Arsip Berita

Kenyang Tidak Harus Nasi Ini Enam Komoditas Pangan Sumber Karbohidrat Selain Beras

Dipublikasikan pada tanggal 05 Nov, 2020

Jakarta – Nasi masih menjadi pangan pokok yang banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia.  Bahkan terdapat istilah bahwa belum kenyang apabila belum makan nasi. Untuk itu, Kementerian Pertanian dalam hal ini Badan Ketahanan Pangan mengampanyekan kenyang tidak harus nasi sebagai bagian dari upaya percepatan diversifikasi pangan.

Diversifikasi pangan merupakan salah satu strategi penyediaan pangan di masa pandemi. Hal ini ditegaskan oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dalam sambutannya pada momentum Hari Pangan Sedunia 2020,

"Diversifikasi pangan menjadi pilihan, orang bisa kenyang tidak han...

Percepat Diversifikasi Pangan, Produk Pangan Lokal Hadir di Pasar Mitra Tani

Dipublikasikan pada tanggal 04 Nov, 2020

Jakarta – Percepatan diversifikasi pangan terus didorong sebagai upaya pemerintah menjaga ketersediaan pangan di tengah pandemi. Salah satunya dengan menghadirkan pangan lokal yang mudah diakses masyarakat.

"Kita memudahkan akses masyarakat terhadap pangan lokal, salah satunya melalui pojok pangan lokal di seluruh Pasar Mitra Tani/TTIC provinsi,” ujar Agung ketika dihubungi, Rabu (04/11/2020)

Menurutnya, sebagai bagian dari upaya diversifikasi pangan, keberadaan pojok pangan lokal di setiap provinsi ini memberikan pilihan kepada masyarakat untuk mengonsumsi produk-produk pangan lokal yang bera...

Kementan Tekankan Stabilisasi Pasokan Pangan dalam Pertemuan APEC Tingkat Menteri tentang Ketahanan Pangan

Dipublikasikan pada tanggal 27 Oct, 2020

Dampak pandemi Covid-19 sangat terasa, termasuk di sektor pangan dan pertanian yang antara lain mengganggu rantai pasok pangan. Untuk itu, anggota APEC perlu memperkuat solidaritas dan kerjasama untuk memastikan sistem pangan yang terbuka, andal, inovatif dan berkelanjutan.

 Indonesia sebagai anggota APEC terus menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan melalui berbagai langkah strategis. Hal tersebut disampaikan Kepala Badan Ketahanan Pangan, Kementerian Pertanian, Agung Hendriadi sebagai pimpinan delegasi RI mewakili Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dalam pertemuan virtual tingkat ment...

Petani Milenial Berjuang Entaskan Rentan Rawan Pangan

Dipublikasikan pada tanggal 21 Oct, 2020

Koba – Pengentasan daerah rentan rawan pangan sangat penting untuk mewujudkan ketahanan pangan di seluruh wilayah Indonesia. Hal tersebut diutarakan Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian, Agung Hendriadi saat melakukan tanam bawang merah di lahan milik kelompok tani Top Milenial, Bangka Tengah, Selasa (20/10/2020).

Salah satu upaya yang dilakukan oleh Kementerian Pertanian dalam hal ini Badan Ketahanan Pangan melalui kegiatan Pertanian Keluarga. "Upaya mengentaskan rentan rawan pangan ini, saya melihat semangat para petani milenial, kita akan dukung terus agar mereka mampu menjad...

Percepat Diversifikasi Pangan, Kementan Upayakan Sinergi Multisektor

Dipublikasikan pada tanggal 15 Oct, 2020

Bogor – Percepatan diversifikasi pangan dengan target menurunkan konsumsi beras dan meningkatkan konsumsi pangan lokal memerlukan langkah nyata melalui sinergi bersama multi sektoral. Untuk itu, Kementerian Pertanian (Kementan) menggandeng asosiasi yang bergerak di bidang pengembangan komoditas pangan serta praktisi di bidang teknologi pangan.

Hal tersebut nampak dalam penandatangan nota kesepahaman antara Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementan dengan Masyarakat Singkong Indonesia (MSI), Masyarakat Sagu Indonesia (MASSI) dan Perhimpunan Ahli Teknologi Pangan Indonesia (Patpi) tentang pengembang...

Kuatkan Akses Pangan Lokal untuk Diversifikasi Pangan

Dipublikasikan pada tanggal 15 Oct, 2020

Jakarta –  Dalam berbagai kesempatan, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengajak semua pihak untuk mengupayakan diversifikasi pangan sebagai salah satu strategi menjaga ketersediaan pangan, terlebih di masa pandemi ini. Karena itu, Kementerian Pertanian kian gencar mewujudkan percepatan diversifikasi pangan untuk mengurangi ketergantungan konsumsi pangan yang cenderung fokus pada satu komoditas sumber karbohidrat. Hal ini dibarengi dengan upaya peningkatan penyediaan dan konsumsi pangan lokal seperti jagung, ubi kayu, sagu, kentang, pisang dan talas.


Menurut Kepala Badan Ketahanan Pa...

Bertani di Pekarangan, Wujudkan Pertanian sebagai Andalan

Dipublikasikan pada tanggal 24 Sep, 2020

Jakarta – Pertanian sangat penting bagi bangsa Indonesia, sebab kemajuan ekonomi salah satunya bergantung pada pertanian yang maju. Hal ini ditegaskan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo usai melakukan panen serentak Pekarangan Pangan Lestari (P2L) yang diikuti oleh 34 provinsi secara virtual, di Jakarta, Kamis (24/9/2020).

“Pertanian menjadi sektor yang mengalami pertumbuhan di antara sektor lain. Ini menunjukkan bahwa pertanian ini menjadi andalan, apalagi di tengah pandemi saat ini,” ujar Mentan SYL.

Mentan SYL juga mengajak semua pihak untuk bahu membahu memajukan pertanian Indonesia. Me...

Kementan-Bukalapak Resmi Bekerjasama

Dipublikasikan pada tanggal 24 Sep, 2020

Jakarta - Kementerian Pertanian (Kementan) resmi bekerjasama dengan perusahaan e-commerce Bukalapak, Kamis, 24 September 2020. Kerjasama ni bertujuan untuk mengembangkan kapasitas usaha dan fasilitas pemasaran online untuk pelaku usaha di bidang pertanian.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengatakan, kerjsama ini merupakan bukti kuat bahwa indonesia memiliki kemajuan dan kemandirian usaha yang terus berkembang pesat secara modern.

"Hadirnya Bukalapak yang bekerjasama dengan Badan Ketahanan Pangan dan PPSDM melalui ini menandakan bahwa pertanian kita tidak seperti kemarin. Pertani...

Hadapi Pandemi, Kementan Dorong Konsumsi Pangan Sehat dan Beragam

Dipublikasikan pada tanggal 23 Sep, 2020

Jakarta - Menghadapi pandemi Covid 19 yang masih melanda, Kepala Badan Ketahanan Pangan Agung Hendriadi menaruh perhatian terhadap upaya pencegahan penyebaran Covid 19 dengan melaksanakan Sosialisasi Pencegahan Penyebaran Covid-19 kepada seluruh pegawai Badan Ketahanan Pangan secara virtual pada hari Rabu (23/09/2020).

Dalam kesempatan tersebut, Agung menegaskan pentingnya untuk menyosialisasikan secara terus menerus terkait cara hidup berdampingan dengan Covid 19 dalam masa pandemi ini.

“Ini penting untuk kita membiasakan diri dengan memulai hidup baru dengan mengutamakan protokol kesehatan k...

Bukalapak Buka Peluang Kerja Sama Dengan Kementan

Dipublikasikan pada tanggal 18 Sep, 2020

Jakarta - Perusahaan e-commerce Bukalapak berencana akan melakukan kerjasama dengan Kementerian Pertanian (Kementan) dalam meningkatkan produktivitas dan penjualan hasil komoditas pertanian di Indonesia.


Rencana kerjasama tersebut diutarakan CEO Bukalapak Rahmat Kaimuddin saat menghadiri silaturahmi dengan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo di kantor Kementan RI, Jakarta Selatan pada Jumat (18/9).


"Insya Allah sedang kita coba melakukan kerjasama karena kita melihat ada potensi yang sangat besar antara Kementan dengan Bukalapak dan kita akan langsung diskusikan teknisny...