Arsip Berita

Ekspose UMKM Pangan Lokal Tingkatkan Antusiasme Terhadap Pangan Lokal

Dipublikasikan pada tanggal 30 Nov, 2020

Bekasi - Pemerintah terus berupaya untuk memperluas dan memudahkan akses pangan lokal kepada masyarakat, hal ini dilakukan untuk mendorong konsumsi pangan lokal di masyarakat. Mendukung upaya tersebut Kementerian Pertanian tidak hanya membuka akses melalui pemasaran secara langsung namun juga digital melalui marketplace.

Upaya yang dilakukan pemerintah mendapat sambutan dari pengusaha UMKM maupun masyarakat yang dibuktikan dengan antusiasme masyarakat mengunjungi lokasi Ekspose Pangan Lokal 2020 di Summarecon Bekasi yang digelar 26-29 November 2020.

Hal ini diakui pula oleh Andi, dari UMKM Sau...

Perluas Pasar Pangan Lokal, Kementan Dorong UMKM Go Digital

Dipublikasikan pada tanggal 26 Nov, 2020

Bekasi (25/11) - Kementerian Pertanian terus berupaya menjaga ketersediaan dan aksesibilatas pangan, salah satunya dengan terus mendorong para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) pangan lokal, agar mampu bertransformasi ke pola usaha digital.

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo mengatakan transformasi UMKM ke arah digital dapat memberi dampak signifikan dalam memperluas dan mendekatkan akses pangan lokal kepada masyarakat.

“Saya merasa dimasa pandemi seperti ini, ada pendekatan pasar baru yang bisa kita dorong, orang bisa memesan makan dari rumah dengan sistem digital, tinggal klik...

Hindari Kerumunan, Bazar PMT Kementan Terapkan Jemput Bola

Dipublikasikan pada tanggal 25 Nov, 2020

Jakarta – Menjelang perayaan Hari Besar dan Keagamaan Nasional (HBKN) seperti Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, sebagaimana pengalaman tahun-tahun sebelumnya, beberapa harga bahan pangan pokok cenderung mengalami kenaikan seiring naiknya permintaan masyarakat. Mengantisipasi hal tersebut berbagai upaya dan langkah strategis telah dan akan terus dilakukan Pemerintah. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dalam berbagai kesempatan menegaskan jajarannya berkonsentrasi penuh dalam upaya menjaga stabilitas pasokan pangan khususnya pada 11 komoditas pangan pokok.  

Untuk itu, Kementerian Pertanian mel...

Kementan Dorong Penguatan UMKM Pangan Lokal

Dipublikasikan pada tanggal 18 Nov, 2020

Jakarta – Mengubah mindset masyarakat untuk mencintai pangan lokal seringkali ditegaskan oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dalam berbagai kesempatan. Untuk itu, Kementerian Pertanian berupaya mewujudkan diversifikasi pangan lokal yang terintegrasi dengan melibatkan multisektor dari hulu ke hilir.

Selain peningkatan ketersediaan komoditas pangan lokal, di sisi hilir juga dilakukan penyediaan pangan melalui penguatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) pangan lokal dengan edukasi dan promosi yang diharapkan dapat mengubah kebiasaan dan pola pikir masyarakat terhadap konsumsi pangan lo...

Papua bertekad Tingkatkan Produksi Pangan ditengah Pandemi Covid-19

Dipublikasikan pada tanggal 17 Nov, 2020

Merauke – Kementerian Pertanian sebagai institusi yang bertanggung jawab terhadap penyediaaan pangan terus mengupayakan agar program dan kegiatan strategis pertanian dapat mewujudkan ketahanan pangan secara berkelanjutan.

Sebagai wilayah yang mampu menghasilkan produk pertanian terutama padi dan jagung, Merauke berpotensi menjadi lumbung pangan yang mendukung swasembada pangan.

Merauke memiliki potensi lahan yang besar, didukung geografis yang datar, irigasi long storage yang memadai,  iklim  mendukung dan kepemilikan lahan petani luas, rata-rata 5 ha bahkan ada petani yang memiliki lahan lebi...

Pertanian Keluarga Bantu Entaskan Daerah Rentan Rawan Pangan di Papua

Dipublikasikan pada tanggal 16 Nov, 2020

Keerom – Kementerian Pertanian memberikan perhatian serius terhadap upaya pengentasan daerah rentan rawan pangan. Salah satunya diwujudkan melalui kegiatan Pertanian Keluarga.

Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Agung Hendriadi menyebut bahwa Papua menjadi lokasi utama Kegiatan Pertanian Keluarga.

"Papua menjadi lokasi utama karena berdasarkan Peta Ketahanan dan Kerentanan Pangan (FSVA) sebagian besar kabupaten/kota di Papua masih rentan rawan pangan" ujarnya.

Sementara itu, Kepala Pusat Ketersediaan dan Kerawanan BKP Andriko Noto Susanto menambahkan bahwa pada tahun 2020 ini Provinsi Papua me...

Bertani di Pekarangan, Kuatkan Ketahanan Pangan Keluarga

Dipublikasikan pada tanggal 15 Nov, 2020

Jakarta – Keluarga memiliki peran penting dalam mewujudkan ketahanan pangan nasional. Hal tersebut diupayakan melalui pemanfaatan pekarangan yang potensial sebagai sumber pangan untuk mencukupi kebutuhan pangan keluarga. Berbagai komoditas pangan seperti sayur-sayuran dapat tumbuh dan dikembangkan di pekarangan.

Upaya mewujudkan ketahanan pangan keluarga tersebut dapat dilihat dari berbagai aktifitas kelompok Pekarangan Pangan Lestari (P2L). Seperti nampak di Kelompok Wanita Tani (KWT) Cempaka Putih Kelurahan Gading Sari Kecamatan Kundur Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau. Ketua KWT Ce...

Optimalkan Pekarangan Pangan Lestari, Atasi Masalah Pengangguran

Dipublikasikan pada tanggal 12 Nov, 2020

Jakarta -  Pandemi virus Covid-19 yang masih berlangsung hingga saat ini dampaknya sangat luar biasa, karena menyasar berbagai sektor kehidupan manusia. Selain masalah kesehatan, sektor tenaga kerja juga mengalami hal yang sangat parah. Tidak sedikit perusahaan yang gulung tikar atau terpaksa memutuskan hubungan kerja pegawainya, sehingga menambah jumlah pengangguran.

Badan Pusat Statistik baru-baru ini merilis, jumlah pengangguran terbuka Agustus 2020 mencapai 9,77 juta, naik 2,67 juta dari Agustus 2019. Tambahan angkatan kerja baru tercatat 2,36 juta orang.

Dari data BPS tersebut, penyebaran...

Pasar Tani Goes To Mall, Jurus Kementan Perluas Akses Pangan Berkualitas

Dipublikasikan pada tanggal 10 Nov, 2020

Jakarta – Salah satu upaya Kementerian Pertanian dalam meningkatkan akses masyarakat terhadap pangan yang berkualitas di tengah kondisi pandemi COVID-19 saat ini adalah memperluas saluran pemasaran komoditas produksi petani melalui optimalisasi Pasar Mitra Tani (PMT) atau yang dahulu dikenal dengan Toko Tani Indonesia Center (TTIC).

Sebagai sarana memperkenalkan produk pangan langsung dari petani yang berkualitas dengan harga terjangkau, Pasar Mitra Tani ikut serta dalam Pasar Tani Goes To Mall yang digelar di beberapa Mall besar di Jakarta, Depok dan Bogor.

PMT turut hadir di Mall of Indonesi...

Permudah Penjualan Bahan Pangan, Pasar Mitra Tani Kementan Buat Market Place

Dipublikasikan pada tanggal 08 Nov, 2020

Dalam upaya penyediaan bahan pangan yang lebih murah, berkualitas dan terjangkau masyarakat, Pasar Mitra Tani (PMT) yang dikembangkan Badan Ketahanan Pangan, Kementerian Pertanian (Kementan), terus melakukan berbagai inovasi dan terobosan. Apalagi di tengah pandemi covid-19 yang belum tahu kapan akan berakhir, pembatasan sosial serta kekhawatiran masyarakat beraktivitas di luar rumah, menuntut semua jasa pelayanan termasuk PMT melakukan upaya-upaya agar kebutuhan pangan masyarakat tetap tersedia dan tercukupi.

"Kehadiran Pasar Mitra Tani ini sangat penting, apalagi dalam suasana pandemi covid-...