Kementan siapkan Pasar Murah Jelang Puasa dan Idul Fitri Tahun 2018

Posted in Berita Umum on Apr 13, 2018

Kementerian Pertanian melalui Badan Ketahanan Pangan (BKP) bekerjasama dengan para perusahaan/produsen pangan untuk melakukan gelar pangan murah pada Hari-Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) menjelang puasa dan Idul Fitri Tahun 2018.

Gelar pangan murah yang bertujuan untuk menjaga stabilitasi pasokan dan harga pangan ini akan dilakukan sebulan penuh, tepatnya dari tanggal 18 April sampai H-2 Idul Fitri 1439 H.

Masyarakat yang memerlukan bahan pangan murah dan terjangkau dapat mengunjungi bazar pangan yang digelar di 100 titik, yaitu: Jakarta Utara,Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, Jakarta Timur...

Apresiasi Distribusi, Harga, dan Cadangan Pangan

Posted in Berita Umum on Apr 09, 2018

Badan Ketahanan Pangan telah melaksanakan kegiatan Apresiasi Distribusi, Harga, dan Cadangan Pangan pada tanggal 5 – 6 April 2018 di Bogor, Jawa Barat. Apresiasi dibuka oleh Kepala Badan Ketahanan Pangan, dan dihadiri oleh Kepala Pusat Lingkup Badan Ketahanan Pangan Kementan, serta Kepala Bidang yang menangani Distribusi/Harga/Cadangan Pangan pada Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Seluruh Indoenesia.

Hasil pertemuan apresiasi tersebut adalah :

  1. Langkah operasional dan rencana aksi yang telah dilakukan pemerintah provinsi dalam menghadapi periode HBKN Puasa dan Idul Fitri 2018 adalah sebagai berik...

Workshop Evaluasi Sistem Pengendalian Intern (SPI) Badan Ketahanan Pangan

Posted in Berita Umum on Apr 06, 2018

Badan Ketahanan Pangan melaksanakan Workshop Sistem Pengendalian Intern (SPI) Badan Ketahanan Pangan pada tanggal 3 - 5 April 2018, di Bogor - Jawa Barat.Berdasarkan arahan dari Inspektur III Inspektorat Jenderal Kementerian Pertanian (Itjen Kementan) dan materi dari narasumber serta pendalaman kegiatan prioritas Badan Ketahanan Pangan (BKP) dapat dilaporkan beberapa hal sebagai berikut:

  1. Hasil Validasi Penilaian Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) atas penilaian tingkat maturitas atau kematangan SPI Kementerian Pertanian Tahun 2017 memperoleh nilai sebesar 2,95 atau kategori “Berk...

Bimtek Konsumsi B2SA

Posted in Berita Umum on Apr 04, 2018

Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas Aparat Dalam Pengembangan Konsumsi Pangan B2SA dan Analisis Konsumsi Pangan


Guna meningkatkan kapasitas aparat dalam penerapan pola konsumsi pangan B2SA dan dalam menyediakan data/informasi konsumsi pangan, Badan Ketahanan Pangan – Kementerian Pertanian menyelenggarakan Bimtek Peningkatan Kapasitas Aparat Dalam Pengembangan Konsumsi Pangan B2SA dan Analisis Konsumsi Pangan Berbasis Pola Pangan Harapan (PPH) pada tanggal 4-6 April 2018 di Bogor.


Pada kesempatan ini Kepala Badan Ketahanan Pangan, Dr. Ir. Agung Hendriadi, M.Eng membuka a...

Workshop Penyusunan NBM

Posted in Berita Umum on Apr 02, 2018

Workshop penyusunan Neraca Bahan Makanan (NBM) atau Food Balance Sheet dilaksanakan pada hari Senin, 2 April 2018 di kantor Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian.

Workshop dibuka oleh Kepala Pusat Ketersediaan dan Kerawanan Pangan BKP Dr. Benny Rachman, APU. dan dihadiri oleh para petugas tingkat pusat antara lain dari lingkup Kementerian Pertanian, Badan Pusat Statistik (BPS), dan Kementerian Kelautan dan Perikanan. 

Workshop ini merupakan kerja sama antara BKP Kementerian Pertanian dengan WFP. Selanjutnya disamping penyusunan NBM Nasional Tahun 2018, akan dilaksanakan penyusunan...

Stok Pangan Aman Jelang Ramadhan dan Idul Fitri 2018

Posted in Berita Umum on Mar 28, 2018

Jakarta (28/3). Menteri Pertanian bersama dengan wakil Gubernur DKI Jakarta mengadakan rapat koordinasi pengamanan stabilitas pasokan dan harga pangan jelang Ramadhan dan Idul Fitri 2018 pada hari rabu 28 Maret 2018 di kantor Pusat Kementerian Pertanian. Menteri Pertanian, Amran Sulaiman, dalam arahannya memastikan pasokan dan harga pangan strategis aman dan terkendali.

Begitupula di DKI Jakarta pasokan dan harga pangan aman dan terkendali jelang Ramadhan dan Idul Fitri 2018 ini. Beras mengalami surplus lebih dari 84 ribu ton, jagung surplus 292 ribu ton, cabai rawit merah surplus hampir 8.000...

Pengusaha Pengilingan Padi Sumsel Siap Isi Cadangan Beras Pemerintah

Posted in Berita Umum on Mar 27, 2018

Sumatera Selatan, Untuk mengisi dan memperkuat cadangan beras pemerintah, pengusaha penggilingan padi di Provinsi Sumatera Selatan berkomitmen menjual sebagian berasnya kepada Bulog.

Hal ini terungkap saat kunjungan kerja Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian Agung Hendriadi, ketika menginisiasi kontrak penjualan beras oleh 3 pengusaha penggilingan padi dengan Divre Bulog Sumatera Selatan, Sabtu (24/3).

Ketiga perusahaan penggiligan padi yang dikunjungi adalah : PT. Rusna Jaya Putra Pangan, PT. Buyung Poetra pangan, yang berlokasi di Kabupaten Ogan Ilir dan PT. Karya Jaya M...

Pemerintah Serap Gabah Petani di Sukabumi, Jawa Barat

Posted in Berita Umum on Mar 19, 2018

Sukabumi, Pemerintah bersama petani melakukan panen dan serap gabah (Sergap) di Desa Caringin Kecamatan Gegerbitung Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat pada hari Sabtu, (20/1).

Hadir dalam acara ini Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Agung Hendriadi, Kepala Badan Karantina Banun Harpini, Bupati Sukabumi, Aster Kodam, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten, dan Kepala Sub Divre Bulog wilayah Jawa Barat beserta jajaran.

Bupati Sukabumi Marwan Hamami mengatakan, daerahnya tidak pernah kekurangan pangan karena hasil panen melimpah sepanjang waktu, terlebih d...

Kepala Badan Ketahanan Pangan Melantik Pejabat Eselon 3 dan Eselon 4 lingkup Badan Ketahanan Pangan

Posted in Berita Umum on Mar 19, 2018

Jakarta, Kepala Badan Ketahanan Pangan, Agung Hendriadi Jum’at (19/1) melantik Pejabat Administrator (Eselon 3) dan Pejabat Pengawas (Eselon 4) lingkup Badan Ketahanan Pangan. Acara pelantikan berlangsung di Ruang Nusantara II Badan Ketahanan Pangan dan disaksikan oleh Pejabat Eselon II, III dan IV Lingkup Badan Ketahanan Pangan dan Rohaniawan.

Dalam sambutan pengarahan, Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian (Agung Hendriadi) mengatakan bahwa pelantikan pejabat struktural, untuk mengisi kekosongan Pejabat Struktural Administrator (Eselon III) yang sudah memasuki masa purnabakti a...

Kepala BKP Paparkan Fokus Kegiatan 2018

Posted in Berita Umum on Mar 19, 2018

Jakarta, Dalam rangka menyamakan persepsi dan menyusun langkah strategis pelaksanaan kegiatan ketahanan pangan tahun 2018, Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Agung Hendriadi memimpin rapat kerja nasional di Jakarta hari ini (16/01).

Pada kesempatan ini Kepala BKP memaparkan fokus kegiatan utama BKP pada tahun 2018 yang meliputi: Pertama, pengentasan rentan rawan pangan; Kedua, pemantauan distribusi dan stabilisasi harga; Ketiga, pemantauan mutu dan keamanan pangan; Keempat, gerakan diversifikasi pangan, dan Kelima, analisis kajian kebijakan ketahanan pangan.

Turut hadir dalam acara ini Kepala...

Ketersediaan Beras Nasional Cukup

Posted in Berita Umum on Mar 19, 2018

Jakarta, Ketersediaan beras nasional selama januari-maret 2018 adalah 2,8 juta ton (januari); 5,4 juta ton (Februari); dan 7,4 juta ton (maret)," kata Agung Hendriadi, Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian.

"Dengan angka konsumsi beras perbulan 2,5 juta ton, dapat dipastikan tiga bulan kedepan kita mengalami surplus beras” jelas Agung saat mewakili Menteri Pertanian membahas masalah perberasan dalam Rapat Pimpinan (Rapim) Nasional Kepolisian Republik Indonesia di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) Jakarta, Selasa (24/1).

Dalam paparannya berjudul "Strategi Kementerian Pertan...

Surplus Beras, Pandeglang Siap Pasok Daerah Lain

Posted in Berita Umum on Mar 19, 2018

Kabupaten Pandeglang menyelenggarakan rapat koordinasi (Rakor) serapan gabah petani (Sergab) bersama lembaga/instansi terkait (1/02).

Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian, perwakilan Korem, Kodim, divre dan subdivre Bulog Pandeglang, Kepala BPTP Provinsi Banten , Kepala Dinas Pertanian Provinsi Banten, dan Perwakilan Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Banten dan SKPD Kabupaten Pandeglang terkait.

Dalam sambutannya, Bupati Pandeglang Irna Narulita menyampaikan bahwa Pandeglang merupakan sentra pangan di Provinsi Banten, sehingga wilayah nya tida...

Peran PUPM perlu ditingkatkan dalam Distribusi Pangan

Posted in Berita Umum on Mar 19, 2018

Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian, Agung Hendriadi melakukan peninjauan lapangan ke Desa Pamong, Kec. Ciruas, dan desa Teritih, Kec. Walantaka, Kab. Serang, Provinsi Banten pasca melaksanakan rapat koordinasi serapan gabah petani (Sergab) di kantor Bupati Pandeglang, Banten.

Pada kesempatan tersebut Ketua Gapoktan Karya Bakti, Madasraf melaporkan bahwa dari 25 Ha lahan yang dikelolanya dapat menghasilkan 3 bulan stok gabah kedepan.

"Disini produktivitasnya 6 ton/Ha dengan rendemen 50-51%, sehingga dapat menjamin stok selama tiga bulan kedepan" ujar nya.

Gapoktan Karya B...

Sergap, Untuk Melindungi dan Meningkatkan Kesejahteraan Petani

Posted in Berita Umum on Mar 19, 2018

Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian Agung Hendriadi mengatakan, pihaknya berharap kegiatan serap gabah (sergap), sebagai salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk melindungi dan meningkatkan kesejahteraan petani benar-benar dilakukan dengan baik.

"Petani yang sudah bekerja keras jangan disakiti, dengan membiarkan gabah yang dipanen harganya anjlok. Kita harus hadir untuk membela dan membantu petani, agar petani mendapat keuntungan dari usahanya. Ini harus kita lakukan," ujar Agung dalam rapat koordinasi sergab dikantor Bupati Pandeglang, Kamis (1/2).

Senada dengan Agung,...

Bulog Siap Serap Gabah Petani di Kendal

Posted in Berita Umum on Mar 19, 2018

Hingga akhir Februari 2018 sejumlah kecamatan di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah yakni Cepiring, Pegandon dan Patebon memiliki potensi panen tidak kurang dari 2000 hektar.

Dalam upaya memantapkan Serapan Gabah Petani (SERGAP) tahun ini, Kepala Badan Ketahanan Pangan Agung Hendriadi bersama Perwakilan Bulog Divre Jawa Tengah Rahayu melakukan koordinasi dan turun ke lapangan untuk memastikan peluang penyerapan gabah atau beras oleh BULOG di Kabupaten Kendal.

Pada Februari ini, target penyerapan BULOG untuk Provinsi Jawa Tengah adalah 82 ribu ton (28,9%) dari 284 ribu ton gabah hingga akhir bulan J...

    Prev 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 Next