Arsip Berita

Ini Langkah Strategis Kementan di Tengah Pandemi Covid-19

Posted in Berita Umum on May 15, 2020

Jakarta – Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo kerap menekankan berbagai upaya untuk menjamin pangan agar tersedia bagi 267 juta rakyat Indonesia, terlebih dalam masa pandemi Covid 19 saat ini. Salah satunya dengan memastikan bahwa petani tetap berproduksi dengan memberikan jaminan harga jual yang wajar di tingkat petani.

Hal tersebut kembali ditekankan oleh Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementan, Agung Hendriadi pada saat Diskusi Online/ Webinar dengan tema “Strategi Pengamanan Pangan saat dan pasca Covid 19 yang diselenggarakan oleh Perhimpunan Agronomi Indonesia (PERAGI) pada Kamis (14/05/...

Kepala BKP lantik Pejabat Administrator dan Pengawas lingkup BKP

Posted in Berita Umum on May 14, 2020

Kepala Badan Ketahanan Pangan Agung Hendriadi lantik 1 pejabat administrator dan 2 pejabat pengawas lingkup Badan Ketahanan Pangan pada hari ini Kamis (14/5). Pejabat yang dilantik yaitu :

- Sugiarti,SP sebagai Kepala Bagian Keuangan dan Perlengkapan

- Jan Piter Sinaga, STP, MP sebagai Kepala Sub Bagian Pelaporan dan Tindak Lanjut Hasil Pengawasan

- Lelly Triatni Siregar SP, MAP sebagai Kepala Sub Bidang Mitigasi Kerawanan Pangan


Kepala BKP berpesan kepasa pejabat yang baru dilantik agar segera berorientasi dan beraktivitas sesuai tugas nya dengan menyesuaikan kondisi saat ini.

"Saat ini...

Lancarkan Distribusi Pangan, Kementan Subsidi Biaya Pengiriman Cabai dan Bawang Merah

Posted in Berita Umum on May 13, 2020

Jakarta – Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dalam beberapa kesempatan menyatakan bahwa ketahanan pangan tidak saja bertumpu pada aspek ketersediaan pangan, tetapi juga pada distribusi pangan yang merata ke seluruh wilayah, terlebih lagi di saat pandemi Covid-19 dan menjelang Idulfitri.

UntuK itu Kementerian Pertanian melalui Badan Ketahanan Pangan (BKP) membantu kelancaran distribusi pangan dengan memberikan fasilitasi pengiriman dari daerah yang sedang panen atau surplus ke wilayah yang mengalami kelangkaan dan kenaikan harga yang tinggi.

Kepala BKP Kementan, Agung Hendriadi mengatakan ba...

Kementan Dorong Pengembangan Sistem Logistik Pangan Nasional

Posted in Berita Umum on May 12, 2020

Jakarta - Kondisi ketersediaan pangan pokok secara nasional terpantau aman dan terkendali di tengah pandemi Covid-19 dan menjelang Idulfitri. Namun demikian, kondisi ketersediaan pangan di tiap provinsi tidak sama, dalam hal ini ada daerah yang surplus dan defisit. Untuk itu, mengembangkan sistem logistik pangan sangat penting guna menjamin kelancaran distribusi pangan yang terjangkau dan merata ke seluruh wilayah Indonesia.

"Kita perlu memikirkan sistem logistik pangan tidak hanya di masa covid tetapi juga pasca covid, kita punya strategi pengembangan sistem logistik nasional," kata Kepala Ba...

Antisipasi Kemarau, Kementan Dorong Pengembangan Pangan Lokal

Posted in Berita Umum on May 11, 2020

Jakarta – Badan Meterologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meramalkan Indonesia akan segera memasuki musim kemarau. BMKG menyebut musim kemarau tahun ini akan menjadi musim kemarau terkering dibanding tahun-tahun sebelumnya. Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam rapat terbatas (5/5) memerintahkan jajarannya untuk mengantisipasi hal tersebut.

“Berdasarkan prediksi BMKG, 30 persen daerah akan mengalami kemarau pada zona musim ke depan. Oleh sebab itu, antisipasi, mitigasi harus betul-betul disiapkan, sehingga ketersediaan dan stabilitas harga bahan pangan tidak terganggu," kata Jokowi.

Merespon...

KWT Salatiga Sulap Pekarangan jadi lumbung pangan di Tengah Pandemi Covid 19

Posted in Berita Umum on May 10, 2020

Salatiga – Tidak bisa dipungkiri jika pandemi Covid 19 telah berdampak terhadap kelancaran distribusi pangan di berbagai wilayah. Namun demikian selain kelancaran distribusi pangan, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo juga mendorong upaya pemenuhan kebutuhan pangan dengan memanfaatkan lahan pekarangan sebagai sumber pangan dan gizi keluarga melalui optimalisasi pemanfaatan  pekarangan.

Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementan, Agung Hendriadi mengungkapkan, melalui kegiatan Pekarangan Pangan Lestari (P2L) yang dikelola dan dilaksanakan secara optimal dan berkelanjutan, terbukti tidak han...

Pasar Mitra Tani/TTIC di Jambi dan Kaltara Gelar Pangan Murah Berkualitas

Posted in Berita Umum on May 09, 2020

Agar masyarakat tetap dapat mengakses bahan pangan murah dan berkualitas di tengah pandemi Covid-19, Pasar Mitra Tani/TTIC di berbagai daerah terus menggelar pasar murah.

Salah satunya Pasar Mitra Tani di Provinsi Jambi yang menjual paket sembako murah berkualitas, dengan layanan antar gratis menggunakan mobil operasional khusus. Layanan ini menjadi bagian dari gelar pasar murah yang dilakukan dalam rangka Hari Besar Keagamaan Nasional, khususnya puasa dan Idulfitri.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Jambi Amir Hasbi mengatakan, masyarakat tidak perlu keluar rumah untuk memenuhi kebutuhan pangan d...

Pemanfaatan Pekarangan Cegah Krisis Pangan di Tengah Pandemi Covid-19

Posted in Berita Umum on May 06, 2020

Jakarta – Di tengah pandemi Covid 19 yang ditengarai menimbulkan ancaman krisis pangan, Kementerian Pertanian mendorong upaya pemenuhan kebutuhan pangan dan gizi rumah tangga melalui optimalisasi  pemanfaatan lahan pekarangan.

Menteri  Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan, pihaknya akan memberikan bantuan berupa sarana produksi pertanian yang diharapkan mampu mendorong petani untuk berproduksi, termasuk pemanfaatan pekarangan. Langkah ini  mampu mendukung kehidupan keluarga petani di tengah pandemi covid-19.

"Tentunya ini juga masuk ke family farming atau tanaman pada lahan usaha dan  peka...

Perbanyak Toko Mitra Tani, Kementan Jaga Ketersediaan dan Stabilitas Pangan

Posted in Berita Umum on May 02, 2020

Jakarta – Kementerian Pertanian terus berupaya untuk menjaga ketersediaan bahan pangan pokok dan stabilisasi harga pangan. Salah satunya dengan memperbanyak jumlah Toko Mitra Tani yang menyediakan bahan pangan berkualitas dan harga terjangkau bagi masyarakat.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo pada saat meresmikan dua Toko Mitra Tani dan Pasar Mitra Tani di Koja (Jakut) dan Rawasari (Jakpus), Jakarta pada Sabtu (2/5/2020).

"Kita berharap dengan bertambahnya Toko Mitra Tani di pemukiman pemukiman wilayah Jabodetabek tentu saja dapat meredam fluktuasi harga yang biasa...

Kementan Siapkan Strategi Ketahanan Pangan di Tengah Pandemi Covid-19

Posted in Berita Umum on May 01, 2020

Jakarta - Pangan menjadi sektor penting di tengah pandemi Covid-19 yang melanda dunia, bahkan Badan Pangan Dunia  Food Agriculture Orgazation (FAO) telah mengingatkan bahwa dunia di ambang krisis pangan.

Presiden Jokowi menekankan bahwa ketahanan pangan sangat penting, terutama terkait dengan kesiapan produksi pangan hingga pendistribusiannya.

"Karena itu ketersediaan pangan, food security, sangat penting bagaimana dengan kesiapan produksi pangan kita, bagaimana kesiapan industri pengolahan pasca panen, bagaimana efisiensi rantai pasok dan distribusi, semua harus kita lihat lagi dan kita harus...

Kabupaten Murung Raya Perkuat Cadangan Pangan Pemerintah Daerah Menghadapi Pandemi Covid 19

Posted in Berita Umum on May 01, 2020

Murung Raya - Pandemi virus COVID 19 yang telah menyebar di berbagai belahan dunia harus disikapi dengan cepat dan efektif. Tidak semata dalam hal penanganan masalah kesehatan namun juga terkait dengan penyediaan pangan bagi masyarakat yang terdampak. Sehubungan dengan urusan pangan tersebut sejak awal kemunculan pandemi pemerintah telah menyiapkan serangkaian program penanganan dengan cepat. Baik dari sisi distribusi maupun ketersediaannya.

Salah satu kebijakan strategis yang dilakukan Kementerian Pertanian melalui Badan Ketahanan Pangan, yaitu mendorong penguatan Cadangan Pangan Pemerintah D...

Kementan Terus Pantau Ketersediaan dan Distribusi Pangan di Daerah

Posted in Berita Umum on Apr 30, 2020

Jakarta - Dalam rapat terbatas (ratas) tindak lanjut antisipasi kebutuhan bahan pokok (28/4), Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengarahkan jajarannya untuk memantau ketersediaan dan distribusi pangan di seluruh wilayah Indonesia.

Jokowi juga menyampaikan, dari stok bahan pangan pokok di seluruh Indonesia, terjadi defisit beberapa komoditas pangan di  provinsi, antara lain beras defisit di 7 provinsi, jagung defisit di 13 provinsi, cabai rawit defisit di 19 provinsi, dan telur ayam defisit di 22 provinsi.

Karena itu, Jokowi meminta hitungan cepat untuk mengetahui secara detail daerah mana saja yan...

Pasar Mitra Tani di Kalteng dan Riau Penuhi Kebutuhan Pangan di Tengah Ramadhan dan Pandemi Covid-19

Posted in Berita Umum on Apr 28, 2020

Disaat pandemi Covid-19 bersamaan dengan bulan suci Ramadhan, kebutuhan pangan meningkat.   Untuk menjaga agar masyarakat dapat mengakses pangan, Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) menggerakkan Pasar Mitra Tani di 34 provinsi, melakukan Gelar Pasar Murah (GPM) yang di-launching oleh Kepala BKP, Agung Hendriadi di Pasar Mitra Tani Jakarta beberapa waktu lalu (20/4/2020).

Di Provinsi Riau, GPM digelar di Pasar Mitra Tani/TTIC dengan tetap menjaga SOP physical distancing. Plt. Kadis Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Riau, Herman mengatakan masyarakat antusias deng...

Memasuki Puasa, Pasar Mitra Tani/TTIC DI Yogyakarta Alami Kenaikan Permintaan Bahan Pangan

Posted in Berita Umum on Apr 27, 2020

Pasar Mitra Tani/Toko Tani Indonesia Center (TTIC) DI Yogyakarta mengalami kenaikan permintan bahan pangan di bulan Ramadhan hingga 3 – 4 kali lipat. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DI Yogyakarta, Arofa Noor Indriani.

Kenaikan ini diakui tidak saja karena momentum bulan Ramadhan, tetapi juga adanya inovasi layanan belanja di TTIC Yogyakarta yang menghadirkan layanan belanja online di tengah pandemi Covid-19 yang mengharuskan masyarakat untuk menjaga jarak dan tinggal di rumah.

“TTIC kami bermitra dengan Gojek melalui fitur GoShop dan  aplikasi belanja lokal...

Cabai Melimpah di Jateng, Kementan Bantu Distribusi Antarwilayah

Posted in Berita Umum on Apr 24, 2020

Jakarta – Pandemi Covid-19 tidak dipungkiri berpengaruh pada distribusi pangan. Adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di beberapa wilayah menyebabkan produsen pangan mengalami kesulitan dalam memasarkan hasil panen karena daya serap pasar saat ini rendah. Meskipun pasar buka tetapi pedagang membatasi volume penjualannya karena pengunjung berkurang, rumah makan dan warteg banyak yang tutup sehingga sangat berdampak pada penyerapan komoditas cabai di pasar.

Saat ini, wilayah Jateng dan Jatim memasuki musim panen cabai, yang salah satu pasar utamanya wilayah Jakarta. Rendahnya serapan di...

    Prev 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 51 52 53 54 55 56 57 Next