Bulog Diminta Serap Gabah dan Jagung Petani Gorontalo

Posted in Berita Umum on Mar 19, 2018

Kementerian Pertanian melalui Badan Ketahanan Pangan Agung Hendriadi mengapresiasi serap gabah yang dilakukan Provinsi Gorontalo, 2017 lalu.

"Sergap di Gorontalo ini istimewa, karena capaiannya luar biasa dan bisa surplus. Dari surplus yang ada, bisa untuk cadangan pangan daerah, bahkan cadangan pangan nasional," kata Agung dalam rapat koordinasi serap gabah petani (sergap) dan pengembangan jagung se- provinsi Gorontalo di kantor Gubernuran, Selasa (13/2).

Namun demikian, Agung mengingatkan, selain gabah jagung juga harus diperhatikan.

"Gorontalo ini sebagai daerah sentra produksi jagung nasio...

Serap Gabah Petani, Guna Cadangan Beras Banten

Posted in Berita Umum on Mar 19, 2018

Sebagai salah satu dari delapan provinsi prioritas serapan gabah petani (sergab), Banten memiliki target 57 ribu ton serapan gabah pada semester I tahun 2018 ini.

"Sergab ini sangat penting untuk mengisi cadangan pangan pemerintah" kata Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian Agung Hendriadi, pada Rakor Sergab Provinsi Banten, Jumat (16/2) di Serang.

Lebih lanjut Agung menegaskan bahwa sergab ini untuk membantu petani. "Kita tidak ingin harga gabah jatuh bebas, oleh karena itu mari kita bantu petani untuk bisa memperoleh kehidupan yang lebih baik." tegas Agung.

Menurut nya, target ...

Peran Pengawas Mutu Hasil Pertanian (PMHP) Dalam Menjamin Keamanan dan Mutu Pangan

Posted in Berita Umum on Mar 19, 2018

Sebagai upaya menjamin keamanan dan mutu pangan yang dikonsumsi masyarakat serta meningkatkan daya saing ekspor komoditas pertanian, perlu diterapkan sistem keamanan pangan terpadu yang didukung oleh sarana dan prasarana serta SDM yang kompeten. Untuk itu, tenaga fungsional Pengawas Mutu Hasil Pertanian (PMHP) yang kompeten dan profesional sangat dibutuhkan dalam mendukung terjaminnya keamanan dan mutu pangan.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Badan Ketahanan Pangan Agung Hendriadi pada saat membuka acara Bimbingan Teknis dan Uji Kompetensi (inpassing) Jabatan Fungsional PMHP di Bogor (21/2).

“S...

Dewan Ketahanan Pangan Diminta Segera Berkreasi

Posted in Berita Umum on Mar 19, 2018

Jakarta (23/2) - Untuk menggapai Indonesia Menjadi Lumbung Pangan Dunia, para anggota Dewan Ketahanan Pangan (DKP) diminta segera berkreasi.

"Semua anggota Dewan Ketahanan Pangan perlu punya binaan sesuai potensi di daerah dan keahliannya masing-masing. Jadi, semua harus berkreasi. Dengan demikian, akan mendapatkan hasil nyata yang membanggakan," kata Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, saat memberi pengarahan dalam Rapat Konsolidasi DKP di Jakarta, Jumat (23/2).

Amran Sulaiman juga berharap, agar para anggota DKP dapat memberikan pemikiran-pemikiran dan ide-ide menarik tentang bagaimana me...

Kementan Minta Bulog Tak Sia-siakan Momentum Panen Raya

Posted in Berita Umum on Mar 19, 2018

Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian, Agung Hendriadi mendorong Bulog menyerap gabah petani. Demikian disampaikan saat melakukan safari serapan gabah petani (Sergap) ke kabupaten Demak, Kudus dan Grobogan provinsi Jawa Tengah.

"Upaya menyerap gabah petani ini sangat penting dilakukan Bulog untuk mengisi cadangan pangan pemerintah" kata Agung saat menginisiasi dan menyaksikan terjadinya kesepakatan pembelian gabah petani oleh Bulog yang dihadiri perwakilan Bulog, TNI (Dandim), BRI, dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan provinsi Jawa Tengah, Rabu (28/2)

"Momentum ini harus diman...

Serap Gabah Petani, Bulog Harus Gerak Cepat

Posted in Berita Umum on Mar 19, 2018

Dalam rangkaian safari serapan gabah petani (sergab) di Jawa Tengah, Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian Agung Hendriadi hari ini, Kamis (1/3) berlanjut ke Sragen, Karang Anyar dan Klaten.

Sebagai daerah sentra produksi yang sedang panen raya pada ketiga kabupaten ini ditemukan harga gabah kering panen (GKP) pada kisaran Rp.4.300 - Rp.4.400 per kilo gram, tepat nya di Desa Duyungan, Kec. Sidoharjo, Kab. Sragen dan juga di Desa Suruh, Kec. Tasik Madu, Kab. Karang Anyar serta Desa Balak, Kec. Cawas, Kab. Klaten.

"Ini adalah saat yang tepat untuk menyerap gabah petani, sebagai upa...

Serap Gabah Memperkuat Cadangan Beras Pemerintah

Posted in Berita Umum on Mar 19, 2018

Untuk mengisi cadangan beras pemerintah sekaligus menjaga harga gabah tidak jatuh menjelang dan saat panen raya, Pemerintah melalui Tim Sergab melalukan pembelian langsung gabah petani dilapangan.

"Serab gabah yang kami lakukan ini agar petani tidak sengsara. Kalau petani sengsara dan tidak mau menanam karena rugi, bangsa ini mau makan apa" kata Agung Hendriadi, Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian kepada pers seusai menginisiasi traksaksi pembelian gabah di tiga lokasi di provinsi Nusa Tenggara Barat, Rabu (7/3).

Ketiga lokasi sergab yang dikunjungi adalah : desa Darmasari, Kec...

Panen Raya Di Lebak, Tim Sergap Bergerak

Posted in Berita Umum on Mar 19, 2018

Lebak, Sebagai salah satu provinsi yang memiliki kontribusi dalam mengisi cadangan pangan nasional, Banten memiliki target serapan gabah (sergab)  65.000 ton dari total target nasional sebanyak 2,2 juta ton sampai dengan Juni 2018. Jumlah tersebut berkisar rata rata sebanyak 500 ton per hari.

"Serap gabah ini ditujukan untk mengisi cadangan pangan pemerintah, target nasional  2,2 juta ton harus tercapai" ujar Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Agung Hendriadi selaku Ketua Tim Sergap Kementerian Pertanian ketika memimpin Serapan Gabah di Kab. Lebak, Banten pada Selasa (13/3).

Panen raya di Kab...

Bimbingan Teknis Pengawas Keamanan Pangan Segar

Posted in Berita Umum on Mar 19, 2018

Dalam upaya membangun sistem pengawasan keamanan pangan segar diperlukan tenaga pengawas keamanan pangan yang terlatih dan kompeten yang menjadi ujung tombak pengawasan keamanan pangan segar di seluruh wilayah Indonesia.

Hal ini diutarakan oleh Kepala Badan Ketahanan Pangan Agung Hendriadi pada saat memberi arahan kepada peserta Bimbingan Teknis Pengawas Keamanan Pangan Segar pada hari Rabu (14/3) di Bogor.

Menurut nya, kegiatan ini sangat strategis dalam upaya meningkatkan pengawasan keamanan dan mutu pangan sebagai amanat dari Undang-undang Pangan No 18 tahun 2012 agar ada jaminan masyarakat...

Panen 400 hektar di Sambas siap penuhi cadangan Beras pemerintah

Posted in Berita Umum on Mar 19, 2018

Sambas (16/3). Ketua Pelaksana Serapan Gabah Nasional, Agung Hendriadi, yang juga Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian melakukan kunjungan ke lokasi panen raya di Desa Semparuk, Kecamatan Semparuk, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat, Jumat (16/3).

Pada kesempatan tersebut, Agung menyaksikan transaksi pembelian gabah langsung dari petani oleh Bulog Divre Sambas, Singkawang, dan Bengkayang. Harga pembelian Gabah Kering Panen (GKP) di lokasi ini sebesar Rp. 4.200/kg. “Penyerapan gabah ini sangat penting untuk mengisi cadangan beras kita" ujar Agung.

Target serap gabah semester I (J...

Geliat Lumbung Sri Pangan untuk Ketahanan Pangan

Posted in Berita Umum on Mar 19, 2018

Lumbung Sri Pangan merupakan Lumbung Pangan Masyarakat yang dikelola oleh Kelompok Tani Sri Maju. Tepatnya berada di Desa Seburing Kec. Semparuk Kab. Sambas, Provinsi Kalimantan Barat. Lumbung Pangan  dengan luas 6x6m saat ini terisi 2,5 ton, sedangkan yang ada di masyarakat sebanyak 828 kg. Menurut Ketua Poktan Sri Maju, Sarkauli, lumbung pangan milik kelompoknya melayani simpan pinjam berupa padi ke anggota poktan. 

 

“Anggota yang meminjam padi satu karung yang berisi 50 kg, wajib mengembalikan ke lumbung 55 kg.” Ujar Sarkauli. Pengembalian tersebut ditetapkan dalam satu musim panen. “Begit...

Rakor Pangan Provinsi Maluku : Ketersediaan dan Harga Pangan Aman Terkendali

Posted in Berita Umum on Jan 15, 2018

Ambon (14/12) – Untuk mengantisipasi terjadinya gejolak harga pangan pokok dan strategis, Kementerian Pertanian melalui Badan Ketahanan Pangan (BKP) melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) Pemantauan dan pengendalian Stabilitas Pasokan dan Harga Pangan menjelang HBKN Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 di Provinsi Maluku. Rakor dilaksanakan Kamis (14-12) 2017 di Kantor Gubernur Provinsi Maluku, dan dipimpin Wakil Gubernur. Peserta yang hadir adalah wakil dari Kementerian Pertanian (Kepala Bidang Ketersediaan Pangan BKP), Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Maluku, Kepala Dinas Pertanian Provinsi M...

Jelang Natal dan Tahun Baru 2018, Stok Pangan Aman di NTT

Posted in Berita Umum on Jan 12, 2018

Kupang (11/12) Sebagai salah satu provinsi yang mayoritas merayakan Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Natal dan tahun baru 2018, Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Frans Lebu Raya menjamin stok dan pasokan pangan di wilayahnya aman, dan harga terkendali. Hal ini sampaikan saat membuka Rapat Koordinasi (Rakor) pengamanan stabilisasi harga dan pasokan pangan jelang HBKN di Kupang. "Dengan kondisi amannya stok dan pasokan pangan di NTT, kita tetap harus waspada terhadap potensi timbulnya masalah distribusi dan penimbunan. Untuk itu kami mohon satgas pangan menindak tegas apabila ada yang melak...

Kementerian Pertanian adakan Bazar Beras di 4 Provinsi

Posted in Berita Umum on Jan 12, 2018

Jakarta (12/01), Merespon kecenderungan meningkatnya harga beras akhir-akhir ini, dan untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat memenuhi kebutuhan pangan berkwalitas dengan harga terjangkau, Kementerian Pertanian melalui Badan Ketahanan Pangan (BKP) bekerjasama dengan pemerintah daerah di 4 provinsi, yaitu DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Barat dan DI. Yogyakarta mengadakan bazar beras pada hari Jumat dan Sabtu (12-13/1/2018). "Bazar pangan ini kita lakukan serentak di 4 provinsi dengan tujuan memberikan kemudahan kepada masyarakat membeli beras dan komoditi lain dengan harga terjangkau," ka...

Berkat Bantuan Kementan, Panen di Subang lebih Optimal

Posted in Berita Umum on Jan 08, 2018

Memasuki awal tahun 2018, produksi padi di Kabupaten Subang, Jawa Barat cukup berlimpah karena diberbagai tempat sejak Desember 2017 hingga memasuki Minggu I Januari 2018 selalu ada panen. "Hampir setiap hari di desa-desa wilayah Subang dilakukan panen," kata Heri Haperi Kepala UPTD Kecamatan Pabuaran saat mengunjungi lokasi panen padi bersama-sama Tim dari Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian di desa Pringkasep, dan desa Salam Jaya Kecamatan Pabuaran, kabupaten Subang, Jawa Barat, Sabtu (6/12/18). Sebelumnya Tim dari BKP juga menyaksikan panen di desa Bantarsari, Kecamatan Cijambe. "D...

    Prev 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 Next