TTI Kementan Mudahkan Masyarakat Membeli Pangan Murah Berkualitas

Posted in Berita Umum on May 11, 2018

Mengantisipasi meningkatnya kebutuhan pangan masyarakat, khususnya menjelang puasa dan idulfitri 2018, Toko Tani Indonesia (TTI) Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian membuka Gelar Pangan Murah diberbagai tempat.


"TTI hadir diberbagai tempat untuk memudahkan masyarakat memenuhi kebutuhan pangan dengan harga terjangkau dan berkualitas," kata Kepala BKP Agung Hendriadi beberapa hari lalu.


Menurut Agung, TTI bisa menjual dengan harga murah dan berkualitas, karena produknya didatangkan langsung oleh Gabungan Kelompok Tani.


"Kami potong matarantai distribusi pangan ya...

Jelang HBKN, TTIC Siap Penuhi Kebutuhan Pangan Masyarakat

Posted in Berita Umum on May 09, 2018

Toko Tani Indonesia Center (TTIC) yang dibentuk Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian bertujuan antara lain untuk meningkatkan efisiensi pasokan pangan dari produsen di wilayah sentra ke TTI di wilayah konsumen.


Demikian sambutan Kepala Badan Ketahanan Pangan Agung Hendriadi yang dibacakan Kepala Pusat Distribusi dan Cadangan Pangan Riwantoro saat peresmian TTIC Daerah Banten di Kantor Dinas Ketahanan Pangan Banten di Serang, Rabu (9/5).


“TTIC memiliki peran strategis sebagai sarana bagi Gapoktan/supplier/produsen pangan pokok  untuk memasarkan komoditas pangan,” ungkap nya....

Jaga Stabilisasi Harga dan Pasokan Pangan, TTIC Daerah Terus Bertambah

Posted in Berita Umum on May 09, 2018

Untuk mengantisipasi lonjakan permintaan bahan pangan menjelang Ramadhan,  pemerintah Provinsi Aceh melakukan Peresmian Toko Tani Indonesia Center (TTIC), TTIC menggelar pangan pokok strategis dengan harga yang murah dan berkualitas kepada masyarakat di Bandar Baru Lamprit, Banda Aceh, Rabu (9/5/18).

Kepala BKP Kementan Sidak ke Pasar Sukaramai Pekanbaru

Posted in Berita Umum on May 07, 2018

Dalam kunjungan kerjanya ke provinsi Pekanbaru, selain melaunching TTIC (Toko Tani Indonesia Center), Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian Agung Hendriadi juga melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke Pasar Pusat Sukaramai, Pekanbaru, Senin (7/5).

Dalam Sidak yang dilakukan sekitar jam 07.15, Agung didampingi Kepala Pusat Ketersediaan dan Kerawanan pangan, dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Riau.


Dipilihnya pasar Sukaramai, karena pasar yang berada di jalan Jend Sudirman ini menjadi barometer harga pangan di Pekanbaru.


Sidak ini diperlukan karena pemerint...

Kementan Kembangkan TTIC Agar Tercipta Harga Pangan Yang Wajar

Posted in Berita Umum on May 04, 2018

Sekretaris Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian Mulyadi Hendiawan, pada Launching Toko Tani Indonesia Center (TTIC) DI Yogjakarta, Kamis (3/4) mengatakan kegiatan ini dilakukan secara nasional, dimana Kementerian Pertanian  tahun 2018 mengembangkan TTIC di 20 provinsi.


"Pengembangan TTIC merupakan salah satu bentuk intervensi pemerintah untuk mempengaruhi harga pangan dari spekulan pangan, sehingga tercipta harga pangan yang wajar," kata Mulyadi.


Dijelaskan Mulyadi, untuk mengendali harga pangan,  sejak tahun 2016 telah dilakukan Pengembangan Usaha Pangan Masyara...

Jelang Puasa dan Idul Fitri 2018 Ketersediaan Pangan Cukup, Distribusi Pangan Perlu Pengawasan

Posted in Berita Umum on May 03, 2018

Dalam upaya pengamanan ketersediaan dan stabilisasi harga bahan pangan pokok jelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Ramadhan dan Idul Fitri 2018, Kementerian Pertanian melakukan koordinasi dengan Badan Intelijen Keamanan Polri.


"Saat ini, ketersediaan bahan pangan terbilang cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama HBKN puasa dan idul fitri 2018, namun perlu pengawasan  intensif  terkait distribusi pangan dari produsen sampai ke konsumen," ujar Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian Agung Hendriadi, saat memberikan pembekalan personil Direktorat Ekonomi Mab...

Pemerintah Siap Amankan Ketersediaan dan Stabilisasi Harga Pangan

Posted in Berita Umum on May 03, 2018

Stok aman dan intervensi harga sudah dilakukan pemerintah, sehingga pelaksanaan puasa dan idul fitri 2018 tetap terjaga sebagaimana keberhasilan stabilisasi harga pangan tahun 2017.

Demikian kesimpulan yang bisa dirumuskan dalam diskusi panel bertemakan “Pengendalian dan Stabilisasi Pangan dalam Rangka Menghadapi Puasa dan Lebaran 2018” yang diselenggarakan Mabes POLRI dalam rangka APEL KASATWIL TAHUN 2018 di Gedung Auditorium Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian, Kamis 3 Mei 2018.

Diskusi yang dipandu Zacky Arfan dari Metrotv ini menampilkan Menteri Pertanian yang diwakili Kepala Badan Ketahanan ...

Kiprah TTI Kementan Dalam Penyediaan Pangan Masyarakat

Posted in Berita Umum on Apr 30, 2018

Kiprah Toko Tani Indonesia (TTI) semakin dirasakan manfaatnya dalam  penyediaan pangan murah berkualitas bagi masyarakat, terlebih dengan hadirnya TTI Centre (TTIC) di berbagai tempat, seperti di Provinsi Kalimantan Barat yang diresmikan, di Komplek Kantor Dinas Pangan, Peternakan dan Kesehatan Hewan, Senin (30/4).


Sekretaris Daerah  Kalimantan Barat M. Zeet Hamdy Assovie dalam sambutannya,

mengapresiasi  dan mengharapkan TTIC dapat menyediakan  pangan  murah berkualitas dan aman.


"Adanya TTIC mendorong daya beli masyarakat karena harganya lebih murah dibanding harga pasar, sehingg...

Bimbingan Teknis Dupak Online Fungsional APHP dan PMHP

Posted in Berita Umum on Apr 30, 2018

Badan Ketahanan Pangan melakukan Bimbingan Teknis (Bimtek) Dupak Online pada Senin, 30 April 2018 di Kantor Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian. Kegiatan yang dibuka oleh Kepala Bagian Umum Badan Ketahanan Pangan, Ir. Hashim Asyari, MM bertujuan untuk mensosialisasikan Dupak online bagi para Fungsional Analis Pasar Hasil Pertanian (APHP) dan Fungsional Pengawas Mutu Hasil Pertanian (PMHP).

 Sekitar 90 orang pejabat fungsional APHP dan PMHP dari sejumlah instansi menghadiri kegiatan tersebut. Sebagai narasumber pada acara tersebut adalah Ir. Nurwahida, MM, Kepala Subbagian Administrasi...

Kementan Jajaki Kerjasama dengan Asprindo Dalam Pengentasan Kemiskinan

Posted in Berita Umum on Apr 25, 2018

Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian Agung Hendriadi menyambut baik dukungan Asosiasi Pengusaha Bumiputera Nusantara Indonesia (Asprindo) yang berniat menjajaki kerjasama dengan Kementerian Pertanian (Kementan) untuk mendorong percepatan keberhasilan program  pengentasan kemiskinan.

“Asprindo ini kami harapkan sebagai mitra yang dapat menjadi booster untuk meningkatkan percepatan program pengentasan kemiskinan” kata Agung pada saat melakukan audiensi dengan Asprindo, di Kantor Kementerian Pertanian Jakarta Selatan, Rabu (25/4).

Sinergi program Kementan dengan Asprindo, lanjut Ag...

Kementan Kembangkan TTIC di 20 Provinsi

Posted in Berita Umum on Apr 25, 2018

Setelah sukses membangun Toko Tani Indonesia Centre (TTIC) di Jakarta, Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Badan Ketahanan Pangan (BKP) mengembangkan di 20 provinsi.


Dari 20 TTIC yang  dikembangkan, salah satunya di Provinsi Lampung yang dilaunching di halaman kantor Dinas Ketahanan Pangan (DKP), Rabu (25/4).


Acara ini sekaligus menandakan dimulainya  apel siaga menjaga stok dan stabilitasi harga pangan, menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HKBN).


Launching diresmikan Plt. Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Provinsi Lampung Taufik Hidayat bersama Inspektur Jendra...

Perpadi Dukung penuh percepatan Serap Gabah Petani

Posted in Berita Umum on Apr 24, 2018

Dalam rangka percepatan Serapan Gabah/Beras Petani (Sergap) di Provinsi Jawa Barat, Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian, Agung Hendriadi menggelar rapat koordinasi (Rakor) di kantor Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Jawa Barat, Selasa (24/4). Rakor menyepakati, serapan gabah/beras perlu dimaksimalkan mencapai 70% hingga bulan Juni dari total target Jawa Barat tahun 2018 sebesar 290.664 ton beras.

Upaya percepatan akan dimaksimalkan hingga sebelum memasuki bulan Ramadhan, mengingat besarnya panen pada bulan April 2018 seluas 190.711 ha. Dari laporan Perum Bulo...

Kepala BKP Pimpin Rakor Sergap Provinsi Lampung

Posted in Berita Umum, Sergap on Apr 20, 2018

Dalam rangka mempercepat penyerapan gabah/beras petani oleh Perum Bulog yang akan digunakan sebagai cadangan pangan dan pemenuhan Rastra, 

Kepala Badan Ketahanan Pangan Agung Hendriadi pimpin rapat kordinasi Serapan Gabah Petani (Sergab) di kantor Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Lampung (20/4).





“Kita harus bantu Bulog mempercepat pengadaan beras sebagai cadangan pangan dan Rastra“ pungkas Agung.

Agung menegaskan bahwa Lampung memiliki potensi yang sangat besar, namun masih bisa lebih dioptimalkan. Oleh sebab itu Ia berharap agar gabah tidak keluar Lampung. 

“Kalau bisa ...

Pemantauan Bersama Gelar Pangan Murah Wakil Gubernur DKI Jakarta dan Badan Ketahanan Pangan Kementan

Posted in Berita Umum on Apr 19, 2018

Dalam rangka stabilisasi harga pangan dalam rangka menyabut bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri,  Kementerian Pertanian menyelenggarakan Gelar Pangan Murah bersama Pemerintah Daerah DKI Jakarta untuk menyediakan pangan yang terjangkau bagi masyarakat. Pada hari Selasa tanggal 17 April 2018, Wakil Gubernur DKI Jakarta melaksanakan pemantauan bersama Kepala Pusat Distribusi dan Cadangan Pangan, Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian di Pasar koja Jakarta Utara, mendapat antusias luar biasa dari masyarakat.

Gelar Pangan Murah juga telah dilaksanakan di Pasar Grogol, Pasar Jembatan Lima,...

Kunjungan Suporting Dewan HAM PPB atas Hak Pangan ke Sumatera Selatan

Posted in Berita Umum on Apr 13, 2018

Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian, Dr. Ir. Agung Hendriadi bersama dengan Special Reporter (SR) Dewan HAM PBB, Hilal Ever mengunjungi Palembang  Sumatera Selatan pada 11-12 April 2018. Tujuan kedatangan SR untuk mendorong upaya pemantapan dan pemenuhan hak atas pangan di tingkat nasional, regional dan international. Selain itu mengidentifikasi hambatan pemenuhan hak atas pangan untuk memberi rekomendasi mengenai upaya progresif pemenuhan hak atas pangan, terkait isu pengarusutamaan perspektif gender yang bekerjasama dengan seluruh negara dan pemangku kepentingan lainnya.

Pada...

    Prev 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 Next