Arsip Berita

Harga Beras Stabil, Stok Aman dan Harga Bawang Merah Mulai Pulih

Dipublikasikan pada tanggal 24 Jan, 2022

Jakarta - Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian memperkirakan situasi harga beras tetap stabil sampai memasuki puncak panen padi pada bulan Maret mendatang. Berdasarkan Panel Harga Pangan BKP, harga beras rata- rata nasional minggu ini untuk beras medium Rp10.918/kg, beras premium rata-rata Rp12.475/kg. Bila dibandingkan dengan waktu yang sama, pada tahun 2020 beras medium Rp11.000/kg dan beras premium Rp12.384/kg, sedangkan pada tahun 2021 beras medium Rp10.907/kg dan beras premium Rp12.542/kg.


Kepala Pusat Distribusi dan Akses Pangan BKP Kementan mengatakan dinamika harga ...

PMT Kementan Bagikan Paket Sembako untuk Petugas PPSU dan Ojol

Dipublikasikan pada tanggal 14 Jan, 2022

Jakarta – Pasar Mitra Tani Kementerian Pertanian berikan bantuan paket sembako kepada 100 pengemudi Ojol dan Pekerja Penanganan Sarana dan Prasarana Umum (PPSU) Kecamatan Pasar Minggu melalui Pasar Mitra Tani (PMT) pada Jumat (14/01/2022).


Kegiatan ini merupakan kerja sama Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian dengan Yayasan Eljhon Indonesia sebagai bentuk promosi terhadap pertanian milenial dan pasar modern.


Dalam sambutannya Plt. Kepala BKP Sarwo Edhy menyampaikan bahwa pertanian merupakan sektor yang sangat menjanjikan sehingga patut ditekuni oleh generasi muda, hal...

Pasar Mitra Tani Kementan Gelar Pangan Murah Minyak Goreng dan Cabai

Dipublikasikan pada tanggal 01 Jan, 2022

Bogor - Pemerintah terus berupaya mendorong langkah stabilisasi harga dan pasokan, guna menurunkan harga beberapa bahan pangan yang mengalami tren kenaikan menjelang akhir tahun, terutama untuk komoditas minyak goreng, telur ayam ras dan cabai rawit merah. Pekan ini, secara nasional harga bahan pangan di tingkat konsumen mengalami kenaikan, tercatat harga minyak goreng kemasan rata-rata sebesar Rp 20.350,- per kg, telur ayam ras Rp 29.500,- per kg, dan cabai rawit merah Rp 96.400,- per kg.


Sebagai langkah nyata dalam meringankan beban masyarakat terhadap pemenuhan kebutuhan sembako, khus...

Mentan SYL Resmikan Urban Farming Milenial

Dipublikasikan pada tanggal 31 Dec, 2021

Makassar - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mendorong tumbuhnya pertanian perkotaan yang mengoptimalkan teknologi dengan memanfaatkan keterbatasan lahan yang ada.


"Kita menggerakkan pertanian kota. Di lorong, di kantor, di gang harus bertani. Kiri kanan kita apa lahan yang ada harus manfaatkan untuk memproduksi tanaman," ujar Mentan SYL saat meresmikan Urban Farming Milenial di Makassar, Kamis (30/12/2021).


Ditambahkannya, Urban Farming Milenial ini juga sangat penting sebagai sarana edukasi bagi para milenial untuk terjun ke dunia pertanian,


"Apa yang kita resmikan hari...

Jelang Nataru Pasar Mitra Tani Kementan Massifkan Gelar Pangan Murah

Dipublikasikan pada tanggal 24 Dec, 2021

Jakarta – Jelang perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 Pasar Mitra Tani/Toko Tani Indonesia Center (PMT/TTIC) yang ada di seluruh Indonesia terus menggelar pangan murah.  Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kenaikan harga bahan pangan pokok menjelang HBKN Nataru.


“Kenaikan permintaan pangan pada momentum Nataru itu hal yang wajar, karena itu Pasar Mitra Tani yang ada di pusat, provinsi dan kabupaten/kota saat ini terus menggelar pangan murah, agar masyarakat terutama yang merayakan natal dan tahun baru dapat melaksanakannya dengan nyaman,” ujar Kepala Pusat Distribusi dan Akses Pang...

Stok Beras Aman Menghadapi Natal dan Tahun Baru 2022

Dipublikasikan pada tanggal 23 Dec, 2021

Jakarta - Kementerian Pertanian memastikan stok beras menghadapi Natal dan Tahun Baru 2022, sampai masuk musim panen 2022 dalam kondisi yang aman.

 

"Produksi beras nasional kita tahun ini mengalami peningkatan dari tahun lalu, jadi kita tidak perlu khawatir kekurangan stok," ujar Kepala Pusat Distribusi dan Akses Pangan, Risfaheri saat dimintai keterangan di Jakarta, Kamis (23/12/2021).

 

Berdasarkan data KSA BPS produksi beras tahun 2021 ini mencapai 31,68 juta ton meningkat 0,35 juta ton dari produksi beras tahun 2020 sebesar 31,33 juta ton, dengan surplus pada tahun berjalan sampai dengan ...

Kementan Dorong Eskalasi LPM di Banyumas

Dipublikasikan pada tanggal 20 Dec, 2021

Banyumas – Kementerian Pertanian terus mendorong tumbuhnya Lumbung Pangan Masyarakat (LPM)  sebagai penyangga pangan dan ekonomi masyarakat terutama di perdesaan. Koordinator kelompok cadangan Pangan, Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementan Nita Yulianis mengatakan, peran pemerintah daerah sangat penting dalam mendukung pengelolaan LPM,


“Keberadaan LPM harus difungsikan sebagai terminal pangan  di tingkat masyarakat dalam rangka memenuhi penyediaan pangan strategis, nah peran pemda sangat penting artinya dalam kerangka tersebut,” ujar Nita dalam acara peresmian LPM Tani Maju Banyumas, Jawa...

Komisi IV DPR RI Panen Sayur P2L di Kaltim

Dipublikasikan pada tanggal 19 Dec, 2021

Balikpapan (18/12) Komisi IV DPR-RI laksanakan kunjungan kerja reses meninjau kegiatan prioritas ketahanan pangan Pekarangan Pangan Lestari (P2L) di kelurahan Sepinggan Raya - Balikpapan Selatan.

Dalam kegiatan tersebut Tim Kunker Komisi IV DPR-RI meninjau kebun bibit yang ada di dasawisma RT 28 Sepinggan Raya, kelompok penerima manfaat tahun 2021. Kegiatan dilanjutkan dengan panen bersama anggota kelompok dan diikuti dengan sesi diskusi.

Pada sambutannya Wakil Ketua Komisi IV DPR-RI, Budisatrio Djiwandono berharap agar kegiatan P2L bisa dilaksanakan dengan baik sehingga dapat memberikan manfa...

Sinergi Pusat dan Daerah Kunci Perkuat Ketahanan Pangan

Dipublikasikan pada tanggal 02 Dec, 2021

Yogyakarta - Menjaga pangan merupakan tugas penting pemerintah di masa pandemi Covid 19 dan juga menghadapi perubahan iklim ekstrim sesuai prediksi BMKG. Untuk itu diperlukan sinergi kuat dan kordinasi yang baik antara pemerintah pusat dan daerah dalam upaya antisipasi penyediaan pangan untuk ketahanan pangan wilayah dan nasional.


Demikian diungkapkan Plt Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Sarwo Edhy saat menyampaikan arahannya kepada Kepala Dinas urusan pangan provinsi seluruh Indonesia pada Pertemuan Evaluasi Kegiatan Ketahanan Pangan Tahun 2021 dan Persiapan Tahun 2022 di Yogyakarta ...

Optimalkan Pasar Mitra Tani, Kementan Amankan HBKN Nataru

Dipublikasikan pada tanggal 30 Nov, 2021

Jelang perayaan hari raya Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, yang sering kali terjadi gangguan pasokan dan harga pangan, Kementerian Pertanian mengoptimalkan peran Pasar Mitra Tani atau Toko Tani Indonesia Center (PMT/TTIC) baik yang di Pusat, Propinsi dan Kabupaten/Kota. Bahkan sejak bulan November di beberapa daerah seperti DKI Jakarta, Jawa Barat, Sumatera Utara, Kalimantan Barat, Sulawesi Utara, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Maluku, hingga Papua telah aktif melakukan berbagai kegiatan dalam upaya stabilisasi pasokan dan harga pangan.


Hal ini disampaikan oleh Plt. Kepala Bada...