Pemerintah Serap Gabah Petani di Sukabumi, Jawa Barat

Posted in Berita Umum on Mar 19, 2018

Sukabumi, Pemerintah bersama petani melakukan panen dan serap gabah (Sergap) di Desa Caringin Kecamatan Gegerbitung Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat pada hari Sabtu, (20/1).

Hadir dalam acara ini Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Agung Hendriadi, Kepala Badan Karantina Banun Harpini, Bupati Sukabumi, Aster Kodam, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten, dan Kepala Sub Divre Bulog wilayah Jawa Barat beserta jajaran.

Bupati Sukabumi Marwan Hamami mengatakan, daerahnya tidak pernah kekurangan pangan karena hasil panen melimpah sepanjang waktu, terlebih d...

Kepala Badan Ketahanan Pangan Melantik Pejabat Eselon 3 dan Eselon 4 lingkup Badan Ketahanan Pangan

Posted in Berita Umum on Mar 19, 2018

Jakarta, Kepala Badan Ketahanan Pangan, Agung Hendriadi Jum’at (19/1) melantik Pejabat Administrator (Eselon 3) dan Pejabat Pengawas (Eselon 4) lingkup Badan Ketahanan Pangan. Acara pelantikan berlangsung di Ruang Nusantara II Badan Ketahanan Pangan dan disaksikan oleh Pejabat Eselon II, III dan IV Lingkup Badan Ketahanan Pangan dan Rohaniawan.

Dalam sambutan pengarahan, Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian (Agung Hendriadi) mengatakan bahwa pelantikan pejabat struktural, untuk mengisi kekosongan Pejabat Struktural Administrator (Eselon III) yang sudah memasuki masa purnabakti a...

Kepala BKP Paparkan Fokus Kegiatan 2018

Posted in Berita Umum on Mar 19, 2018

Jakarta, Dalam rangka menyamakan persepsi dan menyusun langkah strategis pelaksanaan kegiatan ketahanan pangan tahun 2018, Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Agung Hendriadi memimpin rapat kerja nasional di Jakarta hari ini (16/01).

Pada kesempatan ini Kepala BKP memaparkan fokus kegiatan utama BKP pada tahun 2018 yang meliputi: Pertama, pengentasan rentan rawan pangan; Kedua, pemantauan distribusi dan stabilisasi harga; Ketiga, pemantauan mutu dan keamanan pangan; Keempat, gerakan diversifikasi pangan, dan Kelima, analisis kajian kebijakan ketahanan pangan.

Turut hadir dalam acara ini Kepala...

Ketersediaan Beras Nasional Cukup

Posted in Berita Umum on Mar 19, 2018

Jakarta, Ketersediaan beras nasional selama januari-maret 2018 adalah 2,8 juta ton (januari); 5,4 juta ton (Februari); dan 7,4 juta ton (maret)," kata Agung Hendriadi, Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian.

"Dengan angka konsumsi beras perbulan 2,5 juta ton, dapat dipastikan tiga bulan kedepan kita mengalami surplus beras” jelas Agung saat mewakili Menteri Pertanian membahas masalah perberasan dalam Rapat Pimpinan (Rapim) Nasional Kepolisian Republik Indonesia di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) Jakarta, Selasa (24/1).

Dalam paparannya berjudul "Strategi Kementerian Pertan...

Surplus Beras, Pandeglang Siap Pasok Daerah Lain

Posted in Berita Umum on Mar 19, 2018

Kabupaten Pandeglang menyelenggarakan rapat koordinasi (Rakor) serapan gabah petani (Sergab) bersama lembaga/instansi terkait (1/02).

Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian, perwakilan Korem, Kodim, divre dan subdivre Bulog Pandeglang, Kepala BPTP Provinsi Banten , Kepala Dinas Pertanian Provinsi Banten, dan Perwakilan Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Banten dan SKPD Kabupaten Pandeglang terkait.

Dalam sambutannya, Bupati Pandeglang Irna Narulita menyampaikan bahwa Pandeglang merupakan sentra pangan di Provinsi Banten, sehingga wilayah nya tida...

Peran PUPM perlu ditingkatkan dalam Distribusi Pangan

Posted in Berita Umum on Mar 19, 2018

Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian, Agung Hendriadi melakukan peninjauan lapangan ke Desa Pamong, Kec. Ciruas, dan desa Teritih, Kec. Walantaka, Kab. Serang, Provinsi Banten pasca melaksanakan rapat koordinasi serapan gabah petani (Sergab) di kantor Bupati Pandeglang, Banten.

Pada kesempatan tersebut Ketua Gapoktan Karya Bakti, Madasraf melaporkan bahwa dari 25 Ha lahan yang dikelolanya dapat menghasilkan 3 bulan stok gabah kedepan.

"Disini produktivitasnya 6 ton/Ha dengan rendemen 50-51%, sehingga dapat menjamin stok selama tiga bulan kedepan" ujar nya.

Gapoktan Karya B...

Sergap, Untuk Melindungi dan Meningkatkan Kesejahteraan Petani

Posted in Berita Umum on Mar 19, 2018

Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian Agung Hendriadi mengatakan, pihaknya berharap kegiatan serap gabah (sergap), sebagai salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk melindungi dan meningkatkan kesejahteraan petani benar-benar dilakukan dengan baik.

"Petani yang sudah bekerja keras jangan disakiti, dengan membiarkan gabah yang dipanen harganya anjlok. Kita harus hadir untuk membela dan membantu petani, agar petani mendapat keuntungan dari usahanya. Ini harus kita lakukan," ujar Agung dalam rapat koordinasi sergab dikantor Bupati Pandeglang, Kamis (1/2).

Senada dengan Agung,...

Bulog Siap Serap Gabah Petani di Kendal

Posted in Berita Umum on Mar 19, 2018

Hingga akhir Februari 2018 sejumlah kecamatan di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah yakni Cepiring, Pegandon dan Patebon memiliki potensi panen tidak kurang dari 2000 hektar.

Dalam upaya memantapkan Serapan Gabah Petani (SERGAP) tahun ini, Kepala Badan Ketahanan Pangan Agung Hendriadi bersama Perwakilan Bulog Divre Jawa Tengah Rahayu melakukan koordinasi dan turun ke lapangan untuk memastikan peluang penyerapan gabah atau beras oleh BULOG di Kabupaten Kendal.

Pada Februari ini, target penyerapan BULOG untuk Provinsi Jawa Tengah adalah 82 ribu ton (28,9%) dari 284 ribu ton gabah hingga akhir bulan J...

Tahun 2018, BKP Fokus Kegiatan Pengentasan Kemiskinan

Posted in Berita Umum on Mar 19, 2018

Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian memfokuskan program dan kegiatan tahun ini pada upaya pengentasan kemiskinan melalui padat karya. Hal ini disampaikan oleh Kepala BKP, Agung Hendriadi pada saat memberikan arahan sekaligus menutup acara Sinkronisasi Program dan Kegiatan BKP Tahun 2018 di Makassar, Sulawesi Selatan (8/02).

"Pengentasan kemiskinan dengan pola padat karya dilakukan di 1.000 desa di 100 kabupaten/kota" tegas nya.

Upaya yang dilakukan melalui kegiatan reguler mencakup pengentasan wilayah rentan rawan pangan, gerakan diversifikasi pangan, distribusi serta pengendali...

Sulawesi Selatan siap laksanakan Operasi Sergab 2018

Posted in Berita Umum on Mar 19, 2018

Dirjen Tanaman Pangan Gatot Irianto bersama Kepala Badan Ketahanan Pangan pimpin Rapat Kordinasi Serap Gabah Petani (Sergab) Provinsi Sulawesi Selatan yang di gelar di Makassar pada 8 Februari 2018.

Dalam arahan nya, Gatot Irianto menjelaskan bahwa pihaknya telah bekerja sama dengan BRI untuk membiayai operasi pembelian gabah/beras.

"Kalau kemarin Dandim nggak punya uang, sekarang pegang uang," tambahnya. Menurutnya, dengan ada nya skema pembiayaan ini para tengkulak tidak akan punya ruang lagi untuk bergerak bebas.

Pada kesempatan tersebut Kasdam XIV Hasanuddin Brigjen Budi Sulistijono pun me...

Peran Badan Ketahanan Pangan Dalam Pengentasan Kemiskinan

Posted in Berita Umum on Mar 19, 2018

Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian pada tahun 2018 akan memfokuskan kegiatan pada upaya pengentasan kemiskinan melalui padat karya.

"Kita akan fokus dan berkontribusi nyata dalam berbagai kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mengentaskan kemiskinan," kata Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian, Agung Hendriadi saat memberikan sambutan dan arahan pada "Sinkronisasi Program dan Kegiatan BKP Tahun 2018" Minggu malam (12/1) di Solo Jawa Tengah.

"Pengentasan kemiskinan dengan pola padat karya dilakukan di 1.000 desa di 100 kabupa...

Serap Gabah untuk Membantu dan Mensejahterakan Petani

Posted in Berita Umum on Mar 19, 2018

Tujuan kegiatan serap gabah petani adalah untuk membantu dan mensejahterakan petani. Kasihan petani yang sudah bekerja keras kalau sampai merugi. Untuk itulah pemerintah turun tangan membeli gabah petani, agar petani mendapat keuntungan dari usaha tani nya," kata Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian, Agung Hendriadi saat memberikan pengarahan pada Rapat Koordinasi (Rakor) Serap gabah petani (sergab) di Sumatera Selatan (12/2).

Selain itu, menurut Agung, kegiatan sergab juga bertujuan untuk meningkatkan cadangan pangan pemerintah, yang dilakukan melalui penugasan kepada Bul...

Gorontalo Optimis 2018 Serap Gabah dan Jagung Petani

Posted in Berita Umum on Mar 19, 2018

Dengan ditetapkan nya fleksibilitas harga pembelian gabah/ beras oleh Bulog sebesar 20% dari Harga Pembelian Pemerintah (HPP) diharapkan Bulog dapat memenuhi target penyerapan lebih optimal. Demikian disampaikan Kepala Badan Ketahanan Pangan Agung Hendriadi pada saat memimpin Rapat Kordinasi Serap Gabah Petani (Sergab) Provinsi Gorontalo hari ini Selasa (13/2).

"Dengan kelenturan tersebut saya harap Bulog mampu menyerap sesuai target sebesar 2,2 juta ton sampai dengan Juni 2018" tegas Agung.

Selain itu, menurut Agung, mekanisme Sergap saat ini Bulog menggandeng TNI AD dalam hal ini Dandim yang...

Provinsi Lampung Siap Laksanakan Operasi Sergab

Posted in Berita Umum on Mar 19, 2018

Hingga Juni 2018, Kementerian Pertanian melalui Perum Bulog menargetkan serapan beras tidak kurang dari 2,2 juta ton sebagai upaya pemenuhan cadangan beras nasional dan pengendalian harga.

"Target sudah disepakati bersama dan tim siap turun ke lapangan untuk melaksanakan operasi Sergab." Hal ini disampaikan oleh Inspektur Jenderal Kementerian Pertanian Justan Riduan Siahaan pada Rapat Koordinasi (Rakor) serapan gabah petani (Sergab) Provinsi Lampung (13/2).

Justan yang juga penanggung jawab Upsus Pajale Provinsi Lampung memfokuskan perhatiannya pada akurasi data yang perlu disampaikan secara b...

Bulog Diminta Serap Gabah dan Jagung Petani Gorontalo

Posted in Berita Umum on Mar 19, 2018

Kementerian Pertanian melalui Badan Ketahanan Pangan Agung Hendriadi mengapresiasi serap gabah yang dilakukan Provinsi Gorontalo, 2017 lalu.

"Sergap di Gorontalo ini istimewa, karena capaiannya luar biasa dan bisa surplus. Dari surplus yang ada, bisa untuk cadangan pangan daerah, bahkan cadangan pangan nasional," kata Agung dalam rapat koordinasi serap gabah petani (sergap) dan pengembangan jagung se- provinsi Gorontalo di kantor Gubernuran, Selasa (13/2).

Namun demikian, Agung mengingatkan, selain gabah jagung juga harus diperhatikan.

"Gorontalo ini sebagai daerah sentra produksi jagung nasio...

    Prev 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 Next