Arsip Berita

Kementan Perkuat Daya Saing UMKM Pangan Lokal melalui Pelatihan

Dipublikasikan pada tanggal 12 Oct, 2021

Jakarta – Diversifikasi pangan sebagai strategi Cara Bertindak (CB) 2 yang telah ditetapkan oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo terus didorong melalui berbagai upaya, salah satunya melalui pelatihan dan pendampingan terhadap kelompok usaha kecil, mikro dan menengah (UMKM) pangan lokal.


Plt. Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP), Sarwo Edhy dalam pembukaan pelatihan yang dilaksanakan secara daring pada Senin (11/10/2021) menegaskan bahwa pelatihan ini merupakan bagian dari pengembangan produk pangan lokal yang diharapkan mampu menciptakan industrialisasi produk pangan lokal yang berd...

Aplikasi Pro Pangan Untuk Prediksi Ketersediaan dan Harga Pangan

Dipublikasikan pada tanggal 10 Oct, 2021

Jakarta – Dinamika stok dan pangan menjadi perhatian publik yang menjadi perhatian banyak kalangan. Untuk itu, Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian melakukan upaya terobosan dengan menyiapkan alat analisis prediksi ketersediaan dan harga pangan nasional dan daerah, sebagai deteksi dini (early warning system) situasi pangan. Kejadian pandemi 2020 dan situasi eksternal yang sangat cepat berubah perlu disikapi dengan tepat agar tidak berakibat buruk terhadap ketahanan pangan Indonesia.


“Kita sedang menyiapkan aplikasi bernama Pro Pangan. Aplikasi ini mampu merekam data series ...

Jelang Hari Pangan Sedunia, Pasar Mitra Tani Masifkan Gelar Pangan Murah

Dipublikasikan pada tanggal 09 Oct, 2021

Jakarta – Menjelang Hari Pangan Sedunia (HPS) yang jatuh pada tanggal 16 Oktober, Pasar Mitra Tani atau Toko Tani Indonesia Center yang ada di seluruh Indonesia berlomba-lomba melakukan gelar pangan murah (GPM). Hal ini selain menyambut momentum HPS, PMT/TTIC juga terus berupaya memudahkan masyarakat memperoleh bahan pangan yang murah dan berkualitas. Apalagi masih ditengah pandemi covid-19, kegiatan GPM ini akan sangat membantu masyarakat.


Sejak awal Oktober terpantau beberapa PMT/TTIC provinsi dan kabupaten melakukan GPM seperti di Kabupaten Sukoharjo pada 1 Oktober, Kabupaten Bone tan...

Turunkan Stunting, Kementan Dorong Kelompok LPM Tanam Padi Kaya Zinc

Dipublikasikan pada tanggal 06 Oct, 2021

Subang – Lumbung Pangan Masyarakat (LPM) memiliki nilai strategis karena berkaitan dengan penyediaan pangan bagi 273 juta orang seperti kerap disampaikan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. Untuk itu, BKP Kementan mendukung sepenuhnya introduksi padi Inpari IR Nutrizinc oleh Gapoktan penerima LPM.  


Dalam peresmian LPM sekaligus penyerahan benih sebar Varietas Unggul Baru (VUB) Inpari IR Nutri Zinc di Kabupaten Subang, Jawa Barat pada Rabu (06/10/2021), Plt. Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian, Sarwo Edhy mengatakan bahwa hal ini merupakan bagian dari penguatan L...

Kementan Pastikan Ketersediaan Pangan Aman Hingga Akhir Tahun

Dipublikasikan pada tanggal 05 Oct, 2021

Jakarta - Kementerian Pertanian (Kementan) memastikan ketersediaan pangan pokok dalam kondisi yang aman dan terkendali. Hal ini berdasarkan prognosa 12 komoditas pangan pokok yang dipantau Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementan dan diupdate setiap bulannya, ketersediaan pangan pokok tercatat mengalami surplus.


Berdasarkan prognosa pangan per 30 September 2021, beberapa komoditas pangan yang sepenuhnya dipenuhi dari produksi dalam negeri tanpa memperhitungkan carry over surplus masih mengalami surplus, antara lain  beras masih surplus 1,12 juta ton, jagung 1,43 juta ton, daging ayam 450 ri...

PKU Kulon Progo Tanam Jagung untuk Pakan Ternak

Dipublikasikan pada tanggal 30 Sep, 2021

Kulon Progo - Pengembangan Korporasi Usahatani (PKU) menjadi salah satu upaya mewujudkan ketahanan pangan dengan kegiatan usaha yang dijalankan secara terintegrasi hulu-hilir melalui korporasi. PKU dilakukan Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian sesuai arahan dan kebijakan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo agar para petani tidak hanya mampu memenuhi kebutuhan pangan, tetapi juga pendapatannya meningkat.

Sebagai penerima manfaat kegiatan PKU, Gapoktan Tri Manunggal yang berada di Kalurahan Pagerharjo Kecamatan Samigaluh, Kulon Progo, Yogyakarta terus melakukan berbagai upay...

Jaga Ketahanan Pangan, Pertanian Keluarga Gunungkidul Didorong Produksi Jagung

Dipublikasikan pada tanggal 28 Sep, 2021

Gunungkidul – Sebagai salah satu intervensi Kementan dalam upaya menangani daerah rentan rawan pangan, Pertanian Keluarga (PK) dituntut untuk berkelanjutan agar manfaatnya terus dapat terasa bagi masyarakat.  


“PK ini harus terus dilaksanakan. Jadi jangan hanya berhenti setelah panen, tapi harus berkelanjutan dan bisa menjadi contoh bagi petani lain. Dapat menjadi contoh bagi desa, kecamatan dan wilayah lainnya.” ujar Plt. Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian Sarwo Edhy dalam kunjungannya ke Gapoktan Sukomakmur Gunungkidul, Yogyakarta, pada Senin (27/09/2021)


D...

Kementan Kerja Sama UGM Kembangkan Pertanian Modern

Dipublikasikan pada tanggal 27 Sep, 2021

Yogyakarta - Untuk mendukung percepatan pembangunan dan pengembangan pertanian dalam upaya meningkatkan ketahanan pangan, Kementerian Pertanian melakukan kerjasama dengan berbagai pihak dalam pengembangan pertanian modern. Salah satunya membangun kerja sama dengan Universitas Gadjah Mada (UGM).


"Kita berkolaborasi dengan UGM untuk menciptakan inovasi di sektor pertanian dalam rangka memperkuat ketahanan pangan nasional, salah satunya melalui pembangunan Screen House ini," ujar Plt. Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementan, Sarwo Edhy dalam peresmian Screen House Learning Center, Fape...

Pantau Stok Jagung, Pemerintah Pastikan Aman

Dipublikasikan pada tanggal 26 Sep, 2021

Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Pertanian (Kementan) memastikan pasokan stok jagung aman dan terkendali. Berdasarkan pemantauan stok yang dilakukan Badan Ketahanan Pangan (BKP), stok jagung nasional pada minggu IV (20 September 2021) mencapai 2.750.072 ton, dengan sebaran 856.897 ton (31%) berada di pabrik pakan, 744.250 ton (27%) di Pengepul, 423.502 ton (15%) di Agen, 288.305 ton (11%) di Pengecer, 276.300 ton (10%) di Usaha Lain (Pakan Mandiri), dan sisanya 6% di Industri Pangan, Rumah Tangga, dan lain-lain.


Kepala Pusat Distribusi dan Akses Pangan, BKP Kementan, Risfaheri me...

Kementan Gelar Ekspose UMKM Pangan Lokal 2021

Dipublikasikan pada tanggal 24 Sep, 2021

Jakarta - Sebagai salah satu strategi ketahanan pangan yang dinyatakan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo sebagai Cara Bertindak (CB) kedua,  diversifikasi pangan lokal sangat penting dilakukan, karena pada kondisi pandemi Covid-19 saat ini, seluruh dunia berada dalam ancaman krisis pangan serta prediksi adanya kekeringan.


Demikian dikatakan Plt Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian Sarwo Edhy, saat membuka Ekspose UMKM (Usaha Mikro,  Kecil dan Menengah) pangan lokal di Ground Floor Kuningan City Mall Jakarta, Kamis (23/09/2021).


Sarwo menambahkan, potensi pa...