era new normal. Hal ini seringkali diutarakan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dalam berbagai kesempatan. Melalui kegiatan Pekarangan Pangan Lestari (P2L), diharapkan ketahanan pangan tetap terjaga di tengah kondisi pandemi yang berdampak pada perekonomian.


Hal ini didukung oleh Deputi III Kantor Staf Presiden (KSP), Panutan Sulendrakusuma saat berkunjung ke Kelompok Wanita Tani (KWT) Sumber Rejeki di Desa Budur Kecamatan Ciwaringin Kabupaten Cirebon pada Selasa (8/9).

...

Pasar Mitra Tani Sumbar Giat Topang Stabilisasi Harga Pangan di Tengah Pandemi Covid-19

Dipublikasikan pada tanggal 04 Sep, 2020

Padang – Ketersediaan pasokan dan stabilitas harga pangan di tengah situasi pandemi saat ini menjadi perhatian penuh pemerintah agar ketahanan pangan tetap terjaga. Harga pangan yang berfluktuasi akan mempengaruhi kesejahteraan petani selaku produsen pangan maupun masyarakat luas selaku konsumen akhir.


Salah satu upaya stabilitas pasokan dan harga pangan melalui Pasar Mitra Tani (PMT). Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo menegaskan kehadiran PMT di seluruh provinsi bertujuan untuk menjaga pasokan pangan agar kondisi stabil dan masyarakat mendapat bahan pangan yang terjangkau.


Ha...

Kementan terus Berupaya Mengentaskan Rentan Pangan di Kabupaten Lebak

Dipublikasikan pada tanggal 04 Sep, 2020

Padang – Ketersediaan pasokan dan stabilitas harga pangan di tengah situasi pandemi saat ini menjadi perhatian penuh pemerintah agar ketahanan pangan tetap terjaga. Harga pangan yang berfluktuasi akan mempengaruhi kesejahteraan petani selaku produsen pangan maupun masyarakat luas selaku konsumen akhir.


Salah satu upaya stabilitas pasokan dan harga pangan melalui Pasar Mitra Tani (PMT). Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo menegaskan kehadiran PMT di seluruh provinsi bertujuan untuk menjaga pasokan pangan agar kondisi stabil dan masyarakat mendapat bahan pangan yang terjangkau.


Ha...

Indonesia Tegaskan Komitmen Ketahanan Pangan dalam Forum SOM APRC ke-35

Dipublikasikan pada tanggal 01 Sep, 2020

Jakarta – Untuk mengatasi dampak pandemi di seluruh sistem pangan dan tetap menyediakan pangan bagi 270 juta rakyat, Indonesia terus memfokuskan upaya menjaga rantai pasokan pangan dengan meningkatkan kapasitas produksi pangan, memperkuat cadangan pangan pusat, daerah, dan masyarakat, serta meningkatkan sistem logistik pangan nasional.

Hal tersebut ditegaskan Agung dalam statemennya selaku ketua Delri pada pertemuan Senior Official Meeting (SOM) Asia Pacific Regional Conference (APRC) ke-35 yang berlangsung secara virtual pada Selasa (1/9).

Lebih lanjut Agung menjelaskan bahwa Indonesia juga b...

Wujudkan Pertanian Maju dan Modern, Kementan Perkuat Desa sebagai Basis Ketahanan Pangan

Dipublikasikan pada tanggal 31 Aug, 2020

Malang – Peranan desa dalam memproduksi pangan sangat penting terlebih di masa pandemi yang masih berlangsung. Desa menjadi basis ketahanan yang harus didorong dengan berbagai dukungan pengembangan pertanian yang maju dan modern. Hal ini ditegaskan Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian, Agung Hendriadi dalam Jelajah Desa Pangan di Desa Ngantru Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang, Jawa Timur, Minggu (30/8).

“Petani patut dihargai sebagai garda terdepan dalam perjuangan melawan pandemi, sebab semangat dalam pemenuhan pangan bagi 270 juta rakyat Indonesia berada di tangan para petan...

PKU di Yogyakarta Jalin Kemitraan Bisnis dengan Produsen Susu

Dipublikasikan pada tanggal 24 Aug, 2020

Kulonprogo – Kementerian Pertanian melalui Badan Ketahanan Pangan (BKP) mengembangkan kegiatan Pengembangan Korporasi Usaha Tani (PKU) yang dirancang komprehensif dari budidaya (onfarm) hingga pengolahan dan pemasaran (off farm). Hal ini telah menjadi tekad Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo beserta jajarannya untuk terus menjaga ketahanan pangan dan meningkatkan kesejahteraan petani.  

Hal ini sejalan dengan apa yang disampaikan oleh Kepala Badan Ketahanan Pangan Agung Hendriadi beberapa waktu lalu, bahwa kegiatan usaha tani yang dijalankan secara terintegrasi dari hulu ke hilir dengan ori...