Arsip Berita

Mentan SYL di Acara Launching AEW Ragunan: Hadapi Pandemi, harus Kreatif dan Produktif

Dipublikasikan pada tanggal 15 Jan, 2021

Jakarta – Pandemi Covid-19 sangat dirasakan dampaknya dalam berbagai sektor kehidupan. Pembatasan mobilitas orang dan barang, terjadinya pengangguran, dapat berpengaruh terhadap daya beli dan ketahanan pangan masyarakat.

Untuk itu perlu usaha kreatif dan produktif agar pangan selalu tersedia untuk mencukupi kebutuhan masyarakat.

"Dengan adanya pandemi ini, perlu kegiatan produktif yang berkontribusi bagi perekonomian nasional, diantaranya kegiatan pertanian yang maju dan modern," ujar Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) saat melaunching kawasan Agroeduwisata (AEW) di Ragunan, Jakarta S...

Stabilkan Pasokan dan Harga, Jabar Gencarkan Operasi Pasar Kedelai

Dipublikasikan pada tanggal 14 Jan, 2021

Bandung – Upaya stabilisasi pasokan dan harga kedelai digencarkan di Jawa Barat. Puskopti (Pusat Koperasi Produsen Tempe dan Tahu Indonesia) Jawa Barat, Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Jawa Barat, dan Satgas Pangan Jawa Barat, melakukan operasi pasar kedelai pada Rabu (13/01/2021). Operasi pasar kedelai tersebut dilakukan langsung ke pengrajin tahu tempe di tiga lokasi yaitu Kota Bandung, Kabupaten Bandung, dan Kabupaten Cianjur.

Kepala Pusat Distribusi dan Cadangan Pangan, Risfaheri, ini merupakan tindak lanjut gerakan stabilisasi pasokan dan harga kedelai yang dicanangkan oleh...

Kementan Kembali Gelar Cabai Murah Se-Jabodetabek

Dipublikasikan pada tanggal 13 Jan, 2021

Jakarta –  Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo meminta jajarannya memastikan ketersediaan dan harga cabai tidak terus bergejolak di tengah pandemi Covid-19. Untuk itu, Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Badan Ketahanan Pangan (BKP) menggelar cabai murah di Jabodetabek.

Kepala BKP Kementan, Agung Hendriadi saat dihubungi Selasa (12/01/2021) mengatakan, gelar cabai murah ini untuk membantu meringankan beban masyarakat terhadap kenaikan harga cabai beberapa waktu terakhir. Terlebih lagi di tengah pandemi covid serta pemberlakuan PSBB yang lebih ketat di beberapa wilayah.

“Gelar cabai mur...

Kementan Genjot Diversifikasi Pangan sebagai Penyangga Ketahanan Pangan

Dipublikasikan pada tanggal 12 Jan, 2021

Jakarta – Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL) dalam Rapat Kerja Nasional Pembangunan Nasional yang dibuka Presiden Jokowi di Jakarta (11/01/2021) menyebut bahwa arah pembangunan pertanian adalah pertanian maju, mandiri, dan modern.

Untuk mewujudkan hal tersebut, mantan Gubernur Sulawesi Selatan ini mengatakan yang harus dilakukan adalah meningkatkan produktivitas dan menjalankan program pendukung yang telah diformat dengan lima cara bertindak (CB). Salah satunya dengan menggenjot diversifikasi pangan lokal yang masuk dalam CB kedua yang menjadi platform kerja Kementan.

“Setiap provins...

Harga Kedelai Dipatok 8.500, Pengusaha Tempe Tahu Bandung Lega

Dipublikasikan pada tanggal 10 Jan, 2021

Bandung - Pemerintah menetapkan batas penjualan kedelai dari importir ke pengrajin sebesar Rp. 8.500 per kg. Langkah ini diambil sebagai upaya menstabilkan pasokan dan harga kedelai yang sempat mengalami kenaikan yang cukup tinggi.

Seperti diketahui, kenaikan harga kedelai beberapa waktu terakhir berimbas meningkatnya biaya produksi tahu tempe. Buntutnya, harga tahu tempe mengalami kenaikan di pasaran.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo meyakini bahwa kenaikan harga dan pasokan kedelai dapat dikendalikan. Jika beberapa hari lalu harga kedelai sempat mencapai Rp9.000-Rp10. 000, saat ini suda...

Kementan Pantau Stabilitas dan Harga Kedelai di Jatim

Dipublikasikan pada tanggal 09 Jan, 2021

Surabaya - Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian Agung Hendriadi melakukan pemantauan stabilitas pasokan dan harga kedelai di Jawa Timur, Sabtu (09/01/2021) untuk memastikan bahwa pasokan aman, dan harga kedelai dapat kembali stabil.  

Agung yang didampingi Kepala Pusat Distribusi dan Cadangan Pangan, Risfaheri bersama Satgas Pangan Jatim, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Jatim, dan Dinas Perindag Jatim, mengunjungi pengrajin tahu tempe dan distributor kedelai di Kampung Tempe Tenggilis Kauman, Surabaya, Sabtu (09/01/2021).

"Monitoring harga kedelai ini penting karena tempe t...

Langkah Cepat Kementan Stabilkan Pasokan dan Harga Kedelai

Dipublikasikan pada tanggal 08 Jan, 2021

Kendal - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo telah melaksanakan upaya cepat dalam menstabilkan pasokan dan harga kedelai agar pengrajin tempe dan tahu dapat terus berproduksi. Langkah cepat dalam 100 hari pertama adalah memastikan ketersediaan kedelai harus aman dan tidak terganggu.

Untuk itu, Kementan terus mendorong gerakan stabilisasi pasokan dan harga kedelai, yang telah dilaunching di Jakarta oleh Mentan SYL pada Kamis (07/01/2021). Mekanisme penyaluran dilakukan dengan menggandeng asosiasi importir yang menjual ke pengrajin dengan harga kedelai Rp. 8.500 per kg.

“Harapannya para pengra...

Stabilkan Pasokan dan Harga Kedelai, Ini langkah Strategis Kementan

Dipublikasikan pada tanggal 07 Jan, 2021

Kementerian Pertanian (Kementan) melaunching gerakan stabilisasi pasokan dan harga kedelai sebagai upaya mendekatkan distribusi kedelai untuk menopang pengrajin tahu tempe yang dalam satu bulan terakhir mengalami permasalahan kenaikan harga.

"Tentunya akan dilakukan secara bertahap, ini merupakan langkah jangka pendek dan upaya cepat untuk menstabilkan pasokan dan harga kedelai agar lebih murah dan terjangkau sehingga pengrajin tahu dan tempe dapat terus berproduksi," ungkap Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo saat launching di Komplek PIK KOPTI, Semanan, Jakarta Barat (07/01/2021).

Mentan m...

Otomasi Fertigasi Tingkatkan Produktivitas Urban Farming

Dipublikasikan pada tanggal 04 Jan, 2021

Bogor - Budidaya tanaman di wilayah perkotaan menggunakan teknologi otomasi fertigasi sangat mempermudah pekerjaan karena dilakukan melalui sistem yang  terkontrol otomatis. Karenanya tanaman akan ternutrisi secara tepat baik waktu, jumlah, maupun kadarnya.

Salah satu Kelompok Wanita Tani (KWT) yang mengadopsi hal tersebut adalah KWT Berkah MBR yang berada di Kec. Katulampa, Bogor Timur.

"Melalui pemanfaatan teknologi otomasi fertigasi, budidaya hidroponik di perkotaan harus semakin produktif, teknologi seperti ini bisa membuat pekerjaan semakin efektif dan efisien" ungkap Kepala Badan Ketahan...

Tahun Baru 2021 Kementan Terus Perkuat Diversifikasi Pangan

Dipublikasikan pada tanggal 03 Jan, 2021

Jakarta – Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo memastikan bahwa ketersediaan bahan pokok dalam kondisi aman dan terkendali. 

"Pangan dasar yang kita kendalikan itu ada 11 jenis dan semua dalam kondisi aman. Jadi ada beras, ada jagung, ada gula pasir, ada daging dan ada juga kebutuhan pokok lainnya. Insya-Allah 11 komoditi ini aman sampai akhir tahun mendatang," ujar Mentan SYL seperti dikutip Kamis (31/12/2020).

Meskipun demikian, menteri yang pernah berkarir dari lurah hingga gubernur ini menegaskan bahwa pihaknya juga menggencarkan diversifikasi pangan sebagai strategi menjaga keta...