Arsip Berita

Kuatkan Lumbung Pangan Masyarakat, Gapoktan di Jawa Tengah Satukan Komitmen

Dipublikasikan pada tanggal 22 Sep, 2021

Solo – Penguatan cadangan pangan masyarakat melalui kegiatan lumbung pangan masyarakat (LPM) sangat penting dalam menjaga ketersedian dan akses pangan. Hal ini menjadi bagian dari komitmen penuh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dalam menjamin penyediaan pangan bagi 273 juta penduduk Indonesia.


Untuk mendukung hal tersebut telah dilakukan penandatanganan komitmen penguatan Lumbung Pangan Masyarakat oleh Poktan/ Gapoktan Pengembangan Usaha Pangan Masyarakat (PUPM) Provinsi Jawa Tengah di Solo, Rabu (22/09/2021).


Plt. Kepala Badan Ketahanan Pangan Sarwo Edhy dalam arahannya kepad...

Kementan Ajak Masyarakat Lakukan Penganekaragaman Pangan

Dipublikasikan pada tanggal 21 Sep, 2021

Depok - Salah satu masalah ketahanan pangan di Indonesia  adalah pola konsumsi masyarakat yang masih bergantung pada komoditas tertentu, khususnya beras, dan kurang konsumsi pangan sumber protein hewani, sayuran dan buah.


"Untuk mengatasi masalah tersebut, kami mengajak masyarakat melakukan  penganekaragan pangan," ujar Plt Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian Sarwo Edhy, pada acara Serah Terima

green house dalam rangka fasilitasi promosi penganekaragaman pangan di Mako Brimob Polri Kelapa Dua, Kota Depok, Jawa Barat (21/9/2021).


Penyerahan Green House berukuran 12 x...

Replikasi Pekarangan Pangan Lestari dan Lumbung Pangan Masyarakat, Pendorong Penurunan Stunting

Dipublikasikan pada tanggal 16 Sep, 2021

Jakarta – Sebagai salah satu agenda prioritas nasional, upaya penurunan stunting terus digencarkan untuk mewujudkan sumber daya manusia yang sehat, cerdas, dan produktif dalam mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan. Untuk mendukung hal tersebut, diperlukan komitmen bersama dan koordinasi lintas sektor melalui optimalisasi sumber daya  terintegrasi. 


Sesuai Perpres Nomor 72 Tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting, terdapat 5 pilar dalam Strategi Nasional Percepatan Penurunan Stunting, dimana Kementerian Pertanian diharapkan dapat memberikan kontribusi pada pilar ke-4, yaitu me...

Webinar Kebijakan dan Strategi Program Ketahanan Pangan untuk Percepatan Penurunan Stunting

Dipublikasikan pada tanggal 15 Sep, 2021

Peraturan Presiden RI Nomor 72 Tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting, mengamanatkan pentingnya peningkatan ketahanan pangan dan gizi pada tingkat individu, keluarga, dan masyarakat untuk mencapai target penurunan prevalensi stunting 14% pada 2024. Pelaksanaan Perpres ini juga perlu didukung dengan komitmen bersama melalui optimalisasi berbagai sumber daya secara terintegrasi.

Ketahanan pangan sebagai pilar keempat yang dikoordinasikan oleh Kementerian Pertanian dan Kementerian Kesehatan juga terus dikuakan untuk bisa berkontribusi pada penurunan stunting. Salah satunya dengan memban...

Lumbung Pangan Masyarakat Tingkatkan Kesejahteraan Petani

Dipublikasikan pada tanggal 14 Sep, 2021

Karawang - Plt Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) Sarwo Edhy meresmikan pembangunan Lumbung Pangan Masyarakat (LPM) di desa Mulyasari, Kecamatan Ciampel, Kabupaten Karawang Jawa Barat, Selasa (14/09/2021)


Sarwo Edhy yang didampingi Kepala Pusat Ketersediaan dan Kerawanan Pangan Andriko Noto Susanto, dan Plt Kepala Dinas Pangan Kabupaten Karawang Jawa Barat, Suwandi dalam sambutannya, mengatakan bahwa keberadaan LPM sangat penting dalam memenuhi penyediaan pangan dan memberikan kemudahan akses pangan masyarakat.


"Saya pesan agar LPM ini dimanfaatkan...

Jagung Manfaatnya Segunung

Dipublikasikan pada tanggal 08 Sep, 2021

Jakarta---Di tengah masyarakat yang makin tergantung nasi sebagai makanan pokok, pemeirntah mendorong peningkatan konsumsi jagung sebagai substitusi sumber karbohidrat. Selain membuat kenyang, jagung juga kaya gizi sehingga cocok sebagai pangan masa depan.

Data Badan Ketahanan Pangan, Kementerian Pertanian tahun 2019 konsumsi jagung baru mencapai 1,7 kg/kapita/tahun dan ditargetkan pada tahun 2024  menjadi 4,1 kg/kapita/ahun 2024. Dengan meningkatnya konsumsi pangan lokal, khusus jagung, diharapkan konsumsi beras (nasi) menurun

“Dalam upaya diversifikasi pangan, tentunya kita bertekad menurunk...

Selamatkan Cabai Petani, PMT Kementan Gelar Bela Beli Cabai

Dipublikasikan pada tanggal 27 Aug, 2021

Jakarta – Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementan melalui Pasar Mitra Tani atau Toko Tani Indonesia Center (PMT/TTIC) melakukan penyerapan langsung cabai dari petani dengan harga Rp 12.500 – 13.500/kg.

Harga tersebut jauh diatas harga yang berlaku di petani maupun di distributor. Saat ini, harga eceran rata-rata cabe merah keriting (CMK) sekitar Rp 26.000/kg dan cabe rawit merah (CRM) Rp 32.000/kg  di Jakarta.

"Pembelian langsung ke petani dapat memotong rantai tata niaganya sehingga harga pembelian di petani bisa lebih tinggi, dan harga penjualan di konsumen di Jakarta bisa lebih rendah dari pa...

Plt. Kepala BKP Meminta Jajarannya Kerja Keras dan Kerja Cerdas

Dipublikasikan pada tanggal 26 Aug, 2021

Bogor - Untuk memantapkan program dan kegiatan, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Sarwo Edhy meminta jajarannya tetap fokus menyelesaikan kegiatan sesuai dengan rencana yang sudah dibuat.

"Tahun 2021 merupakan tahun berat, karena pandemi covid masih tinggi, sehingga menuntut kita bekerja lebih keras dan cerdas untuk menyediaan pangan bagi 273 juta jiwa rakyat Indonesia," ujar Sarwo Edhy pada rapat pimpinan lingkup BKP, Rabu (25/8/2021).

Di tambahkan Sarwo Edhy, walaupun anggaran Kementan mengalami refokusing untuk  mengamankan pelaksanaan vaksin dan perlindungan sosial ...

Terapkan Digital Marketing PMT Kementan Permudah Akses Pangan di Tengah Pandemi

Dipublikasikan pada tanggal 20 Aug, 2021

Jakarta – Kementerian Pertanian melalui Pasar Mitra Tani/Toko Tani Indonesia Center (PMT/TTIC) Badan Ketahanan Pangan (BKP) gencar melakukan pemasaran bahan pangan pokok dan strategis melalui kerja sama dengan jasa pengantaran online. Ini dilakukan agar masyarakat mendapat akses pangan yang terjangkau tanpa harus keluar rumah akibat pembatasan mobilitas.

Pemasaran online PMT semakin kuat seiring dengan peluncuran aplikasi belanja daring “PasTani” yang berbasis android pada Desember 2020 lalu. PMT/TTIC baik yang ada di pusat, provinsi, dan kabupaten/kota, serta Toko Mitra Tani/Toko Tani Indones...

Kementan Pastikan Stok dan Harga Beras Semasa PPKM Tetap Terjaga

Dipublikasikan pada tanggal 19 Aug, 2021

Jakarta – Kementerian Pertanian memastikan stok dan harga beras tidak bersoal semasa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Hal ini menjadi perhatian Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo agar stabilitas pasokan dan harga pangan terutama pangan pokok tetap terjaga.

Kepala Pusat Distribusi dan Akses Pangan, Badan Ketahanan Pangan (BKP), Kementan, Risfaheri mengatakan beras sebagai pangan pokok berada dalam kondisi yang cukup dan aman.

"Sesuai prognosa kita, beras dalam posisi yang aman dan cukup. Hingga Desember 2021 mendatang kita Insya Allah masih memiliki surplus hingga 8,3 juta...