Arsip Berita

Kepala BKP Kementan: Peta FSVA Penunjuk Jalan Kerja Sama Pengentasan Rentan Rawan Pangan

Posted in Berita Umum on Jan 19, 2020

Manado - Sebagai kebutuhan dasar manusia yang paling utama, pemenuhan pangan menjadi bagian dari hak asasi setiap individu. UU 18 tahun 2012 tentang Pangan mengamanatkan pemenuhan kebutuhan pangan dilakukan sampai level perseorangan, baik jumlahnya, mutunya, aman, beragam, bergizi, merata, dan terjangkau untuk mewujudkan sumberdaya manusia yang tangguh, sehat, aktif, produktif dan dalam rangka mendukung pembangunan nasional. Hal ini berarti 267 juta penduduk Indonesia tidak boleh ada yang lapar.


Demikian disampaikan oleh Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan...

TaniDay Bali, Mentan serahkan Mobil TTI dan Cold Storage ke TTIC Bali

Posted in Berita Umum on Jan 05, 2020

Denpasar - Untuk mengenalkan dan mengedukasi publik mengenai program pemerintah dan gerakan masyarakat di bidang pertanian, Kementerian Pertanian menggelar TaniDay di Lapangan Renon, Denpasar Bali, pada Minggu (5/1/2020).  

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo yang hadir dalam acara tersebut berkesempatan menyerahkan secara simbolis 1 unit mobil operasional  Toko Tani Indonesia Centre( TTIC) dan 2 unit Cold Storage (mesin berpendingin) kepada Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Bali.

"Kita harapkan 117 TTI di Bali dapat terlayani lebih baik lagi dengan adanya mobil ini," ujar Menter...

Sepanjang 2019, Pasokan dan Harga Pangan Aman dan Stabil

Posted in Berita Umum on Dec 31, 2019

Jakarta – Sepanjang tahun 2019 kondisi pasokan dan harga pangan terpantau aman dan stabil. Hal ini menjadi salah satu fokus utama pemerintah mengingat pangan menjadi kebutuhan mendasar bagi tiap orang. "Sampai hari  ini tidak ada gejolak pasokan dan harga. Secara umum pasokan lancar di seluruh Indonesia," ujar Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) Agung Hendriadi, saat menyampaikan refleksi Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan di Toko Tani Indonesia Center (TTIC) Pasar Minggu, Selasa (31/12/2019).

"Kondisi ini patut kita syukuri, karena tidak ada orang antri baha...

BKP Kementan Upayakan Regenerasi Petani melalui Pertanian Masuk Sekolah (Tani MaS)

Posted in Berita Umum on Dec 27, 2019

Bengkulu - Kementerian Pertanian melalui Badan Ketahanan Pangan (BKP) terus berupaya mendorong regenerasi petani salah satunya melalui kegiatan Pertanian Masuk Sekolah (Tani MaS).

Di Provinsi Bengkulu, Tani MaS dilaksanakan di dua sekolah yaitu SMA Negeri 4 Bengkulu dan SMA Negeri 9 Bengkulu.

"Kita ingin kegiatan Tani MaS ini dapat menumbuhkan pengetahuan siswa tentang budidaya pertanian, menumbuhkan semangat siswa menjadi agripreneur, serta meningkatkan ketersediaan dan akses pangan," kata Kepala Pusat Ketersediaan dan Kerawanan Pangan, BKP Kementan, Andriko Noto Susanto saat meninjau dua sek...

BKP Kementan Peduli Korban Banjir di Solok Selatan

Posted in Berita Umum on Dec 27, 2019

Padang - Banjir yang melanda Kabupaten Solok Selatan Provinsi Sumatera Barat memantik rasa kepedulian berbagai pihak. Badan Ketahanan Pangan (BKP), Kementerian Pertanian turun tangan  dan menggalang bantuan untuk membantu meringankan beban masyarakat yang menjadi korban banjir.


"Kita peduli dan prihatin akan bencana banjir yang menimpa saudara-saudara kita di Solok Selatan" ujar Agung Hendriadi ketika dihubungi redaksi pada Kamis (26/12).


"Untuk itu kami berinisiatif menggalang dana bersama mitra kerja sebagai bentuk kepedulian," sambung Agung.


Kepala Pusat Distribusi dan Cad...

Perkuat Ketahanan Pangan di Bengkulu, Kementan Dorong Sinergi Antarsektor

Posted in Berita Umum on Dec 26, 2019

Penguatan sistem ketahanan pangan untuk mengentaskan daerah rentan rawan pangan menjadi bahasan utama dalam Rakor Dewan Ketahanan Pangan (DKP) Provinsi Bengkulu yang diselenggarakan pada Kamis (26/12).

Kepala Pusat Ketersediaan dan Kerawanan Pangan, Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian, Andriko Noto Susanto yang hadir dalam kesempatan tersebut mengatakan, pengentasan daerah rawan pangan harus diselesaikan secara bersama sektor terkait.

“Pengentasan daerah rentan rawan pangan tidak bisa dilakukan sendiri-sendiri namun melalui sinergi program dengan berbagai lembaga terkait,” ujar ...

Kawal Pembangunan Pertanian di Kaltim, Kepala BKP Kementan Sinergikan Stakeholder Terkait

Posted in Berita Umum on Dec 25, 2019

Rencana pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke wilayah Kalimantan Timur, tepatnya di Penajam Paser Utara dan Kutai Kertanegara menjadi titik awal Pemerintah dengan jajaranya untuk berbenah dan mempersiapkan segala hal.


Kementerian Pertanian yang memiliki tanggung jawab dalam hal ketersediaan pangan juga telah melakukan pemetaan wilayah, baik di Kalimantan Timur maupun provinsi sekitar yang berpotensi mendukung dan meningkatkan produksi bahan pangan.


"Perpindahan ibu kota negara sudah pasti akan memindahkan penduduk, khususnya ASN, TNI, POLRI dan keluarganya. Diprediksi sekitar ...

Stabilkan Harga Pangan Jelang Nataru, BKP Kementan Gelar Pangan Murah 10 Titik DKI Jakarta

Posted in Berita Umum on Dec 24, 2019

Sebagai upaya mengendalikan potensi fluktuasi harga pangan di wilayah Jabodetabek khususnya DKI Jakarta jelang Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (Nataru), Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian mengadakan Gelar Pangan Murah (GPM) di 10 titik di DKI Jakarta pada Senin (23/12/2019).


Sepuluh titik tersebut dipilih berdasarkan hasil pantauan wilayah pasar DKI Jakarta yang beberapa komoditas pangan tercatat memiliki kencerungan kenaikan dalam beberapa hari terakhir.


Kesepuluh lokasi tersebut yaitu: Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Amanah Jakarta Utara; RPTRA Melati Jakar...

Kepala BKP Kementan di Rakor DKP Kaltim: Tidak Boleh Ada Seorangpun yang Kelaparan

Posted in Berita Umum on Dec 23, 2019

Samarinda - “Pemerintah berkewajiban menjamin ketersediaan bahan pangan bagi 270 juta jiwa penduduk Indonesia, tidak boleh ada seorang-pun warga yang kelaparan,” tegas Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian saat menghadiri Rapat Koordinasi Dewan Ketahanan Pangan Propinsi Kalimantan Timur, Senin (23/12).


Untuk itu, Agung meminta pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota Kalimantan Timur menyiapkan ketersediaan bahan pangan bagi masyarakatnya.


“Dengan ditetapkannya Kaltim sebagai calon ibu kota negara yang baru, tentu akan  ada pertambahan jumlah penduduk yang cukup sign...

Jelang Nataru, Ketersediaan dan Harga Bahan Pokok di Papua Aman Terkendali

Posted in Berita Umum on Dec 21, 2019

Papua -  Beberapa hari jelang Natal 2019 dan Tahun Baru (Nataru), pasokan dan harga bahan pangan pokok di Papua aman dan stabil.


Berdasarkan pemantauan stok dan  harga yang dilakukan Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementan bersama Dinas Ketahanan Pangan Papua ke pasar Youtepa di jalan Baru Abepura Jayapura, Sabtu (21/12/2019) harga beras medium Rp. 10.000,- telur ayam Rp. 33.000,-/kg, Cabe rawit Rp. 30.000,-/kg. Komoditas yang sedikit mengalami kenaikan adalah bawang merah dari Rp. 45.000,- menjadi Rp. 50.000,/kg, dan bawang putih dari 40.000,- menjadi Rp. 45.000,-


Menurut Sarno peda...

Jelang Nataru, Ketersediaan Bahan Pokok Maluku Utara Aman

Posted in Berita Umum on Dec 20, 2019

Ternate-Maluku Utara. Menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Natal dan Tahun Baru 2020, Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian dan Pemerintah Provinsi Maluku Utara menggelar Rakor Gabungan (RakorGab) di Kantor Bank Indonesia Ternate pada Jum'at (20/12/2019).


Rakorgab digelar sebagai antisipasi potensi fluktuasi pasokan dan harga pangan agar dapat diambil langkah-langkah strategis pengamanan di lapangan.


Acara Rakorgab dibuka oleh Asisten II Bidang Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Pemda Malut, Umar Sangaji mewakili Gubernur Malut. Dalam sambutannya, Umar...

Sambut Nataru, Stok dan Harga Pangan Aman

Posted in Berita Umum on Dec 20, 2019

Kondisi ketersediaan pangan secara nasional jelang natal 2019 dan tahun baru 2020 berada pada posisi aman dan stok terpenuhi melebihi kebutuhan. Kordinasi lintas sektor dengan kementerian terkait dan satgas pangan di 34 provinsi kerap dilakukan untuk memastikan pasokan dan harga pangan terkendali.


"Kami selalu berkoordinasi dengan instansi terkait serta melakukan teleconference dengan satgas pangan di 34 provinsi, semua mengonfirmasi bahwa stok aman dan harga terkendali," ungkap Kepala Badan Ketahanan Pangan Agung Hendriadi pada saat kunjungan bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ...

Rayakan Nataru dengan Tenang, Pemprov Sulut dan Kementan Lakukan Pengamanan Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan

Posted in Berita Umum on Dec 19, 2019

Seminggu menjelang perayaan hari besar keagamaan nasional (HBKN) Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (Nataru), Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara bekerja sama dengan Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian gencar melaksanakan pengamanan stabilisasi pasokan dan harga pangan pokok/strategis.


Upaya pengamanan antara lain terlihat melalui sidak ke Pasar Bersehati di Kota Manado Kamis pagi (19/12),  dan dilanjutkan rapat koordinasi gabungan (rakorgab) yang melibatkan stakeholder terkait di kantor Gubernur Sulawesi Utara.


Dari pantauan di Pasar Bersehati, terlihat secara umum pasokan dan...

Pengembangan Industri Pangan Lokal Berbasis Sagu di Merauke

Posted in Berita Umum on Dec 19, 2019

Merauke - Indonesia memiliki potensi tanaman sagu terbesar di dunia, yaitu mencapai 5,5 juta hektar dari total 6,5 juta hektar luas lahan sagu di dunia. Dari total luas tersebut, 5 juta hektar berada di Papua.


Dalam upaya mengoptimalkan tanaman sagu, pada tahun 2019 Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementan melakukan kegiatan Pengembangan Industri Pangan Lokal (PIPL) yang salah satunya di kabupaten Merauke Papua.


Penempatan PIPL di Merauke sangat tepat, karena para petani masih mengusahakan tanaman sagu secara manual, belum menggunakan mesin pengolah sagu, sehingga hasilnya belum optim...

Gelar Pangan Murah (GPM) di Maluku Stabilkan Harga Pangan Jelang Nataru

Posted in Berita Umum on Dec 18, 2019

Menghadapi perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (Nataru), Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Maluku melakukan kegiatan Gelar Pangan Murah GPM) untuk menjaga stabilitas harga, ketersediaan dan pasokan pangan di desa Suli, kab. Maluku Tengah, Maluku pada Rabu (18/12/2019).


Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Maluku, Habibah Saimima, dalam sambutannya mengatakan, GPM dilakukan untuk menjaga agar harga pangan tidak melonjak tinggi jelang Nataru. Ia juga menyebut selain di desa Suli, GPM juga diselenggaran di desa Hukurila dan desa Seri.


“Masyarakat di tiga lokasi GPM tersebut mayori...

    1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 Next